TUGAS KELOMPOK MANAJEMEN OPERASI Administrasi Bisnis Kelas A

Nama: 1. Tini Yuniar 2. Siska Arliani 3. Nurhikmatul Fajri 4. Damayanti Putri A. 5. Dina Nurjanah 170610100015 170610100067 170610100083 170610100121 170610100129

Pengertian Manajemen Operasi Menurut Para Ahli

1. Menurut Subagyo (2000:1) “ Kegiatan untuk mengubah bentuk untuk menambah manfaat atau menciptakan manfaat baru dari suatu barang atau jasa”. 2. Menurut Jay Heizer dan Barry Render “ Serangkaian kegiatan yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output”. 3. Menurut Richard L. Daft ( 2006 : 216) ”Bidang manajemen yang mengkhususkan pada produksi barang, serta menggunakan alat-alat dan tekhnik-tekhnik khusus untuk memecahkan masalah-masalah produksi.” 4. Menurut Fogarty (1989) “ Suatu proses yang secara berkesinambungan dan efektif menggunakan fungsi-fungsi manajemen untuk mengintegrasikan berbagai sumber daya secara efisien dalam rangka mencapai tujuan”. 5. Menurut Sofjan Assauri (2004; 12) “ Manajemen produksi dan operasi merupakan proses pencapaian dan pengutilisasian sumber-sumber daya untuk memproduksi atau

menghasilkan barang-barang atau jasa-jasa yang berguna sebagai usaha untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi”.

Actuating. Efektif efisien Manajemen operasi bertujuan untuk menghasilkan barang atau jasa secara efektif dan efisien agar tujuan tercapai dengan maksimal. Memaksimalkan sumber daya yang ada tanpa adanya manajemn operasi sumber daya yang dipakai tidak akan efisien dan cenderung boros tanpa hasil yang maksimal. dan untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan suatu manajemen. dan Controlling sehingga kegiatan perusahaan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapakan. Subagyo mendefinisikan Manajemen Operasi sebagai proses mengubah bentuk untuk menambah nilai. 5. 3. Perbedaan 1.Persamaan 1. 4. Organizing. manajemen disini adalah manajemen operasi yang berguna agar tujuan perusahaan dalam menghasilkan barang atau jasa tercapai dengan baik. Menggunakan fungsi manajemen POAC Dalam manajemen operasi menggunakan fungsi manajemen yaitu Planning. sehingga diperlukan suatu manajemen agar sumber daya tersebut dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Menambah dan menghasilkan nilai Manajemen Operasi bertujuan untuk menambah dan menghasilkan nilai suatu barang atau jasa yang diproduksi. Menghasilkan barang/jasa Manajemen operasi bertujuan untuk mengelola sumberdaya guna menghasilkan output berupa barang atau jasa. Melalui proses dari input hingga output Serangkaian proses Manajemen Operasi berlangsung dari kegiatan menginput sumber daya yang kemudian diolah menjadi output berupa barang atau jasa. 2. Mencapai tujuan sebuah perusahaan ada karena adanya sebuah tujuan. artinya kegiatan Operasi hanya meliputi . 6. 7.

12) mendefinisikan Manajemen Operasi sebagai proses pencapaian dan pengutilisasian sumber-sumber daya untuk memproduksi atau menghasilkan barang-barang atau jasa-jasa. actuating dan controlling dalam organisasi perusahaan. 2. namun setelah melalui proses operasi menjadi perhiasan.proses penambahan nilai pada barang/jasa yang sudah ada sebelumnya. Contoh: Emas batangan menjadi perhiasan. Daft ( 2006 : 216) mendefinisikan Manajemen Operasi sebagai bidang manajemen yang mengkhususkan pada produksi barang. Contoh: Jam merupakan produk yang memiliki nilai/manfaat praktis dalam mengetahui waktu yang dulunya ditentukan oleh jam matahari. Pendapat Fogarty (1989) justru merupakan kebalikan dari Richard L. Daft ( 2006 : 216) dimana Manajemen Operasi dinilai lebih luas dan mencakup segala aspek manajerial seperti: planning. Berbeda . perhiasan tersebut memiliki nilai tambah yang ditunjukkan dengan harga yang lebih mahal. Sofjan Assauri (2004. Contoh: perencanaan proses produksi barang di suatu perusahaan. Richard L. Jay Heizer dan Barry Render mendefinisikan Manajemen Operasi sebagai proses menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa. artinya kegiatan Operasi merupakan kegiatan menciptakan produk baru yang tidak ada sebelumnya tetapi didasarkan pada kebutuhan pasar yang telah ada. 4. Artinya emas batangan merupakan barang yang sudah ada sebelumnya. organizing. Nilai praktis inilah yang merupakan produk baru dari hasil kegiatan operasi. 3. Artinya kegiatan operasi hanya berfokus pada kegiatan memproduksi barang dan memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan sektor produksi. 5. Contoh: Melakukan perencanaan yang menyeluruh di segala aspek manajerial ketika perusahaan menentukan targetnya agar dapat dicapai secara efisien. Sehingga arti Manajemen Operasi menjadi lebih sempit. Fogarty (1989) mendefinisikan Manajemen Operasi sebagai proses yang secara berkesinambungan dan efektif menggunakan fungsi-fungsi manajemen untuk mengintegrasikan berbagai sumber daya secara efisien dalam rangka mencapai tujuan.

dari pendapat keempat para ahli. . Sofjan Assauri menilai kegiatan Operasi semata-mata untuk memaksimalkan sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam mencapai targetnya. 6.