P. 1
Prinsip Dan Alat Evaluasi

Prinsip Dan Alat Evaluasi

|Views: 367|Likes:
Published by Andi Maryam Mogana

More info:

Published by: Andi Maryam Mogana on Apr 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/17/2013

pdf

text

original

Oleh: A.

Maryam Mogana (091404023) Dewi Kusuma (091404033)

. Karena itu dalam evaluasi diperlukan prinsip-prinsip sebagai petunjuk agar dalam pelaksanaan evaluasi dapat lebih efektif.Evaluasi adalah Proses Proses menentukan sampai berapa jauh kemampuan yang dapat dicapai oleh siswa dalam proses belajar mengajar. Kemampuan yang diharapkan tersebut sebelumnya sudah ditetapkan secara operational Selanjutnya ditetapkan patokan pengukuran hingga dapat diperoleh penilaian (value judgement).

Suharsimi. Kegiatan Pembelajaran atau KBM. dan c. alat evaluasi mengacu pada tujuan yang harus dirumuskan Kegiatan belajar mengajar yang dirancang dalam bentuk rencana mengajar disusun oleh guru dengan mengacu pada tujuan yang hendak dicapai Evaluasi evaluasi juga harus mengacu atau disesuaikan dengan KBM yang dilaksanakan. Evaluasi Tujuan Evaluasi adalah kegiatan pengumpulan data untuk mengukur sejauh mana tujuan sudah tercapai. 2006.Prinsip umum dan penting dalam kegiatan evaluasi. yaitu antara lain: a. Tujuan pembelajaran b. KBM Sumber : Arikunto. Jakarta. Di lain sisi. Bumi Aksara. . yaitu adanya Triangulasi atau hubungan erat tiga komponen. Dasar-Dasar EvaluasiPendidikan.

materi dan metode pengajaran. Pedagogis 5. Dengan demikian. siswa membutuhkan evaluasi.1. serta evaluasi merupakan tiga kesatuan terpadu yang tidak boleh dipisahkan. • evaluasi juga perlu diterapkan sebagai upaya perbaikan sikap dan tingkah laku ditinjau dari segi pedagogis.com/2011/06/subjek-sasaran-prinsip-dan-alat. Akuntabilitas • Tujuan Instruksional. evaluasi bagi siswa merupakan kebutuhan • Dengan prinsip koherensi dimaksudkan evaluasi harus berkaitan dengan materi pengajaran yang sudah disajikan dan sesuai dengan ranah kemampuan yang hendak diukur.html . Keterpaduan 2. perenacanaan evaluasi harus sudah ditetapkan pada waktu menyusun satuan pengajaran sehingga dapat disesuaikan secara harmonis dengan tujuan instruksional dan materi pengajaran yang hendak disajikakan • Untuk dapat mengetahui sejauh mana siswa berhasil dalam kegiatan belajar-mengajar yang dijalaninya secara aktif. Keterlibatan Siswa 3. • Sejauh mana keberhasilan program pengajaran perlu disampaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan pendidikan sebagai laporan pertanggungjawaban SUMBER: http://pujionoi. Koherensi 4.blogspot. Karena itu.

Alat adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk mempermudah seseorang untuk melaksanakan tugas atau mencapai tujuan secara lebih efektif dan efesien. . Penggunaan alat evaluasi ini adalah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik sesuai kenyataan yang di evaluasi.Alat evaluasi ini dikenal dengan instrument evaluasi.

Sumber : Arikunto. b. Teknik Nontes Yang tergolong teknik nontes adalah : 1) Skala bertingkat. 3) Tes Sumatif. Bumi Aksara. 2006. Jakarta. maka dibedakan atas adanaya 3 macam tes. Dasar-Dasar EvaluasiPendidikan. 3) Daftar cocok. 2) Tes formatif. 2) Kuesioner. . 4) Wawancara.a. yaitu : 1) Tes diagnostic. Suharsimi. 5) Pegamatan. 6) Riwayat hidup. Teknik tes Ditinjau dari segi kegunaan untuk mengukur siswa.

Sekian Dan Terima Kasih .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->