MODUL MATA PELAJARAN EKONOMI/AKUNTANSI

JUDUL: “KARAKTERISTIK DAN TOKOH KEWIRAUSAHAAN”

Penulis: Drs Agus Salim MM

KEMENTERIAN AGAMA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 4 JAKARTA TAHUN 2012

Dapat menyebutkan jiwa wirausaha yang sukses. 2. Dapat menyebutkan karakteristik kewirausahaan yang sukses. . Dapat menyebutkan tokoh-tokoh wirausaha indonesia dan dunia. anda diharapkan: 1. 3.Standar Kompetensi = Memahami Pengelolaan Koperasi dan Kewirausahaan Kompetensi Dasar 1 = Mendeskripsikan cara Pengembangan Koperasi dan Koperasi Sekolah Kompetensi Dasar 2 = Menghitung Pembagian Sisa Hasil Usaha Kompetensi Dasar 3 = Mendeskripsikan Peran dan Jiwa Kewirausahaan Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari modul ini.

Anda diharapkan dapat menyelesaikan materinya dengan membaca dan menelaah isinya secara seksama dalam waktu 2 x 45 menit. Dalam mempelajari materi ini. Syarat-Syarat Wirausaha. Buku : “100 tokoh sukses di Dunia” Penerbit : PT Gramedia. Yaitu melalui pembelajaran ekonomi: manusia diharapkan dapat hidup berkemakmuran. selain membaca modul. serta latihan dan tes yang terdapat dalam modul ini. diharapkan membaca buku : Paket Ekonomi Buku Sekolah Elektronik (BSE) penerbit Pusat Perbukuan. Cocokan jawaban latihan tersebut dengan kunci jawaban latihan yang tersedia di setiap akhir kegiatan belajar. serta memiliki keinginan untuk berwirausaha dan memiliki jiwa wirausaha. mari kita lihat kembali : tujuan pembelajaran ekonomi. Untuk mengukur tingkat pemahaman Anda. Setelah mempelajari dan memahami isi modul ini. unggul dan tidak mudah goyah. Jakarta : 2010 yang ada sebagai bahan belajar. Buku : “Pintar Senior” Penerbit PT. . Yudistira Jakarta : 2000 Dalam setiap uraian terdapat latihan yang harus Anda kerjakan. silahkan kerjakan soal-soal tesnya. Untuk mengukur tingkat pemahaman Anda. Melalui pembelajaran dengan modul ini. Sebagai awal belajar kita!. dan damai. materi belajar. Disamping itu anda juga dapat membaca : 1. Pada pembelajaran berikut ini: “ Karakteristik dan tokoh Kewirausahaan ” .Pendahuluan Selamat berjumpa kembali dalam mata pelajaran ekonomi!.  Kegiatan belajar 2 tentang : Jiwa Wirausaha dan contoh Tokoh Wirausaha yang sukses Untuk mempelajari modul ini. sejahtera. Modul ini terdiri dari 2 kegiatan belajar dengan perincian:  Kegiatan belajar 1 tentang : Pengertian Wirausaha. Buku : ”100 tokoh yang mengubah Indonesia” Penerbit : PT Gramedia Jakarta : 2006 3. Selamat belajar semoga hidup anda berkemakmuran dan anda menjadi wirausaha yang andal. melalui modul ini Anda diharapkan dapat menjelaskan Karakteristik dan Tokoh dan Kewirausahaan. dan Peran Wirausaha. cocokan jawaban yang anda buat dengan kunci jawaban yang tersedia diakhir modul ini. Anda dapat belajar sendiri tanpa didampingi guru dengan membaca petunjuk-petunjuk. jakarta : 2000 2.

3. B. yang artinya adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan untuk melihat dan menilai kesempatan peluang bisnis. Saymenggambarkan pengusaha sebagai orang yang mampu memindahkan sumber-sumber ekonomi dari tingkat produktivitas rendah ke tingkat produktivitas tinggi karena mampu menghasilkan produk yang lebih banyak. Dedications : seorang wirausaha memiliki loyalitas dan dedikasi terhadap usulan yang dilakukan sampai mau berkorban diri dan keluarga. pahlawan. Menyebutkan Karakteristik wirausaha yang sukses. . B. artinya perbuatan amal. Wira. Destiny : seorang wirausaha bertanggung jawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapai juga orang bebas yang tidak bergantung pada orang lain. F. Wirausaha dapat mengumpulkan sumber daya yang di butuhkan guna mengambil keuntungan dari padanya. menanggung segala resiko. D. Details : seorang wirausaha memperlihatkan hal-hal kecil dan yang rinci tidak mengabaikan faktor kecil tertentu. berjiwa besar. dan mengambil tindakan yang tepat guna untuk memastikan keberhasilan usahanya. C. Pengertian Kewirausahaan. Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. H. Kata “Wirausaha” merupakan terjemahan dari istilah bahasa inggris entrepreneur. Istilah wirausaha diperkenalkan oleh Prof. 2. E.Karakteristik Wirausaha Menurut By Grave karakteristik wirausaha dikenal dengan 10 D A. berbuat sesuatu. tetapi sesuatu yang dapat dipelajari dan dikembangka A. Determination : seorang wirausaha melaksanakan kegiatannya dengan penuh perhatian. Dream : setiap calon wirausaha yang sukses boleh saja bermimpi dan mempunyai citacita yang tinggi. Kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusan merupakan kunci dalam bisnisnya. Karena dapat saja menjadi kenyataan. J. artinya pejuang. Dapat menyebutkan ciri-ciri jiwa wirausaha. Doers : seorang wirausaha dalam mengambil keputusan akan langsung menindak lanjuti. Jadi. wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu. Tidak akan menunda-nunda kesempatan yang datang langsung dimanfaatkan. dan mendapatkan keuntungan. Dapat menyebutkan tokoh-tokoh wirausaha indonesia dan dunia. Wirausaha ini bukan faktor keturunan atau bakat. Usaha. teladan. G.Setelah mempelajari uraian berikut ini anda diharapkan dapat: 1. Dr. bekerja. dan berwatak agung. Dollar : seorang wirausaha tidak semata-mata mencari kekayaan tetapi lebih mengutamakan keuntungan keuntungan jangka panjang. Suparman Sumahamijaya pada tahun 1975 dengan menjabarkan dalam istilah aslinya yaitu entrepreneur. gagah berani. manusia unggul. dalam arti mereka yang memulai usaha baru. Daci si venesis : seorang wirausaha adalah seorang yang tidak bekerja lambat. Menurut dari segi etimologi (asal usul kata ).. Rasa tanggung jawab tinggi dan tidak mau menyerah walau ada halangan dan rintangan.

J. B. Percaya diri (self confidence) a) Sadar akan harga diri b) Yakin dapat mengatasi semua masalah c) Sanggup menerima tantangan d) Memilih daya kerja yang tak terbatas 2. Ciri-Ciri Jiwa Wirausaha 1. Berorientasi hasil a) Pantang menyerah b) Konsentrasi penuh c) Menganalisa kesalahan d) Memiliki dorongan 4. Berjiwa pemimpin a) Mendaya gunakan orang lain b) Membimbing bawahan c) Tidak menyalahkan orang lain d) Mencari jalan keluar dari masalah e) Selalu tampil kedepan memecahkan masalah 6.I. Distribute : seorang wirausaha mempercayai bawahannya dan mau memberikan sebagian wewenang. Berani mengambil resiko a) Senang menemukan hal-hal baru b) Bersedia menghadapi kegagalan c) Memiliki kebutuhan 5. Berpikir positif (positive thinking) a) Optimis b) Selalu ingin tahu c) Cenderung mengikuti “Nurani” d) Mudah menerima ide baru e) Mempunyai daya imajinasi 3. Devotion: seorang wirausaha tidak boleh bekerja lambat. Berjiwa orisinal a) Selalu mengemukakan ide baru b) Selalu ingin tahu c) Mencoba teknik baru .

Tokoh Wirausaha Indonesia dan Dunia . Jakarta Selatan sementara yang lain tetap ia simpan. Bob Sadino (lahir di Lampung. Dalam banyak kesempatan. Ia sangat mempercayai bawahannya yang dianggap anaknya sendiri. Pengusaha wiraswasta yang suka berpakaian celana pendek jins dan ujung kemeja lengannya tidak dijahit ini memulai usahanya dari bawah sebagai peternak ayam ras yang diberikan oleh majiaknnya. Saat ini mempunyai The Mansion Of Kemang. Salah satunya ia jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang. Setelah beberapa lama tinggal dan hidup di Indonesia. ia singgah diBelanda dan menetap selama kurang lebih 9 tahun. ia bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdam dan juga di Hamburg. Ketika tinggal di Belanda itu. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Sewaktu orang tuanya meninggal. .C. Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya karena ia memiliki tekad untuk bekerja secara mandiri. Mendapat inspirasi menjadi wirausaha setelah belajar dari beternak ayam dan mendapat inspirasi dan ilham ayam berjuang untuk hidup bisa mendapatkan makan. Merupakan buku pertama tentang yang terbit tahun 1975 di Indonesia yang memperkenalkan istilah kewirausahaan yang di ambil dari kata Perancis “entrepreneur” menguraikan banyak tentang kewirausahaan. umur 78 tahun). Ia berikan tanggung jawab dan kepercayaan kepada banyak bawahannya yang berprestasi sehingga ia tidak bekerja lagi. Bob yang ketika itu berumur 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandungnya yang lain sudah dianggap hidup mapan. ia sering terlihat menggunakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya. Bob bertemu dengan pasangan hidupnya. bahkan ia Cuma mengawasi saja. Soelami Soejoed. Senang bermain sinetron dan iklan yang memiliki “Kemchik Swalayan”. Di sana. Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. 2. Jerman. Suparman Sumahamijaya Adalah seorang tokoh kewirausahaan yang mengarang buku “Kecil itu Indah”. DR. atau akrab dipanggil om Bob. adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Bob Sadino lahir dari sebuah keluarga yang hidup berkecukupan. Pada tahun 1967. Bob kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia. Apalagi manusia pasti juga bisa. 9 Maret 1933. setelah ia melanglang buana di Eropa mengikuti istrinya sebagai bankir bank pemerintah. Dalam perjalanannya itu.1 Prof. Ia membawa serta 2 Mercedes miliknya. Bob dan keluarga kembali ke Indonesia. buatan tahun 1960-an.

Ia kemudian keluar karena tidak puas. Pada usia 35 tahun.Tharin Jakarta. kecuali kerja keras. Republik Rakyat Cina. memiliki 40. Cukai rokok yang ia bayarkan mencapai lebih dari Rp. Martha Tilaarpada tahun 1970 dengan membuka salon kecantikan Martha di salon orangtuanya. Dengan konsep itu tidak dapat diterapkannya waktu ia bekerja di Sarinah J. Surya meninggal pada tahun 1985. meninggalkan perusahaannya Gudang Garam yang pada tahun 2001 sudah memiliki enam unit pabrik di atas lahan seluas 100 hektar. Surya Wonowijoyo Seorang wira usaha yang merintis pendirian pabrik rokok Gudang Garam Kediri Nama kecilnya Tjoa Jien Hwie alias Surya Wonowidjoyo (Fujian. Konon. Ia sempat bekerja di pabrik rokok "93" milik pamannya.000 orang yang menghasilkan 50 juta batang kretek setiap bulannya.47 Menteng. M. 5.Abdul Latif Seorang sarjana muda ekonomi lulusan Akademi Pimpinan Perusahaan dan Sarjana Lengkap Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) tahun 1965 ia mendapat beasiswa untuk belajar toserba di Seibu Group Jepang. Yakob Handana. Ia mengundurkan diri dan mendirikan sendiri toseba dengan bendera PT Ltif Marda Corpororatian yang dikenal dengan Toserba Pasaraya. Di Indonesia. Pada suatu kali telornya banyak yang busuk. Martha Tilaar Martha Tilaar Group (MTG) mulai dirintis oleh DR. Ia bekerja tanpa modal yang cukup. Bahkan dapat keuntungan 2 kali lipat berkat kerjasamanya dengan panitia perkenalan mahasiswa baru yang disuruh membawa telur busuk. DR. Surya sejak kecil sudah bergelut di bidang industrirokok. pabrik rokok Gudang Garam di Kediri. Jawa Timur. Gudang Garam didirikannya pada tahun 1958 yang kemudian berkembang pesat dengan jumlah karyawan mencapai 500. Madura. di Jalan Kusuma AtmajaNo. Yang cabangnya ada di beberapa tempat strategis. Ia berimigrasi ke Indonesia pada waktu berumur 3 tahun bersama keluarganya. ia mendirikan perusahaannya sendiri. Surya bekerja keras merintis bisnisnya. 100 milyar per tahunnya.000 buruh dan sekitar 3. .000 karyawan tetap. Tetapi ia bisa mencari jalan keluar dari kerugiannya. Seringkali ia baru meninggalkan pabrik pada dinihari. Jakarta Pusat. Ia pernah menjadi manajer Pasar Raya Sarinah Thamrin tetapi akhirnya ia mendirikan usaha sendiri dengan nama Pasaraya. Memulai usaha juga dari bawah yaitu menjadi pedagang telor bebek dan telor asin dari Tegal.3. mereka pertama kali menetap di Sampang. walaupun beberapa kali kebakaran ia masih dapat bangkit dari kerugian. Pada tahun 1966. 1923 . ilham pemberian nama Gudang Garam diperolehnya dari mimpi. Gudang Garam telah tercatat sebagai pabrik kretek terbesar di Indonesia. salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia.1985) adalah seorang pengusaha Indonesia yang merupakan pendiri Gudang Garam. 4.

bermitra dengan Bu Harsini Setiady Theresia (pendiriKalbe Group). optimis 2. Sebutkan tokoh-tokoh wirausaha Indonesia dan dunia ! 4. Jakarta Selatan. Mr Yakob Handana. dan inisiatif 3. fleksibel. MarthaGriya Salon di Menteng.PT Martina Berto mendirikan pabrik sendiri di industriPulogadung area. di kawasan Menteng. siap menerima kritik dn saran-saran 5. Uraikan 5 karakteristik wirausaha yang sesuai bagi perekonomian nasional ! .pembukaan salon kecantikan Martha Tilaar kedua. PT.1995 . individual. serta suka pada tantangan 4. bertekat bekerja keras. 1988 . 1977 . enerjik. bisnis itu sepenuhnya dikendalikan oleh Grup Martha Tilaar sejak saat itu. serba bisa dan megetahui banyak hal 6. Bertingkah laku sebagai pemimpin. Inovatif.akuisisi beberapa perusahaan menjadi PT MartinaBerto. Watak Wira usaha 1. Pola pikirnya selalu ke depan dengan perspektif tajam Latihan 1 1.1983 perusahaan membuka pabrik kedua diPulogadung.PT Sari Ayu Indonesia didirikan untuk mendukung PTMartina Berto dalam mendistribusikan produk kosmetik mereka.Martha Tilaar memulai usahanya di garasi rumah ayahnya. Martina Berto mulai meluncurkan SariayuMartha Tilaar sebagai merek yang memproduksi obat modernherbal dan produk kosmetik. 1972 . 1999 .1970 . Jakarta Pusat. dapat bergaul dengan orang lain. kreatif. mempunyai dorongan yang kuat.PT Martina Berto membeli saham Grup Kalbe. tidak tergantung. Berorientasi pada prestasi dan laba. Apakah yang dimaksud dengan karakteristik kewirausahaan yang sukses ? 2. Mampu dan siap menghadapi resiko. 1983 . Uraikan ciri-ciri jiwa wirausaha yang sukses ! 3. tekun dan sabar. Yakin. 1981 .Sariayu Martha Tilaar ramuan obat-obatan dan produksikosmetik dibuka di Cipete. punya banyak sumber inspirai. di mana tradisional pertama berbasis rumah jamu tradisional dan bisnis kosmetik mulai. Setelah itu.

15) Menghindar dari pajak adalah perbuatan penyelamatan sebagai wirausaha. 12) Memiliki karakter kewirausahaan salah satu syarat sukses menjadi seorang wirausaha. 4) Ketika menghadapi kegagalan seorang wirausaha tidak selalu harus bangkit lagi dari kegagalan itu. 7) Dapat mengatasi kesenjangan sosial yaitu: yang kaya makin kaya. . 9) Bersemangat dalam kerja berarti memiliki semangat juang kewirausahaan. 14) Salah satu peranan wirausaha di indonesia adalah mendorong kegiatan ekonomi nasional. 8) Adanya wirausaha akan mengurangi jumlah pengangguran. 5) Memiliki karakter dan mental positif adalah dengan selalu iri dengan keberhasilan orang lain. adalah salah satu peranan wirausaha. 2) Wirausaha yang sukses selalu mempunyai cita-cita dan impian. yang miskin makin miskin. 3) Berfikir kreatif bagi wirausaha salah satunya berani mencoba sesuatu yang baru yang tidak pernah ada selama ini. 6) Peranan wirausaha bagi masyarakat tidak selalu mempunyai dampak positif bagi masyarakat. Karena impian dapat menjadi kenyataan.Latihan 2 Untuk mengetahui pemahaman dan sikap anda tentang materi pelajaran pilihlah : a) Jika anda sangat setuju dengan pernyataan di bawah ini b) Jika anda setuju dengan pernyataan di bawah ini c) Jika anda netral dengan pernyataan di bawah ini d) Jika anda kurang setuju dengan pernyataan di bawah ini e) Jika anda sangat tidak setuju dengan pernyataan di bawah ini 1) Seorang wirausaha selalu berani menanggung resiko walaupun sudah jelas-jelas merugi. salah satu syarat wirausaha itu mampu bersaing. 10) Mengetahui kekurangan saingan. 13) Persaingan tidak sehat dalam usaha selalu menyebabkan kegagalan usaha. 11) Salah satu ruang lingkup kewirausahaan adalah berdagang seperti pedagang kaki lima di sektor informal.

d=2. c=3. d=2. c=3. b=2. c=3. e=5 6) A=3. e=5 . d=4. d=2. e=1 12) A=5. c=3. b=4. d=4.Kunci jawaban: 1) A=1. c=5. d=4. d=2. e=1 9) A=1. e=1 7) A=5. b=4. e=1 4) A=1. e=1 3) A=5. d=4. c=3. c=3. c=3. d=2. b=2. c=3. b=4. d=4. b=4. d=2. b=2. b=4. d=2. d=2. b=4. d=4. c=3. e=5 10) A=1. c=3. e=1 15) A=1. b=4. e=5 11) A=5. e=5 5) A=1. b=2. b=2. e=1 8) A=5. c=3. b=2. b=2. e=1 13) A=1. d=4. c=3. b=4. e=5 2) A=5. c=3. c=3. e=5 14) A=5.