P. 1
Peredaran Darah Pada Hewan Invertebrata

Peredaran Darah Pada Hewan Invertebrata

|Views: 1,872|Likes:
Published by Geri Kushermawan

More info:

Published by: Geri Kushermawan on Apr 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/06/2013

pdf

text

original

Peredaran Darah Pada Hewan Invertebrata

Disusun Oleh :  Agri Azizah  Dhani Agung  Ika kartika  Pipit Suci  Rio Hermansyah  Vanessa Ayu

Lengkung aorta sebagai jantung.Pengertian Hewan Invertebrata Hewan Invertebrata adalah hewan yang tidak bertulang belakang. Pada sebagian hewan tak bertulang belakang atau invertebrata yang berukuran kecil. Alat transfortasi cacing terdiri atas : 1. oksigen langsung meresap ke dalam plasma darah karena protein pembawa oksigennya terlarut secara bebas. pernapasan dan peredaran darah lebih sederhana dibandingkan hewan invertebrata. yang menghubungkan pembuluh punggung dan pembuluh perut. . Pembuluh darah punggung (dorsal) 2. Pembuluh darah perut (ventral) Pembuluh kapiler. juga sistem pencernaan. serta memiliki struktur morfologi dan anatomi lebih sederhana di bandingkan dengan kelompok hewan bertulang punggung atau belakang.

Peredaran Darah Cacing Tanah o Cairan yang terdapat dalam tubuh cacing tanahberupa darah. . Darah ini beredar ke seluruh tubuhdengan melewati pembuluh darah sehingga disebut juga peredaran darah tertutup.

Peredaran Darah Cacing Tanah o Darah cacing tanah mengandung hemoglobin yang berfungsi untuk mengakut oksigen. hemoglobin cacing tanah ini tidakterdapat pada sel-sel darah merah. . Berbeda denganhewan vertebrata.

kemudian melewati lima lengkung aorta kearah belakang melewati pembuluh darha ventral yangberada di bagian perut. .Peredaran Darah Cacing Tanah o Peredaran darah pada cacing tanah agak sederhana.Jantung cacing tanah berupa lima lengkung aorta.Darah dari pembuluh darah dorsal mengalir ke bagiankepala.

kemudian diteruskan ke suatu sistempembuluh darah yang lebih kecil dan rumit.Peredaran Darah Cacing Tanah o Pembuluh darah ventral mengangkut darah ke arahbelakang. . Disinilah terjadipertukaran gas. yangberakhir di kapiler-kapiler.

.

Peredaran darah yang terjadipada belalang adalah peredaran darah terbuka. .Peredaran darah Serangga o Peredaran darah pada insekta dapat dengan mudahdiamati pada belalang. darah tidak terdapat didalampembuluh darah. yaituselama peredarannya.

tetapi hanya membawa sarimakanan karena oksigen dibawa oleh sistem trakea.Peredaran darah Serangga o Darah belalang yang beredar ke seluruh tubuh tidakmembawa oksigen. .

Peredaran darah Serangga o Sistem peredaran darah pada belalang terdiri ataspembuluh yang memanjang diatas saluranpencernaan. Pembuluh ini terdiri atas bagian palingdepan berupa aorta dan tengah terdapat jantungpembuluh yang berupa gelembung-gelembung yangmemiliki lubang-lubang halus. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->