P. 1
Siklus Sulfur

Siklus Sulfur

5.0

|Views: 2,649|Likes:
Published by Maryanto Satrio

More info:

Published by: Maryanto Satrio on Apr 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/17/2013

pdf

text

original

• • • •

Jimmi P. Siburian Ian Widhan A. Wahyu Adistya R. Maryanto Satrio

(3311100023) (3411100013) (3411100130) (4311100040)

Siklus sulfur berhubungan dengan Sumber Daya Alam end . Daur Sulfur 2. Siklus sulfur berhubungan dengan rantai makanan 3.1. Siklus sulfur berhubungan dengan piramida energi 4.

Sulfat Atmosfer Pengendapan Asam Sulfur dikehidupan organisme Tambang dekomposisi Peningkatan air tanah dancuaca tumbuhan Reduksi Sulfur Sulfat di Tanah Inorganik sulfur Sulfat di Air Sulfur biogenik dan garam laut Sulfur pada bahan bakar fosil Pemanasan sulfida Endapan organik Lubang di dasarLaut .

Litosfer Hidrosfer .Manusia berperan dalam siklus sulfur. yaitu dalam aktifitas pabrik seperti pembakaran bahan bakar fosil dan aktifitas lainnya yang menambah jumlah kandungan SOX di atmosfer Semakin banyaknya jumlah kandungan SOX dan NOX di atmosfer bereaksi dengan air (H2O) menjadi asam sulfat (H2SO4) dan turun ke litosfer dan hidrosfer dalam bentuk hujan asam.

. Tumbuhan hanya mampu memanfaatkan sulfur dalam bentuk sulfat. Sulfur juga terdapat dalam bentuk sulfat anorganik. Ada juga senyawa sulfur yang dilepas kembali ke atmosfer. Sulfur direduksi oleh bakteri membentuk senyawa sulfur termasuk sulfat yang kemudian dimanfaatkan tumbuhan untuk mensintesis protein dan lemak nabati. Sebagian sulfur yang tidak dimanfaatkan tumbuhan kemudian tependam berjuta-juta tahun menjadi bahan bakar fosil.Sulfur di Litosfer Hujan asam menambah jumlah sulfat di tanah. Penguraian makluk hidup yang mati oleh dekomposer juga menambah jumlah sulfur di tanah.

salah satu pereduksian sulfur menjadi hidrogen sulfida di litosfer dapat mempengaruhi kehidupan perairan (mematikan hewan air). . Hal ini disebabkan karena pH air turun (suasana asam).Sulfur di Hidrosfer sulfat yang turun ke daerah perairan mempengaruhi hewan dan makluk hidup di air.

Arthrobacter dan Bacillus 2H2S + O2 -> 2S + 2H2O 2S + 2H2O + 3O2 -> 2SO42.Daur Sulfur Hewan dan Manusia Tumbuhan Mikroorganisme Oksidasi sulfur menjadi sulfat oleh Thiobacillus.+ H2O + 2O2 -> 2SO42.+ 4H+ S2O32.+ 2H+ .

. Note: pentingnya protein (salah satu penyusunnya adalah sulfur) bagi tubuh agar tidak terkena busung lapar (kiri) dan kwashiorkor (kanan). Sulfur seperti yang telah dibahas dalam daur sulfur hanya bisa dimanfaatkan tumbuhan dalam bentuk sulfat. Maka agar bisa dimanfatkan oleh tumbuhan. dekomposer harus menguraikan organisme heterotrof atau autotrof yang telah mati menjadi ion sulfat (SO42-). Dalam rantai makanan sulfur berpindah dalam bentuk senyawa atau ikatan kimia seperti protein dan lemak (pada tumbuhan = nabati dan pada hewan = hewani). dan dekomposer.Komponen yang berhubungan dengan rantai makanan terhadap daur sulfur adalah komponen heterotrof. autotrof.

Konsumen puncak Konsumen 1 produsen .

Dalam piramida energi pasti menimbulkan pertanyaan “mengapa semakin ke atas (menjauhi produsen) maka semakin sedikit pula energi yang diperoleh? “  hal tersebut terjadi karena tidak semua energi yang berpindah. dari bentuk energi terpusat ke bentuk energi terpencar”. juga merunut hukum termodinamika II “ setiap perubahan bentuk energi pasti mengalami degradasi. baik dari segi energi tersebut sebagian telah digunakan organisme sebelumnya untuk aktivitasnya. terjadi perpindahan energi dalam bentuk protein. Dimulai dari kelompok produsen hingga mengalir ke konsumen puncak. . makin kecil energi yang di serap dan makin besar jumlah energi yang hilang. juga tidak semua bagian dari organisme sebelumnya yang dimakan oleh organisme selanjutnya. karbohidrat dan lemak. Dalam Piramida Energi ini. Tetapi sulfur hanya berpindah dalam bentuk protein dan lemak (yang tersusun dari sulfur sebagai salah satu komponennya).Makin tinggi trofik organisme.

Sulfur bebas (S) 2. Sebagai sumber energi (protein dan lemak) C . Insektisida dan fungisida (dengan ph rendah) • Di dalam alam sulfur dapat ditemukan dalam bentuk: 1. Sebagai obat-obatan (terutama obat kulit) B . . Senyawa sulfur seperti hidrogen sulfida dan asam sulfat • Sulfur dalam hujan asam juga dapat mempengaruhi sumber daya alam piramida energi dan rantai makanan yang dapat mengakibatkan kematian bagi hewan dan hewan air dan tumbuhan dan apabila terjadi tidak adanya keseimbangan komponen penyusun rantai makanan dan piramida energi maka keseimbangan alam akan rusak selain itu hujan asam dapat menyebabkan korosi pada logam.• Manfaat sulfur : A .

Terima Kasih .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->