P. 1
Pertemuan 11 12 Materi 06 Metode Perhitungan Generalisasi Permutasi Kombinasi 2008

Pertemuan 11 12 Materi 06 Metode Perhitungan Generalisasi Permutasi Kombinasi 2008

|Views: 48|Likes:
Published by Yarus Lfc

More info:

Published by: Yarus Lfc on Apr 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/03/2012

pdf

text

original

Matematika Diskrit - Counting Method

Generalisasi Permutasi & Kombinasi
http :  erwin2h.wordpress.com

Erwin Harahap

Perkuliahan ke-11, Materi ke-6, Rabu 16 Juli 2008

Pendahuluan
Pada bagian terdahulu, seleksi dan pengurutan yang dilakukan tidak memperbolehkan pengurutan. Pada bagian ini akan dibahas mengenai seleksi dengan memperbolehkan pengulangan. Dalam beberapa masalah perhitungan, masing-masing elemen dapat digunakan beberapa kali, misalnya pada plat nomor kendaraan, terdapat beberapa nomor yang diulang, penulisan rekening bank, dan lain-lain. Hal ini cukup berbeda dengan pemilihan menggunakan permutasi dan kombinasi pada bahasan sebelumnya, dimana tiap elemen tidak boleh digunakan secara berulang. Juga, beberapa masalah perhitungan melibatkan elemen-elemen yang tidak dapat dibedakan. Misalnya, dalam menghitung banyaknya cara menyusun huruf dalam kata MATEMATIKA, penempatan huruf-huruf yang identik harus dipertimbangkan. Hal ini agak berbeda dengan masalah perhitungan sebelumnya dimana semua elemen dianggap berbeda.

I. Permutasi dengan pengulangan

Contoh 1
Tentukan banyaknya susunan 3 huruf, dari huruf-huruf ABCD dimana pengulangan diperbolehkan

Jawab n = 26.12 . . Susunan huruf yang mungkin adalah : AAA.nb Jawab Huruf pertama dapat ditempatkan dalam empat cara.Metode Perhitungan . r = n  Solusi = 26n . dari huruf alfabet dimana pengulangan diperbolehkan.. AAD. Begitu pula untuk huruf kedua dan ketiga.2008. Dengan demikian. r = 6  Solusi = 106 Contoh 3 Tentukan banyaknya susunan string dengan panjang n. BDA. dari bilangan berikut : 1 2 3 4 5 6 7 8 9 0 dimana pengulangan diperbolehkan. Jawab n = 10. solusi yang dapat diambil adalah 4*4*4 = 43 Teorema 1 Jumlah permutasi-r dari suatu himpunan n elemen dengan pengulangan adalah nr Contoh 2 Tentukan banyaknya susunan 6 angka..2 Pertemuan 11 .Materi 06 . ABC.Generalisasi Permutasi Kombinasi .

Generalisasi Permutasi Kombinasi .2 Dalam berapa cara berbeda lima elemen dapat dipilih secara berurutan dari suatu himpunan dengan lima elemen dimana pengulangan diijinkan Jawab Latihan I.12 .1 Dalam berapa cara berbeda lima elemen dapat dipilih secara berurutan dari suatu himpunan dengan tiga elemen dimana pengulangan diijinkan Jawab Latihan I.nb 3 Latihan & Quiz I Latihan I. Jika terdapat 6 jenis hidangan. terdapat berapa cara berbeda para pelajar memilih hidangan selama tujuh hari dalam seminggu jika jenis hidangan yang dipilih diperhatikan .4 Setiap hari seorang pelajar memilih jenis hidangan secara acak untuk makan siang dari beberapa jenis hidangan.Metode Perhitungan .Materi 06 .3 Tentukan berapa banyak strings dari 6 huruf Jawab Latihan I.Pertemuan 11 .2008.

Prentice Hall Inc.12 .Materi 06 .5 Tentukan banyaknya cara mengalokasikan tiga pekerjaan kepada lima pekerja. McGraw-Hill.nb Jawab Latihan I. Permutation. Generalized Permutations and Combinations. Rossen.4 Pertemuan 11 . Kombinasi dengan pengulangan Latihan & Quiz II III.Metode Perhitungan . Richard (1997). Permutasi dengan objek tidak dibedakan Latihan & Quiz III Referensi Johnsonbaugh. Kenneth (1999). apabila tiap pekerja dapat diberi lebih dari satu pekerjaan Jawab II. Discrete Mathematics : Counting Method. Discrete Mathematics and Its Applications: Counting . .Generalisasi Permutasi Kombinasi .2008.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->