P. 1
Kinematika

Kinematika

|Views: 23|Likes:

More info:

Published by: Aidif Fidia Archuleta on Apr 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/02/2012

pdf

text

original

KINEMATIKA

Kinematika adalah ilmu gerak yang membicarakan gerak suatu benda tanpa memandang gaya yang bekerja pada benda tersebut (massa benda diabaikan). Jadi jarak yang ditempuh benda selama geraknya hanya ditentukan oleh kecepatan v dan atau percepatan a. A. Posisi, Kecepatan, dan Percepatan   Posisi Dengan menggunakan konsep vektor satuan, vektor posisi r dapat ditulis sebagai r = x i + y j + zk .

Apabila perpindahan posisi selama waktu t dari titik P(x1,y1) menuju Q(x2,y2), maka vektor posisi P adalah r1 = x1 i + y1 j sedangkan vektor posisi Q adalah r2 = x2 i + y2 j .

Perpindahan posisi selama selang waktu t adalah : t = r2 – r1 = (x2 – x) i + (y2 – y) j = x i + y j

  

Besar perpindahannya adalah r = r = √ perpindahannya dapat dinyatankan dengan . tan  = Kecepatan Kecepatan rata-rata selama selang waktu t adalah : ̅

, sedangkan arah =arctan .

Kecepatan sesaat v adalah nilai limit dari kecepatan waktu t mendekati 0. Jadi, .

√ . Sedangkan arah kecepatan (misal ) dinyatakan dengan :   Percepatan dengan selang waktu t dinyatakan dengan : ̅      Percepatan sesaat : . . Komponen-komponenya : o o Percepatan  sumbu x  sumbu y √ .    Persamaan vektor kecepatan adalah ⃗ Besar kecepatan dinyatakan dengan : . . Persamaan vektor percepatan adalah : Besar percepatan dinyatakan dengan : Sedangkan arah kecepatannya (misal ) dinyatakan dengan :  Komponen-komponennya : o o  sumbu x  sumbu y B. Proyektil adalah sembarang benda yang diberi kecepatan awal tertentu lalu bergerak mengikuti lintasan yang dipengaruhi percepatan gravitasi. Gerak parabola disebut juga dengan gerak proyektil. Gerak Parabola   Gerak parabola merupakan kombinasi dari gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan. .

 Komonen-komponen percepatannya adalah o o vx = v0x x = x0 + v0x t dan . dann percepatannya ke arah sumbu x dan sumbu y. x diganti y.y0).  Komponen-komponen percepatan gerak proyektil adalah : dan  Pada saat t = 0 partikel terletak di titik (x0. dan o o o  Jika t = 0 posisi benda berada di pusat koordinat O(0. Jadi : dan .0) berarti x0 = 0 dan y0 = 0. Gerak proyektil merupakan gerak dua dimensi. Apabila besaran v diganti vy .  Komponen kecepatan awalnya ke arah sumbu x dan sumbu y berturut-turut adalah v0x dan v0y. Untuk gerak proyektil pada bidang xy kita dapat menentukan komponenkomponen posisi. kecepatan.  Dalam arah sumbu x kita dapat menggunakan persamaan :  Dalam arah sumbu y kita dapat menggunakan persamaan . Beberapa rumus yang digunakan dalam gerak parabola antara lain : o o o o o o o o o o o o o o  Besaran-besaran fisis pada gerak melingkar : √ √ . v0 diganti v0y diganti v0y.  Lintasan gerak proyektil disebut trayektori.

sudut  dalam radian dinyatakan oleh : dengan s panjang busur dan r jari-jari lingkaran. Kecepatan rata-rata dari t = 0 sampai t = 2s b. Menurut definisi.14m) t1 = 0 s t2 = 2 s t3 = 5 s Ditanyakan : Jawab : a.7m) pada t = 2s. yaitu Percepatan sudut sesaat adalah limit dari percepatan sudut rata-rata untuk selang waktu mendekati nol.1 dibagi dengan selang waktu t = t2 – t1.       Untuk menjelaskan gerak melingkar satuan sudut biasanya dinyatakan oleh radian. kecepatan rata-rata dari t = 0 sampai t = 2s adalah (2i+2j)m/s. yaitu Contoh Soal : 1.14m) pada t = 5s. yaitu Percepatan sudut rata-rata didefinisikan sebagai laju sudut  = 2 .7m) r3 = (12m. Posisi partikel yang bergerak dalam bidang xy adalah (2m. Hitunglah : a. .3m) r2 = (6m. v dari t = 0 sampai t = 2s (a) v dari t = 0 sampai t = 2s (b) v dari t = 0 sampai t = 5s = 2i + 3j = 6i + 7j = 12i + 14j Jadi. Kecepatan rata-rata dari t = 0 sampai t = 5s Pembahasan : Diketahui : r1 = (2m.3m) pada t = 0. dan (12m. Laju sudut rata-rata didefinisikan dengan selang waktu selama t yaitu Laju sudut sesaat adalah limit dari laju sudut rata-rata untuk selang waktu mendekati nol. (6m.

 √ Jadi. berapakah kecepatan lemparan batu agar batu mengenai sasaran (percepatan gravitasi = 10m/s2) ? Pembahasan : Diketahui : x = 10 m y=8m  = 45o g = 10 m/s2 Ditanyakan : v = . . . ? Jawab : Vox = v0cos  = v0 cos 45o = √ Voy = v0sin  = v0 sin 45o = √ Gunakan persamaan jarak horizontal untuk mencari waktu :   √ √ √ Gunakan persamaan jarak vertikal untuk mencari Vo  ( √ )( √ ) ( √ ) √ . Sebuah pohon mangga yang tengah berbuah berada di 10 m dari seorang anak. v dari t = 0 sampai t = 5 s Jadi.b. 2. Anak tersebut mengincar mangga yang menggantung pada ketinggian 8m. kecepatan lemparan batu agar baru mengenai sasaran adalah  . Jika anak tersebut mengarahkan batu 45o terhadap horizontal.2j)m/s. kecepatan rata-rata dari t = 0 sampai t = 5s adalah (2i+2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->