Monday, February 21, 2011 6:07 am, Posted by Kamal 22 | Olahdata Statistik, Photos

Cara Cepat & Mudah : Menghitung Validitas – Reliabilitas dengan SPSS
Topics: Olahdata Statistik, Reliabilitas, SPSS, statistik, statistika, Validitas Pada beberapa posting sebelumnya Anda tahu mengenai konsep dan cara menghitung validitasreliabilitas menggunakan software MS Excel pada sebuah proses uji instrumen. Adakah cara yang lebih cepat dan mudah untuk menghitung Validitas serta Reliabilitas? Apa alat yang digunakan untuk melakukannya? Jawabannya tentu saja ada dan Anda pun bisa melakukannya!

Salah satu jawaban untuk permasalahan menghitung validitas dan reliabilitas secara cepat dan mudah adalah dengan menggunakan software aplikasi statistik. Saat ini, di pasaran beredar aneka macam software aplikasi yang sering digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah perhitungan statistik. Beberapa diantaranya adalah SPSS, S-Plus, MiniTab, SAS dan MS Excel pun bisa! Secara khusus, saya akan berbagi dengan Anda bagaimana cara cepat dan mudah menghitung validitas – reliabilitas menggunakan salah satu software statistik. Saya akan menggunakan software SPSS (Statistical Package and Service Solution) versi 15 untuk mengerjakannya. Jika Anda ingin tahu juga caranya, simak penjelasan berikut ini : Saya berasumsi bahwa kita sudah memiliki data (gunakan saja data yang sebelumnya sudah pernah dipakai disini) dan pada komputer kita sudah terinstall software SPSS. Adapun langkah operasional yang dapat Anda lakukan untuk menghitung validitas-reliabilitas adalah : 1. 2. 3. 4. Buka data instrumen (format excel) dan program SPSS. Copy- kan semua data jawaban responden termasuk jumlah skor setiap responden Paste-kan data di no. 2 pada program SPSS Lakukan proses penghitungan validitas dengan SPSS sebagai berikut ;

. lalu klik tombol OK.o Pilih menu Analyze –> Correlate –> Bivariate o o Blok semua item instrumen dan jumlah skor yang ada disebelah kiri kotak data dan pindahkan ke sebelah kanan kotak dengan cara meng-klik tombol segitiga yang ada di tengah kedua kotak. Pastikan pilihan coefficient correlation adalah pearson.

5. . Lakukan proses penghitungan reliabilitas dengan SPSS sebagai berikut .o Lihat hasil yang muncul di jendela SPSS output viewer.

Jika Nilai pearson correlation > nilai pembanding berupa rkritis. o Lihat hasil yang muncul di jendela SPSS output viewer. lalu klik tombol OK. 6. (2-tailed). Atau jika nilai Sig. o Kriteria validitas Kriteria validitas dapat Anda tentukan dengan melihat nilai pearson correlation dan Sig.o Pilih menu Analyze –> Scare –> Reliability Analysis o o Blok semua item instrumen saja yang ada disebelah kiri kotak data dan pindahkan ke sebelah kanan kotak dengan cara meng-klik tombol segitiga yang ada di tengah kedua kotak. Pilih metode alpha sebagai model perhitungan yang kita gunakan. maka item tersebut valid. Tafsirkan hasil perhitungan validitas – reliabilitas sebagai berikut . (2-tailed) < 0.05 berarti item .

. Salam sukses untuk Anda! Olahdata Statistik Posts      Uji t Satu Sampel (One Sample t Test) dengan SPSS Perhitungan Uji t.. sbnrnya ini hanya untuk uji coba alat ukur sih. 2011 at 10:36 am said: kalo untuk item lebih dari 100 uji validitas dan reliabilitasnya pake spss versi brp? soalnya sy cb pke yg 17 dan 18 ga bisa. d tunggu jwbnnya yaaa… terimakasihh 1. dan Uji F Pada Statistik Inferensi Contoh Regresi Linier Sederhana dengan SPSS Cara Menghitung Korelasi dan Menafsirkannya Menggunakan SPSS Mengenal Uji Analisis Regresi Linier Pada Penelitian Ilmiah fitriani on August 20. Sebagai tafsiran umum. Saya yakin Anda pun bisa melakukannya! Jika masih memiliki kesulitan.. Uji z.blm pngambilan data yg sbnrnya. minimal sampel bergantung penelitian dan populasi yang ada.. jika nilai reliabilitas > 0. secara umum 15-30 sampel sudah bisa mewakili populasi. kalo mau lebih spesifik silakan pelajari mengenai teori . 2011 at 7:48 am said: memang validitas dan reliabilitas kan sering digunakan untuk uji instrumen penelitian.kemudian apakah saat uji coba alat ukur validitas konstruk itu penting? 3. Nilai alpha yang dihasilkan tinggal ditafsirkan sesuai dengan kriteria pembanding yang Anda gunakan. Demikianlah cara cepat dan mudah menghitung serta menafsirkan validitas dan reliabilitas dengan menggunakan software SPSS. 2. jangan sungkan untuk menghubungi saya. Kriteria reliabilitas Nilai reliabilitas diperoleh dengan melihat pada kotak output perhitungan.sampelnya brp ya?? populasi ada 55. agar pada saat penelitian instrumen yang digunakan sudah valid dan reliabel.. fitriani on August 22. skalian mau nanya lg kalo untuk uji coba alat ukur min.6 dapat dikatakan bahwa instrumen yang kita gunakan sudah reliabel.dan pda pngambilan data sbnrnya nanti smua akan dijadikan sample krn populasi > 100.terimakasih yaa sblmnya. 2011 at 2:08 pm said: Oke nti saya kirim.o tersebut valid dan berlaku sebaliknya.. r-kritis bisa menggunakan tabel r atau dengan uji -t. Admin Portal IG on August 23.

dengan syarat sisa item yang ada masih mencakup semua aspek/ kisi-kisi/ indikator dari penelitian yang dibuat dan instrumen tetap dipakai pada pengambilan data untuk penelitian. tetapi langkah ini bukan langkah yang ilmiah melainkan modifikasi/ manipulasi data. tapi waktu diuji r hitungnya ternyata tidak valid. pada jendela yang terbuka masukan semua data instrumen dan pastikan model yang dipilih adalah model alpha… semoga membantu … 6. pilih menu analyze.com… kita coba bantu… 9. dan untuk melakukannya perlu mengetahui konsep perhitungan validitas dan reliabilitas… semoga membantu… 8. membeli telur dan perhiasan emas samasama ditimbang beratnya. pilih reliability analysis. putri adi on December 5.. Admin Portal IG on November 5. soalnya skor pertanyaan nya sudah saya ubah ternyata tidak valid juga mohon bantuannya thks… 7. tentunya dengan memiliki alat ukur yang valid kita akan mendapatkan data yang lebih akurat untuk bahan penelitian kita. 2011 at 9:27 am said: . tapi alat ukur yang digunakan tidak bisa dipakai terbalik kan?! 4.solusinya bagaimana yach…? ap pertanyaan kuesioner nya ditambah atau nilai skor nya diubah.17. kalo pupulasi nya 291 sampelnya 52. RIA ROYANIE on September 27. 2011 at 5:49 am said: setelah data instrumen diinput. 2) item yang tidak valid direvisi dengan diperbaiki pertanyaan/ pernyataannya untuk kemudian di uji validitas ulang. 3)merubah skor item / jumlah skor item memang bisa mempengaruhi hasil perhitungan validitas. Admin Portal IG on November 7. pilih scale.. THX 5. 2011 at 12:40 am said: mau tnya ne. 2011 at 3:54 am said: kirimkan saja file-nya ke admin [at] igcomputer. Admin Portal IG on September 28.sampling untuk menentukan berapa banyak sampel yang memenuhi kriteria penelitian yang baik. PLISSS…. diubah skor nya bagaiman. yuda on November 5. 2011 at 10:17 pm said: Jika ditemukan ada item (soal) pada kuisioner yang tidak valid kita dapat melakukan tindakan beberapa cara : 1) item yang tidak valid dibuang. pertanyaan kuesioner 26. 2011 at 3:58 am said: KASI TAU DONG GIMANA CARA MENGHITUNG ALFA CRONBACH DALAM SPSS.

12.gmn ya solusinya???mohon bantuannya Artikel Populer     Cara Mudah Menghitung Validitas dengan Excel . Lia on December 16. jadi utk data di atas r-kritisnya berapa? apakah 0. ghozali on January 10. memang ada juga cara lain yang dilakukan untuk menentukan valid tidaknya item soal yaitu dengan r kritis.Semoga bisa memperjelas … 11. Admin Portal IG on December 11.632 (r-kritis untuk 10 item pada taraf signifikan 5%)? 10. kmrn aq ujikan k 10 orang.com biar kita coba juga.16. Selain cara yang diuraikan. tapi kalo mau kirim saja file-nya ke admin[at]igcomputer.20.maaf.3. maka memang betul r-kritisnya adalah 0.. 2012 at 4:43 am said: terima kasih atas ilmunya pak 14.819 views . 2011 at 9:10 pm said: kalo mau menghitung validitas utk item yang lebih dari 100 pake spss versi berapa ya? saya udah cobain yang versi 17 dan 19 tapi ga bisa.195 views Konsep dan Contoh Perhitungan Reliabilitas . tapi hasilnya tidak valid…. atau gunakan saja MS Excel untuk menghitungnya… 13. ibas on January 31.032 views Trans Studio Bandung : Wahana Rekreasi Keluarga Terbaru 2011 . 2011 at 2:54 am said: Sepertinya saya juga belum pernah. saya kurang paham dgn tulisan di atas.. makasih. 2011 at 2:34 pm said: Pengambilan keputusan valid pada contoh yang diberikan adalah menggunakan kriteria t hitung yang dibandingkan dengan t tabel.632 dan nilai ini dibandingkan dengan nilai korelasi setiap butir item yang diuji validitas… coba ikuti penjelasannya pada artikel menghitung validitas dengan excel .11. Admin Portal IG on December 19. 2012 at 3:01 pm said: untuk uji validitas dengan penilaian Ya Tidak dengan skor 1 0 gmn yaw???pertanyaan q 10. Jika menggunakan kriteria r-kritis.762 views Cara Cepat & Mudah : Menghitung Validitas – Reliabilitas dengan SPSS .

626 views © 2012 Portal IG : Computing | Education | Business. . Ayah Menggendong Mayat Anaknya Dari RSCM Ke Bogor naik KRL Karena Tak Mampu Bayar Ambulance ! .3. All rights reserved. BuzzNews Theme by BrillThemes.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful