LAPORAN HASIL PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) TENTANG DIBENGKEL SUZUKI INDO SARAN MOTOR JL. TUPAREV NO.

01 CIREBON

Laporan ini disusun untuk memenuhi Tugas Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Dan salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional (UN) bagi siswa SMK Muhammadiyah Lemahabang (Kelompok Teknologi dan Rekayasa)

TAHUN PELAJARAN 2011/2012

DISUSUN OLEH : NAMA NIS KELAS PROGRAM KEAHLIAN : DICKY SANTOSO : : XI TSM 2 : TEKNIK OTOMOTIF

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH LEMAHABANG JL. K.H. AHMAD DAHLAN NO. 01 TELP. (0231) 637425 LEMAHABANG – CIREBON 2011/2012

Kegiatan ini tiada lain agar siswa biasa melihat secara langsung keadaan dilapangan kerja sesungguhnya dan biasanya membandingkan dengan keadaan disekolah. PP No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah. Tentang kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan. UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Menengah Nasional 2.BAB I PENDAHULUAN 1. Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan kegiatan intrakurikuler yang harus dilaksanakan setiap siswa. 4. Sebagaimana pelaksanaan Prakerin pada pendidikan menengah kejuruan didasarkan atas ketentuan-ketentuan sebagai berikut : 1. 080/U/1997.2. 1.Uraian Tujuan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu Sekolah Kejuruan yang mengembangkan tugas-tugas atau tujuan untuk mendidik para siswa untuk menjadi tenaga yang terampil dalam bidang teknik. 3. Sehubungan dengan itu berbagai pendidikan Kejuruan dan Keahlian termasuk Politeknik terus diperluas dan ditingkatkan mutunya.Latar Belakang Pendidikan nasional perlu dilakukan secara terpadu dan serasi baik antar sector pendidikan dan sector-sektor pembangunan lainnya abtar daerah maupun antar berbagi jenjang pendidikan baik pendidikan di sekolah maupun pendidikan diluar sekolah perlu disesuaikan perlu disesuaikan dengan tuntutan dan perkembangan pembangunan yang memerlukan berbagai jenis keterampilan dan keahlian di segala bidang pengetahuan dan teknologi jenis teknologi. Dengan harapan siswa -1- . 323/U/1997 tentang penyelanggaraan Prakerin pada Sekolah Menengah Kejuruan.1. 5. Keputusan Mendikbud No. PP No. Keputusan Mendikbud No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Sistem Pendidikan Nasional.

Sudah menjadi Program Sekolah Menengah Kejuruan mewajibkan setiap siswa khususnya kelas IX (sebelas) untuk melakukan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yang mana Prakerin ini merupakan salah satu syarat bagi siswa dalam mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN). Tujuan Khusus 1. Dapat merasakan secara langsung bagaimana aktifitas yang dilakukan oleh para tenaga kerja. berkomunikasi dan memiliki rasa tanggung jawab serta disiplin yang tinggi. Mempersiapkan para peserta didik untuk bekerja secara mandiri. Mengahasilkan tenaga Profesional yang memiliki keahlian yaitu tenaga kerja yang memiliki pengetahuan keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan lapangan kerja. bekerja secara tim dan mengembangkan potensi secara kreativitas sesuai dengan bakat dan minat. Tujuan Umum 1. Memperoleh link and match antara sekolah dan dunia kerja. b.yang telah menyelesaikan pendidikannya punya kreativitas untuk mandiri dan juga punya tanggung jawab dalam kelangsungan kerja. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional. Maksud dan tujuan diadakannya Prakerin adalah untuk mendidik siswa agar tidak merasa canggung lagi terjun dalam masyarakat setelah lulus pendidikan dan sebagai seorang teknisi tingkat menengah harus memiliki kemampuan kerja dan senang akan pekerjaan dapat mengolah dan kemampuan menghasilkan pemikiran para ahli tingkat atas serta dengan diadakannya Praktek Kerja -2- . 2. 3. 3. a. Meningkatkan kepribadian peserta didik sehingga mampu berinteraksi. 2. Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian pendidik. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menjadi tenaga kerja terampil dan produktif dengan tuntutan dunia kerja. 4. 4.

Siswa mampu memahami memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang didapat dan menerapkan pemecahan masalah kejuruan sesuai dengan Program studi yang dipilihnya secara lebih luas dan mendalam yang terungkap dari laporannya yang disusunnya. Adapun tujuan dari pembuatan ini adalah sebagai berikut : 1.1.3. 1. Sampai di mana siswa telah menguasai ilmu pengetahuan yang didapat baik di dalam Prakerin maupun di sekolah.Uraian Tujuan Prakerin 1.4.1.Uraian Tujuan Pembuatan Laporan 1.Industri (PRAKERIN) ini di tiap-tiap perusahaan siswa dapat mengetahui sampai dimana teknologi otomotif hingga sekarang ini. yaitu : BAB I PENDAHULUAN 1.2. 5.3 Uraian Tujuan Pembuatan Laporan Sesuai kurikulum yang berlaku diwajibkan setiap siswa untuk membuat laporan setelah menyelesaikan Prakerin selama 1 (satu) bulan itu.4 Sistematika Penyusunan Laporan Dalam laporan ini penyusun membagi IV BAB.Sistematika Penyusunan Laporan BAB II KEADAAN UMUM PERUSAHAAN 2. 1.2. 4. Untuk melatih daya kreativitas siswa dalam mengembangkan daya berfikir dalam pemecahan suatu masalah yang dihadapkannya. 2.Sejarah Singkat Perusahaan 2. Siswa dapat membagi ilmu mereka berbagi orang lain melalui laporan.Latar Belakang 1.Struktur Organisasi Perusahaan -3- . Siswa mampu mencari alternatif pemecahan maslah sesuai dengan dunia kerja dan usaha. 3. Untuk penilaian terhadap siswa.

2.Saran untuk Perusahaan 4.2.Analisa Pekerjaan 3.2.Pemasangan Roda dan Rem Belakang BAB IV PENUTUP 4.1.2.Saran untuk Sekolah -4- .Landasan Teori 3.2.2.2.Pemeriksaan Roda dan Rem Belakang 3.2.2.Pemeliharaan Tempat Kerja dan Lingkungan BAB III PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI 3.3.Saran-saran 4.Disiplin Kerja 2.2.3.1.Pembongkaran Roda dan Rem Belakang 3.4.1.1.Kesimpulan 4.

spare part. Tuparev No. 01 Cirebon.1. bengkel. Bengkel ini dipimpin oleh Bapak dan mempunyai tenaga mekanik yang professional juga ditunjang peralatan yang sangat lengkap. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2004sampai dengan sekarang yang beralamat Jl.Sejarah Singkat Perusahaan Bengkel SUZUKI INDO SARANA MOTOR adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan sepeda motor. -5- .BAB II KEADAAN UMUM PERUSAHAAN 2. Yang mulanya bengkel ini bernama CV. INDO SARANA MOTOR.

ANTON SULIASTORO OPERASIONAL MANAGER ARIANTO SUTRISNO HRD RUBEN HRD BPKB NUNUNG ADM.2. WAHAB MEKANIK IID HIDAYAT MEKANIK RULI HASANUDIN -6- .2 STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN MANAGER R. CLEAM IRA CHIEP MEKANIK RAJIMAN MEKANIK & CLEAM MEKANIK A.

istirahat jam 12.00 WIB.00 WIB dan pulang jam 14. o Menjaga dan memelihara peralatan-peralatan yang ada pada perusahaan. bertanggung jawab dan jujur didalam Perusahaan.30 WIB.00 WIB untuk yang melaksanakan Prakerin diliburkan. kecuali mendapat tugas dan diberi izin dari perusahaan. membersihkan lingkungan kerja tiap hari sesudah kerja selesai. o Selalu bekerja dengan sebaik baiknya agar dapat menghasikan suatu pekerjaan yang memuaskan.3 Disiplin Kerja Berdasarkan pengamatan kerja yang dilakukan oleh penyusun selama mengikuti Prakerin mengenai disiplin kerja sudah cukup baik.00 s. mematuhi tata tertib dan tata cara kerja yang berlaku dalam perusahaan serta menjalankan tugas-tugas yang diberikan. keindahan dan menjamin kelancaran suatu pekerjaan. kecuali pada hari Sabtu masuk jam 08. o Selalu mentaati.d Jum’at Masuk jam 08. maka didalam menjalankan setiap pekerjaan berkewajiban untuk : o Bersikap sopan santun. o Menjaga kestabilan dan kebersihan tempat kerja. dan pada hari Minggu bengkel tetap buka.4 Pemeliharaan tempat Kerja dan Lingkungan Pemeliharaan lingkungan kerja merupakan salah satu masalah yang penting. tetapi masuk jam 09. Adapun peraturan mengenai jam kerja adalah sebagai berikut : Hari senin s.2. 2. demi menjaga kebersihan.00 WIB.30 WIB. o Selalu berada ditempat kerja selama jam kerja. Hal ini dapat terwujud karena adanya kesadaran dari para pekerja itu sendiri dan tanggung jawab didalam melaksanakan tugasnya. dan pulang jam 14. -7- .d 13.00 pulang jam 17.

Brake torque rod 12. Sepatu rem 10. Indikator keausan sepatu rem 7. Roda belakang 13. dan daya stir pada jalan. Penutup rantai 15. Penyetel rantai (kiri) 6.  Bagian-bagian Rem dan Roda Belakang : 1.BAB III PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI 3. Batang rem -8- . Plat sepatu rem 8. Sedangkan roda pada sepeda motor juga berfungsi untuk menopang berat motor dan pengendara. Drive Hub. menyalurkan daya dorong. Tuas chamshaft rem 3.1. Penyetel rantai (kanan) 5.1 Sistem rem Roda Belakang Sistem rem dalam suatu kendaraan sepeda motor termasuk sistem yang sangat penting karena berkaitan dengan faktor keselamatan berkendara. Roda belakang 14. Pin cotter 11. Pin 4. As roda belakang 16. Chamshaft rem 9.1 Landasan Teori 3. Mur penyetel rem 2. Sistem rem berfungsi untuk memperlambat dan atau menghentikan sepeda motor dengan cara mengubah tenaga kinetik / gerak dari kendaraan tersebut menjadi tenaga tersebut diperoleh dari gesekan antara komponen bergerak yang dipasangkan pada roda sepeda motor dengan suatu bahan yang dirancang khusus tahan terhadap gesekan. pengereman. Di saat yang sama roda juga menyerap tekanan / kejutan dari permukaan jalan. Damper Hub.

Kunci pass ukuran 10 mm 3. Kunci ring ukuran 17 mm 3. 8. Ukur diameter dalam tromol rem dengan alat ukur “Deal indicator gauge” atau dengan diraba dengan oleh tangan.2 Pembongkaran rem dan Roda Belakang 1. Lepaskan klip penyambung rantai roda (jika ingin dilepaskan atau diganti).2. Lepaskan collar perantara dan keluarkan bantalan yang lain dan sil debu. 9.2. Lepaskan pin pengaman dan longgarkan mur poros. 3.1 Alat-alat yang digunakan : 1. Kuas ½ inchi 9. Kemudian dorong roda kedepan dan keluarkan rantai roda dari spoorket (apabila melepas klip penyambung rantai). Keluarkan as roda dari poros roda dengan memukul kepala baut as roda tersebut. pemeriksaan ini dilakukan pada cincin dalam dan luar saja. bantakan harus berputar dengan halus. dengan palu karet 10. Letakan sepeda motor di atas standar utama atau letakan balok penopang di bawah mesin. Kunci ring ukuran 14 mm 4. Ampelas halus 8. 6. Lepaskan pena pengaman dan reaksi rem belakang. 2. Lepaskan mur penyetel rem belakang. 3. Palu karet 10.3 Pemeriksaan Roda dan Rem Tromol Belakang 1. Kunci pass ukuran 12 mm 5. Keluarkan collar samping (kanan dan kiri) dan sil debu. 6. Lepaskan pena pengaman dan mur poros. Gemuk -9- . 4. Kunci ring ukuran 19 mm 2. 3. 5.3. dan tanpa suara.2. Tang long nose / lancip 7. Putar cincin bagian dalam setiap banatalan dengan ajri tangan.2 Analisa Pekerjaan 3. 7. Longgarkan mur penyetel lantai roda dan dorong roda belakang ke depan. 2.

3. . Pasang sepatu rem dengan dijepit dengan pegas sepatu rem terhadap tromol. 7. 4. Pasang sil debu. Pada saat memeriksa kanvas rem yaitu periksa kanvas rem dan apabila permukaan halus dengan ampelas. panel rem.4 Pemasangan Roda dan Rem Belakang (Drum Brake) 1. tetapi sesudah diampelas bersihkan dengan kain kering dan semprot dengan pistol udara (kompresor). Pasang dan kencangkan rem penyetel dan pena pengaman.2.10 - . Pasang kanvas rem dan pasangkan karet peredam pada roda. Pasang roda belakang dan porosnya. 2.4. 6. Setelah itu stel pedal rem belakang. Isi semua rongga bantalan dengan gemuk . Masukan bantalan (kanan dan kiri) pada hub roda. 3. pedal rem. 5. 9. 8. 5. Stel jarak main rantai roda dan setelah itu kencangkan mur poros. dan batang penghubung dan tuas rem. Periksalah lengan rem.

1 Kesimpulan Setelah penulis melaksanakan Praktek Kerja Industri di Bengkel “SUZUKI INDO SARANA MOTOR” dan membuat laporan sebagai salah satu persyaratan penilaian PRAKERIN. 4.2 Saran Untuk Sekolah 1.Sudah tidak goyang karena karet bemper dan klahernya diganti. Kondisi sebelum disservice Saat mengerem ada suara pada rem bagian belakang Saat motor melaju tidak mengerem secara oftimal Pada saat motor melaju ban bagian belakang goyang Kondisi setelah disservice . Supaya di sekolah diadakan Prakerin diawal Semester I kelas XI . Faktor-faktor penyebab kerusakan Permukaan jalan tidak rata Permukaan ban tidak rata 4. Prakerin dapat membantu para siswa mengenal dunia kerja. Prakerin sangat bermanfaat sekali bagi para siswa. 2.11 - .2.2.1 Saran Untuk Perusahaan Sebelum atau selama dilakukannya pekerjaan siswa diberi pengarahan.Tidak ada suara . alat dan sebagainya.Sudah oftimal karena kanvas rem sudah diganti . Prakerin dapat menambah wawasan kedewasaan para siswa untuk dapat mengembangkan dirinya menambah ilmu pengetahuan dan teknologi. 2. petunjuk tentang cara kerja. maka dapat di tarik beberapa kesimpulan yaitu : 1.BAB IV PENUTUP 4. 3. Kondisi sebelum disevice dan sesudah pada roda bagian belakang dan rem pada sepeda motor. Supaya fasilitas sekolah dilengkapi agar siswa bertambah keterampilan dan pengetahuannya untuk bekal pelaksanaan Prakerin. 4.2 Saran Saran-saran yang dapat penulis berikan baik untuk perusahaan maupun sekolah adalah sebagai berikut : 4. 5.

Cirebon : PT. SUZUKI INDO SARANA MOTOR 3. SUZUKI INDO SARANA MOTOR. . ANONIM (1995). SUZUKI INDO SARANA MOTOR 4. Materi Pembelajaran Tune-Up Step 2. 5. Cirebon. Cirebon : PT. SUZUKI INDO SARANA MOTOR. Cirebon : PT. 2. Anonim (2002) Training Manual Basik . Anonym (1987).DAFTAR PUSTAKA 1. Anonim (1995) Teknik Service Dasar.12 - . PT. Anonim (1988) New Step 1 Training Manual. Dasar-Dasar Automative. SUZUKI INDO SARANA MOTOR. Cirebon : PT.

Kepala SMK Muhammadiyah Lemahabang HADI PERMANA. ST.-13. NBM.i . Laporan ini disahkan penggunaannya : Di Tanggal : ……………… : ……………… Pembimbing I Pembimbing II Suki Ketua HUBIN Kepala Program Teknik Sepeda Motor AGUS SUNARTO.PENGESAHAN DARI SEKOLAH Laporan ini telah diperiksa berdasarkan ketentuan yang berlaku dan isinya dapat diterima sebagai bahan penilaian pada PRAKERIN Akhir bagi siswa SMK Muhammadiyah Lemahabang Cirebon Tahun Pelajaran 2011/2012. Mengetahui AMRIL FAUZI. ST. 991353 . ST.

14 . RAJIMAN -. berdasarkan ketentuan yang berlaku dan dapat diterima sebagai salah satu tugas/syarat dalam penilitian Praktek Kerja Industri bagi siswa SMK Muhammadiyah Lemahabang Cirebon ini disahkan penggunaannya : Laporan ini disahkan penggunaannya : Di Tanggal : …………………… : …………………… Direktur / pimpinan Pembimbing Industri Pembimbing Industri RUBEN HK.ii .PENGESAHAN DARI PERUSAHAAN Laporan ini telah diperiksa oleh Industri/Perusahaan BENGKEL SUZUKI INDO SARANA MOTOR.

1 Lemahabang Cirebon Telp.SMK MUHAMMADIYAH LEMAHABANG Jl.- . KH. Tanggal Bimbingan Bimbingan Keterangan Paraf 1 2 3 4 5 Pembimbing 1 Pembimbing 2 _______________ ______________ 15 .iii . Ahmad Dahlan No. (0231) 637425 BERITA ACARA LAPORAN BIMBINGAN HASIL PRAKTEK KERJA INDUSTRI PADA BENGKEL INDO SARANA MOTOR CIREBON Nama NIS Judul : DICKY SANTOSO : : Catatan No.

Laporan ini merupakan suatu wujud pertanggungjawaban dari pelaksanaan Prakerin selama satu bulan. ST.KATA PENGANTAR Assalamualaikum Wr. Laporan ini penulis ingin sampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat : 1. Wb. 2. Bapak 4.16-- . Bapak Agus Sunarto. ST. 3. Bapak Oleh sebab itu kritik serta saran yang bersifat kontruktif guna membangun kemajuan laporan ini. Bapak 7. selaku kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Lemahabang. Bapak 6. Bapak 5. Bapak Hadi Permana. selaku Ketua HUBIN. dan penulis akan terima dengan tangan terbuka serta lapang dada dan penuh keikhlasan. Cirebon. April 2012 Penulis iv . Bapak 8. penulis mampu menyelesaikan tugas Praktek Kerja Industri serta suatu laporan hasil Prakerin. Alhamdulilahirobilalamin puji syukur penulis panjatkan kehadirat Illahirobi karena atas segala izin serta limpahan rahmat dan Inayah-Nya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful