P. 1
HAM Menurut Islam Dan Barat

HAM Menurut Islam Dan Barat

|Views: 916|Likes:
Published by Uswah Hasanuddin

More info:

Published by: Uswah Hasanuddin on Apr 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/20/2013

pdf

text

original

MAKALAH KELOMPOK

HAK ASASI MANUSIA MENURUT PANDANGAN ISLAM DAN BARAT

KELOMPOK IV
RESTI AMELIA INDAH CHAERUNNISA USWAH HASANUDDIN C11111200 C11111204 C11111206

CITRA LADY ANGGA DEWI C11111209 NURLIANA RIFNA FEBRAINI C11111251 C11111288

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN 2011

BAB I PENDAHULUAN

Hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugrah-Nya yang wajib dihormati dan dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum pemerintahan dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. Terdapat beberapa defenisi mengenai hak asasi manusia menurut beberapa ahli. Diantaranya adalah hak asasi manusia menurut Jan Materson, merupakan hak-hak yang melekat pada manusia, yang tanpa dengannya manusia mustahil dapat hidup sebagai manusia. Sedangkan menurut Baharuddin Lopa, kalimat “mustahil hidup sebagai manusia” hendaklah diartikan “mustahil dapat hidup sebagai manusia yang bertanggung jawab”. Alasan penambahan istilah bertanggung jawab ialah disamping manusia memiliki hak, manusia juga bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya. Hak asasi manusia dipandang dengan cara berbeda antara pandangan barat dan pandangan islam. Menurut konsep barat hak asasi manusia bersifat antroposentris, artinya segala sesuatu berpusat kepada manusia. Dengan demikian manusia sangat dipentingkan. Sedangkan hak asasi manusia menurut pandangan islam, bersifat teosentris, artinya segala sesuatu berpusat kepada Tuhan. Dengan demikian Tuhan sangat dipentingkan. Perbedaan pandangan dan konsepsi hak asasi manusia menurut barat dan menurut konsep islam akan dibahas lebih dalam dan rinci pada bab selanjutnya.

Lahirnya Magna Charta diikuti lahirnya Bill of Right di Inggris pada tahun 1689. Hak asasi ini lalu diadopsi oleh tokohtokoh Revolusi Perancis dalam bentuk yang lebih jelas dan luas yang di sebut The . umumnya pakar di Eropa berpendapat bahwa lahirnya Magna Charta pada tahun 1215 di Inggris lah yang mencangkan bahwa raja yang tadinya memiliki kekuatan absolut. dimana para tokoh borjuis berkoalisi dengan tokoh-tokoh gereja untuk merampas hak-hak rakyat yang telah mereka miliki sejak lahir. Di Amerika pengumuman dilakukan tahun 1773 yaitu The American Declaration of Independence yang lahir dari paham Rousseau dan Montesquieu. karena ini menyebabkan lahirnya monakri konstitusional yang berintikan kekuasaan raja hanya sebagai simbol belaka. Sejarah Hak Asasi Manusia dalam Konsep Barat Istilah hak asasi manusia baru muncul setelah Revolusi Perancis. Pada tahun 1216 sendiri terdapat pengumuman hak asasi manusia dari Raja John kepada rakyat Inggris tahun 1216. Dari sinilah lahir doktrin raja tidak kebal hokum dan mulai bertanggung jawab kepada hokum. Sejak saat itu mulai dipraktekkan ketentuan bahwa jika raja yang melanggar hukum harus diadili dan dipertanggungjawabkan kepada parlemen. muncullah perlawanan rakyat dan yang akhirnya berhasil memaksa para raja mengakui aturan tentang hak asasi manusia. Pada saat itu mulai ada adaigum yang berintikan manusia sama di muka hokum. Akibat dari penindasan panjang yang dialami masyarakat Eropa dari kedua kaum ini.1 HAM Menurut Konsep Barat A. Dilihat dari sejarahnya. menjadi dibatasi kekuasaanya dan mulai diminta pertanggung jawabannya di depah hokum.BAB II PEMBAHASAN II.

ada pula penyataan presumption of innocence. hak berumah-tangga. diantaranya : 1. Dan dalam wacana modern ini. Deklarasi yang lebih merincikan hak-hak tersebut kemudian melahirkan The Rule of Law. . dideklarasikan pada 26 Agustus 1789. yang termasuk di dalamnya: hak beragama. Terdapat berbagai klasifikasi yang berbeda mengenai hak asasi manusia menurut pemikiran barat. dan hak moril. hak asasi dibagi menjadi dua: a. sampai ada keputusan pengadilan yang berkekuatan hokum yang menyatakan ia bersalah. Dalam The French Declaration antara lain disebutkan bahwa tidak boleh ada penagkapan dan penahanan yan semena-mena. Hak asasi alamiah manusia sebagai manusia.French Declaration. yang dimaksud dengan hak adalah wewenang yang diberikan oleh undang-undang kepada seseorang atas sesuatu tertentu dan nilai tertentu. Hak Asasi Manusia dalam Konsep Barat Dalam istilah modern. hak keamanan. Disamping itu. seperti: hak memiliki. hak mendapat keadilan dan hak persamaan dalam hak. kemudian dituduh dan ditahan. yang dikenal dengan istilah Declaration of Human Right yang disahkan oleh PBB pada tahun 1948. hak mendapat keamanan. berhak dinyatakan tidak bersalah. Pembagian hak menurut hak materiil yang termasuk di dalamnya. kehormatan dan pemilihan serta tempat tinggal. artinya orang-orang yang ditangkap. seperti: hak hidup. b. Semua yang ada dalam instrument HAM tersebut melahirkan rumusan HAM yang bersifat universal. yaitu menurut kelahirannya. B. termasuk penagkapan tanpa alas an yang sah dan penahanan tanpa surat perintah yang dikeluarkan oleh pejabat yang sah. hak kebebasan pribadi dan hak bekerja. Hak asasi yang diperoleh manusia sebagai bagian dari masyarakat sebagai anggota keluarga dan sebagai individu masyarakat. hak sosial dan berserikat.

dan sebagainya. Akan tetapi untuk membendung pengaruh Sosialisme dan Komunisme. kebebasan yang sebebas-bebasnya dalam berpendapat. kebebasan positif yang meliputi pelayanan negara kepada warganya. 3. Dalam Dokumen Madinah atau Piagam Madinah itu berisi antara lain pengakuan dan penegasan bahwa semua kelompok di kota Nabi itu. Hal ini dibuktikan dengan adanya Piagam Madinah (mitsaq AlMadinah) yang terjadi pada saat nabi Muhammad berhijrah ke kota Madinah. kecaman terhadap poligami. Sebagai contoh.2 HAM Menurut Konsep Islam A. bahkan telah banyak pemikiran mereka tentang hak asasi manusia yang sudah di adopsi kaum Muslim. Sebab hak asasi dalam pandangan barat tidak dengan sendirinya mengharuskan negara memberi jaminan keamanan atau pendidikan.2. partai-partai politik di Barat mendesak agar negara ikut campur-tangan dalam memberi jaminan hak-hak asasi seperti untuk bekerja dan jaminan sosial. dan lain sebagainya. pernikahan berbeda agama (muslim-nonmuslim). Sungguh sangat disayangkan jika hal ini terus berlanjut karena hal ini semakin hari semakin menjauhkan umat islam dengan hukumhukum yang telah disyariatkan Allah. Pembagian hak menjadi tiga: hak kebebasan kehidupan pribadi. Hak asasi menurut barat dapat dilihat semakin berkembang sampai saat ini. Sejarah Hak Asasi Manusia dalam Konsep Islam Hak asasi manusia dalam islam telah dibicarakan sejak empat belas abad yang lalu. sekarang banyak yang menuntut masalah kesetaraan gender. dan hak kebebasan membentuk perkumpulan dan perserikatan. umat . II. Dapat dimengerti bahwa pembagian-pembagian ini hanya melihat dari sisi larangan negara menyentuh hak-hak ini. baik umat yahudi. Pembagian hak menjadi dua: kebebasan negatif yang memebentuk ikatanikatan terhadap negara untuk kepentingan warga. hak kebebasan kehidupan rohani.

maupun umat islam sendiri. Memang.nasrani. Dari pengakuan terhadap semua pihak untuk bekerja sama sebagai suatu bangsa. terdapat prinsip-prinsip HAM yang universal. di dalam piagam itu terdapat pengakuan mengenai HAM bagi masing-masing pihak yang bersepakat dalam piagam itu. yang dalam banyak hal komatibel dengan Deklarasi Universal HAM (DUHAM). Hak Asasi Manusia dalam Konsep Islam Hak asasi dalam Islam berbeda dengan hak asasi menurut pengertian yang umum dikenal. Rasulullah saw pernah bersabda: "Sesungguhnya darahmu. Pandangan islam yang khas tentang hak asasi manusia sebenarnya telah hadir sebelum deklarasi universal HAM PBB pada 18 Shafar 1369 Hijriyah atau bertepatan dengan 10 Desember 1948 Masehi. hartamu dan kehormatanmu haram atas kamu. B. Bukhari dan Muslim). Deklarasi yang juga dikenal sebagai “Deklarasi Kairo” mengandung prinsip dan ketentuan tentang hak asasi manusia berdasarkan syari‟ah (Azra). terdapat upaya-upaya dikalangan sarjana Muslim dan negara Islam di Timur Tengah untuk lebih mengkontekstualisasikan DUHAM dengan interpretasi tertentu dalam islam dan bahkan dengan lingkungan sosial budaya masyarakat-masyarakat muslim tertentu pula. sama dengan adanya perspektif islam universal tentang HAM (huqud al-insan). Sebab seluruh hak merupakan kewajiban bagi negara maupun individu yang tidak boleh diabaikan. Secara langsung dapat dilihat bahwa dalam piagam Madinah itu HAM sudah mendapatkan pengakuan oleh islam. Secara internasional umat islam yang terlembagakan dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI) pada 5 Agustus 1990 mengeluarkan deklarasi tentang HAM dari perspektif islam. Tetapi juga harus diakui. adalah merupakan suatu bangsa. . melainkan mempunyai kewajiban memberikan dan menjamin hak-hak ini. Maka negara bukan saja menahan diri dari menyentuh hak-hak asasi ini." (HR.

negara berkewajiban menjamin perlindungan sosial bagi setiap individu tanpa ada perbedaan jenis kelamin.Sebagai contoh. walaupun ia mampu membayar denda. dst. Dan kepada Allah-lah kembali semua urusan." Imam Nawawi dalam Riyadus-Shalihin menceritakan ucapan Umar: "Orang-orang dihukumi . Islam tidak hanya menjadikan itu kewajiban negara. 22: 4) Dalam islam. lalu tuan rumah melempar atau memukul hingga mencederai matanya. melainkan negara diperintahkan untuk berperang demi melindungi hak-hak ini. Allah berfirman: "Yaitu orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukannya di muka bumi. Dari sinilah kaum muslimin di bawah Abu Bakar memerangi orang-orang yang tidak mau membayar zakat. maka itu dilarang pula kepada negara. Ibnu Hanbal dalam Syarah Tsulatsiyah Musnad Imam Ahmad menjelaskan bahwa orang yang melihat melalui celah-celah pintu atau melalui lubang tembok atau sejenisnya selain membuka pintu. Sebab pemerintah mempunyai tugas sosial yang apabila tidak dilaksanakan berarti tidak berhak untuk tetap memerintah. menunaikan zakat."(QS. menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah perbuatan munkar. maka tidak ada hukuman apapun baginya. Jika mencari aib orang dilarang kepada individu. tidak juga perbedaan muslim dan non-muslim. Negara juga menjamin tidak ada pelanggaran terhadap hak-hak ini dari pihak individu. juga dikenal hak pribadi masing-masing. Jaminan pertama hak-hak pribadi dalam sejarah umat manusia adalah dijelaskan Al-Qur‟an: "Hai orang-orang yang beriman." (QS. Rasulullah saw bersabda: "Apabila pemimpin mencari keraguan di tengah manusia. 24: 27-28) Dalam menjelaskan ayat tersebut.. niscaya mereka menegakkan shalat.. janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Penguasa tidak dibenarkan mencari-cari kesalahan rakyat atau individu masyarakat. maka ia telah merusak mereka.

nabi saw bersabda: "Barangsiapa merampas hak seorang muslim. kehormatan dan harta benda manusia. upaya pengungkapan termasuk tajassus yang dilarang agama. Dari Abu Umamah bin Tsa‟labah. agama. Oleh karenanya kami hanya menghukumi apa yang kami lihat secara lahiriah dari amal perbuatan kalian. jiwa." Muhammad Ad-Daghmi dalam At-Tajassus wa Ahkamuhu fi Syari’ah Islamiyah mengungkapkan bahwa para ulama berpendapat bahwa tindakan penguasa mencari-cari kesalahan untuk mengungkap kasus kejahatan dan kemunkaran. maka dia telah berhak masuk neraka dan haram masuk surga. atau dia telah berupaya mencari-cari bukti yang mengarah kepada adanya perbuatan kemunkaran. Para ulama menyatakan bahwa setiap kemunkaran yang berlum tampak bukti-buktinya secara nyata. Nabi saw telah menegaskan hak-hak ini dalam suatu pertemuan besar internasional. Para ulama menetapkan bahwa pengungkapan kemunkaran bukan hasil dari upaya mencari-cari kesalahan yang dilarang agama." Seorang lelaki bertanya: "Walaupun itu . dimana ditetapkan bahwa tujuan akhir syari‟ah Islam adalah menjaga akal. yaitu pada haji wada‟. Para ulama muslim mendefinisikan masalah-masalah dalam kitab Fiqh yang disebut sebagai Ad-Dharurat Al-Khams. menggugurkan upayanya dalam mengungkap kemunkaran itu. dibenarkan maka bagi pihak lain untuk ini mengungkapkannya. C. Rumusan HAM dalam Islam Apa yang disebut dengan hak asasi manusia dalam aturan buatan manusia adalah keharusan (dharurat) yang mana masyarakat tidak dapat hidup tanpa dengannya. Perbuatan mencari-cari kesalahan sudah dilakukan manakala muhtasib telah berupaya menyelidiki gejala-gejala kemunkaran pada diri seseorang.dengan wahyu pada masa rasulullah saw. Akan tetapi wahyu telah terhenti. maka kemunkaran itu dianggap kemunkaran tertutup yang Jika tidak tidak.

Allah memerintahkan memerangi kelompok yang berbuat aniaya terhadap . Hak-hak Alamiah Hak-hak alamiah manusia telah diberikan kepada seluruh ummat manusia sebagai makhluk yang diciptakan dari unsur yang sama dan dari sumber yang sama pula (lihat QS. Muslim). Misalnya Allah melarang bershadaqah (berbuat baik) dengan hal-hal yang buruk. dan kebebasan paling suci adalah kebebasan beragama dan menjalankan agamanya. masyarakat dan antara negara..sesuatu yang kecil. Hak Kebebasan Beragama dan Kebebasan Pribadi Kebebasan pribadi adalah hak paling asasi bagi manusia. b. Firman Allah: "Dan seandainya Tuhanmu menghendaki." Atau "Janganlah kamu mencaci-maki orang yang sudah mati. Bahkan hak mayit pun dijaga oleh Allah. Islam berbeda dengan sistem lain dalam hal bahwa hak-hak manusia sebagai hamba Allah tidak boleh diserahkan dan bergantung kepada penguasa dan undang-undangnya. Untuk menjamin kebebasan kelompok. selama tidak mengganggu hak-hak orang lain. Tetapi semua harus mengacu pada hukum Allah. Sebab mereka telah melewati apa yang mereka kerjakan." (Keduanya HR. 2: 179). QS. wahai rasulullah ?" Beliau menjawab: "Walaupun hanya sebatang kayu arak." (HR. 1.. 4: 1. "Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan dari padanya. a. hendaklah ia mengkafani dengan baik." (QS. Sampai kepada soal shadaqah tetap dipandang sebagaimana hal-hal besar lain. 3: 195). 2: 267). Hak untuk Hidup Allah menjamin kehidupan. Misalnya hadist nabi: "Apabila seseorang mengkafani mayat saudaranya. 5: 32. tentulah beriman orang di muka bumi seluruhnya. Bukhari). QS. Apakah kamu memaksa manusia supaya mereka menjadi orang beriman semuanya?" (QS. diantaranya dengan melarang pembunuhan dan meng-qishas pembunuh (lihat QS. 10: 99).

kelompok lain (QS. Ibnu Majah). Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu. Hak Bekerja Islam tidak hanya menempatkan bekerja sebagai hak tetapi juga kewajiban. Nabi saw bersabda: "Tidak ada makanan yang lebih baik yang dimakan seseorang daripada makanan yang dihasilkan dari usaha tangannya sendiri.256) “Dan janganlah kamu berdebat dengan ahli kitab. melainkan dengan cara yang paling baik. dan kami hanya kepada-Nya berserah diri”." (QS. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (HR. Kerukunan hidup beragama bagi golongan minoritas diatur oleh prinsip umum ayat "Tidak ada paksaan dalam beragama. maka biarkanlah mereka. Bekerja merupakan kehormatan yang perlu dijamin. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada yang thagut dan beriman kepada Allah. Dan Islam juga menjamin hak pekerja. 49: 9). sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat.” (QS 2. Yang bisa kita lihat secara tersirat dalam surat Al Baqarah ayat 256 dan surat Al Ankabut ayat 46 yang berbunyi: “Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam).46) c. 2: 256)." Khalid bin Walid melakukan kesepakatan dengan penduduk Hirah untuk tidak mengganggu tempat peribadahan (gereja dan sinagog) mereka serta tidak melarang upacara-upacaranya. seperti terlihat dalam hadist: "Berilah pekerja itu upahnya sebelum kering keringatnya. maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Hak atas kebebasan beragama memilih keyakinan berdasar hati nurani. . Khalifah Abu Bakar menasehati Yazid ketika akan memimpin pasukan: "Kamu akan menemukan kaum yang mempunyai keyakinan bahwa mereka tenggelam dalam kesendirian beribadah kepada Allah di biara-biara. Begitu pula hak beribadah kalangan non-muslim. kecuali dengan orang-orang zhalim di antara mereka. dan katakanlah: “kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu. Bukhari). (QS 29." (HR.

b." (QS. Hak Pemilikan Islam menjamin hak pemilikan yang sah dan mengharamkan penggunaan cara apapun untuk mendapatkan harta orang lain yang bukan haknya. Islam juga melarang pencabutan hak milik yang didapatkan dari usaha yang halal. Hak Berkeluarga Allah menjadikan perkawinan sebagai sarana mendapatkan ketentraman. Hak Hidup Islam melindungi segala hak yang diperoleh manusia yang disyari‟atkan oleh Allah." Pelanggaran terhadap hak umum lebih besar dan sanksinya akan lebih berat. 2: 188). Diantara hak-hak ini adalah : a. Sabda nabi saw: "Barangsiapa mengambil hak tanah orang lain secara tidak sah. Bahkan Allah memerintahkan para wali mengawinkan orang-orang yang bujangan di bawah perwaliannya (QS. Inilah yang dimaksudkan sebagai kelebihan lakilaki atas wanita (QS. Pada tingkat negara dan keluarga menjadi kepemimpinan pada kepala keluarga yaitu kaum laki-laki. karena itu berarti pelanggaran tehadap masyarakat secara keseluruhan. sebagaimana firman Allah: "Dan janganlah sebagian kamu memakan harta sebagian yang lain diantara kamu dengan jalan bathil dan janganlah kamu bawa urusan harta itu kepada hakim agar kamu dapat memakan sebagian harta benda orang lain itu dengan jalan berbuat dosa padahal kamu mengetahuinya. 4: 34). Allah menentukan hak dan kewajiban sesuai dengan fitrah yang telah diberikan pada diri manusia dan sesuai dengan beban yang dipikul individu. Tetapi dalam hak dan kewajiban masing-masing memiliki beban yang sama. 24: 32). kecuali untuk kemashlahatan umum dan mewajibkan pembayaran ganti yang setimpal bagi pemiliknya. maka dia dibenamkan ke dalam bumi lapis tujuh pada hari kiamat."Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang .2.

setiap orang mempunyai hak dalam harta negara ini." (QS." (QS. keamanan tercermin dalam jaminan keamanan mata pencaharian dan jaminan keamanan jiwa serta harta benda. Firman Allah swt: "Allah tidak menyukai ucapan yang diucapkan terus-terang kecuali oleh orang yang dianiaya.dengan kewajibannya menurut cara yang ma’ruf. Hak Keadilan Diantara hak setiap orang adalah hak mengikuti aturan syari‟ah dan diberi putusan hukum sesuai dengan syari‟ah (QS. 4: 148). . Firman Allah: "Allah yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan. negara berkewajiban menyediakan baginya. d. aku beri atau tidak aku beri. Quraisy: 3-4). Dalam hal ini juga hak setiap orang untuk membela diri dari tindakan tidak adil yang dia terima. Termasuk keamanan dalam Islam adalah memberi tunjangan kepada fakir miskin. Hak Keamanan Dalam Islam. anak yatim dan yang membutuhkannya. Merupakan hak setiap orang untuk meminta perlindungan kepada penguasa yang sah yang dapat memberikan perlindungan dan membelanya dari bahaya atau kesewenang-wenangan. 4: 79). akan tetapi para suami mempunyai satu tingkatan kelebihan dari istrinya." (QS. Diantara jenis keamanan adalah dilarangnya memasuki rumah tanpa izin (QS. Dia berkata: "Demi Allah yang tidak ada sembahan selain Dia. Umar jugalah yang membawa seorang Yahudi tua miskin ke petugas Baitul-Maal untuk diberikan shadaqah dan dibebaskan dari jizyah. Bagi penguasa muslim wajib menegakkan keadilan dan memberikan jaminan keamanan yang cukup. 2: 228) c." (Abu Yusuf dalam Al-Kharaj). Jika warga negara tidak memiliki tempat tinggal. Umar bin Khattab menerapkan tunjangan sosial kepada setiap bayi yang lahir dalam Islam baik miskin ataupun kaya. Oleh karena itulah. 24: 27).

Akan tetapi bila orang lemah yang melakukan pencurian." II. Pada masa Rasulullah banyak kisah tentang kesamaan dan keadilan hukum ini. menjenguk yang sakit. Hak Saling Membela dan Mendukung Kesempurnaan iman diantaranya ditunjukkan dengan menyampaikan hak kepada pemiliknya sebaik mungkin. Kasus Pemeriksaan HIV pada TKI Mandatory tes HIV pada TKI yang akan diberangkatkan ke luar negeri. sampai kemudian rasul menegur dengan: ". akhirnya setelah di . memutus hubungan relasi dan saling berpaling muka. demi mengejar komisi dari setiap kepala TKI yang diberangkatkan (PJTKI).Apabila orang yang berkedudukan di antara kalian melakukan pencurian.. Pembungkusan wajib tes HIV dengan bahasa general check up akhirnya membuat mereka yang terdiagnosa terinfeksi HIV akhirnya dipulangkan tanpa diberi penjelasan yang memadai tentang status mereka dan bagaimana cara mereka menghadapi penyakitnya. pasti aku potong tangannya. Sabda nabi saw: "Seandainya Fathimah anak Muhammad mencuri. mereka memberlakukan hukum kriminal. Bukhari). Sabda nabi saw: "Hak muslim terhadap muslim ada lima: menjawab salam. Manusia seluruhnya sama di mata hukum. Bukhari dan Muslim). Al-A‟raf: 157 dan An-Nisa: 5). Al-Hadid: 25. mengantar ke kubur. dia dibiarkan... memenuhi undangan dan mendoakan bila bersin. Bahkan rasul melarang sikap mendiamkan sesama muslim." (HR.3 Pelanggaran HAM dalam Dunia Kedokteran/Kesehatan A. Kalau pun ada yang diberangkatkan.." (HR. f. Hak Keadilan dan Persamaan Allah mengutus rasulullah untuk melakukan perubahan sosial dengan mendeklarasikan persamaan dan keadilan bagi seluruh umat manusia (lihat QS.e. Misalnya kasus putri bangsawan dari suku Makhzum yang mencuri lalu dimintai keringanan hukum oleh Usamah bin Zaid. dan saling tolong-menolong dalam membela hak dan mencegah kedzaliman.

negara tujuan mereka kemudian dideportasi kembali kesini. sangat tidak adil jika diturunkan dalam bentuk kebijakan yang memaksa orang untuk tes HIV yang pada akhirnya akan membuat stigma dan diskriminasi pada orang terinfeksi HIV tumbuh lebih subur. apabila terdapat TKI yang terjangkit. terkait kasus Prita Mulyasari (32). Seharusnya. termasuk memberikan pengetahuan tentang HIV dan AIDS sehingga membangkitkan kemauan dan kesadaran untuk VCT. B. juga merupakan kewajiban pemerintah untuk mengomunikasikan kepada para TKI mengenai hasil tes HIV. maka sudah seharusnya ia tidak dikirim ke negara lain. "Kita akan berusaha memanggil pihak RS OMNI Alam Sutra Tangerang untuk dimintai keterangannya. Lagi-lagi tanpa penjelasan yang memadai. Kasus Prita dan RS OMNI Artikel: Komnas HAM berencana memanggil manajemen RS OMNI Alam Sutra Tangerang. Mengenai waktun sedang kita pertimbangkan." ungkap anggota . Pemerintah harusnya sudah menghilangkan hambatan sehingga semua warga negaranya sudah mendapatkan akses informasi yang akurat terkait HIV dan AIDS dan perbaikan layanan kesehatan bagi mereka yang terinfeksi HIV. Sebab. mereka bisa menjadi sumber virus bagi orang lain dan membahayakan kesehatan negara yang akan didatanginya. seorang ibu rumah tangga yang ditahan gara-gara menulis keluhan soal pelayanan rumah sakit itu melalui surat elektronik. Pengemasan masalah HIV dan AIDS sehingga bisa dipahami oleh masyarakat luas dan kemudian mendorong mereka untuk melakukan tes akan berbeda hasilnya dibandingkan jika mereka dipaksa harus tes hanya untuk memenuhi syarat administratif. Tindakan pemerintah yang tetap mengirim orang tanpa mengumumkan hasil tes sangta berbahaya dan tidak bijak. karena pada akhirnya para TKI pun di deportasi dari Negara tujuan karenamasalah tersebut. Kewajiban pemerintah untuk mencerdaskan setiap warga negaranya yang diamanatkan dalam UUD.

Serpong. karena RS OMNI telah menuntut Prita karena tuduhan yang tidak beralasan. Prita dianggap melakukan tindak pidana setelah menulis email di milis internet yang berisi keluhan pelayanan rumah sakit itu yang dinilai buruk. dia pun menuliskan ceritanya di berbagai surat pembaca di media." ujar dia.30 WIB. Prita Mulyasari kini ditahan di LP Wanita Tangerang karena dituduh telah melakukan pencemaran nama baik terhadap rumah Sakit Omni Internasional." pungkas Nurkholis. namun mendapat respons yang demikian.Sub Komisi Pemantauan dan Pengendalian Komnas HAM Nurkholis kepada okezone. Alam Sutra. Kota Tangerang Selatan. Menurut dia. Cerita ini pun menyebar di mailing list hingga membuat pihak RS OMNI Alam Sutra Tangerang merasa dicemarkan nama baiknya. Prita hanya menyampaikan pendapatnya mengenai RS OMNI di mailing list dan dia dituduh mencemarkan nama baik rumah sakit. Dia menambahkan. tapi menyampaikan keluhan yang dialaminya. Prita menjadi tahanan LP Wanita sejak 13 Mei hingga 1 Juni 2009. langkah Komnas HAM dalam kasus Prita terkait dengan kebebasan dalam menyampaikan pendapat dan pikiran yang dilindungi negara dan dijamin undang-undang. Rabu (3/6/2009). Kasus Prita berawal saat berobat ke RS Omni Alam Sutra pada 7 Agustus 2008 jam 20. termasuk media online. . Prita yang hanya seorang ibu rumah tangga dan bekerja di sebuah perusahaan swasta dalam batas wajar menyampaikan keluhan yang dialaminya. "Saya pikir tidak ada niat untuk menjatuhkan rumah sakit. Namun lantaran Prita merasa dikecewakan. Padahal Prita memiliki hak kebebasan dalam menyampaikan pendapat dan pikiran yang dilindungi negara dan dijamin undang-undang. Nurkholis menjelaskan. "Kita terus dalami kemungkinan pelanggaran HAM terhadap Prita. Namun diperpanjang hingga 23 Juni untuk menunggu proses hukumnya. kejadian yang menimpa Prita mendapat simpati luar biasa dari berbagai elemen masyarakat. Dia pun didiagnosa menderita demam berdarah. sehingga terjadi penahanan terhadap ibu dua anak itu. Kasus Prita diatas sangat tidak adil. pihaknya juga akan menyelidiki mengenai kinerja polisi dan kejaksaan yang diduga belebihan dan cenderung memihak pada perusahaan.

sebelumnya almarhum dibawa ke RS Haji Pondok Gede yang salah mendiagnosa penyakit si wartawan. Santi. Malang tak dapat dihindari akibat salah penanganan itu. Diantara diagnosa yang berbeda itu. tumor kandungan dan miyoma. ia menghembuskan nafas terakhir karena pemasangan alat suntik infus di bagian leher kanannyaPemasangan infus itu sendiri dilakukan oleh tenaga medis yang . C. Sayangnya. Syafri. Penyakit malaria yang dideritanya didiagnosa sebagai penyakit tifus yang otomatis ditangani dengan standar medis untuk penderita penyakit tifus. karena sudah jelas ia memiliki hak kebebasan berpendapat. Berihwal dari muntah darah yang dialami oleh Ny. Kasus Malpraktik Artikel: Akhir Januari setahun lalu. berbagai dokter dari RS yang berbeda pun mendiagnosanya dengan hasil yang berbeda-beda. Tragis. Tak demikian halnya dengan apa yang dilakukan oleh Indra Syafri Yacub yang kehilangan istri Ny Adya Vitry Harisusanti alias Ny Santi pada 19 Desember 2003 di RSCM. Tak ada yang salah dengan penanganan dokter yang dilakukan terhadapnya. menurut kuasa hukum Syafri dari LBH Jakarta.Tuduhan dan penahanan terhadap Prita bisa dikategorikan sebagai pelanggaran HAM. Taufik Basari adalah luka usus. seorang wartawan lepas bernama Eko Warijadi meninggal dunia karena penyakit malaria. Disini juga terjadi kecurigaan terhadapi kinerja polisi dan kejaksaan yang diduga belebihan dan cenderung memihak pada perusahaan (RS OMNI). sehingga terjadi penahanan terhadap ibu dua anak itu. sang istri yang juga seorang wartawati di situs berita detik. tim dokter dari Rumah Sakit Islam Cempaka Putih yang menanganinya mengakui penanganan medis yang dilakukan mereka tidak optimal lantaran si pasien terlambat dibawa ke RS tersebut. Ihwal keterlambatan itu sendiri disebabkan. Meski.com merelakan kepergian si suami. yang warga Jalan Rajawali Selatan Jakarta Pusat mempersoalkan perlakuan medis yang didapatkan dari tim dokter terhadap istrinya dari sejumlah RS yang berbeda dalam kurun waktu dua bulan. diyakininya apa yang dialami oleh pasangan hidupnya itu adalah malpraktek dalam dunia kedokteran. Namun. kista.

.3 juta dan imateriil Rp 3 miliar atas tuduhan malpraktek yang dilakukan pihak tergugat di persidangan perdana yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. kedua pihak belum juga menemukan kata sepakat. Dasar gugatan perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh para tergugat adalah tindakan-tindakan para tergugat melanggar Undang-Undang Kesehatan No. Gugatan itu dirincikan. Ini membuktikan bagaimana sulitnya membawa kasus tersebut ke muka hukum. RS Pelni Petamburan dan RS PMI Bogor serta delapan orang dokternya. Dalam tahap pertama mediasi ini sendiri. Setelah digelar persidangan pertama pada 18 Maret 2004.tidak berhasil menemukan pembuluh darah nadi di tangan yang bersangkutan. Rp 17. Kamis (18/3). Para tergugat juga dinilai melanggar Kode Etik Dokter dan Kode Etik Rumah Sakit dengan tindakan yang dilakukan terhadap istri Syafri. menurut sejarah praktek kedokteran di Indonesia. jika tidak salah. kesalahan medis di dunia kedokteran berdasarkan laporan Institute of Medicine Amerika Serikat pada tahun 2001 saja telah membunuh hampir 100 ribu penduduk Amerika per tahun.8 juta kepada RS PMI Bogor. belum ada tenaga medis yang dipidanakan oleh pengadilan lantaran kasus malpraktek. Dua kasus di atas adalah cukilan dari sejumlah kasus serupa yang terjadi di berbagai wilayah di Tanah Air. Rp 25. baru satu dokter yang izinnya dicabut karena terbukti melakukan malpraktek. Gugatan ganti rugi senilai materiil Rp 47. Padahal. sayangnya tingkat kesuksesan membawa masalah ini ke „meja hijau‟ juga masih rendah sekali. seperti di AS yang sudah sangat maju dunia medisnya. Kasus ini pun saat ini tengah berproses di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) melalui gugatan perdata yang diajukan Syafri kepada RSCM. Dan. Sedang di Tanah Air. Dan. dan sisanya ditanggung RSCM. 23 Tahun 1992.5 juta terhadap RS Pelni. PN Jakpus memberikan tenggat waktu 22 hari bagi kedua pihak untuk mediasi.

Kalangan medis menilai perbuatan malpraktek bukanlah tindakan kriminal biasa. definisi malpraktek sendiri masih menjadi perdebatan. Bahkan. Karenanya. Salah satu jalan meretas proses hukum atas kasus ini. 23/1992. Hakim. beberapa kasus malpraktek yang dibawa ke pengadilan justru tidak dimenangkan oleh penggugat. menurut Ketua Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia (YPKKI) Marius Widjajarta bisa dengan berdasarkan UU Perlindungan Konsumen dan UU Kesehatan No.undang Praktek Kedokteran yang hingga kini belum disahkan. jaksa dan aparat penyidik di bidang ini menurut mereka seharusnya adalah orang yang benar.Persoalan dasar hukum untuk mengugat memang masih menjadi polemik. penerapan dan konsekuensi dari penanganan medis terhadap pasien dan penyakitnya. wacana pengadilan khusus untuk hal ini pun sempat mengemuka dan ada dalam draft Rancangan Undang. Singkatnya. .benar mengerti soal istilah medis.

BAB III PENUTUP Hak asasi manusia menurut pandangan Barat hak adalah wewenang yang diberikan oleh undang-undang kepada seseorang atas sesuatu tertentu dan nilai tertentu. ekonomi. Hak asasi manusia hendaknya di jalani dan tidak dilanggar baik itu dari segi sosial. Sebab seluruh hak merupakan kewajiban bagi negara maupun individu yang tidak boleh diabaikan. Maka negara bukan saja menahan diri dari menyentuh hak-hak asasi ini. Dengan demikian Tuhan sangat dipentingkan. Sedangkan hak asasi manusia menurut pandangan islam. Beberapa kasus mengenai pelanggaran hak-hak asasi dalam dunia kesehatan yang telah dipaparkan di bab sebelumnya seharusnya telah menjadi pelajaran bagi kita untuk tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran seperti itu ketika menjadi dokter kelak. Sedangkan menurut Islam berbeda dengan hak asasi menurut pengertian yang umum dikenal. segala sesuatu berpusat kepada Tuhan. maupun dalam dunia kedokteran. Dengan demikian manusia sangat dipentingkan. Menurut konsep barat hak asasi manusia segala sesuatunya berpusat kepada manusia. . melainkan mempunyai kewajiban memberikan dan menjamin hak-hak ini.

MARYAM BURHANUDDIN 14. ELSAHARTINA FEBRIANTI 11. INDRAWATI THALILA 17.LAMPIRAN : LAPORAN BACA 1. GEBY FONDA 21. FAKHRANA NASARUDDIN 23. IRMA RUSNU 9. SITI AMALIA PRATIWI 22. NETY NUR RAHMIAH PS 6. NURUL FAJRINA RAHIM 15. FARISAH DEWI BATARI 26. SITTI RAHMAWATI 4. DESY RISKAYANTI AMRI 5. SINTA 27. REZA FAUZI MANDALA P 25. DEVI HARDIANTI 8. REZA KURNIAWAN ARTA 28. SRI REZKI YUNIARTI 12. RITA AMIR 7. AZNUL HATIMA 3. ZULYUDIAWAN MUIN C11111187 C11111256 C11111207 C11111266 C11111270 C11111265 C11111287 C11111283 C11111185 C11111254 C11111289 . BONITA SESHARIKA 20. ASRIANI INDAH Y. AFLAH DHE BARIZ YASTA 29. REZA AMMARIE 24. NURFADILAH AS‟AD 16. HESTI 19. DEWI KURNIA 18. AYU HUTAMI SYARIF 13. AULIA NISA AHDIN 2. 10.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->