P. 1
Manfaat Membaca dalam Penulisan Karya Ilmiah

Manfaat Membaca dalam Penulisan Karya Ilmiah

|Views: 254|Likes:
Published by Imam Burhanudin

More info:

Published by: Imam Burhanudin on Apr 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/03/2014

pdf

text

original

MANFAAT MEMBACA DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH

KARYA ILMIAH

Disusun untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Oleh IMAM BURHANUDIN NIM : 41032151111008

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA BANDUNG 2012

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia Nya penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan judul “ Manfaat Membaca Dalam Penulisan Karya Ilmiah ”. Karya ilmiah ini disusun dengan maksud untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bahasa Indonesia. Dalam penulisan karya ilmiah ini, penulis banyak memperoleh bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Maka dari itu penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada : 1. Ibu Hj. Isna Sulastri,Dra.,M.pd selaku dosen mata kuliah Bahasa Indonesia. 2. Seluruh teman yang telah banyak membantu. Penulis menyadari dalam penyusunan karya ilmiah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna sempurnanya karya ilmiah ini. Penulis berharap karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya.

Bandung, April 2012

Penulis,
i

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ………………………………………………………….

i

DAFTAR ISI……………………………………………………………………… ii

BAB I PENDAHULUAN 1.1 1.2 1.3 1.4 1.5 Latar Belakang ……………………………………………………….. 1 Identifikasi Masalah ………………………………………………….. 2 Rumusan Masalah …………………………………………………… 2 Tujuan Penulisan …………………………………………………….. 2 Manfaat Penulisan ……………………………………………………. 3

BAB II PEMBAHASAN 2.1 2.2 Pengertian Membaca ………………………………………………… 4 Manfaat Membaca …………………………………………………… 5

BAB III PENUTUP 3.1 3.2 Kesimpulan …………………………………………………………… 7 Saran …………………………………………………………………. 7

DAFTAR PUSTAKA

ii

BAB I PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang Karya ilmiah atau tulisan ilmiah adalah karya seseorang yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang diperoleh melalui kepustakaan, kumpulan pengalaman, dan pengetahuan orang lain sebelumnya. Maka dari itu, mahasiswa diwajibkan untuk membuat karya ilmiah atau tulisan ilmiah. Hal itu juga, didukung dengan adanya surat edaran dari Dirjen Dikti Nomor 152/E/T/2012 yang mewajibkan mahasiswa untuk membuat jurnal ilmiah. Oleh karenanya, mahasiswa harus mulai menambah wawasan, mencari pengetahuan tentang karya ilmiah, serta melatih keterampilan menulisnya. Membaca merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk menambah wawasan, menambah pengetahuan tentang karya ilmiah. Sehingga, apabila mahasiswa sudah mempunyai wawasan yang luas dan mengetahui tata cara membuat karya ilmiah, mahasiswa dapat dengan mudah membuat karya ilmiah. Begitu penting sekali manfaat dan peranan membaca dalam membuat karya ilmiah. Sehingga, kita selaku mahasiswa harus mulai giat membaca mulai dari sekarang. Bicara tentang manfaat membaca, Dr. Aidh bin Abdullah al-Qarni, dalam bukunya, “La Tahzan” mengungkapkan tentang banyaknya manfaat membaca, yaitu di antaranya sebagai berikut :

1

1. Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan. 2. Ketika sedang membaca, seseorang terhalang masuk kedalam pembodohan. 3. Dengan sering membaca, orang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata. 4. Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman.

1.6

Identifikasi Masalah Berdasarkan karya ilmiah ini, dapat di identifikasi masalah : 1. Pengertian membaca 2. Manfaat membaca

1.3

Rumusan Masalah 1. Apa pengertian dari membaca ? 2. Apa saja manfaat dari membaca ?

1.4

Tujuan Penulisan 1. Untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah Bahasa Indonesia. 2. Mengetahui pengertian membaca dan manfaat membaca. 3. Melatih pembuatan karya ilmiah.

2

1.5

Manfaat Penulisan 1. Mengetahui pengertian dan manfaat dari membaca. 2. Melatih penulis dalam membuat karya ilmiah yang baik. 3. Memberikan pengetahuan kepada pembaca.

3

BAB II PEMBAHASAN

1.

Pengertian Membaca Membaca merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh semua orang, karena membaca merupakan kunci dari jendela dunia (buku). Sebenarnya kegiatan membaca itu sudah diperintahkan oleh Alloh SWT dalam Al-qur’an surat Al-Alaq ayat 1 “iqra’ bismi rabbikalladzi kholaqo”, yang artinya “Bacalah dengan nama Rabb (Tuhan) kamu (yakni Alloh) yang menciptakan”. Banyak para ahli yang berpendapat mengenai pengertian membaca, seperti Dinna Ferdianti mengungkapkan bahwa “Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang harus sering dilatih. Semakin sering berhadapan dengan bacaan, semakin terampilah kita membaca”. Selain itu juga, Ismail Kusmayadi mengungkapkan bahwa “Membaca merupakan proses yang kompleks karena proses ini melibatkan kegiatan fisik dan mental”. Senada dengan itu Sri Wahyuni juga menungkapkan bahwa “Membaca merupakan proses yang bersifat fisik dan psiklogis”,

(http://carapedia.com/pengertian_definisi_membaca_info2149.html). Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa membaca melatih berbahasa dan membaca juga merupakan kegiatan yang harus menggunakan fisik dan mental.

4

2.

Manfaat Membaca “Membaca adalah sebuah keharusan bila kita ingin menguasai dunia. Dengan membaca, pandangan kita menjadi lebih terbuka terhadap hal-hal baru yang tidak kita ketahui sebelumnya. Bila sebelumnya membaca identik dengan buku, maka di jaman yang serba digital ini membaca tidak hanya terpaku pada membaca buku karena segala informasi terkini telah tersedia di dunia maya”. (http://carapedia.com/pengertian_definisi_membaca_info2149.html). Dr. Aidh bin Abdullah al-Qarni, juga dalam bukunya “La Tahzan”

mengungkapkan tentang banyaknya manfaat membaca, yaitu di antaranya sebagai berikut : 1. Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan. 2. Ketika sedang membaca, seseorang terhalang masuk kedalam pembodohan. 3. Dengan sering membaca, orang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata. 4. Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang, meningkatkan memori dan pemahaman. Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa manfaat membaca secara umum adalah : a. Membaca dapat menjauhkan diri dari kebodohan. b. Membaca dapat mengembangkan kefasihan dalam bertutur kata. c. Membaca menambah wawasan. 5

Sedangkan, manfaat membaca dalam pembuatan karya ilmiah adalah untuk mengembangkan pemikiran, menjernihkan cara berpikir, mampu mengembangkan kemampuannya, serta mampu meningkatkan memori dan pemahaman.

6

BAB III PENUTUP

3.1

Kesimpulan Membaca melatih berbahasa dan membaca juga merupakan kegiatan yang harus menggunakan fisik dan mental. Manfaat membaca secara umum adalah : a. Membaca dapat menjauhkan diri dari kebodohan. b. Membaca dapat mengembangkan kefasihan dalam bertutur kata. c. Membaca menambah wawasan. Sedangkan, manfaat membaca dalam pembuatan karya ilmiah adalah untuk mengembangkan pemikiran, menjernihkan cara berpikir, mampu mengembangkan kemampuannya, serta mampu meningkatkan memori dan pemahaman.

3.2

Saran Di saat kita akan membuat karya ilmiah, alangkah baiknya kita membaca dan memahami materi nya terlebih dahulu.

7

DAFTAR PUSTAKA

Carapedia, Pengertian Dan Definisi Membaca. http://carapedia.com/pengertian_definisi_membaca_info2149.html. Diakses pada tanggal 2 April 2012 Manfaat Membaca Buku. http://kertas-kecilkita.blogspot.com/2012/01/manfaat-membacabuku.html. Diakses pada tanggal 2 April 2012.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->