P. 1
Bentuk Paruh Burung Berdasarkan Makanannya

Bentuk Paruh Burung Berdasarkan Makanannya

|Views: 2,795|Likes:

More info:

Published by: Ananda Anggun Ayuningtias on Apr 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/23/2013

pdf

text

original

BENTUK PARUH BURUNG BERDASARKAN MAKANANNYA Bentuk paruh yang dimiliki burung di sesuaikan dengan makanan mereka. a.

Burung pemakan daging seperti elang memakan tikus, tupai, ayam, dan lain sebagainya. Cirri-ciri paruh burung pemakan daging yaitu paruhnya pendek, tajam, kuat, besar, setengah melingkar, tidak bergigi, dan runcing (paruh elang yang sedemikian rupa bisa mencabik-cabik mangsanya). b. Burung pipit adalah burung pemakan biji-bijian. Ciri-ciri paruh burung pemakan bijibijian adalah paruhnya pendek, tebal, runcing, dan tajam. Paruhnya berfungsi untuk memecah biji-bijian seperti padi. c. Burung pelikan adalah salah satu jenis burung pemakan ikan. Ciri-ciri paruh burung pelikan yaitu bentuk paruhnya panjang dan berkantong besar pada bagian bawah untuk menyimpan ikan. Selain untuk menyimpan ikan, kantong yang dimiliki burung pelican ini juga digunakan untuk menggendong anaknya. d. Burung pelatuk memiliki paruh kuat seperti pahat, mampu memotong kayu dan melubangi pohon untuk menangkap serangga e. Paruh burung Kolibri, Paruhnya berbentuk kecil, runcing, panjang yang disesuaikan untuk menghisap madu f. Paruh itik seperti sudu dan pangkal bergerigi berguna untuk menyaring makanan dari air dan lumpur.

elang

pipit

pelikan

pelatuk

kolibri

Itik

html http://sainsmediaku.blogspot.wordpress.com/2011/05/mendeskripsikan-ciri-ciri-paruh-burung.com/2011/02/21/kelangsungan-hidup-organisme/ .http://dita-w.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->