Meneruskan

postingan sebelumnya (Baca: Biaya SIM dan STNK 2010 Terbaru),

sekarang ane mau sharing bagaimana proses perpanjangan STNK motor untuk 5 tahunan sekaligus berapa ongkos yang harus di keluarkan. Sebenarnya saya ingin menambahkan gambar pada tiap prosesnya, berhubung pas ambil foto ketahuan sama petugas di sana, jadi terpaksa gambarnya gak saya sertakan. Sebelum saya jelaskan prosesnya, ini yang harus anda siapkan 1. Fotokopi KTP & KTP asli dari pemilik motor (nama yang tertera di STNK) 2. STNK dan fotokopi STNK 3. Jangan lupa motor anda Berikut proses perpanjangan STNK motor 5 tahunan 1. Cek Fisik Pertama yang harus anda lakukan sewaktu perpanjangan STNK 5 tahunan, anda harus melewati cek fisik terdahulu. Jadi setelah anda masuk ke gedung Samsat, anda langsung menuju ke tempat pengechekan fisik. Nanti akan ada petugas yang akan membantu anda, “mencatat” nomor rangka dan mesin motor anda. Sebenarnya sih bukan mencatat, tapi semacam menempelkan sebuah kertas ke nomor rangka dan mesin motor anda, lalu menggoreskannya. Untuk proses ini saya membayar Rp 10 ribu. Mungkin bagi anda yang berlebihan bisa memberikan lebih….Sebab memang tidak ada patokannya. Setelah pencatatan selesai, nanti anda akan di minta STNK dan KTP asli, lalu di gabungkan dengan kertas hasil pencatatan tadi. 2. Loket Pembayaran Loket ini biasanya tidak jauh dari tempat cek fisik (biasanya saling bersebelahan), pada loket tersebut anda serahkan dokumen yang sudah di kumpulkan di tempat check fisik lalu membayar Rp 20 ribu. 3. Isi Formulir

Setelah nomor anda di panggil. nanti anda akan mendapatkan Surat Setoran Pajak dan sejumlah uang yang harus anda bayar. tapi tidak. sertakan juga fotokopi STNK dan KTP. Setelah di isi. .Setelah itu anda masuk ke gedung untuk mengisi formulir sama seperti waktu membayar pajak motor tahunan. tunggu beberapa menit. nanti anda akan di berikan nomor urut. lalu pergi ke loket pembayaran pajak motor. anda tinggal pergi ke tempat pengambilan nomor plat. Loket Pembayaran Pajak Serahkan semua dokumen dan formulir tadi ke loket yang pertama. Kalau yang ini. juga tidak apa apa. Untuk motor Supra x 125 dengan tahun pembuatan 2005 saya di kenakan biaya Rp 275 ribu. Pengambilan Nomor Plat Setelah pembayaran pajak selesai. nomor plat baru datang. Berikut bentuk formulirnya. anda bisa memberi ongkos Rp 5 ribu. Serahkan kopian bukti pembayaran pajak. 5. 4.

Ingat. bukan 6 jam. Berikut perbedaan Surat Setoran Pajak antara tahunan dan 5 tahunan Bagi anda yang belum membayar pajak atau memperpanjang STNK motor lebih baik pas tanggal tua. warga yang baik. lumayan tidak terlalu ramai. Jangan sampai kelewatan. total ongkos yang harus di keluarkan untuk proses perpanjangan STNK motor.So. Cara Mengurus STNK Hilang Persyaratan untuk mengurus STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang hilang adalah sebagai berikut: . warga yang selalu taat terhadap peraturan dan selalu membayar pajak tepat waktu. Dan memakan waktu kira kira 1 jam. Rp 10 ribu + Rp 20 ribu + Rp 275 ribu = Rp 305 ribu.

Kalau semua persyaratan di atas sudah selesai diurus. siapkan fotokopi BPKB dan surat pengantar dari perusahaan kredit terkait. Fotokopi STNK yang lama (hilang). 5. Prosedur pengurusan Surat Keterangan Pengesahan adalah sebagai berikut: 1. Mengisi Formulir Pendaftaran di bagian Pengesahan BPKB. Semua persyaratan yang dibawa dan Formulir Pendaftaran yang sudah diisi diserahkan ke loket STNK Hilang. 2. Serahkan Formulir Pendaftaran yang sudah diisi beserta persyaratan tersebut di atas ke bagian Pengesahan BPKB. 2. Surat Keterangan STNK Hilang ini berbeda dengan Surat Keterangan . BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) terkait. 4. 3. 3. 3. Fotokopi KTP yang disebutkan di Nomor 1. Mengambil kembali semua persyaratan di atas dan Surat Keterangan Pengesahan yang sudah siap. Khusus untuk BPKB kendaraan yang masih kredit. Mengisi Formulir Pendaftaran di bagian Tata Usaha. Lakukan cek fisik kendaraan bermotor untuk mendapatkan keterangan resmi nomor mesin dan nomor rangka kendaraan terkait. Selanjutnya semua persyaratan di atas dibawa ke Polda Metro Jaya (atau instansi lain yang berwenang) bagian pengesahan BPKB untuk mendapatkan Surat Keterangan Pengesahan. Prosedur pengurusan STNK hilang adalah sebagai berikut: 1. Mengurus Surat Keterangan STNK Hilang dari Samsat. 4. KTP (Kartu Tanda Penduduk) pemilik kendaraan yang tercantum di STNK. 2.1. Surat Keterangan Hilang dari Polsek terdekat. STNK yang hilang sudah siap diurus di Kantor Samsat setempat.

. lokasinya di belakang gedung biru di Komdak. Anda pergi ke Loket Pendaftaran Mutasi. lalu anda pergi ke SAMSAT di mana motor atau mobil anda tersebut tercatat dalam STNK (jika bingung tanya petugas). tempat mobil golf di parkir.000. Loket BBN II adalah loket untuk pengurusan balik nama.Setelah cek fisik selesai di lakukan. Cek Fisik Kendaraan Tidak hanya ketika mengurus pajak 5 tahunan saja yang harus melewati proses cek fisik kendaraan. Oleh karena itu agar efisien. Biaya: Rp.Setelah sampai di SAMSAT tersebut. Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah). antara lain: . . Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. kita akan dipanggil untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Kalau di SAMSAT Daan Mogot. Berkas-berkas yang kita serahkan akan diurus. 5. 8. (untuk prosesnya lihat penjelasan di atas dan untuk tempatnya.000. Proses Balik Nama BPKB Jika anda ingin melakukan proses balik nama BPKB baik itu motor atau mobil akan melewati tahapan sebagai berikut: 1. 50. Selain STNK dan SKPD. bisa di lakukan SAMSAT mana saja) 2. anda pergi ke gedung pengurusan mutasi. lakukan proses balik nama ketika pajak 5 tahunan ingin habis. 6. Kalau tidak ada masalah.Serahkan dokumen ke loket pendaftaran.Hilang dari Polsek setempat. Masuk ke bagian pojik. misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II. isi formulir yang di berikan oleh petugas. Biaya: Rp. tapi juga saat ingin melakukan balik nama BPKB kendaraan. 5. Mengurus Mutasi/Cabut Berkas . Setelah selesai. 4. tukar warna. Di loket ini kita serahkan semua persyaratan dan Surat Keterangan STNK Hilang. dan rubah bentuk. Surat tersebut berisi keterangan keabsahan STNK terkait. 30. 7. KTP asli pemilik kendaraan juga akan kita ambil kembali.

anda bisa langsung ke Cek Fisik untuk melegalisir bukti cek fisik yang sebelumnya sudah anda lakukan. Copy KTP pemilik lama dan baru 5. bawa berkas tersebut ke ruang Arsip di lantai basement. . Fotocopy berkas tersebut dan siapkan untuk proses selanjutnya. Setelah mendapatkan Surat Pajak. Kuitansi Pembelian Mobil dari pemilik lama (bila membeli mobil bekas. Bila waktu kerja masih ada. 4. .Serahkan berkas dan formulir tersebut ke Loket Penerimaan Mutasi dan tunggu. biasanya diberikan 2 buah kuitansi kosong) . lalu ambil plat nomor dengan menggunakan surat tersebut. STNK/Pajak Asli+Copy. ambil STNK nya. BPKB Asli dan berkas lainnya untuk mengambil Surat Fiskal Antar Daerah. Nanti anda akan di berikan beberapa berkas seperti Surat Keterangan Pengganti STNK.Setelah mendapatkan semua berkas.Setelah Surat Fiskal selesai di buat. ketika terjadi pemeriksaan di jalan. BPKB+Faktur Asli. sebelumnya ambil formulir dahulu di loket urusan pajak.Setelah tiba di SAMSAT (sesuai dengan daerah tujuan mutasi). biasanya 1 hari sampai 1 minggu. Untuk selanjutnya anda bisa menruskan proses pajak 5 tahunan di SAMSAT sebelumnya. . Mengurus Pendaftaran Mutasi di SAMSAT daerah tujuan . Jangan lupa untuk memberikan satu copy STNK/Pajak untuk di legalisir petugas. kuitansi yang sudah ditandatangani di atas materai harus diberikan. Formulir yang diisi. Ini untuk jaga jaga. 3.Lalu bawa berkas tersebut ke Loket Penerimaan Mutasi/BN. anda bisa kembali ke SAMSAT. Pergi ke Loket Pemngambilan berkas dan taruh slip tanda terimanya.Setelah seminggu.1. anda pergi ke Loket Pengambilan Fiskal di Gedumg STNK (Samsat Daan Mogot) lantai 3. . 2. Anda serahkan berkas yang di perlukan. 3. Terakhir. . Arsip Kendaraan langsung di peroleh dan anda tinggal melakukan pendaftaran mutasi di daerah tujuan. .Setelah itu anda akan menerima tanda terima dan berkas akan di proses beberapa hari (tergantung daerah mutasi).

Prosesnya sehari dan harus pemilik langsung (mungkin bisa dengan Kuasa. Kemudian tambahkan BBN KB (2/3 dari PKB)…Maka jumlahnya Rp 600 ribu 3. Nomor 973-128.014/1999 Jo. Cetak Identitas Pemilik Baru BPKB di Komdak Pencetakan BPKB dengan identital pemilik baru di lakukan di Komdak. sesuai dengan Instruksi bersama Menteri Pertahanan Keamanan.4. namun sediakan Surat Kuasa bermaterai). Dirjen Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah dan Direktur Utama PT Jasa Raharja Nomor Skep/06/X/1999. Tambahkan biaya administrasi. Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan Nomor Ins/03/M/X/1999. Motor: Rp 80 ribu dan mobil: Rp 125 ribu. Mobil: Rp 143 ribu) 4. Biaya balik nama BPKB motor (Bajaj Pulsar 180 tahun 2007 lebih kurang Rp 700 ribu) Biaya balik nama BPKB mobil lebih kurang Rp 1. Nomor SKEP/02/XI/1999 adalah sebagai berikut: . Biaya Balik Nama BPKB Untuk biaya balik nama BPKB. Berapa yang tertera di situ… Contoh: Rp 900 ribu 2. Tambahkan lagi SWDKLLJ (Motor: Rp 35 ribu . Lihat PKB terakhir di STNK. Surat Keputusan Bersama Kapolri. itu semua tergantung dari tahun pembuatan kendaraan serta besar kecilnya kapasitas mesin (CC). Atau anda bisa menggunakan perhitungan di bawah ini untuk estimasi Biaya Balik Nama: 1. SISTEM DAN PROSEDUR OPERASIONAL Prosedur dan persyaratan pengurusan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Nomor 29 Tahun 1999 dan Nomor 6/IMK.7 juta. Namun untuk perbandingan.

C1) . b. Prosedur Pengurusan 1) Cek fisik kendaraan bermotor 2) Pengambilan formulir di loket pendaftaran 3) Penyerahan berkas di loket pendaftaran 4) Penetapan penyerahan resi di loket penetapan 5) Pembayaran di loket kasir 6) Penyerahan STNK dan plat nomor di loket Pengambilan STNK 3. Instansi Pemerintah (Termasuk BUMN dan BUMD) Surat tugas/surat kuasa bermaterai cukup dan ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi oleh cap instansi yang bersangkutan. Penggantian STNK Hilang/Rusak a.Jati diri (KTP. Pengesahan Ulang (lima tahunan) a. c. Persyaratan 1) Identitas a. Persyaratan 1) Mengisi formulir SPPKB 2) Identitas 3) STNK yang rusak atau tanda bukti pelaporan kehilangan dari kepolisian 4) BPKB asli 5) SKPD (Surat Keterangan Pajak Daerah) tahun terakhir (yang telah divalidasi) bagi yang rusak dan tanda bukti kehilangan dari kepolisian: 6) Tanda bukti iklan kehilangan dari berita radio 7) Tanda Bukti iklan kehilangan dari berita surat kabar 8) Bukti hasil pemeriksaan fisik kendaraan bermotor b. Badan Hukum Salinan akte pendirian. Pengesahan Ulang (satu tahunan) a. Prosedur Pengurusan 1) Penyerahan berkas di loket pendaftaran 2) Pengambilan resi penetapan di loket penetapan 3) Pembayaran biaya di loket kasir 4) Pengambilan STNK di loket pengambilan STNK 2.Jika berhalangan melampirkan surat kuasa bermaterai cukup b. SIM. Mesin di loket pendaftaran 3) Penyerahan berkas di loket pendaftaran 4) Penyerahan resi di loket penetapan 5) Pembayaran di loket kasir 6) Pengesahan STNK di loket Pengambilan STNK . Persyaratan 1) Identitas 2) STNK asli dan satu lembar fotocopy 3) BPKB asli dan satu lembar fotocopy 4) Bukti hasil pemeriksaan fisik kendaraan bermotor b. keterangan domisili. KTA. Perorangan . 3) BPKB asli dan satu lembar fotocopy. 2) STNK asli dan satu lembar fotocopy.1. Rangka dan no. surat kuasa bermaterai cukup dan ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan. Prosedur Pengurusan 1) Pengambilan formulir loket pendaftaran 2) Cek fisik no.

Persyaratan 1) Mengisi formulir SPPKB 2) Identitas 3) Faktur 4) Sertifikat NIK/VIN dan tanda pendaftaran tipe 5) Kendaraan yang rubah bentuk melampirkan surat keterangan dari perusahaan karoseri 6) Untuk kendaraan umum melampirkan: . Prosedur Pengurusan 1) Pembelian formulir di loket pendaftaran 2) Cek fisik no.rangka dan no. Persyaratan 1) Mengisi formulir SPPKB 2) Identitas 3) STNK asli 4) BPKB asli 5) Kwitansi Pembelian Asli 6) SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah) tahun terakhir 7) Bukti Hasil Pemeriksaan fisik kendaraan bermotor b. Prosedur Pengurusan 1) Pembelian formulir di loket pendaftaran 2) Cek fisik no.mesin di loket pendaftaran 4) Penyerahan berkas di loket pendaftaran 5) Penetapan di loket penetapan .rangka dan no.rangka dan no.Prosedur Pengurusan 1) Pengurusan BPKB di Polres 2) Pembelian formulir di loket pendaftaran 3) Cek fisik no. Bea Balik Nama/ heregistrasi antar kab/kota dan mutasi dari luar provinsi a. Bea Balik Nama/Herregistrasi Kendaraan dari dalam Kab/Kota a.mesin loket pendaftaran 3) Penetapan di loket penetapan 4) Penyerahan resi di loket penetapan 5) Pembayaran di loket kasir 6) Pengesahan STNK di loket pengambilan STNK 5. Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Baru (Pendaftaran Kendaraan Baru) a.4.mesin loket pendaftaran 3) Penyerahan berkas di loket pendaftaran 4) Penetapan di loket penetapan 5) Penyerahan resi di loket penetapan 6) Pembayaran di loket kasir 7) Pengambilan STNK di loket pengambilan STNK 8) Penulisan BPKB di Polres 6.Izin usaha . Persyaratan 1) Mengisi formulir SPPKB 2) Identitas 3) STNK asli 4) BPKB asli 5) Kwitansi Pembelian Asli 6) SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah) tahun terakhir 7) Bukti Hasil Pemeriksaan fisik kendaraan bermotor 8) Fiskal Antar Daerah b.Izin prinsip b.

6) Penyerahan resi di loket penetapan 7) Pembayaran di loket kasir 8) Pengesahan STNK di loket Pengambilan STNK 9) Pengambilan BPKB di Polres 7.Prosedur Pengurusan 1) Pendaftaran di loket pendaftaran 2) Penetapan di loket penetapan 3) Penyerahan berkas di loket penetapan 4) Pengurusan BPKB di Polres Entri Populer • • • • • Foto-foto Unik dan Aneh Cara pengurusan balik nama kendaraan bermotor Free download driver Printer Epson Stylus t11 Cara Instan membuat Bingkai foto Hati ibarat PC Kategori • • • • • • • • • • • • • blogger pemula (32) download gratis (25) tips dan trik (24) umum (22) Blogger Senior (20) google (20) berita (18) Aneh Unik Lucu (17) blogging (17) Internet (15) software (12) IPI Community (11) hikmah (10) . Persyaratan 1) Mengisi formulir SPPKB 2) Identitas 3) STNK asli 4) BPKB asli 5) Kwitansi Pembelian Asli 6) SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah) tahun terakhir 7) Bukti Hasil Pemeriksaan fisik kendaraan bermotor 8) Fiskal Antar Daerah b. Mutasi ke Luar Provinsi a.

• • • • • • • • • • • • • • • • • html (8) template (7) Warnet (5) adsense (5) boso jowo (5) CSS (4) foto (4) wallpaper (4) Entertaint (3) info (3) musik (3) AFF Suzuki 2010 (2) Screen Saver (2) bisnis (2) cerhat (2) Open Source (1) gadget (1) Yuk gabung Radio Jawa Nguri uri Budaya Jawa Label adsense AFF Suzuki 2010 Aneh Unik Lucu berita bisnis blogger pemula Blogger Senior blogging boso jowo cerhat CSS download gratis Entertaint foto gadget google hikmah html info Internet IPI Community musik Open Source Screen Saver software template tips dan trik umum wallpaper Warnet .

Cara pengurusan balik nama kendaraan bermotor 30 Oktober 2009 . saya belum punya KTP daerah setempat. Artinya nama yang tertera di BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) adalah nama kita sendiri. . Sudirman. Saya gak tahu apakah daerah lain bisa menggunakan Foto Copy KTP atau tidak. tapi atas nama orang lain. Kendaraan motor yang saya miliki adalah bukan atas nama saya. saya harus meminjam KTP asli yang tertera di BPKB dan STNK. yaitu Samsat Kota di Jl. Menurut pengalaman saya waktu membayar Pajak kendaraan. Kami berdomisili di kota Pekanbaru yang mana tempat pembayaran Pajak di bagi 2 wilayah. saya beli kendaraan. Sehingga mau tidak mau ya. Akibatnya saat saya mau membayar pajak. dekat MTQ. tapi atas nama orang lain. karena pada saat membeli kendaraan tersebut. Gajah Mada dan Samsat Selatan di Jl. diharuskan menyertakan KTP asli sesuai dengan yang tertera di BPKB dan STNK (surat Tanda Nomor Kendaraan). Posted by prim at 16:09 Balik nama kendaraan merupakan bentuk pengalihan nama atas kepemilikan kendaraan.

mana tahu nanti akan dipakai untuk yang lain). 3. Ya. 5. kita harus punya KTP) di FC kira-kira 4 atau berapa. Jadi. ya kita bisa nyantai dikit. Mengurus cek Fisik kendaraan kita. Ingat jika kita balik nama pada formulir perpanjangan STNK di isi nama kita sendiri sebagai nama baru kendaraan tersebut dan sertakan FC KTP kita sendiri. 2.. FC BPKB ya. tapi kita harus mempersiapkan FC yang banyak . 4. KTP kita sendiri (ya tentu jelas dong. Berikut ini adalah cara pengurusan balik nama kendaraan bermotor menurut pengalaman yang pernah saya alami. kalau orang tersebut selalu stand bay selalu ada. Lalu kita akan diberi 2 formulir yang mana formulir pertama untuk mengisi data bayar pajak. Kwitansi penjualan motor dari nama yang tertera di BPKB kepada kita sebagai pembeli motor tersebut. yang banyak juga boleh Prosesnya : 1. FC BPKB dan FC STNK masing-masing 1 rangkap. saya mencoba untuk mengalihkan kepemilikan kendaraan tersebut atas nama saya sendiri. 2. lalu berkas-berkas yang disiapkan tadi dijadikan satu dengan formulir tersebut dan diserahkan ke loket 2 atau tempat pengurusan perpanjangan STNK kendaraan bermotor (lihat aja papan namanya). STNK asli dan FC-nya dan kwitansi penjualan motor. boleh juga 4 rangkap 5. 4. setiap saya mau bayar pajak saya harus pinjam KTP orang lain. Setelah kedua formulir di isi. Setelah itu menuju ke loket 1 untuk pengambilan formulir dengan menyerahkan BPKB asli.. FC KTP pemilik yang sesuai dengan BPKB. Yang dibawa adalah : BPKB asli STNK asli. Isi kedua formulir tersebut. sampai kapan saya harus meminjam terus. Terus setelah di cek fisik nanti akan di beri 2 lembar tanda cek fisik oleh petugas tersebut. Kemudian nanti akan diperiksa oleh petugas dan di tunggu dong. dan formulir kedua untuk balik nama atau memperpanjang STNK. tapi tentunya beri dong uang lelahnya. Kalau bingung juga. ah inikan tidak wajib. Kalau bingung di kantor Samsat biasanya ada jasa pengisian formulir. 6. bagaimana kalau orang tersebut pindah dan kita tidak tahu lagi dimana dia berada. Cek fisik dilakukan oleh petugas yang berada di Samsat. Yang harus dipersipkan : 1. yang artinya kita ya harus . nanti akan diberitahu syarat-syarat yang mungkin kurang. katakan kepada petugas "Saya mau balik nama Pak". kalau bingung tanya aja sama petugas di kantor Samsat tersebut. 3. Biasanya di Loket ini sudah dikenakan biaya administrasi. Jadi.Saya berpikir. lalu akan diberi FC STNK yang lama dan distempel tanda lunas. KTP asli orang pertama dan FC-nya. FC copy STNK kira-kira 4 rangkap (kenapa harus 4.

FC KTP kita sebagai pemilik yang baru 3. 3. STNK asli dan FC-nya serta BPKB asl. Foto Kwitansi penjualan motor 2. yang pertama diserahkan ke loket pengurusan Pajak dan STNK) 4. Dan siapkan aja uangnya lebih dulu. . Pergi ke Loket pengesahan dengan menyerahkan berkas-berkas di atas. Bukti cek Fisik kendaraan (kan waktu cek fisik dikasih 2. Sebenarnya tidak terlalu sulit lho. dan FC-nya B.. Serahkan BPKB asli dan tanda lunas yang sudah distempel kemarin ke loket pengambilan STNK motor. tapi cuma butuh kesabaran aja untuk bolak balik ke kantor Samsat. BPKB kita akan di proses lebih dahulu dan kira-kira seminggu untuk bisa mengambilnya. Proses pengambilan STNK : A. Terus biasanya menunggu beberapa hari untuk bisa mengambil STNK tersebut. Kalau memang sudah siap nanti akan di beri STNK asli tersebut dan Plat kendaraannya. Yang harus dibawa : 1. 4. 2. Prosesnya : 1. kalau kemarin sekitar 4 hari. Kira-kira itu dalam pengurusan Balik nama serta Pembayaran Pajak kendaraan bermotor yang saya alami.membayar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful