1.

2.

3.

4.

5.

6.

“Segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat hidup dan mengadakan kegiatan /aktivitas”berikut merupakan pengertian dari nilai….. a. Vital b. Material c. Kerohanian d. Kebenaran e. Moral Nilai kerohanian meliputi beberapa hal, yaitu kecuali….. a. Moral b. Religius c. Keindahan d. Kebenaran e. Material Nilai yang dianggap lebih penting dari nilai lainya disebut nilai….. a. Integratif b. Disentegratif c. Mendarah daging d. Internalized Nilai heteronom disebut juga sebagai nilai social yang bersumber dari….. a. Tuhan b. Individu c. Kebudayaan d. Masyarakat e. Lingkungan Patokan yang dirumuskan dan diwajibkan dengan jelas serta tegas oleh pihak yang berwenang (pemerintah) kepada semua warga masyarakat, pernyataan tersebut merupakan pengertian dari norma….. a. Agama b. Kesopanan c. Resmi d. Tidak resmi e. Kesusilaan Sangsi yang diberikan kepada orang yang melanggar norma kesusilaan, yaitu berupa…… a. Pengucilan b. Celaan c. Penjara d. Ejekan e. Cemoohan

7.

Hal yang mendasar untuk membedakan antara norma hokum dan norma kebiasaan adalah….. a. Tempat b. Waktu c. Sanki d. Perintah e. Larangan 8. Nilai yang bersumber dari tuhan adalah nilai….. a. Heteronom b. Theonom c. Otunom d. Materil e. Kerohanianian 9. Penggunaan peluang nilai dan norma social yang bersifat represif pada dasarnya bertujuan untuk….. a. Menanggulangi potensi pelanggaran b. Meminimalkan dampak pelanggaran c. Mencegah pelanggaran d. Memulihkan keadaaan seperti sedia kala e. Mencegah berulangnya pelanggaran 10. Cap negative dari masyarakat dan pengucilan merupakan sangsi yang diberikan kedapa orang yang melanggar norma……. a. Agama b. Kesopanan c. Kesusilaan d. Hokum e. Mode 11. Pehatikan pernyataan berikut 1) Aksidental 2) Berulang terus 3) Pelakunya satu orang 4) Pelakunya dua orang atau lebih 5) Hanya terjadi satu kali 6) Tidak teratur Di anatara pernyataan di atas yang termasuk dalam interaksi social adalah….. a. b. c. d. e. 2,3, dan 4 1,3, dan 5 1,2, dan 3 1,2, dan 4 1,5, dan 6

Sugesti c. Charlotte Buehler d.. a. Jumlah pelaku lebih dari satu orang b. Ekstern c. Koersi d. Kekompakan Factor intern terdiri dari bebebrapa hal yaitu…. Motivasi 17. Bemberontakan d. b. a. disebut……. Motivasi d. kecuali…. Mempunyai maksud dan tujuan yang jelas d. Pengalaman e. a. Kecenderungan/keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sam dengan pihak lain disebut dengan…. Kesejahteraan e. Veger b. Kosiliasi b. Teman bermain b. a. Cooperation e. Sebagai pewaris nilai dan norma Sosialisasi diartikan sebagai proses manusia mengenal tata cara kehidupan dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitas individu merupakan pengertian dari sosialisai menurut…… a. Identivikasi 14. a. 22. Factor-faktor yang berasal dari dalam masyarakat. Dasar pengendalian social e. Jumlah pelaku hannya satu orang e.. 21. Cohan . Imitasi b. Toleransi 16. Demogrofi d. Konflik dalam masyarakat Berikut ini merupakan cirri-ciri dari interaksi social . a. Evaluasi e. Proxemics b.. disebut dengan factor…. Kerjasama c. Intimate c. berikut ini merupakan salah satu bentuk dari akomodasi.12. Di lingkungan alam yang berubah e. 20. Adanya komunikasi dengan pelaku menggunakan symbol-simbol c.. Distance d. kecuali…… a. Sebagai alat adaptasi b. Brikut ini factor yang mendorong terjadinya interaksi social . Demografi d. Arbitrase c. Empati 13. Aturan penggunaan ruang dalam proses interaksi. Kerukunan 19. Keinginan yang kuat dalam diri individu Proses sosialisai selalu memberikan pengetahuan baru kepada individu agar dapat melanjutkan kehidupanya ditengahtengah masyarakat yangbersifat heterogen. Karel J. Factor demografi b.. pernyataan berikut melupakan salah satu tujuan sosialisasi yaitu…. Imitasi b.. Ekstern c. Majority rule 15. Sugesti c. Motifasi 18. Pendidikan d. Intern b. Terjadi komunikasi melalui kontak social Berikut ini factor-faktor yang mempengaruhi sosialisi adalah… a. Factor-faktor penyebab dinamika social budaya yang berasal dari luar masyarakat. Peenmuan-penemuan baru c. Intern b. a. Keselarasan d.. Tempat tinggal c. disebut dengan factor…… a. Identifikasi e. Soerjono Soekanto c. Akomodasi memiliki berbagai bentuk. Memberikan pengetahuan d. Bentuk kongkret dari keteraturan social adalah adanya…. Berganing e. Menjaga hubungan social c. Identifikasi e. a. kecuali…. Brace J. Motivasi d. 23. Evaluasi e.

Peryataan tersebut merupakan bentuk tahapan-tahapan dari sosialisai . Karena merasa telah memiliki beban hidup e. a. dan 4 27. Normative e. Karena sudah bisa membantu perekonomian keluarganya 26. 34.2. Dis primary group c. Kebiasaan d. 31. Conform dan non conform e.. Social interest d.3. 19-30 tahun d. 33.. Prepatory stage b. Institutional stage 25. Kepribadian sebagai seutu organisa yang dinamis dari sitem psiko-psiko individu yang 29. Topeng c. Primer dan skunder c. Generalized stage e. pernyataan tersebut merupakan definisi prilaku penyimpangan secara…. 30-60 tahun e.berakhirnya usia 28. Tindakan Seorang yang tidak dapa mengorganisasikan kpribadian nya disebut…. Subjective perception b. Albert Banduro d. yaitu yang berarti…… a. Pada tahap ini anak melakukan proses imitasi. Transnational crimes d. a. menentukan tingkah laku . 32. Homogeny dan heterogen Tindakan kejahatan yang hannya merugikan pelakunya. Mutlak Edwin M. 6-13 tahun b. Tingakah laku e. 2. Lawang 24. Victimless crimes b.. Statistical b..Z. Alfred Adler c. Perhatikan pernyataan berikut 1) Factor biologis 2) Factor usia 3) Factor kasih sayang 4) Factor pengalaman 5) Factor kebudayaan Diatara pernyataan di atas yang termasuk dalam fakto pembentuk kepribadian adalah…. a. 1. Play stage c.4. Corporate crimes e. dan 3 b. 1.. merupakan bentuk kejahatan…. 30. a. Reaktif d. 1. yaitu…. a. dan 5 d. Organized crimes c. 13-19 tahun c. Positif dan negative d.e. White collar crimes Penyimpangan yang tidak merugikan masyarakat secara luas bersifat temporer dan dapat ditoleransi disebut penyimpangan…… . 60. a.3. Game stage d. Mengapa seorang individu dikatakan sudah dewasa ketika memasuki dunia kerja….4. Generalized e. Sendiri b. anak mampu berperan sesuai orang yang dia idolakan di hadapan temannya. Absolute c. Rasional dan irasional b. 2. Gordon W. Robert M. Lemert membagi penyimpangan social ke dalam 2 bentuk . yaitu…… a. Soerjono Seokanto e. Karena sudah memahami dengan baik nilai dan norma yang ada di masyarakat b. dan 5 c. Jess Fiest b. Karena sudah dapat memenuhi kebutuhan hidupnya d. a. Tahapan perkembangan kepribadian pada masa dewasa berlangsung pada …… a. Karena sudah menganggap dirinya sukses c. dan 5 e. Disorganized Mendasar kategori prilaku menyimpang atas sudut pandang norma.. Allport Kepribadian (personality) bersal dai bahasa latin. pernyatann tersebut didevinisikan oleh….

yaitu…. Positive b. kecuali…. a. a. 38. Antisocial c. Disintegransi Beberapa jenis pengendalian social secara normatitif yang dirasakan efektif untuk mengatur pola tingkah laku . a. Ajaran agama d. Antisocial grudge Akibat tidak berfungsinya lembaga pengendalian social adalah. Preventif b. 40.35. Terganggunya keseimbangan social b. Hokum fisik b. Desas-desus Berdasarkan prosesnya. a. Primer dan skunder d. Penanaman nilai religious e. Lembaga pendidikan c. Membentuk hubungan timbale balik e. Kejahatan d. Positive dan negative e. 37. Koersif c. Primer d. Sekunder e. a. Commitment b. 36. Tersier Tindakan melawan norma kebiasaan yang ada di masyarakat dan menentang kepentingan umum disebut tindakan…. yaitu melalui…….. Kejahatan tanpa korban e. Attachment c. a. pernyataan tersebut merupakan pengertian dari……. Represif d. 39. Involvement d. Pudarnya nilai dan norma c. a. Belive e. Preventive dan represif c. pengendalian social di bagi menjadi dua. Kondisif dan responsive Pengendalian yang dilakukan untuk mengembalikan keserasian yang pernah terusik akibatnya adanya pelanggaran yang di lakukan oleh suatu anggota masyarakat merupakan pengertian dari…. Kondusif . Krisis social d. Criminal Adanya rasa kasih sayang sebagai sumber kekuatan yang muncul dari hasil sosialisasi didalam kelompok primer . Nonconform b. Persuasive dan koersif b. Negative c. Persuasive e.

KUNCI JAWABAN 1) 2) 3) 4) 5) 6) 7) 8) 9) 10) A E C D C A C B D C 11) 12) 13) 14) 15) 16) 17) 18) 19) 20) D D E A D A B C D D 21) 22) 23) 24) 25) 26) 27) 28) 29) 30) E C D C A D D E B E 31) 32) 33) 34) 35) 36) 37) 38) 39) 40) D B A C B B D E A C .