DAFTAR ISI

BAB 1 ................................................................................................................. 2 PENDAHULUAN.................................................................................................. 2 PENGERTIAN ................................................................................................... 2 BAB 2 ................................................................................................................. 4 PEMBAHASAN .................................................................................................. 4 FARMAKOLOGI (CARA KERJA OBAT) ............................................................... 4 INDIKASI.......................................................................................................... 4 KONTRAINDIKASI ............................................................................................ 5 DOSIS DAN ATURAN PAKAI ............................................................................. 5 EFEK SAMPING................................................................................................ 5 PERINGATAN DAN PERHATIAN ....................................................................... 6 INTERAKSI OBAT ............................................................................................. 6 KEMASAN ....................................................................................................... 6 BENTUK SEDIAAN............................................................................................ 7 NAMA GENERIK .............................................................................................. 7 NAMA OBAT DI PASARAN ............................................................................... 7 DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................. 8

Losartan dan metabolit aktifnya menghambat secara selektif penyempitan pembuluh darah dan efek sekresi aldosteron dari angiotensin II dengan cara menghambat ikatannya secara selektif di reseptor angiotensin I. losartan juga dapat memperlambat progresivitas nefropati diabetik dan kelainan ginjal lain pada pasien diabetes melitus tipe II. Absorbsi Losartan berlangsung dengan cepat. . Sehingga dengan demikian. Losartan memiliki rumus kimia C22H23ClN6O dengan berat molekul 422. Losartan sedang diteliti sebagai perlindungan terhadap kemungkinan hilangnya otot yang rusak atau tua. hipertensi. Karena losartan dapat menyebabkan hiperkalemia. suplemen kalium atau pengganti garam yang mengandung kalium tidak boleh digunakan tanpa resep dokter konsultasi.91 g/mol. Losartan sebagai obat yang mungkin bagi ditandai memperlambat pembesaran aorta dan sindrom Marfan di terkait. dan makanan tidak mempengaruhi absorpsi Losartan sehingga Losartan dapat diberikan sebelum atau setelah makan Losartan merupakan salah satu ARB yang diindikasikan untuk hipertensi. serta selama tugas gangguan memori (copemberian skopolamin). Losartan akan menyebabkan terjadiya penurunan tekanan darah. Losartan baru-baru ini telah ditemukan untuk menjadi penambah kognitif. Selain itu. dan mikroalbuminuria (>30 mg/hari) atau proteinuria (> 900 mg. Losartan adalah obat antihipertensi yang tergolong dalam Antagonis Reseptor Angiotensin II.hari). Losartan merupakan ARB pertama yang dipasarkan secara luas dengan nama dagang Cozaar (Merc & Co).BAB 1 PENDAHULUAN PENGERTIAN Losartan adalah suatu uricosuric. Ini meningkatkan memori pada orang dengan tekanan darah normal dalam kondisi standar.

tetapi memiliki metabolit aktif asam 5-karboksilat yang dapat bekerja dalam 6 hingga 8 jam. Losartan kemudian diekskresikan 13% .5 hingga 2 jam. Meskipun losartan jarang digunakan sebagai terapi first-line untuk hipertensi akibat harganya yang relatif lebih mahal dibanding diuretik atau beta bloker. Wiki osa2 Losartan juga terdapat dalam kombinasi dengan diuretik tiazid dosis rendah dan dipasarkan dengan nama dagang Hyzaar (Merck).Bioavailabilitas losartan adalah sebesar 25% hingga 35%. Losartan akhir-akhir ini diteliti mengenai efektivitasnya dalam menekan reseptor TGF-β tipe I dan II pada ginjal diabetik.25% melalui ginjal dan 50% . . losartan. Waktu paruh telmisartan adalah 1. Metabolit aktif ini juga memiliki efektivitas blocking reseptor AT1 10 hingga 40 kali lebih kuat dibanding bahan induknya. yang diasumsikan bertanggung jawab dalam efek proteksi ginjal pada pasien diabetes. losartan ternyata dapat dijadikan sebagai terapi first-line untuk hipertensi dengan risiko kardiovaskular event. Metabolisme losartan terjadi di hepar dengan bantuan enzim sitokrom p450 CYP2C9 dan CYP3A4.60% melalui bilier.

BAB 2 PEMBAHASAN FARMAKOLOGI (CARA KERJA OBAT) Angiotensin II ini selanjutnya akan berkaitan dengan reseptor Angiotensin I yang akan mempengaruhi bermacam-macam organ. ginjal. otak) • Ginjal : retensi Na (produksi aldosteron) retensi air (pelepasan vasopresin) pelepasan prostaglandin • Otak : rasa haus dan pelepasan vasopresin • SSP : merangsang efek simpatis epinefrin • Jantung : Kontraksi (inotropik) hipertrofi ventrikel fibrosis vaskular dan miokard Faktor-faktor tersebut diatas merupakan komponen penting terjadinya hipertensi. terutama bila pasien tidak dapat mentoleransi efek samping batuk. dengan demikian akan menyebabkan terjadiya penurunan tekanan darah. Losartan juga dapat menurunkan risiko terjadinya stroke pada penderita dengan penyakit jantung. sehingga efek Angiotensin II terhambat. Losartan diindikasikan untuk kasus-kasus hipertensi esensial ringan sampai berat. Ataupun resisten terhadap antihipertensi golongan lain. dan makanan tidak mempengaruhi absorpsi Losartan sehingga Losartan dapat diberikan sebelum atau setelah makan. yaitu : • Arteri : vasokonstriksi (khususnya koroner. Mekanisme kerja Losartan adalah secara selektif dan kompetitif bekerja terhadap subtipe reseptor AT1. INDIKASI Indikasi Losartan adalah untuk pengobatan hipertensi esensial ringan sampai berat. terutama bila pasien tidak dapat mentoleransi efek samping batuk atau penderita yang resisten terhadap antihipertensi golongan lain. . Absorbsi Losartan berlangsung dengan cepat.

maka dapat ditambahkan hydrochlorotiazide (HCT).  Pegal-pegal. Bila pemberian Losartan secara tunggal belum menurunkan tekanan darah secara adekuat.  Gangguan saluran napas. Ibu hamil dan menyusui    DOSIS DAN ATURAN PAKAI Tanyakan kepada dokter anda mengenai dosis dan aturan pakai Losartan. Apabila diperlukan. sekali sehari. dosis dapat ditingkatkan hingga 100 mg per hari. dosis awal yang diberikan adalah 25 mg. Pada penderita yang kemungkinan volume cairan tubuh berkurang (misalnya pasien yang menggunakan diuretika) atau dengan gangguan fungsi hati. EFEK SAMPING Efek samping Losartan yang pernah dilaporkan adalah :  Sakit kepala. Bila Losartan diberikan pada orang tua maupun pasien dengan gangguan fungsi ginjal. tidak perlu dilakukan penyesuaian dosis. Losartan dapat menghambat kerusakan ginjal. KONTRAINDIKASI Losartan tidak boleh diberikan kepada : Penderita yang hipersensitif terhadap Losartan. Dosis awal biasanya 50 mg. Losartan dapat diberikan sebelum atau sesudah makan karena absorpsinya tidak dipengaruhi oleh makanan. Anak-anak karena efektivitas dan keamanannya pada anak-anak belum diketahui. .  Pusing.  Nyeri punggung.Pada penderita diabetes tipe 2.

50 mg. Perubahan rasa. trianteren. Losartan bila dikombinasikan dengan HCT akan memberikan efek sinergis dalam menurunkan tekanan darah. penggunaan diuretika hemat kalium (misalnya spironolakton. . karena kemungkinan peningkatan kadar losartan di dalam darah pada pasien dengan gangguan fungsi hati. 3 strip x 10 tablet. dapat diberikan dosis losartan dengan dosis lebih rendah. suplemen kalium atau bahan mengandung kalium dapat meningkatkan kadar kalium dalam darah. amilorid). Reaksi hipersensitivitas seperti ruam kulit dan angioedema. Pada pasien dengan gangguan ginjal dengan atau tanpa diabetes. warfarin. simetidin dan fenobarbital. Gangguan fungsi ginjal yang bersifat reversible apabila obat dihentikan. Hipotensi (tekanan darah turun di bawah normal) pada dosis awal. dus. Peningkatan enzim fungsi hati yang bersifat sementara. Gangguan saluran pencernaan. INTERAKSI OBAT    Losartan tidak berinteraksi dengan HCT. sering dijumpai gangguan keseimbangan elektrolit.        Kelelahan. digoksin. KEMASAN Losartan tablet. dan Hiperkalemia. Sama seperti golongan Antagonis Reseptor Angiotensin II lainnya. PERINGATAN DAN PERHATIAN    Pada penderita dengan gangguan fungsi hati. Sebagai akibat penghambatan sistem RAAS dapat terjadi gangguan fungsi ginjal yang bersifat reversible apabila pengobatan dihentikan.

5.BENTUK SEDIAAN Bentuk sediaan pada obat losartan ini berupa tablet. NAMA GENERIK (COZAAR) NAMA OBAT DI PASARAN 1. 2. 3. 4. Irbesartan (avapro) Candesartan (amias) Losartan (cozaar) Telmisartan (micardis) Valsartan (diovan) .

www.DAFTAR PUSTAKA //http.aldar-elsvesta.arisclinic.com www.tumblr.com .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful