P. 1
PERAN BUDAYA DAERAH MEMPERKOKOH KETAHANAN BUDAYA NASIONAL

PERAN BUDAYA DAERAH MEMPERKOKOH KETAHANAN BUDAYA NASIONAL

|Views: 347|Likes:
Published by Aannes Purba

More info:

Published by: Aannes Purba on Apr 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/02/2012

pdf

text

original

PERAN BUDAYA DAERAH MEMPERKOKOH KETAHANAN BUDAYA NASIONAL ILMU BUDAYA DASAR

Di Susun oleh NAMA : NPM : Yohannes 17111557 1 KA 41

KELAS :

Program Sarjana Sistem Informasi UNIVERSITAS GUNADARMA

Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar Dosen : Muhammad Burhan Amin Topik Makalah Peran Budaya Daerah Dalam Memperkokoh Ketahanan Budaya Bangsa

Kelas : 1-KA41

Tanggal Penyerahan Makalah : 03 April 2012 Tanggal Upload Makalah : 04 April 2012

PERNYATAAN Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain. Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini. Penyusun

NPM 17111557

Nama Lengkap Yohannes

Tanda Tangan

Program Sarjana Sistem Informasi UNIVERSITAS GUNADARMA

i

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa Yang telah memberikan berkat serta karunia Nya Sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Peran Budaya Daerah Dalam Memperkokoh Ketahanan Budaya Bangsa. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat selesai tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Makalah ini dibuat berdasarkan materi – materi yang ada. materi – materi bertujuan agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan pambaca dalam Ilmu Budaya Dasar . Serta pembaca juga dapat memahami nilai – nilai dasar yang direfleksikan dalam berpikir dan bertindak Dalam makalah ini kami akan saya tampilkan fenomena – fenomena budaya daerah dalam memperkokoh ketahan bangsa, Mungkin dalam penulisan ini saya selaku penulis banyak terjadi kesalahan ataupun kurang tepat dalam penyampaian nya. Saya selaku penulis meminta maaf sebesar – besarnya jika memang terjadi kesalahan. Karena saya juga manusia, yang salah datang nya dari saya dan yang benar datangnya dari Tuhan. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Bekasi, April 2012

Penyusun

ii

Daftar isi Pernyataan ............................................................................................................... i Kata Pengantar ........................................................................................................ ii Daftar Isi................................................................................................................... iii BAB I PENDAHULUAN ........................................................................................ 1 I.1 Latar Belakang ......................................................................................... 1 I.2 Tujuan ....................................................................................................... 1 I.3 Sasaran ...................................................................................................... 2 BAB II PERMASALAHAN.................................................................................... 3 II.1 Strenght (Kekuatan)........................................................................................................................3
II.2 Weakness (Kelemahan) ..................................................................................... 4 II.3 Peluang (Opportunity) ...................................................................................... 4 II.4 Tantangan (Threats) .......................................................................................... 5

BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI ................................................ 6 III.1 Kesimpulan ............................................................................................ 6 III.2 Rekomendasi .......................................................................................... 6 Referensi ................................................................................................................... 7

iii

BAB I. PENDAHULUAN

I.1

Latar Belakang Budaya merupakan identitas bangsa yang harus dihormati dan dijaga serta

dilestarikan dengan baik oleh para penerus bangsa. Budaya lokal indonesia beranekaragam sesuai dengan potensi yang dimiliki indonesia. Dalam pasal 32 uud 1945 dijelaskan bahwa : “kebudayaan bangsa (indonesia) adalah puncak-puncak kebudayaan di daerah”. Di zaman globalisasi ini banyak budaya yang masuk ke indonesia, dengan cara - cara tertentu membuat dampak positif dan dampak negatif nya sendiri bagi bangsa indonesia. Terutama dalam bidang kebudayaan. Dampak negative bisa dirasakan yaitu semakin terkikisnya nilai – nilai budaya kita oleh pengaruh budaya asing yang masuk ke negara kita. Oleh karena itu, untuk meningkatkan ketahanan budaya bangsa, maka pemerintah perlu meningkatkan pengembangan kesenian yang mampu melahirkan “nilai-tambah kultural”. Kebudayaan daerah perlu tetap dilanggengkan, karena berakar dalam budaya masyarakat. Perlunya tekad yang kuat dan berperan aktif dalam memperkokoh kebudayaan bangsa. Jika kebudayaan asing yang bersifat negatif memasuki sendi-sendi kehidupan bangsa, terutama para generasi muda tanpa diimbangi upaya pelestarian nilai-nilai budaya bangsa dikhawatirkan bangsa indonesia akan kehilangan jati diri sebagai bangsa. Betapa pentingnya kita mencintai budaya ini dan mempertahankannya di tengah ancaman budaya barat.

I.2

Tujuan Tujuan dari membentuknya makalah ini adalah a) Memenuhi tugas Ilmu Budaya Dasar b) Mengetahui peran budaya daerah dalam upaya memperkokoh budaya nasional. c) Mengetahui berbagai macam masalah tentang kebudayaan.

1

d) Mengetahui cara mengatasi permasalahan mengenai kebudayaan. e) f) Terwujudnya persatuan dan kesatuan. Dapat menambah pengetahuan tentang kebudayaan.

g) Mengaplikasikan di kehidupan sehari- hari

I.3

Sasaran Pembuatan makalah ini sebenarnya lebih ditujukan untuk para mahasiswa yang

mempelajari Ilmu Budaya Dasar dan teman – teman pada kelas 1 KA 41. Dan masyarakat luas pada umunya. Sehingga masyarakat khususnya kaum muda sadar dan ikut melindungi juga melestarikan kebudayaan kita, minimal pada kebudayan daereah nya masing – masing .

2

BAB II PERMASALAHAN

Kebudayaan daerah di Indonesia yang beranekaragam menjadi suatu kebanggaan juga tantangan untuk mempertahankan, mewarisi, serta melestarikannya kepada generasi muda. Budaya daerah di Indonesia sangat membanggakan karena memiliki keanekaragaman yang sangat bervariasi serta memiliki keunikan tersendiri. Globalisasi dan Masuknya budaya asing merupakan salah satu factor yang menyebabkan budaya daerah dilupakan pada ahkir – ahkir ini. Masuknya budaya asing ke Negara Indonesia sebenarnya merupakan hal yang wajar, asalkan budaya tersebut sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Namun pada kenyataannya budaya asing yang negatif mulai mendominasi sehingga budaya daerah mulai dilupakan. Faktor lain yang menjadi masalah adalah kurangnya kesadaran masyarakat, khususnya kaum muda akan pentingnya peranan budaya daerah. Budaya daerah adalah identitas bangsa. Sebagai identitas bangsa, budaya daerah harus terus dijaga seacara terus - menerus keaslian maupun kepemilikannya agar tidak dapat diakui oleh negara lain. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan budaya asing masuk asalkan sesuai dengan kepribadian negara karena suatu negara juga membutuhkan input-input dari negara lain yang akan berpengaruh terhadap perkembangan di negaranya.

II.1

Kekuatan (Strenght)

a) Indonesia mempunyai budaya daerah yang dapat dijadikan sebagai aset negara yang sangat berharga. Budaya daerah yang dimiliki Indonesia berbeda-beda pada setiap daerah. Ini yang membuat kebudayaan Indonesia berbeda dengan Negara - negara yang lain.Semua itu dapat dijadikan kekuatan untuk dapat memperkokoh ketahanan budaya bangsa dimata Internasional.

3

b) Kepercayaan orang – orang di daerah yang masih di anggap mistik di anggap sesuatu yang unik dan menjadi nilai lebih di pandang dari sudut wisatawan asing. c) Masih ada daerah yang memegang teguh adat istiadat yang sangat kuat. d) Kekhasan budaya Indnesia banyak menarik perhatian wisatawan dari berbagai belahan dunia untuk datang langsung dan mempelajari lebih dalam mengenai budayabudaya Indonesia. II.2 Kelemahan (Weakness)

a) Masuknya kebudayaan – kebudayaan dari luar baik dari barat maupun asia yang dianggap lebih modern membuat rakyat Indonesia khususnya pemuda – pemuda lebih memilih mempelajari kebudayaan – kebudayaan luar seperti tari samba, salsa, street dance dianggap lebih mengikuti mode, atau bisa di bilang lebih modern. b) Kurangnya kesadaran dan minimnya pengetahuan yang di miliki masyarakat tentang kebudayaan mereka sendiri dan pentingnya kebudayaan daerah mereka membuat seringnya di tinggalkannya kebudayaan - kebudayaan daerah yang ada di Indonesia. c) Kuranganya komunikasi antar suku yang berbeda kebudayaan membuat terjadinya sering salah komunikasi, sehingga banyak terjadinya perselisihan antar suku, yang membuat semakin banyak nya suku – suku yang hilang karena perselisihan dan semakin tidak kondusif d) Kurang peka terhadap kesenian daerah dan kurang nya perhatian Pemerintah. baik pusat maupun daerah untuk menanamkan semangat maupun pendidikan tentang pentingnya kebudayaan daerah, juga kurangnya bantuan dana terhadap kebudayaan – kebudayaan daerah II.3 Peluang (Opportunity)

a) Perubahan karena adanya Plagiarisme, banyaknya orang luar negri yang mengaku – akui budaya Indonesia membuat kaum – kaum muda menjadi tau pentingnya kebudayaan – kebudayaan daerah yang mereka miliki, dan belajar melindungi dan memeliharanya.

4

b) Banyaknya tempat wisata budaya yang sudah dibuka untuk wisatawan lokal maupun asing ini yang membuat wisatawan lebih mengenal budayanya dan memacu wisatawan asing untuk mempelajari kebudayaan tersebut c) Kemajuan Teknologi. Walaupun dalam masalah budaya teknologi sering kali merugikan keberadaan budaya – budaya daerah tertentu, tapi karena adanya teknologi yang semakin maju, membuat bangsa kita lebih mudah memperkenalkan kebudayaan nya keluar melalu internet, dan media – media lainnya. d) Di daerah tertentu seperti di keraton Yogyakarta adat istiadat sangat lah tinggi seperti menghormati raja, bersikap sopan di keraton ini yang akan memicu daerah lain untuk berbuat sama dengan keraton Yogyakarta

II.4

Tantangan/Hambatan (Threats)

a) Perubahan lingkungan alam dan fisik menjadi tantangan tersendiri bagi suatu negara untuk mempertahankan budaya lokalnya. Karena seiring perubahan lingkungan alam dan fisik, pola piker serta pola hidup masyarakat juga ikut berubah b) Selain menjadi peluang Kemajuan Teknologi juga merupakan salah satu hambatan, kemajuan teknologi menjadi salah satu factor yang menyebabkan ditinggalkannya budaya lokal. Misalnya, seperti di daerah – daerah tertentu adat untuk memanen padi sudah tidak sekarang sudah banyak menggunakan mesin . c) Kurangnya kepekaan pemeritah terhadap pelestarian kebudayaan daerah. Sehingga menjadikan semakin terkikisnya kebudayaan tersebut d) Tidak adanya pendanaan dan pemeliharaan terhadap aset – aset kebudayaan seperti monumen – monument, candi, rumah adat memicu aset – aset tersebut semakin rusak dan tidak dapat dipergunakan lagi.

5

BAB III. Kesimpulan dan Saran

III.1

Kesimpulan Sebagai Negara beraneka ragam suku dan budaya pastinya sangat sulit untuk

mempertahankan dan mempersatukan masyarakatnya. Namun hal tersebut pasti bisa terkoordinir jika kita sebagai masyarakat Indonesia yang bangga akan keragaman tersebut bisa menjaga, mendalami, serta melestarikan keberagaman, kehasan dan keunikan budaya itu yang khususnya berawal dari budaya daerah. Karena kebudayan daerah kita merupakan aset yang sangat berharga dan merupakan sebuah jati diri bangsa. Untuk itu seharusnya kita bisa lebih peka dan peduli lagi terhadap semua kebudayaan kita. Selain itu kita harus memahami arti kebudayaan serta menjadikan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia sebagai sumber kekuatan untuk ketahanan budaya bangsa. Agar budaya kita tetap terjaga dan tidak diambil oleh bangsa lain. III.2     Rekomendasi Pemerintah Lebih Aktif dan lebih cepat dalam dalam menghak patenkan kebudayaan kita agar tidak terulang kembali pencurian kebudayaan dari Negara lain. Diadakan pelatihan dan pemberitahuaan kepada rakyat tentang pentingnya kebudayaan daerah demi berdirinya kebudayaan nasional. Pemerintah memberi bantuan dana untuk membantu orang – orang yang menjaga dan melestarikan kesenian daerah, jangan biarkan orang – orang seperti mereka hilang. Meningkatkan rasa cinta tanah air sehingga masyarakat mumpunyai rasa cinta akan kebuyaan nya

6

REFERENSI     http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/makalah-tentang-peranan-budaya-lokalmemperkokoh-budaya-bangsa/ http://melayuonline.com/ind/news/read/7885/multikulturalisme-peluang-kebangkitanbudaya-lokal http://danielyogya.blogspot.com/2008/11/artikel-budaya.html

7

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->