P. 1
Metodologi Audit

Metodologi Audit

|Views: 457|Likes:
Published by Husni Amin

More info:

Published by: Husni Amin on Mar 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/30/2014

pdf

text

original

1.

Metodologi Audit

1 Terdiri atas: . saldo. bukti audit dBukti audit yang mendukung laporan keuangan terdiri atas 2 jenis: 1. Tabel Tujuan Umum. dan tujuan khusus audit baik yang berkaitan dengan transaksi. dan pengungkapan 3.2. Data Akuntansi yang mendasari (underlying accounting data) 2. Semua bukti atau indo pendukung (corroboroting information) Ad.

buku pedoman akuntansi d. 2 Meliputi: a. Tidak Wajar (Adverse Opinion). buku besar dan buku pembantu c. Bentuk laporan ini digunakan apabila terdapat keadaan berikut: 1. dan rekonsiliasi Ad. yang biasa juga disebut laporan standar bentuk pendek. bukti dokumenter d. 4. Pendapat auditor yang dituangkan dalam laporan audit paling umum adalah laporan audit standar yang unqualified. Laporan keuangan yang diaudit disajikan sesuai dengan prinsip akuntansi yang lazim yang berlaku di Indonesia yang diterapkan pula secara konsisten pada laporan-laporan sebelumnya. jurnal b. OPini jenis-jenis opini yang lazim diberikan oleh auditor ketika mengaudit laporan keuangan adalah Wajar Tanpa Pengecualian (Unqualified Opinion). Tidak terdapat ketidakpastian yang cukup berarti (no material uncertainties) mengenai perkembangan di masa . Masing-masing opini diberikan sesuai dengan kriteria tertentu yang diketemukan selama proses audit.. Wajar dengan Pengecualian (Qualified Opinion). Demikian pula penjelasan yang mencukupi telah disertakan pada catatan kaki dan bagian-bagian lain dari laporan keuangan. perhitungan f. 2. bukti konfirmasi c. struktur pengendalian internan jenis2 nya. memorandum dan catatan informal spt worksheet. bukti analitis dan perbandingan h. Ketiga standar umum telah diikuti sepenuhnya dalam perikatan kerja. bukti lisan g. Bukti audit yang dibutuhkan telah terkumpul secara mencukupi dan auditor telah menjalankan tugasnya sedemikian rupa. dan Tidak Memberikan Pendapat (Disclaimer Opinion).a. sehingga ia dapat memastikan bahwa ketiga standar pelaksanaan kerja lapangan telah ditaati. representasi/pernyataan e. bukti fisik b. 3. 4. perhitungan.

ada satu pendapat lagi yang merupakan modifikasi dari pendapat Wajar Tanpa Pengecualian. yaitu Pendapat Wajar Tanpa Pengecualian dengan Bahasa Penjelasan yang Ditambahkan dalam Laporan Audit Bentuk Bakuaudit dan kriterianya 5. Sebenarnya.mendatang yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya atau dipecahkan secara memuaskan. Contoh laporan audit .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->