P. 1
Turunan Fungsi Trigonometri

Turunan Fungsi Trigonometri

|Views: 589|Likes:
Published by Rendi Surya

More info:

Published by: Rendi Surya on Apr 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/22/2013

pdf

text

original

Turunan Fungsi Trigonometri Turunan fungsi aljabar telah kalian kuasai, bagaimana dengan turunan fungsi trigonometri?

mari kita pahami rumusnya serta berlatih di soal dan pembahasan turunan fungsi trigonometri bersama-sama, dijamin sukses dalam ujian kalian….

Untuk menentukan turunan trigonometri sama dengan konsep awal mencari turunan, namun disini langsung kita ambil hasilnya….

dimana

maka

Turunan pada fungsi trigonometri akan mempunyai rumus :

maka maka maka maka contoh: maka

maka

*perhatikan untuk mempunyai dua suku kita misalkan bahwa sukusuku f ‘(x) adalah a dan b dimana f ‘(x) = a – b untuk mencari turunan kedua akan berlaku f ”(x) = a’ – b’ mari kita cari turunan masing-masing suku… *ambil suku pertama dari f ‘(x) kita misalkan . *kita cari turunan pertama dulu ya. tentukan turunan kedua dari f(x)! jawab.. turunan ketiga dari f(x) adalah f ”’(x) dst. tentukan f ‘(x) ! jawab tentukan f ‘(x)! jawab: Turunan ke-n diberikan fungsi f(x). maka turunan pertama dari f(x) adalah f ‘(x) . berlaku pula untuk mengerjakan turunan fungsi trigonometri maupun gabungan keduanya lets try this….Rumus rumus yang dipakai di turunan fungsi aljabar. turunan kedua dari f(x) adalah f ”(x) .

coba yang lain yuk! tentukan turunan ke-empat dari f(x) ! jawab: mempunyai dua suku kita misalkan a dan b sehingga f ‘(x) = a ‘ + b ‘ cari turunan masing-masing suku dulu ya… maka mempunyai dua suku kita misalkan lagi c dan d sehingga f ”(x) = c ‘ – d ‘ maka .deh….. kembali ke selesai.*ambil suku kedua dari f ‘(x) kita misalkan *nah.

suku pertama langsung dapat kita turunkan dan turunan suku kedua dapat dilihat telah kita cari di atas maka sehingga mempunyai dua suku.. suku pertama langsung dapat kita turunkan dan turunan suku kedua dapat dilihat telah kita cari di atas maka sehingga waaaaah….selesai !!!! begitu seterusnya hingga turunan ke-n ….mempunyai dua suku.coba sendiri dengan soal yang lain yah…!! ada yang bertanya soal seperti ini: 3.. Jika diketahui jawab: *ingatlah kembali nilai sin x di tiap kuadran buktikan bahwa turunan ke-n yaitu ! … … dst … … dst … … dst .

Tentukan fungsi sinus: ( ) ( ) ( ) ditentukan sebagai ( ) { ( ( ) } ) Berdasarkan perhitungan limit fungsi trigonometri. dapat ditunjukan bahwa : ( ) Substitusi nilai-nilai tersebut ke ( ). Turunan fungsi cosinus: ( ) ( ) ( ) ditentukan .Rumus-Rumus Turunan Fungsi Trigonometri Turunan Fungsi Sinus Misalkan diketahui fungsi sinus: ( ) berikut. ( ) ( ) . ( ) . diperoleh : ( ) Jadi dapat disimpulkan bahwa: ( ) ( ) Turunan Fungsi Cosinus Misalkan diketahui fungsi cosinus: ( ) sebagai berikut.

{ ( ) ( ) } Jadi. dapat disimpulakn bahwa : ( ) ( ) Turunan Fungsi Tangen Misalkan diketahui fungsi ( ) .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->