P. 1
Kehamilan Trimester

Kehamilan Trimester

|Views: 592|Likes:

More info:

Published by: Ipkha Wiilqta Setyawan on Apr 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/19/2013

pdf

text

original

Disusun Oleh :  Devi Loviani  Merlinda  Ripka Hayati

AKADEMI KEBIDANAN YASPEN TUGU IBU TAHUN AJARAN 2011-2012

I.I LATAR BELAKANG

Berkaitan dengan pertemuan yang lalu yaitu tentang upaya untuk meningkatkan efektifitas antenatal, minggu ini kita akan membahas tentang perubahan anatomi dan fisiologis pada reproduksi, payudara, sistem endokrin, sistem perkemihan dan sistem kekebalan.

Objektif pembelajaran ini yaitu setelah menyelesaikan sub topik ini mahasiswa mampu menjelaskan Perubahan anatomi dan dan adaptasi fisiologis pada sistem reproduksi, payudara, sistem endokrin, sistem perkemihan dan sistem kekebalan dengan benar.

Materi pada pertemuan ini meliputi : penjelasan tentang perubahan anatomi dan dan adaptasi fisiologis pada sistem reproduksi, payudara, sistem endokrin, sistem perkemihan dan sistem kekebalan .

Materi ini merupakan dasar dalam memberikan asuhan pada masa hamil. Sebagai bidan dalam praktiknya harus memberikan asuhan yang tepat sesuai kebutuhan ibu,sehingga bidan harus mengetahui dasar-dasar perubahan secara anatomi dan terjadinya adaptasi fisiologis pada masa hamil. Materi ini perlu diperhatikan dan dipahami sehingga dalam memberikan asuhan bidan mampu membedakan kasus yang perlu tindakan atau hanya perlu pemberian informasi .

Oleh karena itu kami membuat makalah ini agar mahasiswi bisa memahami materi ini dan menjadi bidan yang professional yang bisa memberikan pelayanan sesuai dengan asuhan kebidanan yang terbaik.

II TUJUAN i. Mahasiswa bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari .I. Mahasiswa dapat mengetahui berbagai macam-macam perubahan anatomi dan adaptasi fisiologis pada ibu hamil trimester I. II dan III ii. Mahasiswa dapat memahami tentang sistem kekebalan tubuh seseorang khususnya ibu hamil v. Mahasiswa dapat mengetahui bagaimana cara memberikan asuhan yang terbaik pada ibu hamil sesuai dengan kondisi ibu hamil tersebut iii. cara mempertahankan keseimbangan sistem kekebalan tubuh dalam dirinya sendiri maupun orang lain . Dapat menambah wawasan mahasiswa tentang bahaya-bahaya kehamilan dan cara mencegahnya iv.

Didalam makalah ini tidak hanya membahas tentang perubahan sistem kekebalan tubuhnya tetapi juga membahas penyebabnya . maaf bila ada kekurangan dalam cara penulisan ataupun penyusunan data . II dan III “ dengan subtopik “Perubahan system kekebalan tubuh yang terjadi pada ibu hamil trimester I. Tetapi juga makalah ini dibuat juga bertujuan untuk menambah pengetahuan para mahasiswa agar dapat memahami tentang topik “Perubahan anatomi dan fisiologi yang terjadi pada ibu hamil trimester I. dampak-dampaknya serta cara mempertahankan kekebalan tubuh agar seimbang dan tidak menurun.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada khadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan nikmat kepada kita semua . II dan III”. sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua mahasiswa . dengan Dosen : Fauziahtinnisa .St . Makalah ini dibuat selain untuk memenuhi nilai Mata Kuliah : Asuhan Kebidanan . S. selamat membaca  PENULIS .

A. berbagai macam virus dan bakteri masuk dalam badan melalui robekan luka di kulit. Setiap waktu ketika seseorang menarik napas. virus sampai cacing parasit. organisme akan melindungi tubuh dari infeksi. tanpa disadari beribu-ribu kuman (virus dan bakteri) yang sedang mengapung di udara terhisap oleh hidung. Sistem kekebalan tubuh berhadapan dengan berbagai macam kuman dan bakteri tersebut tanpa masalah. Itu suatu tanda yang kelihatan dari sistem kerja kekebalan tubuh. Ketika seseorang terluka. Sistem kekebalan tubuh menghalangi dan mengurangi bahkan menghilangkan virus-virus tersebut bersamaan ketika kulit sedang menyembuhkan dirinya sendiri dan menutup luka tersebut. Contoh sederhana untuk memahami bagaimana sistem kekebalan tubuh bekerja: 1. sehingga menjadi demam. serta menghancurkan zat-zat asing lain dan memusnahkan mereka dari sel organisme yang sehat dan jaringan agar tetap dapat berfungsi seperti biasa. Sistem ini mendeteksi berbagai macam pengaruh biologis luar yang luas. bakteri. . 2. Ketika seekor nyamuk menggigit terdapat suatu bengkak merah yang gatal di kulit. flu atau bahkan lebih buruk dari itu. namun adakalanya suatu kuman memiliki masa inkubasi(waktu untuk berkembang biak) yang lama dan sistem kekebalan tubuh tidak mampu menangkapnya. PENGERTIAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH Imunitas atau kekebalan tubuh adalah sistem mekanisme pada organisme yang melindungi tubuh terhadap pengaruh biologis luar dengan mengidentifikasi dan membunuh patogen serta sel tumor. 3.

Respon ini lalu ditahan setelah patogen dihabiskan pada bentuk memori imunologikal dan menyebabkan sistem imun adaptif untuk memasang lebih cepat dan serangan yang lebih kuat setiap patogen tersebut ditemukan. vertebrata memasuki perlindungan lapisan ketiga. Sistem kekebalan adaptif Jika patogen berhasil melewati respon bawaan. Disini. tetapi respon tidak-spesifik. Sistem imun bawaan menyediakan perlindungan dengan segera. yaitu sistem imun adaptif yang diaktivasi oleh respon bawaan. 2. Sistem kekebalan bawaan Sistem kekebalan tubuh melindungi organisme dari infeksi dengan lapisan pelindung kekhususan yang meningkat. Pelindung fisikal mencegah patogen seperti bakteri dan virus memasuki tubuh. Komponen Sistem Kekebalan Komponen sistem kekebalan tubuh dibedakan menjadi: 1. . sistem imun mengadaptasi respon tersebut selama infeksi untuk menambah penyadaran patogen tersebut. dan menekan angka kesakitan dan kematian (maternal and morbidity) secara tidak langsung.B. Menurut Dr W Adiyono SpOG Menjaga sistem kekebalan tubuh yang baik selama kehamilan mempunyai peran penting untuk menghindari salah satu terjadinya komplikasi kehamilan.

Pada dasarnya. remaja yang baru memperoleh haid pertama kali pun diharapkan segera menyadari bahwa tubuhnya memerlukan zat besi lebih banyak dan sadar akan ancaman anemia. pascabedah. Meski tubuh dapat mengatur sendiri penyerapan dan peningkatan zat besi sesuai kebutuhan. menstruasi untuk sementara tidak terjadi dan pertumbuhan janin masih terhitung lambat. zat besi hanya sedikit dibutuhkan.4 mg zat besi akibat haid dan pengeluaran melalui saluran pencernaan dan kulit. misalnya kehilangan darah saat kecelakaan. zat-zat gizi seperti zat besi. Zat besi merupakan salah satu yang dibutuhkan oleh sistem imunitas. wanita dengan bobot 55 kg akan kehilangan sekitar 2. Berdasarkan perhitungan rata-rata. dan kalsium. asam folat. Diancam anemia Anemia atau kekurangan sel darah merah (hemoglobin atau Hb). Akibatnya. yaitu zat besi. sehingga tak punya cukup waktu untuk menjalani pola makan yang memenuhi syarat kebutuhan zat besi. Penyebabnya antara lain adalah kurangnya zat gizi pembentuk darah. Terutama mereka yang punya tingkat kesibukan tinggi. sel darah merah harus mengangkut oksigen lebih banyak untuk janin. Pasalnya. wanita kehilangan unsur zat besi dua kali lebih banyak ketimbang pria. Sedangkan saat melahirkan. serta adanya penyakit kronis atau infeksi (misalnya. Hingga selesai proses melahirkan. Anemia menyebabkan rendahnya kemampuan jasmani. Pada trimester pertama kehamilan.3.350 mg akibat kehilangan darah. dan vitamin B12. Dalam usia reproduktif ini. sering dikaitkan dengan daya tahan tubuh manusia. atau TBC). Masa hamil dan menyusui termasuk kondisi rawan bagi wanita. vitamin A. Anemia dianggap sebagai problem kesehatan berprevalensi tertinggi pada wanita hamil. akibat sel-sel tubuh yang tidak mendapatkan cukup oksigen. Contoh penyakit yang menyerang kekebalan tubuh Ibu Hamil yaitu ANEMIA Karena harus menjalani siklus menstruasi setiap bulannya. Menginjak trimester kedua hingga ketiga. Itu sebabnya. Belum lagi faktor-faktor fisiologis umum lainnya yang tidak ada hubungannya dengan gender. infeksi malaria. wanita membutuhkan sekitar 40 mg zat besi (dua kali lipat kebutuhan di saat kondisi . mekanisme dalam tubuh mampu menjaga keseimbangan zat-zat tersebut. demam berdarah. wanita juga perlu tambahan zat besi 300 . barulah volume darah dalam tubuh wanita akan meningkat hingga 35%. sangat diperlukan dalam jumlah cukup. nyatanya anemia tetap bisa menyerang siapa saja.

patent ductus Botalli. Hal ini perlu diperhatikan. Maka itu. serta retardasi mental. . tuli dan retardasi mental. retinopati. Cytomegalovirus dan Herpes Simplex) sudah lamadikenal dan sering dikaitkan dengan hal-hal di atas. tetapi dapatmenimbulkan dampak pada janin dengan akibat antara lainabortus. Meski biasanya belum mengalami haid kembali.3 mg per hari. Contoh kasus penyakit TORCH yang menyerang Bumil Ibu hamil dengan janin yang dikandungnya sangat peka terhadap infeksi dan penyakit menular. terutama jika terjadi kehamilan berulang dalam waktu singkat. risiko gangguanperkembangan susunan saraf. Infeksi TORCH (Toxoplasma. cadangan zat besi sang ibu yang belum pulih. umur kehamilan serta imunitas ibu bersangkutan saat infeksi berlangsung. Besarnya pengaruh infeksi tersebut tergantung dari virulensi agennya. Beberapa di antaranya meskipun tidak mengancam nyawa ibu. stenosis pulmonalis. terpaksa harus kembali terkuras untuk kehamilan berikutnya. ibu menyusui butuh tambahan zat besi 2 mg per hari serta kalsium 400 mg per hari 4. ketika menyusui. bayi mati dalamkandungan. Pasalnya. Infeksi Toxoplasma pada trimester pertama kehamilan dapat mengenai 17% janin dengan akibat abortus. pertumbuhan janin terhambat. juga kehilangan zat besi melalui ASI mencapai sekitar 0. cacat bawaandan kematian janin dalam kandungan. Infeksi rubella erat kaitannya dengan kejadian pertumbuhan bayi terhambat. ibu tetap kehilangan zat besi dan kalsium melalui ASI yang diberikan kepada bayinya. Rubella.8 mg. katarak. Infeksi saat kehamilan trimester berikutnya bisa menyebabkan hidrosefalus dan retinitis. Selain kehilangan basal normal sekitar 0. mikrophthalmi. serta cacat bawaan.tidak hamil).

kini. samasama berbahaya bagi janin bila infeksi diderita oleh ibu hamil. sedangkan bila ibu terinfeksi pada trimester ke tiga 65% janin akan terinfeksi. Rubella. mempunyai masa inkubasi 10-23 hari bila penularan melalui makanan (dagingyang dimasak kurang matang) dan 5-20 hari bila penularannya melalui kucing. Toxoplasma yang disertai gejala ringan. Cytomegalovirus dan Herpes. demam. pemeriksaan TORCH pada ibu hamil sampai saat ini belum dilakukan dan dianjurkan untuk secara rutin karena biayanya relatif mahal TORCH adalah istilah untuk menggambarkan gabungan dari empat jenis penyakit infeksi yaitu TOxoplasma. pengapuran intrakranial. Pola transmisinya melalui transplasenta pada wanita hamil. mirip gejala influenza. khorioretinitis dan retardasi mental.Infeksi cytomegalovirus dapat menimbulkan sindrom berat badan lahir rendah. Prinsip dari pemeriksaan ini adalah deteksi adanya zat anti (antibodi) yang spesifik taerhadap kuman penyebab infeksi tersebut sebagai respon tubuh terhadap adanya benda asing (kuman. diagnosis untuk penyakit infeksi telah berkembang antar lain ke arah pemeriksaan secara imunologis. dan manusia. kepala kecil. Kira-kira hanya 10-20% kasus infeksi . hepatosplenomegali dan ikterus Sampai saat penelitian ini dibuat belum ada data prevalensi infeksi TORCH pada ibu-ibu hamil di Indonesia. Bila infeksi ini mengenai ibu hamil trimester pertama akan menyebabkan 20% janin terinfeksi toksoplasma atau kematian janin. burung. malaise. infeksi Toxoplasma terjadi tanpa disertai gejala yang spesipik. Keempat jenis penyakti infeksi ini. .) TOXOPLASMA Penyakit ini merupakan penyakit protozoa sistemik yang disebabkan oleh Toxoplasma gondii dan biasa menyerang binatang menyusui. dan umumnya tidak menimbulkan masalah. Pada umumnya. Infeksi ini dapat berlangsung selama kehamilan Infeksi Toxoplasma disebabkan oleh parasit yang disebut Toxoplasma gondi. bisa timbul rasa lelah.

dapat juga badan terasa lemah. selanjutnya tiap trimeter). infeksi virus ini terjadi karena adanya kontak dengan sekret orang yang terinfeksi. Periode prodromal dapattanpa gejala (asimtomatis). IgM dan IgA. Pemeriksaan tersebut perlu dilakukan pada orang yang diduga terinfeksi Toxoplasma. Pencegahan dapat dilakukan antara lain dengan cara: memasak daging sampai matang. Pemeriksaan yang lazim dilakukan adalah Anti-Toxoplasma IgG. serta bayi baru lahir dari ibu yang terinfeksi Toxoplasma. pemeriksaan laboratorium mutlak diperlukan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. gejala dapat muncul setelah dewasa. misalnya kelinan mata dan atelinga. Penyakit ini agak berbeda dari toksoplasmosis karena rubela hanya mengancam janin .demam ringan.Infeksi Toxoplasma berbahaya bila terjadi saat ibu sedang hamil atau pada orang dengan sistem kekebalan tubuh terganggu (misalnya penderita AIDS. kejang-kejang dan ensefalitis. nyeri kepala. Oleh karena itu. pasien transpalasi organ yang mendapatkan obat penekan respon imun). menggunakan sarung tangan baik saat memberi makan maupun membersihkan kotoran kucing. Diagnosis Toxoplasmosis secara klinis sukar ditentukan karena gejala-gejalanya tidak spesifik atau bahkan tidak menunjukkan gejala (sub klinik). serta Aviditas Anti-Toxoplasma IgG. pada wanita hamil penularan ke janin secara intrauterin. Jika wanita hamil terinfeksi Toxoplasma maka akibat yang dapat terjadi adalah abortus spontan atau keguguran (4%). ibu-ibu sebelum atau selama masa hamil (bila hasilnya negatif pelu diulang sebulan sekali khususnya pada trimester pertma. pada Toxoplasmosis bawaan. Masa inkubasinya rata-rata 16-18 hari. lahir mati (3%) atau bayi menderita Toxoplasmosis bawaan. dan iritasi konjungtiva. retardasi mental. dan menjaga agar tempat bermain anak tidak tercemar kotoran kucing RUBELLA Penyakit ini disebabkan oleh virus Rubella yang termasuk famili Togaviridae dan genus Rubivirus.

makin awal (trimester pertama) ibu hamil terinfeksi rubela makin serius akibatnya pada bayi yaitu kematian janin intrauterin. mikrosefali. atau malformasi kongenital pada sebagian besar organ tubuh (kelainan bawaan): katarak. hepatosplenomegali. meningo-ensefalitis. Oleh Karena itu. abortus spontan. diagnosis infeksi Rubella yang tepat perlu ditegakkan dengan bantuan pemeriksaan laboratorium. Sedangkan infeksi setelah masa itu dapat menimbulkan gejala subklinik misalnya khorioretinitis bertahun-tahun setelah bayi lahir (menurut America College of Obstatrician and Gynecologists. dan lainlain). khorioretinitis. famili herpesviridae. hepatitis dan jaundice. Masa inkubasi penyakit ini antara 3-8 minggu. Tanda tanda dan gejala infeksi Rubella sangat bervariasi untuk tiap individu. terutama apabila ruam merah tidak tampak. miokarditis. dan lesi tulang. letargia. CYTOMEGALOVIRUS (CMV) Penyakit ini disebabkan oleh Human cytomegalovirus. ikterus. kejang. lesi jantung. Pencegahan antara lain dengan cara isolasi penderita guna mencegah penularan. pemberian vaksin rubela. khorioretinitis dan optic atrophy. infiltrasi pulmonal dengan berbagai . subfamili betaherpesvirus. bahkan pada beberapa pasien tidak dikenali. Pada bayi. sebagian besar wanita telah terinfeksi virus ini selama masa anak-anak dan tidak mengakibatkan gejala yang berarti. Tetapi bila seorang wanita baru terinfeksi pada masa kehamilan maka infeksi primer ini akan menyebabkan manifestasi gejala klinik infeksi janin bawaan sebagai berikut: hepatosplenomegali. dan semua kasus rubela harus dilaporkan ke institusi yang berwenang. Pada kehamilan infeksi pada janin terjadi secara intrauterin.Bila didapat saat kehamilan pertengahan pertama. ikterus. ludah. petekie. Penularannya lewat paparan jaringan. petekie. Infeksi virus ini dapat ditemukan secara luas di masyarakat. meningoensefalitis. 1981). air susu ibu. cairan vagina. sekresi maupun ekskresi tubuh yangterinfeksi (urine. infeksi yang didapat saat kelahiran akan menampakkan gejalanya pada minggu ke tiga hingga ke dua belas. hidrosefalus. jika didapat pada masa perinatal akan mengakibatkan gejala yang berat.

Infeksi CMV disebabkan oleh virus Cytomegalo. Jika bayi dapat bertahan hidup akan disertai retardasi psikomotor maupun kehilangan pendengaran. Gejala pada bayi biasanya mulai timbul pada minggu pertama kehidupan tetapi kadang-kadang baru pada minggu ke dua-tiga. HERPES SIMPLEKS TIPE II Penyakit ini disebabkan infeksi Herpes simplex virus (HSV). meningoensefalitis. Seperti halnya keluarga herpes lainnya. serta Aviditas Anti-CMV IgG. Pencegahan dapat dilakukan antara lain dengan cara:bmenjaga kebersihan terutama sesudah buang air besar. ada 2 tipe HSV yaitu tipe 1 dan 2. dan miokarditis. dimana infeksi akut mempunyai risiko yang lebih tinggi. menghindari transfusi darah pada bayi dari ibu seronegatif dengan darah yang berasal dari donor seropositif. ikterus. petekie. Pemeriksaan laboratorium yang silakukan meliputi Anti CMV IgG dan IgM. khorioretinitis. Manifestasi kliniknya: hepatosplenomegali. sedangkan HSV tipe 2 merupakan herpes genitalis yang menular lewat hubungan seksual. Pemeriksaan laboratorium sangat bermanfaat untuk mengetahui infeksi akut atau infeski berulang. Tipe 1 biasanya mempunyai gejala ringan dan hanya terjadi pada bayi karena adanya kontak dengan lesi genital yang infektif. Infeksi herpes superfisial biasanya mudah dikenali misalnya pada kulit dan membran mukosa juga pada mata. Masa inkubasi antara 2 hingga 12 hari. dan kalsifikasi intrakranial. mikrosefali. Pada bayi infeksi ini didapat secara perinatal akibat persalinan lama sehingga virus ini mempunyai kesempatan naik melalui membran yang robek untuk menginfeksi janin. . dan virus ini temasuk golongan virus keluarga Herpes.tingkatan. virus CMV dapat tinggal secara laten dalam tubuh dan CMV merupakan salah satu penyebab infeksi yang berbahaya bagi janin bila infeksi yang berbahaya bagi janin bila infeksi terjadi saat ibu sedang hamil. dan menghindari transplantasi organ tubuh dari donor seropositif ke resipien seronegatif. HSV tipe 1 dan 2 dapat dibedakan secara imunologi.

dan penggunaan sarung tangan dalam menangani lesi infeksius. 2. daging.Pencegahan antara lain dengan cara: menjaga kebersihan perseorangan dan pendidikan kesehatan terutama kontak dengan bahan infeksius. menggunakan kondom dalam aktifitas seksual. 3. struktur tulang akan menjadi rapuh sehingga menyebabkan fraktur (patah tulang). vitamin C memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh manusia. perempuan harus bisa senantiasa meningkatkan kekebalan tubuhnya demi menjaga agar janin tetap sehat. dan produk susu. Oleh karena itu. sayuran. dan buah-buahan lain. Asam folat . apel. brokoli. jeruk. Pencegahan juga harus disertai dengan ibu hamil yang harus selalu menjaga pola makan sehat dan makan makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan bayi yang dikandung. ibu hamil harus melengkapi 27 miligram zat besi setiap hari. Seperti diketahui. yang harus diperhatikan di sini adalah daging dan hati harus dimasak dengan matang untuk membunuh bakteri dan virus. juga mengandung zat besi berlimpah. ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi kol. seperti hati hewan dan kacang kedelai. makanan lain. Selain daging. Makanan yang bermanfaat bagi ibu hamil terutama meliputi buah-buahan. 1. Namun. Daging kaya zat besi dan protein Menurut dokter. Ketika sedang hamil. Mineral kalsium Perempuan membutuhkan kalsium yang cukup untuk meningkatkan tulang dan mencegah osteoporosis. Banyak perempuan hamil terganggu oleh masalah tulang. 4. Sebagai contoh. Perlu untuk selalu mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Sayuran dan buah-buahan Penyerapan serat tinggi dapat meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit saat buang air besar.

sehingga kerja bakteri baik tidak terganggu. yang dapat mengurangi risiko terkena berbagai jenis kanker. dan Salmonella. Menurut beliau.Makanan yang mengandung asam folat juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh ibu hamil.coli. seperti minum alkohol dan merokok. . asisten direktur di Center for Human Nutrition. Selain faktor makanan. Teh Hijau Teh hijau itu mengandung antioksidan EGCG. Asam folat tidak hanya dapat mencegah anemia bagi perempuan. Makanan yang telah disebutkan di atas terbukti dapat memberikan banyak nutrisi penting bagi ibu hamil serta sangat membantu dalam mendukung kegiatan fisik sang ibu dan janin. Susan Bowerman. asam folat berlimpah terkandung dalam makanan vegetarian dan hewani. 1. University of California. Ibu hamil dapat mengonsumsi sayuran hijau dan hati hewan untuk suplemen asam folat. Clostridium. fitonutrien bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri jahat di saluran cerna seperti E. Ini penting dilakukan karena. untuk memberikan perlindungan sepenuhnya kepada janin. hal yang tidak kalah penting adalah mereka juga harus menghentikan kebiasaan buruk. Menurut penelitian medis. Los Angeles mengungkapkan bahwa Fitonutrien pada teh juga mendukung pertumbuhan bakteri_baik (flora normal) di saluran pencernaan. BERIKUT INI MACAM-MACAM SAYURAN DAN BUAH YANG MENGANDUNG ANTIOKSIDAN . 70% sistem imunitas tubuh berada di saluran cerna. tetapi juga mempercepat pengembangan sistem saraf untuk janin. Cukup konsumsi 4 cangkir teh hijau sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

senyawa yang dapat menekan kanker seperti yang ditunjukkan berbagai studi. Gepraklah jahe segar. pantesan harga cabai mahal ya teman?hehehe (gaknyambung. Cabai Menurut Gunnar Petersen. Senyawa yang terkenal bermanfaat adalah gingerol. Demikian juga capsaicin yang bertugas menghambat neuropeptida (kimia yang menyebabkan peradangan). celebrity trainer bersertifikasi. efektif melawan kanker kolon.2. Cabai juga kaya dengan beta karoten. tambahkan ke dalam minuman atau makanan yang hendak disantap. bertindak sebagai pengencer darah alami dan membantu mengeluarkan endorphin. namun batang. jahe bukanlah akar. yang mengubah vitamin A di dalam darah dan melawan infeksi. yang berarti mengandung senyawa hidup yang dapat meningkatkan kesehatan seseorang. cabai merangsang metabolisme. Cabai pedas bahkan memiliki kandungan antikanker. Jahe Berlawanan dengan apa yang diyakini selama ini. Semakin banyak .com) 3. Konsumsilah satu sendok makan cabai per hari untuk membantu badan tetap bugar.

Buah kecil-kecil yang sangat ampuh ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit. direktur penelitian di Precision Nutrition. maka akan menjadi makanan super yang ampuh memerangi berbagai penyakit. Toronto. Kanada. Campurkan dengan lemon dan stroberi kemudian blender. mulai kanker hingga penyakit jantung”.konsumsinya akan semakin baik. Satu piring saji atau setara dengan 3.5 ons bluberi mengandung kandungan antioksidan lebih banyak dibandingkan buah apa pun. selain pacaran (hehehehe) 4. Kayu Manis atau Cinnamon Sticks . Bisa menghangatkan badan juga lho dikala dingin. Bluberi Menurut Ryan Andrews. 5.

Bonusnya. 1996) berbagai studi juga menunjukkan bahwa kayu manis membantu menstabilkan gula darah.Dikenal sebagai pemanis dan bumbu pelengkap untuk makanan India. serangan jantung dan stroke. mengurangi diabetes tipe 2. Sepotong ubi jalar per hari cukup sebagai makanan pengganti nasi lengkap dengan manfaat hebatnya . Cobalah setengah sendok teh per hari. cystic fibrosis. HIV. juga berfungsi memerangi penyakit Alzheimer. kanker. penyakit hati. kayu manis dapat mengurangi kolesterol jahat. Ubi Jalar Percaya atau tidak. penulis buku Nancy Clark’s Sports Nutrition Guidebook (Human Kinetics. 6. Menurut pakar diet Nancy Clark. ubi jalar (sweet potato) merupakan makanan paling sehat sejagad? Ubi jalar mengandung zat glutation. campurkan dalam minuman. sebuah antioksidan yang dapat menambah metabolisme nutrient dan meningkatkan system kekebalan tubuh. Parkinson. kayu manis kaya antioksidan yang menghambat penggumpalan darah dan pertumbuhan bakteri (termasuk bau mulut yang bikin minder).

Kurma/korma Kurma diperkaya dengan potasium. mangan. Tomat yang dimasak dan dibuat pasta bekerja paling baik. Pilih kurma yang berkulit gelap karena mengandung lebih banyak gizi. buah ini membantu mendukung level pH yang sesuai bagi tubuh. Kandungan serat pada kurma dapat menurunkan kadar insulin dan gula darah.7. dan antioksidan. 8. . makanlah empat kurma sehari untuk mendukung sistem kekebalan Anda. membuat patogen sulit masuk ke jantung pertahanan tubuh. mengurangi risiko diabetes dan sindrom metabolik. Konsumsilah sebutir tomat atau 12-20 ons jus tomat untuk menu harian. Tomat Tomat merupakan sayuran yang ampuh melawan herpes. Kandungan likopen pada tomat juga membantu memerangi penyakit degeneratif.

Jamur (reiki. yang mengandung antioksidan resveratrol. yang dapat melindungi sel-sel tumbuh dari pertumbuhan abnormal dan bereplikasi menjadi sel mutan. maitake) Jamur lezat jika ditambahkan ke nasi merah. yang merekomendasikan konsumsi jamur setengah cangkir untuk dua kali seminggu.9. Namun jamur tersebut juga kaya dengan antioksidan yang disebut ergothioneine. akan meningkatkan daya tahan tubuh. Delima . “Intinya.” ujar Susan Bowerman. Masaklah dengan anggur merah. shiitake. jamur dapat mengurangi risiko kanker. 10.

. Minum secangkir jus delima setiap hari.Jus buah delima dapat mengurangi risiko kanker. Studi terbaru di UCLA menemukan bahwa jus buah delima memperlambat sel kanker prostat dengan sebuah faktor enam. berkat kandungan polifenol yang disebut ellagitannin yang memberi warna pada buah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->