KESULITAN BELAJAR SANGAT RENDAH Kesulitan belajar adalah suatu kondisi dimana kompetensi atau prestasi yang dicapai

tidak sesuai dengan kriteria standar yang telah ditetapkan. Kondisi yang demikian umumnya disebabkan oleh faktor biologis atau fisiologis, terutama berkenaan dengan kelainan fungsi otak yang lazim disebut sebagai kesulitan dalam belajar spesifik, serta faktor psikologis yaitu kesulitan belajar yang berkenaan dengan rendahnya motivasi dan minat belajar. Anda yang terkategori mengalami kesulitan belajar sangat rendah termasuk orang yang cukup baik dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah dan memungkinkan anda untuk meraih prestasi yang membanggakan. Dengan demikian, anda hendaknya mampu mempertahankan prestasi belajar anda di sekolah dan bahkan meningkatkan prestasi belajar tersebut. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan prestasi belajar anda, yaitu: 1. Jadilah diri sendiri. Kalau ambisi anda berprestasi adalah untuk mengalahkan orang lain, anda akan segera kehabisan energi positif dalam bekerja. Dorongan yang muncul lebih banyak bersifat negatif yang dapat mengganggu kejernihan pandangan anda. Jangan bandingkan diri anda dengan orang lain. Kenali saja siapa diri anda dan jadilah diri anda sendiri. Itu jauh lebih sehat bagi kepribadian anda. 2. Menyusun visi, target, dan jadwal pencapaian. Susunlah gambaran besar yang ingin anda raih dalam di masa depan. Buatlah sesulit mungkin, namun percayalah anda bisa mencapainya. Lalu kembangkan ke dalam target-target jangka pendek, serta tentukan waktu kapan anda akan meraihnya. Perjalanan sejauh ribuan kilometer bisa dicapai dengan selangkah demi selangkah. 3. Belajar terus, dan berusaha mempunyai keahlian khusus. Jangan berhenti belajar, namun tak perlu mempelajari semuanya. Kenali apa kekuatan anda untuk menjadi seorang ahli agar anda mampu menuntaskan pekerjaan dengan hasil yang baik. Anda akan merasakan kesenangan jika anda mampu menyelesaikan pekerjaan sebaik-baiknya. Mempelajari semua hal memang baik untuk menambah wawasan dan kebijakan, namun jika anda tak punya sebuah keahlian yang menjadi keunikan diri anda sendiri, maka anda takkan tahu apa yang ingin anda kerjakan dengan baik. Hanya karena anda ahli, anda akan menetapkan standar yang tinggi. Sedangkan, standar tinggi adalah salah satu kualitas dari seorang yang berprestasi.

Seringkali keberhasilan besar bersembunyi di balik sebuah peluang yang kelihatannya sepele. Melakukan apa yang anda sukai. saat di kelas. Perhatikan anak-anak kecil belajar. 5. Pikirkan bagaimana anda bisa memperbaiki keadaan yang ada dalam tanggung jawab anda. Temukan kegembiraan dalam setiap langkah. Jauh lebih penting anda memperoleh tanggung jawab yang sesuai dengan kemampuan anda. saat beristirahat. Jangan terlalu banyak memikirkan masalah uang atau penghasilan yang anda peroleh. Itulah 8 tips yang dapat anda ikuti agar anda dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan prestasi belajar anda. Satu hal yang sangat meruntuhkan semangat adalah kegagalan. Tak apa jika anda ingin menikmati sebuah keberhasilan kecil yang bisa anda raih. namun berjalan seiring dengan apa yang anda kerjakan. Lalu bersungguh-sungguh mengerjakannya. Segera renungkan kembali apa yang ingin anda raih. mereka menunjukkan kegembiraan saat berangkat sekolah.4. Bagilah dengan orang lain. “Jika anda ingin melakukan proses konseling lebih lanjut lagi. Namun. Ini akan menumbuhkan semangat dan kesenangan dalam setiap pekerjaan. silakan hubungi admin kami” . Lakukan apa yang anda cintai. Namun. mereka yang mempunyai keinginan berprestasi yang tinggi. 7. Jangan menyia-nyiakan peluang. kegagalan justru memacu mereka untuk belajar dan berusaha lebih baik lagi. Jika anda tak menemukannya. jangan semata-mata melakukannya sendiri. Berbagi atas keberhasilan yang bisa diraih. 8. saat pulang bahkan saat mengerjakan pekerjaan rumah mereka. Tidak bersedih atas kegagalan. Berbagi kegembiraan justru melipatgandakan kegembiraan anda. mungkin anda berada di jalan yang keliru. 6. Temukan kegembiraan yang sama di setiap langkah anda. Ucapan selamat yang diberikan orang lain pada anda sangat efektif untuk memompa semangat anda meraih yang lebih baik lagi. Anda akan temukan bahwa keberhasilan bukan sesuatu yang ada di depan sana.

Menyusun visi. Jangan berhenti belajar. serta tentukan waktu kapan anda akan meraihnya. Melakukan apa yang anda sukai. 3. Hanya karena anda ahli. Jadilah diri sendiri. namun jika anda tak punya sebuah keahlian yang menjadi keunikan diri anda sendiri.KESULITAN BELAJAR RENDAH Kesulitan belajar adalah suatu kondisi dimana kompetensi atau prestasi yang dicapai tidak sesuai dengan kriteria standar yang telah ditetapkan. anda akan menetapkan standar yang tinggi. terutama berkenaan dengan kelainan fungsi otak yang lazim disebut sebagai kesulitan dalam belajar spesifik. . Sedangkan. dan berusaha mempunyai keahlian khusus. Buatlah sesulit mungkin. namun percayalah anda bisa mencapainya. 2. Dengan demikian. namun tak perlu mempelajari semuanya. Jangan bandingkan diri anda dengan orang lain. Anda yang terkategori mengalami kesulitan belajar rendah termasuk orang yang cukup baik dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah dan memungkinkan anda untuk meraih prestasi yang membanggakan. maka anda takkan tahu apa yang ingin anda kerjakan dengan baik. Mempelajari semua hal memang baik untuk menambah wawasan dan kebijakan. Kenali apa kekuatan anda untuk menjadi seorang ahli agar anda mampu menuntaskan pekerjaan dengan hasil yang baik. target. Itu jauh lebih sehat bagi kepribadian anda. Susunlah gambaran besar yang ingin anda raih dalam di masa depan. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan prestasi belajar anda. Kalau ambisi anda berprestasi adalah untuk mengalahkan orang lain. standar tinggi adalah salah satu kualitas dari seorang yang berprestasi. yaitu: 1. Anda akan merasakan kesenangan jika anda mampu menyelesaikan pekerjaan sebaik-baiknya. anda hendaknya mampu mempertahankan prestasi belajar anda di sekolah dan bahkan meningkatkan prestasi belajar tersebut. anda akan segera kehabisan energi positif dalam bekerja. 4. Belajar terus. Perjalanan sejauh ribuan kilometer bisa dicapai dengan selangkah demi selangkah. Lalu kembangkan ke dalam target-target jangka pendek. Kenali saja siapa diri anda dan jadilah diri anda sendiri. Dorongan yang muncul lebih banyak bersifat negatif yang dapat mengganggu kejernihan pandangan anda. Kondisi yang demikian umumnya disebabkan oleh faktor biologis atau fisiologis. dan jadwal pencapaian. serta faktor psikologis yaitu kesulitan belajar yang berkenaan dengan rendahnya motivasi dan minat belajar.

namun berjalan seiring dengan apa yang anda kerjakan. mereka yang mempunyai keinginan berprestasi yang tinggi. Jika anda tak menemukannya. saat beristirahat.Lakukan apa yang anda cintai. kegagalan justru memacu mereka untuk belajar dan berusaha lebih baik lagi. Berbagi kegembiraan justru melipatgandakan kegembiraan anda. 7. Jangan menyia-nyiakan peluang. Pikirkan bagaimana anda bisa memperbaiki keadaan yang ada dalam tanggung jawab anda. Namun. Satu hal yang sangat meruntuhkan semangat adalah kegagalan. Jauh lebih penting anda memperoleh tanggung jawab yang sesuai dengan kemampuan anda. Jangan terlalu banyak memikirkan masalah uang atau penghasilan yang anda peroleh. Selamat mencoba dan semoga berhasil!!!!!!!! “Jika anda ingin melakukan proses konseling lebih lanjut lagi. Tidak bersedih atas kegagalan. Ucapan selamat yang diberikan orang lain pada anda sangat efektif untuk memompa semangat anda meraih yang lebih baik lagi. jangan semata-mata melakukannya sendiri. mungkin anda berada di jalan yang keliru. Lalu bersungguh-sungguh mengerjakannya. Ini akan menumbuhkan semangat dan kesenangan dalam setiap pekerjaan. saat di kelas. Segera renungkan kembali apa yang ingin anda raih. 8. Namun. Anda akan temukan bahwa keberhasilan bukan sesuatu yang ada di depan sana. Bagilah dengan orang lain. Berbagi atas keberhasilan yang bisa diraih. mereka menunjukkan kegembiraan saat berangkat sekolah. silakan hubungi admin kami” KESULITAN BELAJAR CUKUP RENDAH . 6. 5. Tak apa jika anda ingin menikmati sebuah keberhasilan kecil yang bisa anda raih. Perhatikan anak-anak kecil belajar. saat pulang bahkan saat mengerjakan pekerjaan rumah mereka. Itulah 8 tips yang dapat anda ikuti agar anda dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan prestasi belajar anda. Temukan kegembiraan dalam setiap langkah. Seringkali keberhasilan besar bersembunyi di balik sebuah peluang yang kelihatannya sepele. Temukan kegembiraan yang sama di setiap langkah anda.

Selanjutnya. keluarga. 5. minat. bersama orang yang bisa kamu percaya. Kamu harus berani menemui guru yang mengajar mata pelajaran tesebut. Dari sini kemungkinan besar kamu akan memahami mengapa kamu sekarang mengalami kesulitan belajar. . bakat. mengikuti bimbingan kelompok. yaitu: 1. mungkin kamu perlu mengikuti pelajaran tambahan. 2. lingkungan sosial. ahli psikologi atau teman yang bisa kamu percaya. kamu bisa mulai menganalisa perkembangan prestasi belajarmu. orang tua. 4. cita-cita. mengikuti penyuluhan. kamu harus berani menetapkan langkah-langkah penting untuk mengatasi masalah ini. riwayat pendidikan. dan sebagainya. bahkan bila perlu kamu boleh menemui orang yang ahli untuk menangani masalahmu ini. Anda yang terkategori mengalami kesulitan belajar cukup rendah hendaknya waspada agar nantinya tidak terjadi peningkatan kesulitan belajar pada diri anda. Kamu bisa mencari latar belakang penyebab kesulitan belajarmu bersama guru pembimbing. Selain melakukan beberapa solusi yang sekiranya dapat menghindarkan anda dari masalah kesulitan belajar. catatan/komentar guru mata pelajaran dan orang tua. Kondisi yang demikian umumnya disebabkan oleh faktor biologis atau fisiologis. prestasi belajar. dan merencanakan solusinya. anda juga hendaknya melakukan beberapa tips yang sekiranya mampu meningkatkan prestasi belajar anda. kedudukanmu dalam kelompok sosial. Misalnya kamu bisa menganalisis dokumen diri yang meliputi identitas. Ada beberapa tips untuk meminimalisir kesulitan belajar anda. Akhirnya. riwayat kesehatan. kecerdasan. Dari pembicaraan tersebut di harapkan bisa di temukan solusi untuk mengatasi keseulitan memahami mata pelajaran yang sulit untuk di kuasai. berdialog secara jujur dan terbuka tentang kesulitan belajarmu dan mendapatkan kesepakatan tentang apa yang seharusnya kamu lakukan. terutama berkenaan dengan kelainan fungsi otak yang lazim disebut sebagai kesulitan dalam belajar spesifik. Solusi tersebut bisa kamu dapat dari konsultasi dengan guru. membuat grafik yang menggambarkan pelajaran mana yang sulit untuk kamu kuasai. misalnya dengan cara membuat rata- rata nilai yang peroleh pada setiap mata pelajaran.Kesulitan belajar adalah suatu kondisi dimana kompetensi atau prestasi yang dicapai tidak sesuai dengan kriteria standar yang telah ditetapkan. Menetapkan atau memetakan lokasi kesulitan belajarmu. 3. kamu harus bersungguh-sungguh menetapkan hati untuk memecahkan masalah kesulitan belajar ini. serta faktor psikologis yaitu kesulitan belajar yang berkenaan dengan rendahnya motivasi dan minat belajar. Berdasarkan hasil pembicaraan dengan berbagai pihak.

Jangan menyia-nyiakan peluang. anda akan menetapkan standar yang tinggi. Kalau ambisi anda berprestasi adalah untuk mengalahkan orang lain. dan jadwal pencapaian. Lakukan apa yang anda cintai. 2. Susunlah gambaran besar yang ingin anda raih dalam di masa depan. setelah masalah kesulitan belajar itu dapat diatasi. dan berusaha mempunyai keahlian khusus. Jadilah diri sendiri. Lalu bersungguh-sungguh mengerjakannya. Lalu kembangkan ke dalam target-target jangka pendek. maka langkah selanjutnya adalah meningkatkan prestasi belajar anda. Sedangkan. maka anda takkan tahu apa yang ingin anda kerjakan dengan baik. Melakukan apa yang anda sukai. target. Ini akan menumbuhkan semangat dan kesenangan dalam setiap pekerjaan. yaitu: 1. Temukan kegembiraan dalam setiap langkah. Anda akan merasakan kesenangan jika anda mampu menyelesaikan pekerjaan sebaik-baiknya. Jangan berhenti belajar. . namun berjalan seiring dengan apa yang anda kerjakan. Menyusun visi. Anda akan temukan bahwa keberhasilan bukan sesuatu yang ada di depan sana. Buatlah sesulit mungkin. serta tentukan waktu kapan anda akan meraihnya. Perjalanan sejauh ribuan kilometer bisa dicapai dengan selangkah demi selangkah. 3. Kenali apa kekuatan anda untuk menjadi seorang ahli agar anda mampu menuntaskan pekerjaan dengan hasil yang baik. namun jika anda tak punya sebuah keahlian yang menjadi keunikan diri anda sendiri. Dorongan yang muncul lebih banyak bersifat negatif yang dapat mengganggu kejernihan pandangan anda. Hanya karena anda ahli. Jangan terlalu banyak memikirkan masalah uang atau penghasilan yang anda peroleh. Pikirkan bagaimana anda bisa memperbaiki keadaan yang ada dalam tanggung jawab anda.Selanjutnya. Seringkali keberhasilan besar bersembunyi di balik sebuah peluang yang kelihatannya sepele. anda akan segera kehabisan energi positif dalam bekerja. Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk meningktakan prestasi belajar anda. Jauh lebih penting anda memperoleh tanggung jawab yang sesuai dengan kemampuan anda. namun percayalah anda bisa mencapainya. 6. Kenali saja siapa diri anda dan jadilah diri anda sendiri. standar tinggi adalah salah satu kualitas dari seorang yang berprestasi. 5. Jangan bandingkan diri anda dengan orang lain. 4. Itu jauh lebih sehat bagi kepribadian anda. Mempelajari semua hal memang baik untuk menambah wawasan dan kebijakan. Belajar terus. namun tak perlu mempelajari semuanya.

Namun. saat pulang bahkan saat mengerjakan pekerjaan rumah mereka. Bagilah dengan orang lain. silakan hubungi admin kami” KESULITAN BELAJAR SANGAT TINGGI . mereka menunjukkan kegembiraan saat berangkat sekolah. Itulah 8 tips yang dapat anda ikuti agar anda dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan prestasi belajar anda. mungkin anda berada di jalan yang keliru. Satu hal yang sangat meruntuhkan semangat adalah kegagalan. Berbagi kegembiraan justru melipatgandakan kegembiraan anda. “Jika anda ingin melakukan proses konseling lebih lanjut lagi. 8. Jika anda tak menemukannya. saat di kelas. Tidak bersedih atas kegagalan. Tak apa jika anda ingin menikmati sebuah keberhasilan kecil yang bisa anda raih. Berbagi atas keberhasilan yang bisa diraih. 7. jangan semata-mata melakukannya sendiri. Segera renungkan kembali apa yang ingin anda raih. Namun.Perhatikan anak-anak kecil belajar. mereka yang mempunyai keinginan berprestasi yang tinggi. Ucapan selamat yang diberikan orang lain pada anda sangat efektif untuk memompa semangat anda meraih yang lebih baik lagi. kegagalan justru memacu mereka untuk belajar dan berusaha lebih baik lagi. Temukan kegembiraan yang sama di setiap langkah anda. saat beristirahat.

anda hendaknya mampu meningkatkan prestasi belajar anda dengan cara mengoptimalkan kebiasaan belajar anda. Ada beberapa tips untuk mengatasi kesulitan belajar anda. lingkungan sosial. 9. Adanya masalah yang sangat tinggi dalam proses pembelajaran yang anda alami. Kondisi yang demikian umumnya disebabkan oleh faktor biologis atau fisiologis. mungkin kamu . bakat. kecerdasan.Kesulitan belajar adalah suatu kondisi dimana kompetensi atau prestasi yang dicapai tidak sesuai dengan kriteria standar yang telah ditetapkan. Selanjutnya. yaitu: 6. Dari pembicaraan tersebut di harapkan bisa di temukan solusi untuk mengatasi keseulitan memahami mata pelajaran yang sulit untuk di kuasai. Berdasarkan hasil pembicaraan dengan berbagai pihak. Kamu harus berani menemui guru yang mengajar mata pelajaran tesebut. prestasi belajar. Misalnya kamu bisa menganalisis dokumen diri yang meliputi identitas. kamu harus bersungguh-sungguh menetapkan hati untuk memecahkan masalah kesulitan belajar ini. ahli psikologi atau teman yang bisa kamu percaya. kamu harus berani menetapkan langkah-langkah penting untuk mengatasi masalah ini. akan mengakibatkan pemerolehan prestasi yang cukup rendah. bersama orang yang bisa kamu percaya. 8. catatan/komentar guru mata pelajaran dan orang tua. Solusi tersebut bisa kamu dapat dari konsultasi dengan guru. berdialog secara jujur dan terbuka tentang kesulitan belajarmu dan mendapatkan kesepakatan tentang apa yang seharusnya kamu lakukan. minat. membuat grafik yang menggambarkan pelajaran mana yang sulit untuk kamu kuasai. cita-cita. Pada umumnya. misalnya dengan cara membuat rata- rata nilai yang peroleh pada setiap mata pelajaran. Kamu bisa mencari latar belakang penyebab kesulitan belajarmu bersama guru pembimbing. Dengan demikian. Akhirnya. serta faktor psikologis yaitu kesulitan belajar yang berkenaan dengan rendahnya motivasi dan minat belajar. dan sebagainya. Dari sini kemungkinan besar kamu akan memahami mengapa kamu sekarang mengalami kesulitan belajar. riwayat kesehatan. riwayat pendidikan. yaitu kurangnya motivasi dan minat belajar dan kebiasaan belajar yang salah. 7. Menetapkan atau memetakan lokasi kesulitan belajarmu. kedudukanmu dalam kelompok sosial. ada beberapa penyebab yang memungkinkan anda mengalami kesultan belajar yang sangat tinggi. keluarga. 10. kamu bisa mulai menganalisa perkembangan prestasi belajarmu. terutama berkenaan dengan kelainan fungsi otak yang lazim disebut sebagai kesulitan dalam belajar spesifik. dan merencanakan solusinya. Anda yang terkategori mengalami kesulitan belajar yang sangat tinggi termasuk orang yang memiliki masalah yang cukup tinggi dalam proses pembelajaran. orang tua.

“Jika anda ingin melakukan proses konseling lebih lanjut lagi.perlu mengikuti pelajaran tambahan. mengikuti penyuluhan. silakan hubungi admin kami” KESULITAN BELAJAR TINGGI Kesulitan belajar adalah suatu kondisi dimana kompetensi atau prestasi yang dicapai tidak sesuai dengan kriteria standar yang telah ditetapkan. Itulah 5 langkah yang mungkin bisa dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajarmu. mengikuti bimbingan kelompok. Kondisi yang demikian umumnya disebabkan oleh faktor . semoga belajarmu tambah semangat dan pretasi terbaik bisa di raih. bahkan bila perlu kamu boleh menemui orang yang ahli untuk menangani masalahmu ini.

Dari pembicaraan tersebut di harapkan bisa di temukan solusi untuk mengatasi keseulitan memahami mata pelajaran yang sulit untuk di kuasai. Adanya masalah yang sangat tinggi dalam proses pembelajaran yang anda alami. akan mengakibatkan pemerolehan prestasi yang cukup rendah. dan merencanakan solusinya. bakat. yaitu: 1. 3. lingkungan sosial. Pada umumnya.biologis atau fisiologis. 5. yaitu kurangnya motivasi dan minat belajar dan kebiasaan belajar yang salah. serta faktor psikologis yaitu kesulitan belajar yang berkenaan dengan rendahnya motivasi dan minat belajar. cita-cita. Kamu bisa mencari latar belakang penyebab kesulitan belajarmu bersama guru pembimbing. kecerdasan. prestasi belajar. Solusi tersebut bisa kamu dapat dari konsultasi dengan guru. Dengan demikian. kamu harus bersungguh-sungguh menetapkan hati untuk memecahkan masalah kesulitan belajar ini. Dari sini kemungkinan besar kamu akan memahami mengapa kamu sekarang mengalami kesulitan belajar. ada beberapa penyebab yang memungkinkan anda mengalami kesultan belajar yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil pembicaraan dengan berbagai pihak. membuat grafik yang menggambarkan pelajaran mana yang sulit untuk kamu kuasai. Kamu harus berani menemui guru yang mengajar mata pelajaran tesebut. Misalnya kamu bisa menganalisis dokumen diri yang meliputi identitas. catatan/komentar guru mata pelajaran dan orang tua. dan sebagainya. minat. berdialog secara jujur dan terbuka tentang kesulitan belajarmu dan mendapatkan kesepakatan tentang apa yang seharusnya kamu lakukan. kamu harus berani menetapkan langkah-langkah penting untuk mengatasi masalah ini. bersama orang yang bisa kamu percaya. misalnya dengan cara membuat rata- rata nilai yang peroleh pada setiap mata pelajaran. kamu bisa mulai menganalisa perkembangan prestasi belajarmu. tetapi kurang optimalnya kebiasaan belajar anda. orang tua. Anda yang terkategori mengalami kesulitan belajar yang tinggi termasuk orang yang memiliki masalah yang cukup tinggi dalam proses pembelajaran. ahli psikologi atau teman yang bisa kamu percaya. Selanjutnya. Akhirnya. riwayat pendidikan. Ada beberapa tips untuk mengatasi kesulitan belajar anda. riwayat kesehatan. mungkin kamu . 2. 4. keluarga. terutama berkenaan dengan kelainan fungsi otak yang lazim disebut sebagai kesulitan dalam belajar spesifik. Perlu dicermati bahwa anda yang terkategori mengalami kesulitan belajar tinggi bukanlah orang yang ‘bodoh’. Menetapkan atau memetakan lokasi kesulitan belajarmu. anda hendaknya mampu meningkatkan prestasi belajar anda dengan cara mengoptimalkan kebiasaan belajar anda. kedudukanmu dalam kelompok sosial.

bahkan bila perlu kamu boleh menemui orang yang ahli untuk menangani masalahmu ini. “Jika anda ingin melakukan proses konseling lebih lanjut lagi. semoga belajarmu tambah semangat dan pretasi terbaik bisa di raih.perlu mengikuti pelajaran tambahan. mengikuti bimbingan kelompok. silakan hubungi admin kami” . Itulah lima langkah yang mungkin bisa dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajarmu. mengikuti penyuluhan.