RENCANA PEMBELAJARAN 1 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Alokasi Waktu : Matematika : SMK

: Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL) : Unsur-unsur Pada Tabung dan Kerucut : 90 Menit (2 Jam Pelajaran)

A. STANDAR KOMPETENSI Mengidentifikasi Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL) serta menentukan Besaran-besarannya B. KOMPETENSI DASAR Menentukan luas selimut serta volume tabung, kerucut, dan bola. C. INDIKATOR Setelah proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat :  Menyebutkan unsur-unsur, jari-jari/diameter, tinggi, sisi alas dari tabung.  Menyebutkan unsur-unsur, jari-jari/diameter, tinggi, sisi alas dari kerucut. D. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN Sumber :  Buku Matematika SMK Media/Alat dan Bahan :  Lembar Kerja Siswa (LKS) 1 E. STRATEGI PEMBELAJARAN  Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD  Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, penugasan dan diskusi SKENARIO PEMBELAJARAN : I. Kegiatan Awal (10 Menit)  Guru mengecek kehadiran siswa  Memberi motivasi, guru menyampaikan topik yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai (Fase 1).  Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya.  Menjelaskan pada siswa bahwa dalam pembelajaran ini siswa akan membahas materi secara mendalam melalui diskusi kelompok, dan setiap anggota kelompok mempunyai tanggung jawab yang sama akan keberhasilan kelompoknya.

4

Penugasan a b c Selama siswa bekerja dalam kelompok. serta memberikan bantuan yang mereka perlukan Menerima LKS yang dimaksud Siswa mengerjakan soal yang ada pada LKS 1 secara berkelompok dan jika terjadi kesulitan disarankan untuk meminta bantuan dalam kelompoknya terutama kepada anggota kelompok yang berkemampuan tinggi sebelum meminta bantuan guru Bekerja dalam kelompok dan mendapat kesempatan untuk bertanya kepada guru Ceramah disertai Tanya jawab. memberikan motivasi kepada kelompok yang kurang bersemangat dan kurang melakukan keterampilan kooperatif yang diharapkan. dan suku sehingga kelompok yang terbentuk merupakan kelompok yang heterogen Guru membagikan LKS 1 kepada setiap siswa Guru menyuruh siswa mengerjakan soal yang ada pada LKS 1 dan menekankan bahwa bukan hanya untuk diisi tetapi untuk dimengerti oleh setiap anggota kelompok Kegiatan Siswa Membuka buku paket dan memperhatikan penjelasan guru Metode Ceramah disertai tanya jawab Fase 2 Fase 3 Mengatur tempat duduk dan mengelompokkan diri sesuai dengan kelompoknya. jarijari/diameter. tinggi. penugasan dan diskusi Fase 4 5 .II. sisi alas dari tabung dan kerucut Mengelompokkan siswa terdiri dari 4-5 orsng perkelompok dengan memperhatikan tingkat kepandaian. guru memantau tiap kelompok. jenis kelamin. Kegiatan Inti (60 Menit) Fase Kegiatan Guru Menyuruh siswa membuka buku paket kemudian guru membahas materi tentang unsur-unsur.

PENILAIAN  Penilaian Proses  Penilaian Hasil : Pelaksanaan Turnamen (Skor Kelompok) : Evaluasi (tes) tertulis Drs.Fase Kegiatan Guru Menunjuk salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan tanggapan Memberikan penghargaan kepada kelompok dengan memberi point berdasarkan hasil kerja mereka Fase 5 Kegiatan Siswa Mempersiapkan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan Metode Ceramah disertai Tanya jawab Fase 6 Memperhatikan informasi yang disampaikan oleh guru Ceramah III. Laode Hidayat 6 . Kegiatan Akhir (15 Menit)  Guru mengarahkan siswa merangkum materi yang telah diajarkan  Guru memberikan PR F.

tanya jawab. dan setiap anggota kelompok mempunyai tanggung jawab yang sama akan keberhasilan kelompoknya : Matematika : SMK : Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL) : Jaring-jaring Tabung dan Kerucut : 90 Menit (2 Jam Pelajaran) 7 . C.  Menjelaskan pada siswa bahwa dalam pembelajaran ini siswa akan membahas materi secara mendalam melalui diskusi kelompok.RENCANA PEMBELAJARAN 2 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Alokasi Waktu A. guru menyampaikan topik yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai (Fase 1)  Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya. INDIKATOR Setelah proses pembelajaran. diharapkan siswa dapat :  Melukis jaring-jaring tabung  Melukis jaring-jaring kerucut D. STANDAR KOMPETENSI Mengidentifikasi Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL) serta Menentukan Besaran-besarannya B. Kegiatan Awal (10 Menit)  Guru mengecek kehadiran siswa  Mengumpulkan PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya  Memberi motivasi. STRATEGI PEMBELAJARAN  Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD  Metode Pembelajaran : Ceramah. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN Sumber :  Buku Matematika SMK Media/Alat dan Bahan :  Lembar Kerja Siswa (LKS) 2 E. kerucut. KOMPETENSI DASAR Menentukan luas selimut serta volume tabung. penugasan dan diskusi SKENARIO PEMBELAJARAN : I. dan bola.

Kegiatan Inti (60 Menit) Fase Kegiatan Guru Menyuruh siswa membuka buku paket kemudian guru membahas materi tentang melukis jaringjaring tabung dan kerucut Mengelompokkan siswa terdiri dari 4-5 orang perkelompok dengan memperhatikan tingkat kepandaian. guru memantau tiap kelompok. memberikan motivasi kepada kelompok yang kurang bersemangat dan kurang melakukan keterampilan kooperatif yang diharapkan. Penugasan a b c Selama siswa bekerja dalam kelompok.II. penugasan dan diskusi Fase 4 8 . dan suku sehingga kelompok yang terbentuk merupakan kelompok yang heterogen Guru membagikan LKS 2 kepada setiap siswa Guru menyuruh siswa mengerjakan soal yang ada pada LKS 2 dan menekankan bahwa bukan hanya untuk diisi tetapi untuk dimengerti oleh setiap anggota kelompok Kegiatan Siswa Membuka buku paket dan memperhatikan penjelasan guru Metode Ceramah disertai tanya jawab Fase 2 Fase 3 Mengatur tempat duduk dan mengelompokkan diri sesuai dengan kelompoknya. jenis kelamin. serta memberikan bantuan yang mereka perlukan Menerima LKS yang dimaksud Siswa mengerjakan soal yang ada pada LKS 2 secara berkelompok dan jika terjadi kesulitan disarankan untuk meminta bantuan dalam kelompoknya terutama kepada anggota kelompok yang berkemampuan tinggi sebelum meminta bantuan guru Bekerja dalam kelompok dan mendapat kesempatan untuk bertanya kepada guru Ceramah disertai Tanya jawab.

Laode Hidayat 9 .Fase Kegiatan Guru Menunjuk salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan tanggapan Memberikan penghargaan kepada kelompok dengan memberi point berdasarkan hasil kerja mereka Kegiatan Siswa Mempersiapkan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan Metode Ceramah disertai Tanya jawab Fase 5 Fase 6 Memperhatikan informasi yang disampaikan oleh guru Ceramah III. PENILAIAN  Penilaian Proses  Penilaian Hasil : Pelaksanaan Turnamen (Skor Kelompok) : Evaluasi (tes) tertulis Drs. Kegiatan Akhir (15 Menit)  Guru mengarahkan siswa merangkum materi yang telah diajarkan  Guru memberikan PR F.

INDIKATOR Setelah proses pembelajaran.  Menjelaskan pada siswa bahwa dalam pembelajaran ini siswa akan membahas materi secara mendalam melalui diskusi kelompok. dan setiap anggota kelompok mempunyai tanggung jawab yang sama akan keberhasilan kelompoknya 10 . Kegiatan Awal (10 Menit)  Guru mengecek kehadiran siswa  Mengumpulkan PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya  Memberi motivasi. KOMPETENSI DASAR Menentukan luas selimut serta volume tabung. kerucut. guru menyampaikan topik yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai (Fase 1)  Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya. STRATEGI PEMBELAJARAN  Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD  Metode Pembelajaran : Ceramah. penugasan dan diskusi SKENARIO PEMBELAJARAN : I.RENCANA PEMBELAJARAN 3 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Alokasi Waktu : Matematika : SMK : Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL) : Luas Sisi Tabung : 90 Menit (2 Jam Pelajaran) A. dan bola. STANDAR KOMPETENSI Mengidentifikasi Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL) serta Menentukan Besaran-besarannya B. tanya jawab. diharapkan siswa dapat :  Menghitung luas selimut tabung dan kerucut  Menghitung luas sisi tabung dan kerucut D. C. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN Sumber :  Buku Matematika SMK Media/Alat dan Bahan :  Lembar Kerja Siswa (LKS) 3 E.

penugasan dan diskusi Fase 4 11 . jenis kelamin. memberikan motivasi kepada kelompok yang kurang bersemangat dan kurang melakukan keterampilan kooperatif yang diharapkan. dan suku sehingga kelompok yang terbentuk merupakan kelompok yang heterogen Guru membagikan LKS 3 kepada setiap siswa Guru menyuruh siswa mengerjakan soal yang ada pada LKS 3 dan menekankan bahwa bukan hanya untuk diisi tetapi untuk dimengerti oleh setiap anggota kelompok Kegiatan Siswa Membuka buku paket dan memperhatikan penjelasan guru Metode Ceramah disertai tanya jawab Fase 2 Fase 3 Mengatur tempat duduk dan mengelompokkan diri sesuai dengan kelompoknya.II. serta memberikan bantuan yang mereka perlukan Menerima LKS yang dimaksud Siswa mengerjakan soal yang ada pada LKS 3 secara berkelompok dan jika terjadi kesulitan disarankan untuk meminta bantuan dalam kelompoknya terutama kepada anggota kelompok yang berkemampuan tinggi sebelum meminta bantuan guru Bekerja dalam kelompok dan mendapat kesempatan untuk bertanya kepada guru Ceramah disertai Tanya jawab. Kegiatan Inti (60 Menit) Fase Kegiatan Guru Menyuruh siswa membuka buku paket kemudian guru membahas materi tentang luas selimut tabung dan kerucut. guru memantau tiap kelompok. Penugasan a b c Selama siswa bekerja dalam kelompok. luas sisi tabung dan kerucut Mengelompokkan siswa terdiri dari 4-5 orang perkelompok dengan memperhatikan tingkat kepandaian.

Fase Kegiatan Guru Menunjuk salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan tanggapan Memberikan penghargaan kepada kelompok dengan memberi point berdasarkan hasil kerja mereka Fase 5 Kegiatan Siswa Mempersiapkan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan Metode Ceramah disertai Tanya jawab Fase 6 Memperhatikan informasi yang disampaikan oleh guru Ceramah III. Laode Hidayat 12 . Kegiatan Akhir (15 Menit)  Guru mengarahkan siswa merangkum materi yang telah diajarkan  Guru memberikan PR F. PENILAIAN  Penilaian Proses  Penilaian Hasil : Pelaksanaan Turnamen (Skor Kelompok) : Evaluasi (tes) tertulis Drs.

dan bola. dan setiap anggota kelompok mempunyai tanggung jawab yang sama akan keberhasilan kelompoknya 13 . C. KOMPETENSI DASAR Menentukan luas selimut serta volume tabung. STANDAR KOMPETENSI Mengidentifikasi Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL) serta Menentukan Besaran-besarannya B. STRATEGI PEMBELAJARAN  Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD  Metode Pembelajaran : Ceramah. diharapkan siswa dapat :  Menghitung luas permukaan (kulit) bola  Menghitung luas permukaan bola jika jari-jarinya diketahui D.  Menjelaskan pada siswa bahwa dalam pembelajaran ini siswa akan membahas materi secara mendalam melalui diskusi kelompok. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN Sumber :  Buku Matematika SMK Media/Alat dan Bahan :  Lembar Kerja Siswa (LKS) 4 E.RENCANA PEMBELAJARAN 4 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Alokasi Waktu : Matematika : SMK : Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL) : Luas Sisi Bola : 90 Menit (2 Jam Pelajaran) A. guru menyampaikan topik yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai (Fase 1)  Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya. kerucut. tanya jawab. INDIKATOR Setelah proses pembelajaran. Kegiatan Awal (10 Menit)  Guru mengecek kehadiran siswa  Mengumpulkan PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya  Memberi motivasi. penugasan dan diskusi SKENARIO PEMBELAJARAN : I.

luas permukaan bola jika jarijarinya diketahui Mengelompokkan siswa terdiri dari 4-5 orang perkelompok dengan memperhatikan tingkat kepandaian. Kegiatan Inti (60 Menit) Fase Kegiatan Guru Menyuruh siswa membuka buku paket kemudian guru membahas materi tentang luas permukaan (kulit) bola. dan suku sehingga kelompok yang terbentuk merupakan kelompok yang heterogen Guru membagikan LKS 4 kepada setiap siswa Guru menyuruh siswa mengerjakan soal yang ada pada LKS 4 dan menekankan bahwa bukan hanya untuk diisi tetapi untuk dimengerti oleh setiap anggota kelompok Kegiatan Siswa Membuka buku paket dan memperhatikan penjelasan guru Metode Ceramah disertai tanya jawab Fase 2 Fase 3 Mengatur tempat duduk dan mengelompokkan diri sesuai dengan kelompoknya. serta memberikan bantuan yang mereka perlukan Menerima LKS yang dimaksud Siswa mengerjakan soal yang ada pada LKS 4 secara berkelompok dan jika terjadi kesulitan disarankan untuk meminta bantuan dalam kelompoknya terutama kepada anggota kelompok yang berkemampuan tinggi sebelum meminta bantuan guru Bekerja dalam kelompok dan mendapat kesempatan untuk bertanya kepada guru Ceramah disertai Tanya jawab.II. penugasan dan diskusi Fase 4 14 . memberikan motivasi kepada kelompok yang kurang bersemangat dan kurang melakukan keterampilan kooperatif yang diharapkan. guru memantau tiap kelompok. Penugasan a b c Selama siswa bekerja dalam kelompok. jenis kelamin.

PENILAIAN  Penilaian Proses  Penilaian Hasil : Pelaksanaan Turnamen (Skor Kelompok) : Evaluasi (tes) tertulis Drs. Laode Hidayat 15 .Fase Kegiatan Guru Menunjuk salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan tanggapan Memberikan penghargaan kepada kelompok dengan memberi point berdasarkan hasil kerja mereka Fase 5 Kegiatan Siswa Mempersiapkan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan Metode Ceramah disertai Tanya jawab Fase 6 Memperhatikan informasi yang disampaikan oleh guru Ceramah III. Kegiatan Akhir (15 Menit)  Guru mengarahkan siswa merangkum materi yang telah diajarkan  Guru memberikan PR F.

tanya jawab. INDIKATOR Setelah proses pembelajaran.  Menjelaskan pada siswa bahwa dalam pembelajaran ini siswa akan membahas materi secara mendalam melalui diskusi kelompok. KOMPETENSI DASAR Menentukan luas selimut serta volume tabung. kerucut dan bola : 90 Menit (2 Jam Pelajaran) A. diharapkan siswa dapat :  Menghitung volume tabung. Kegiatan Awal (10 Menit)  Guru mengecek kehadiran siswa  Mengumpulkan PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya  Memberi motivasi. C. kerucut. penugasan dan diskusi SKENARIO PEMBELAJARAN : I. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN Sumber :  Buku Matematika SMK Media/Alat dan Bahan :  Lembar Kerja Siswa (LKS) 5 E. dan bola jika volumenya diketahui D. STRATEGI PEMBELAJARAN  Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD  Metode Pembelajaran : Ceramah. dan bola. kerucut. dan setiap anggota kelompok mempunyai tanggung jawab yang sama akan keberhasilan kelompoknya 16 . guru menyampaikan topik yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai (Fase 1)  Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya.RENCANA PEMBELAJARAN 5 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Alokasi Waktu : Matematika : SMK : Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL) : Volume tabung. kerucut dan bola  Menghitung unsur-unsur tabung. STANDAR KOMPETENSI Mengidentifikasi Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL) serta Menentukan Besaran-besarannya B.

kerucut dan bola. jenis kelamin. serta memberikan bantuan yang mereka perlukan Menerima LKS yang dimaksud Siswa mengerjakan soal yang ada pada LKS 5 secara berkelompok dan jika terjadi kesulitan disarankan untuk meminta bantuan dalam kelompoknya terutama kepada anggota kelompok yang berkemampuan tinggi sebelum meminta bantuan guru Bekerja dalam kelompok dan mendapat kesempatan untuk bertanya kepada guru Ceramah disertai Tanya jawab. dan suku sehingga kelompok yang terbentuk merupakan kelompok yang heterogen Guru membagikan LKS 5 kepada setiap siswa Guru menyuruh siswa mengerjakan soal yang ada pada LKS 5 dan menekankan bahwa bukan hanya untuk diisi tetapi untuk dimengerti oleh setiap anggota kelompok Kegiatan Siswa Membuka buku paket dan memperhatikan penjelasan guru Metode Ceramah disertai tanya jawab Fase 2 Fase 3 Mengatur tempat duduk dan mengelompokkan diri sesuai dengan kelompoknya. kerucut dan bola jika volumenya diketahui Mengelompokkan siswa terdiri dari 4-5 orang perkelompok dengan memperhatikan tingkat kepandaian. Penugasan a b c Selama siswa bekerja dalam kelompok. unsurunsur tabung. Kegiatan Inti (60 Menit) Fase Kegiatan Guru Menyuruh siswa membuka buku paket kemudian guru membahas materi tentang volume tabung.II. penugasan dan diskusi Fase 4 17 . memberikan motivasi kepada kelompok yang kurang bersemangat dan kurang melakukan keterampilan kooperatif yang diharapkan. guru memantau tiap kelompok.

Laode Hidayat 18 .Fase Kegiatan Guru Menunjuk salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan tanggapan Memberikan penghargaan kepada kelompok dengan memberi point berdasarkan hasil kerja mereka Fase 5 Kegiatan Siswa Mempersiapkan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan Metode Ceramah disertai Tanya jawab Fase 6 Memperhatikan informasi yang disampaikan oleh guru Ceramah III. PENILAIAN  Penilaian Proses  Penilaian Hasil : Pelaksanaan Turnamen (Skor Kelompok) : Evaluasi (tes) tertulis Drs. Kegiatan Akhir (15 Menit)  Guru mengarahkan siswa merangkum materi yang telah diajarkan  Guru memberikan PR F.

kerucut dan bola D.RENCANA PEMBELAJARAN 6 Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Alokasi Waktu : Matematika : SMK : Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL) : Perubahan Volume : 90 Menit (2 Jam Pelajaran) A. STANDAR KOMPETENSI Mengidentifikasi Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL) serta Menentukan Besaran-besarannya B. penugasan dan diskusi SKENARIO PEMBELAJARAN : I. kerucut dan bola  Menghitung besar volume tabung. kerucut dan bola C. STRATEGI PEMBELAJARAN  Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD  Metode Pembelajaran : Ceramah. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN Sumber :  Buku Matematika SMK Media/Alat dan Bahan :  Lembar Kerja Siswa (LKS) 6 E. Kegiatan Awal (10 Menit)  Guru mengecek kehadiran siswa  Mengumpulkan PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya  Memberi motivasi. tanya jawab. diharapkan siswa dapat :  Menghitung perbandingan volume tabung. INDIKATOR Setelah proses pembelajaran. dan setiap anggota kelompok mempunyai tanggung jawab yang sama akan keberhasilan kelompoknya 19 . KOMPETENSI DASAR Menghitung luas selimut serta volume tabung.  Menjelaskan pada siswa bahwa dalam pembelajaran ini siswa akan membahas materi secara mendalam melalui diskusi kelompok. guru menyampaikan topik yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai (Fase 1)  Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya.

kerucut dan bola Mengelompokkan siswa terdiri dari 4-5 orang perkelompok dengan memperhatikan tingkat kepandaian. kerucut dan bola. jenis kelamin.II. Penugasan a b c Selama siswa bekerja dalam kelompok. penugasan dan diskusi Fase 4 20 . serta memberikan bantuan yang mereka perlukan Menerima LKS yang dimaksud Siswa mengerjakan soal yang ada pada LKS 6 secara berkelompok dan jika terjadi kesulitan disarankan untuk meminta bantuan dalam kelompoknya terutama kepada anggota kelompok yang berkemampuan tinggi sebelum meminta bantuan guru Bekerja dalam kelompok dan mendapat kesempatan untuk bertanya kepada guru Ceramah disertai Tanya jawab. dan suku sehingga kelompok yang terbentuk merupakan kelompok yang heterogen Guru membagikan LKS 6 kepada setiap siswa Guru menyuruh siswa mengerjakan soal yang ada pada LKS 6 dan menekankan bahwa bukan hanya untuk diisi tetapi untuk dimengerti oleh setiap anggota kelompok Kegiatan Siswa Membuka buku paket dan memperhatikan penjelasan guru Metode Ceramah disertai tanya jawab Fase 2 Fase 3 Mengatur tempat duduk dan mengelompokkan diri sesuai dengan kelompoknya. memberikan motivasi kepada kelompok yang kurang bersemangat dan kurang melakukan keterampilan kooperatif yang diharapkan. Kegiatan Inti (60 Menit) Fase Kegiatan Guru Menyuruh siswa membuka buku paket kemudian guru membahas materi tentang perbandingan volume tabung. guru memantau tiap kelompok. besar volume tabung.

Laode Hidayat 21 . Kegiatan Akhir (15 Menit)  Guru mengarahkan siswa merangkum materi yang telah diajarkan  Guru memberikan PR F.Fase Kegiatan Guru Menunjuk salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan tanggapan Memberikan penghargaan kepada kelompok dengan memberi point berdasarkan hasil kerja mereka Fase 5 Kegiatan Siswa Mempersiapkan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan Metode Ceramah disertai Tanya jawab Fase 6 Memperhatikan informasi yang disampaikan oleh guru Ceramah III. PENILAIAN  Penilaian Proses  Penilaian Hasil : Pelaksanaan Turnamen (Skor Kelompok) : Evaluasi (tes) tertulis Drs.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful