P. 1
PENGERTIAN BANK

PENGERTIAN BANK

|Views: 264|Likes:
Published by Faizal

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Faizal on Mar 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/28/2014

pdf

text

original

BANK

1. Sejarah BANK

1

Bank berasal dari bahasa Italia yaitu BANCA yang berarti meja yang digunakan untuk para penukar uang di pasar.

Bank berdiri di Indonesia tanggal, 10 Oktober 1827 oleh Pemerinta Hindia Belanda dengan Nama De Javasche Bank di Batavia(Sekarang Jakarta).
Pada tahun 1951 setelah Indonesia merdeka namanya diganti menjadi Bank Indonesia Adapun Bank yang didirikan oleh tokoh Indonesia yaitu Patih Wirya Atmadja di perwekerto thn 1986 dengan nama BANK PRIYAYI.

Nama Bank Indonesia didirikan tahun 1929 lewat studi Club yang dipimpin oleh DR. Sutomo

2

2. Pengertian BANK a. Lembaga keuangan adalah; Badan usaha yang kegiatannya di bidang keuangan yaitu; menghimpun dana dari masyarakat dan disalurkan kepada masyarakat.

b. Pengertian Bank menurut UUD No. 10 tahun1998 pengganti dari UUD No. 7 tahun 1997;
Bank adalah Badan usaha yang menghimpun dana rari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya dalam bentuk kredit atau lainnya untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat. c. Simpanan adalah Dana yang dipercayakan masyarakat kepada bank dlm bentuk giro, deposito berjjangka, tabungan atau bentuk lain yg dipersamakan dengan itu.

Asas Bank

3

a. Azas Perbankan Indonesia dlm melakukan transaksi adalah ;Demokrasi ekonomi dengan menggunakan prisip kehati-hatian. b. Tujuan Perbankan Indonesia adalah ;Menunjang pelaksanaan pembangunan Nasional dlm rangka meningkatkan, pemerataan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional kearah kesejahteraan rakyat.

Fungsi Utama Bank a. Sebagai menyimpan atau menabung uang atau penghimpun dana masyarakat. b. Sebagai penyalur kredit atau peminjam c. Sebagai penghimpun dana d. Bank sebagai tempat menukar uang asing e. Bank sebagai lembaga yang menjaga kestabilan nilai uang

Tujuan Bank
Adalah menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dlm rangka mengingkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional kearah peningkatan kesejahteraan rakyat banyak.

4

Jenis-jenis Bank
a. Bank Sentral/Bank Sirkulasi yang dipimpin seorang Gibernur, Seorang deputi Gubernur senior.
b. Bank Umum/Bank Deposito

Yaitu bank yg melaksanakan kegiatan usaha secara konfensional dan atau berdasarkan prinsif syariah. c. Bank perkreditan rakyat

Ad. 2. Bank Sentral mempunyai tugas :

5

1. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter 2. Mengatur dan menjaga kelancaran system pembayaran 3. Mengatur dan mengawasi hak-hak bank. 4. Melaksankaan tugas berkaitan dengan Pemerintah. Ad. 2. Bank Umum Adalah bank yg melaksanakan kegiatan usahanya secar konpensional dlm prinsif syariah, yg dlm kegiatannya memberikan jasa dlm lalulintas diatur sendiri.

Bank Umum dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
1. Bank Umum Nasional 2. Bank Swasta :

Bank swasta terbagi 2 yaitu : 1. Bank Swasta Nasional 2. Bank Swasta Asing.

6

Yang termasuk bank umum Pemerintah yaitu : BTN, BNI, BRI, Bank MANDIRI, BDN, BBD, Bank Exim dan Bapindo. Yang termasuk bank Umum Swasta a. Bank Umum Swasta Nasional Yaitu Bank milik swasta yang didirikan dlm bentuk PT, seluruh atau sebahagian saham dan pengeloannya dimiliki swasta nasional. (contoh ; BCA, Bank Exim dan Bapindo) b. Bank Umum Swasta Asing Yaitu Bank yang dibentuk oleh bank yg ada diluar negeri atau yang merupakan campuran antara bank yang dari luar dengan bank yg ada dlm negeri Cpnth; Bank Amerika, City Bank, Bank Tokyo dll.

Tugas Pokok Bank Umum

7

a. Menghimpun dana dlm masyarakat dalam bentuk tabungan, Deposito, atau uang giral b. Memberikan kredit kepada masyarakat c. Menyediakan jasa-jasa bank lain seperti: 1. Memindahkan uang baik untuk kepentingan sendiri maupun kepentingan nasabah. 2. Memberikan pelayanan penyimpanan barang atau surat berharga 3 Menerbitkan bank Card seperti kartu kredit, kartu debet, kartu ATM. Dll. BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR).
BPR merupakan salah satu bentuk lembaga keuangan yang diakui pemerintah indonesia berdasarkan UUD No. 10 Tahun 1998 melakukan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsif syariah dan tdk memberikan jasa lintas pembayaran.

TUGAS BPR
1. Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa deposito berjangka tabungan dan lainnya. 2. Memberikan kredit kepada masyarakat yang membutuhkan 3. Menyediakan pembiayaan kepada nasabah berdasarkan prinsip bagi hasil sesuai dgn ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

8

Laranga kegiatan BPR
1. Menerima simpanan dalam bentuk giro. 2. Melakukan usaha valuta asing 3. Melakukan penyertaan Modal 4. Melakukan usaha perasuansian 5. Dll yang dilarang UUD

Bentuk Hukum BPR

9

1. Perusahaan Daerah 2. Koperasi

3. Perseroan terbatas 4. Bentuk lain yg ditetapkan UUD.

BANK BERDASARKAN SYARIAH ISLAM
Bank Syariah islam adalah merupakan bank pertama dan satu-satunya bank islam tampa bunga yang didirikan tahun 1992. Strategi utama uperasinya adalah bekerjasama mengembangkan BPR dengan pengembangan produk baru berdasarkana syariah islam dengan menanggung resiko usaha secara bersama-sama.

Produk Bank Syariah antara lain:

10

1. Jasa Operasi Kredit Pasif seperti Simanan Giro, Simpanan dalam bentuk deposito berjangka, Tabungan, dan sertifikat deposito
2. Jasa Operasi kredit AKTIF Seperti : Kredit rekening korang, Kredit Asset yaitu pinjaman yg diberikan kepada nasabah dengan mengeluarkan wesel untuk diperdagangkan. 3. Jasa layanan perbankan lainnya Seperti :Tranfer pengiriman uang, pelaku inkaso (penaihan), penerbitan kartu kredit, penerbitan ATM, pengeluaran cek perjalanan, klering jasa pembayaran setoran, dll.

Manfaat menabung

11

1. Untuk Hidup sendiri yaitu:
a. Dapat hidup hemat
b. Uang lebih aman

c. Untuk bekal dikemudian hari
d. Mendapat bungan atau hasiah

2. Untuk pembangunan yaitu:
a. Terciptanya pembentukan modal b. Mempercepat dan memperluas kegiatan ekonomi nasional c. Mengurangi pengangguran d. Meningkatkan penghasilan perkapita e. Mengurangi kesejangan distribusi pendapatan f. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->