PROGRAM SATUAN PEMBELAJARAN TATA KECANTIKAN RAMBUT

Mata Pelajaran Kompetensi Standar Kompetensi Alokasi Kompetensi Dasar

: : : : :

Tata Kecantikan Rambut Perawatan Rambut Merawat kulit kepala da rambut 1 jam Dapat merawat kulit kepala dan rambut dengan baik dan benar sesuai dengan tujuannya

Indikator

:

1. Mampu melakukan analisa kulit kepala dan rambut 2. Mampu mengaplikasikan kosmetika dan pengurutan

I.

Tujuan Pembelajaran 1. Mampu mendiagnosa kulit kepala dan rambut 2. Mampu memilih dan mengaplikasikan kosmetik rambut 3. Mampu memberikan pijatan dengan gerakan effleurage, rotasi, petrisage, friction, vibrasi, dan tapotage

II.

Materi Pembelajaran 1. Menyiapkan tempat kerja 2. Menganalisa jenis kulit kepala dan rambut 3. Mengenal macam-macam kosmetika perawatan rambut ( sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambut ) 4. Mengenal jenis pijatan yang dibutuhkan untuk perawatan kulit kepala dan rambut (effleurage, rotasi, petrisage, friction, vibrasi dan tapotage)

III. Penugasan 2. Alat yang dibutuhkan: 1 2 3 4 5 Sisir bergigi besar untuk penyiiran awal Sisir biasa bertangkai untuk parting Klep rambut Mangkuk tempat cream Steamer . Media Pembelajaran: Hand out I. Menjelaskan mengenai persiapan sarana dan kosmetika yang dibutuhkan untuk kulit kepala dan rambut. Metode Pembelajaran: Ceramah. Cara memijat yang dibutuhkan dengan gerakan effleurage. Memperagakan dan menjelaskan tempat kerja 2. Mendemonstrasikan dan Menjelaskan 1. Metode dan Media Pembelajaran 1. Menjelaskan teknik aplikasi kosmetika pada kulit kepala dan rambut 4. friction. Alat dan Bahan A. Tanya jawab. 3. Menjelaskan fungsi pengurutan pada kulit kepala B. Kegiatan Pembelajaran A. Kegiatan Akhir Peserta didik mempraktekkan sepenuhnya dari awal sampai akhir    Mempersiapkan tempat kerja Merawat kulit kepala dan rambut Membereskan tempat kerja II. petrisage. C. Mengaplikasikaan kosmetika perawatan kulit kepala dan rambut dengan gerakan yang benar.Demonstrasi. Kegiatan Awal 1. 2. vibrasi dan tapotage. rotasi.

Hair tonik 4. Waslap C. Sebutkan manfaat pengurutan pada kulit kepala dan rambut ! (Skor 25) 3. Tiga jenis cream creambath untuk rambut kering.B. presentasi. Penilaian meliputi teori dan praktek a. normal. 2. Kegiatan Belajar Mengajar Waktu: 1X pertemuan @95 menit IV. Kosmetik yang dibutuhkan: 1. hasil observasi dan tes praktek. Bahan: 1. Sebutkan beberapa gerakan pengurutan pada kulit kepala dan rambut ! (Skor 30 ) 4. Apakah tujuan perawatan kulit kepala dan rambut? (Skor 20) 2. Cream zaitun 3. Apa manfaat steamer? (Skor 25) . Bobot penilaian : teori 30% dan praktek 70% B. Penilaian A. Kapas 3. Shampoo dan conditioner sesuai dengan jenis kulit dan rambut III. Handuk kecil 2. Soal-soal dan Teori 1. berminyak. b. Metode penilaian meliputi tes tertulis.

3. Vibration adalah gerakan dengan getaaran yang biasanya dilakukan dengan ujung jari tangan.C. Tapotage yaitu gerakan merangsang yang berupa ketukan yang cepat menggunakan ujung jari tangan. Melancarkan peredaran darah pada kulit kepala. Memelihaara/menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Tata Kecantikan rambut Dasar – Terampil – Mahir. dkk. Gerakan pengurutan pada kulit kepala dan rambut 1. b. Petrissage yaitu gerakan yang lebih dalam dari pada effleurage 3. 2. Kusuma Dewi. d. Effleurage yaitu gerakaan mengusap-usap. c. Yayasan Insani 2.dilakukan dengan ujung jari bergerak dengan lembut. 5. Standard book of cosmetology. Sumber bahan ajar 1. Friction yaitu gerakan gesekan dan pijatan 4. . Tujuan perawatan rambut dan kulit kepala 2. Menghilangkan timbunan lemak yang berada di kulit kepala. Merangsang dan melembutkan ujung2 syaraf kepala. Manfaat pengurutan pada kulit kepala dan rambut adalah: a. V. Jawab 1.