P. 1
Dampak Pemanasan Global (Global Warming)

Dampak Pemanasan Global (Global Warming)

|Views: 1,562|Likes:
Published by hanny-ririez-2064

More info:

Published by: hanny-ririez-2064 on Apr 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/05/2013

pdf

text

original

DAMPAK PEMANASAN GLOBAL

Banyak negara yang berusaha dengan berbagai cara untuk mengatasi peningkatan suhu di bumi termasuk Indonesia.laut dan bumi.Banyak manusia yang tidak mengetahui bahwa perubahan-perubahan itu ditimbulkan dari pemanasan global.Banyak negara-negara dibelahan dunia yang telah merasakan akibat dari pemanasan global akibat perbuatan manusia itu.penggunaan gas emisi yang berlebihan.Pemanasan global terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya aktivitas yang terjadi di dalam bumi dan pengaruh dari luar bumi. Latar Belakang Pemanasan global (Global Warming) merupakan peningkatan suhu ratarata pada atmosfer.Negara Indonesia juga berusaha mengurangi peningkatan suhu di bumi dengan mengurangi kegiatan yang dapat menimbulkan naiknya suhu global serta melakukan reboisasi besar-besaran.Hal ini menyangkut kelangsungan hidup manusia di masa yang akan datang. Saat ini pemanasan global merupakan suatu masalah penting yang sedang dibahas oleh para ilmuwan dari berbagai negara.Hal ini dilakukan . Pada awalnya pemanasan global terjadi karena perbuatan manusia sendiri yang melakukan suatu kegiatan tanpa memperhatikan lingkungan serta akibat yang akan terjadi.Dalam beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan suhu secara global yang mengakibatkan terjadinya perubahan-perubahan di bumi.Amerika serikat tidak percaya bahwa pemanasan global dapat ditimbulkan dari penggunaan gas emisi yang berlebihan.Beberapa negara yang masih belum percaya bahwa pemanasan global timbul dari aktivitas manusia seperti negara amerika serikat.BAB I PENDAHULUAN A.Masalah pemanasan global sering menjadi perdebatan antar negara.penebangan hutan besar-besaran yang menambah semakin meningkatnya suhu global dan masih banyak hal lain yang dapat menimbulkan meningkatnya suhu global.Aktivitas manusia yang menimbulkan peningkatan suhu global seperti industri besar-besaran.mereka menganggapnya sesuatu hal yang biasa.

Rumusan Masalah 1. 3. Apakah tindakan nyata untuk mengatasi pemanasan global? . Untuk mengetahui sebab terjadinya Pemanasan Global serta dampak yang ditimbulkan dari Pemanasan Global. Tujuan Tujuan dalam membuat makalah mengenai Pemanasan Global adalah: 1. Apakah sebab-sebab terjadinya pemanasan global? 2.Indonesia karena dampak dari pemanasan global banyak terjadi seperti sering terjadinya bencana alam. 2. C. Untuk mengetahui tindakan yang dilakukan untuk mengatasi Pemanasan Global. Untuk mengetahui dan memahami tentang Pemanasan Global. B.Jadi masalah pemanasan global sangat penting untuk diperhatikan karena di masa yang akan datang kehidupan di bumi akan rusak akibat dari pemanasan global. Apakah dampak yang ditimbulkan dari pemanasan global? 3.

pemanasan dan kenaikan muka air laut diperkirakan akan terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun walaupun tingkat emisi gas rumah kaca telah stabil.laut . Sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia telah mengarah untuk pengurangan emisi gas-gas rumah kaca. dan daratan bumi. Hingga saat ini masih terjadi perdebatan politik dan publik di dunia mengenai apa.serta perubahan jumlah dan pola pretisipasi.BAB II PEMBAHASAN A.Sebagian besar peningkatan temperatur ratarata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca. dan punahnya berbagai jenis hewan. meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim.Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian. serta model-model sensitivitas iklim yang berbeda. hilangnya gletser. tindakan yang harus dilakukan untuk mengurangi atau membalikkan pemanasan lebih lanjut atau untuk beradaptasi terhadap konsekwensi-konsekwensi yang ada. Model iklim yang dijadikan acuan menunjukkan suhu permukaan global akan meningkat dikarenakan oleh penggunaan berbeda mengenai emisi gas-gas rumah kaca di masa mendatang. Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahanperubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut. Beberapa hal-hal yang masih diragukan adalah mengenai jumlah pemanasan yang diperkirakan akan terjadi di masa depan. Penyebab pemanasan global . dan bagaimana pemanasan serta perubahan-perubahan yang terjadi tersebut akan bervariasi dari satu daerah ke daerah yang lain. Sebab-Sebab Terjadinya Pemanasan Global Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer.Ini mencerminkan besarnya kapasitas panas dari lautan. jika ada.

Efek umpan balik .karbondioksida dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini.Dengan semakin meningkatnya konsentrasi gas-gas ini di atmosfer. bumi sebenarnya telah lebih panas dengan efek rumah kaca tanpa efek rumah kaca suhu bumi sangat dingin sehingga es akan menutupi seluruh permukaan Bumi. Sebenarnya.Ketika energi ini mengenai permukaan Bumi. planet ini akan menjadi sangat dingin. efek rumah kaca ini sangat dibutuhkan oleh segala makhluk hidup yang ada di bumi. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan Bumi. Permukaan Bumi. Gas-gas tersebut berfungsi sebagaimana kaca dalam rumah kaca. akibat jumlah gas-gas tersebut telah berlebih di atmosfer. 2. akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air.1. Hal tersebut terjadi berulangulang dan mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat. pemanasan global menjadi akibatnya. karena tanpanya.Akan tetapi sebaliknya. termasuk cahaya tampak. Sebagian besar energi tersebut dalam bentuk radiasi gelombang pendek. Sebagian dari panas ini sebagai radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Efek rumah kaca Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari Matahari. semakin banyak panas yang terperangkap di bawahnya.

Sebagai contoh adalah pada penguapan air. Efek-efek umpan balik karena pengaruh awan. pemanasan akan terus berlanjut dan menambah jumlah uap air di udara hingga tercapainya suatu kesetimbangan konsentrasi uap air. Efek rumah kaca yang dihasilkannya lebih besar walaupun umpan balik ini meningkatkan kandungan air absolut di udara. kelembapan relatif udara hampir konstan atau bahkan agak menurun karena udara menjadi menghangat. daratan atau air dibawahnya akan terbuka. dan akibatnya akan menyerap lebih banyak radiasi Matahari.Efek-efek dari agen penyebab pemanasan global juga dipengaruhi oleh berbagai proses umpan balik yang dihasilkannya. Sebaliknya bila dilihat dari atas. sehingga meningkatkan efek pendinginan. Karena uap air sendiri merupakan gas rumah kaca. Baik daratan maupun air memiliki kemampuan memantulkan cahaya lebih sedikit bila dibandingkan dengan es. awan tersebut akan memantulkan sinar Matahari dan radiasi infra merah ke angkasa.Umpan balik ini hanya dapat dibalikkan secara perlahan-lahan. 3.Pada kasus pemanasan akibat bertambahnya gas-gas rumah kaca. es yang berada di dekat kutub mencair dengan kecepatan yang terus meningkat. Variasi Matahari . Hal ini akan menambah pemanasan dan menimbulkan lebih banyak lagi es yang mencair.pemanasan pada awalnya akan menyebabkan lebih banyaknya air yang menguap ke atmosfer. awan akan memantulkan radiasi infra merah balik ke permukaan.Ketika temperatur global meningkat.Umpan balik awan dengan umpan balik uap air positif menambah pemanasan. menjadi suatu siklus yang berkelanjutan. Bila dilihat dari bawah. Bersama dengan melelehnya es tersebut. sehingga akan meningkatkan efek pemanasan.Umpan balik penting lainnya adalah hilangnya kemampuan memantulkan cahaya oleh es.

Dampak Pemanasan Global 1. B. global semakin menghangat. dapat memberi kontribusi dalam pemanasan saat ini.Fenomena variasi Matahari dikombinasikan dengan aktivitas gunung berapi mungkin telah memberikan efek pemanasan.Model iklim yang dijadikan pedoman saat ini membuat estimasi berlebihan terhadap efek gas-gas rumah kaca dibandingkan dengan pengaruh Matahari. Variasi dari Matahari dengan kemungkinan diperkuat oleh umpan balik dari awan. Meningkatkan sensitivitas iklim terhadap pengaruh Matahari sekalipun. sebagian besar pemanasan yang terjadi pada dekadedekade terakhir ini disebabkan oleh gas-gas rumah kaca.Perbedaan dengan pemanasan akibat efek rumah kaca adalah meningkatnya aktivitas Matahari akan memanaskan atmosfer sebaliknya efek rumah kaca akan mendinginkan atmosfer.ari terjadi selama 30 tahun terakhir.Tantangan yang ada saat ini adalah mengatasi efek yang timbul sambil melakukan langkah-langkah untuk mencegah semakin berubahnya iklim di masa depan.Iklim lainnya.Variasi Matah.Aktivitas Matahari menjadi kontributor utama pemanasan saat ini. Dampak pemanasan global bagi dunia Konsumsi total bahan bakar fosil di dunia meningkat sebesar 1 persen per-tahun.Terjadi peningkatan konsentrasi dari gas-gas rumah kaca di atmosfer.Penipisan lapisan ozon juga dapat memberikan efek pendinginan.Jerman dan Swiss tidak menemukan adanya peningkatan pemanasan global dari variasi matahari dan tidak ada hubungan antara pemanasan global dengan variasi Matahari . Amerika Serikat.Langkah-langkah yang dilakukan atau yang sedang diskusikan saat ini tidak ada yang dapat mencegah pemanasan global di masa depan.temperatur terus bervariasi dari waktu ke waktu dan dari lokasi yang satu ke lokasi .

Di level seluruh yang perambahan hutan telah mencapai mengkhawatirkan.Langkah untuk mengatasi hal ini adalah dengan penghutanan kembali yang berperan dalam mengurangi semakin bertambahnya gas rumah kaca. Gas karbon dioksida juga dapat dihilangkan secara langsung.Kedua. dapat menyelamatkan tumbuhan dan hewan dengan tetap menjaga koridor (jalur) habitatnya. dunia. Ada dua pendekatan utama untuk memperlambat semakin bertambahnya gas rumah kaca. seperti untuk lahan pertanian atau pembangunan rumah tinggal.terutama yang muda dan cepat pertumbuhannya. memecahnya melalui fotosintesis.Caranya dengan menyuntikkan (menginjeksikan) gas tersebut ke sumur-sumur minyak untuk mendorong agar minyak bumi keluar ke permukaan.Pertama.Injeksi juga bisa dilakukan untuk mengisolasi gas ini di bawah tanah seperti dalam sumur minyak.Cara ini disebut menghilangkan karbon.mengurangi produksi gas rumah kaca. di mana karbon dioksida yang .Daerah pantai dapat dilindungi dengan dinding dan penghalang untuk mencegah masuknya air laut. Beberapa negara. pemerintah dapat membantu populasi di pantai untuk pindah ke daerah yang lebih tinggi. lapisan batubara.Hal ini telah dilakukan di salah satu pengeboran lepas pantai. Cara yang paling mudah untuk menghilangkan karbon dioksida di udara adalah dengan memelihara pepohonan dan menanam pohom lebih banyak lagi.Kerusakan yang parah dapat diatasi dengan berbagai cara.tanaman yang tumbuh kembali sedikit sekali karena tanah kehilangan kesuburannya ketika diubah untuk kegunaan yang lain. seperti Amerika Serikat. Spesies-spesies dapat secara perlahan-lahan berpindah sepanjang koridor ini untuk menuju ke habitat yang lebih dingin.Pohon.Cara lainnya.tingkat dan menyimpan karbon dalam kayunya. mengosongkan tanah yang belum dibangun dari selatan ke utara.Di banyak area. menyerap karbon dioksida yang sangat banyak. mencegah karbon dioksida dilepas ke atmosfer dengan menyimpan gas tersebut atau komponen karbon-nya di tempat lain.

Temperatur pada musim dingin dan malam hari akan cenderung untuk meningkat. bagian yang ditutupi salju akan semakin sedikit serta akan lebih cepat mencair. karena gas melepaskan karbon dioksida lebih sedikit bila dibandingkan dengan minyak apalagi bila dibandingkan dengan batubara. uap air yang lebih banyak juga akan membentuk awan yang lebih banyak.penggunaan energi terbaharui dan energi nuklir lebih mengurangi pelepasan karbon dioksida ke udara. Salah satu sumber penyumbang karbon dioksida adalah pembakaran bahan bakar fosil.pertanian. tinggi permukaan air laut. Penggunaan bahan bakar fosil mulai meningkat pesat sejak revolusi industri pada abad ke-18. gunung-gunung es akan mencair dan daratan akan mengecil. bahkan tidak melepas karbon dioksida sama sekali Mengenai dampak pemanasan global terhadap cuaca. Daerahdaerah yang sebelumnya mengalami salju ringan.terbawa ke permukaan bersama gas alam ditangkap dan diinjeksikan sehingga tidak dapat kembali ke permukaan. Pada pegunungan di daerah subtropis. daerah bagian Utara dari belahan Bumi Utara akan memanas lebih dari daerah-daerah lain di Bumi. mungkin tidak akan mengalaminya lagi.Energi nuklir. a. Akibatnya. sehingga akan .kehidupan hewan liar dan kesehatan manusia.walaupun kontroversial karena alasan keselamatan dan limbahnya yang berbahaya. pantai.Perubahan tren penggunaan bahan bakar fosil ini sebenarnya secara tidak langsung telah mengurangi jumlah karbon dioksida yang dilepas ke udara.Hal ini disebabkan karena uap air merupakan gas rumah kaca. Akan tetapi. Musim tanam akan lebih panjang di beberapa area. Cuaca Selama pemanasan global. Akan lebih sedikit es yang terapung di perairan Utara tersebut. Daerah hangat akan menjadi lebih lembab karena lebih banyak air yang menguap dari lautan. sehingga keberadaannya akan meningkatkan efek pada atmosfer.Walaupun demikian.

pantai. sedangkan negara-negara miskin mungkin hanya dapat melakukan evakuasi dari daerah pantai.25 cm (4 . akan menjadi lebih besar.Kelembaban yang tinggi akan meningkatkan curah hujan. dan banyak pulau-pulau.Rawa-rawa baru juga akan terbentuk.Erosi dari tebing. Kenaikan muka laut ini akan menutupi sebagian besar dari Florida.Ketika atmosfer menghangat. lapisan permukaan lautan juga akan menghangat. beberapa periode yang sangat dingin mungkin akan terjadi. Pemanasan juga akan mencairkan banyak es di kutub. sehingga volumenya akan membesar dan menaikkan tinggi permukaan laut. air akan lebih cepat menguap dari tanah. terutama sekitar Greenland. Pertanian .10 inchi) selama abad ke-20. dan bukit pasir akan meningkat. Topan badai yang memperoleh kekuatannya dari penguapan air. yang lebih memperbanyak volume air di laut. Akibatnya beberapa daerah akan menjadi lebih kering dari sebelumnya. Pola cuaca menjadi tidak terprediksi dan lebih ekstrim. di mana hal ini akan menurunkan proses pemanasan.memantulkan cahaya matahari kembali ke angkasa luar. Berlawanan dengan pemanasan yang terjadi.Angin akan bertiup lebih kencang dan mungkin dengan pola yang berbeda.Negara-negara kaya akan menghabiskan dana yang sangat besar untuk melindungi daerah pantainya. Tinggi Muka Laut Perubahan tinggi rata-rata muka laut diukur dari daerah dengan lingkungan yang stabil secara geologi. Tinggi muka laut di seluruh dunia telah meningkat 10 . Kenaikan 50 cm (20 inchi) akan menenggelamkan separuh dari rawa-rawa pantai di Amerika Serikat. banjir akibat air pasang akan meningkat di daratan. c. Ketika tinggi lautan mencapai muara sungai.Selain itu. Kenaikan 100 cm (40 inchi) akan menenggelamkan 6 persen daerah Belanda. Bahkan sedikit kenaikan tinggi muka laut akan sangat mempengaruhi ekosistem pantai. tetapi tidak di area perkotaan dan daerah yang sudah dibangun. b.

Hewan dan tumbuhan Hewan dan tumbuhan menjadi makhluk hidup yang sulit menghindar dari efek pemanasan ini karena sebagian besar lahan telah dikuasai manusia. Tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya. Di lain pihak. Kesehatan manusia Di dunia yang hangat.Wabah penyakit yang biasa ditemukan di daerah tropis. 45 persen penduduk dunia tinggal di daerah di mana mereka dapat tergigit oleh . akan mencair sebelum puncak bulan-bulan masa tanam. Dalam pemanasan global. Saat ini. Daerah pertanian gurun yang menggunakan air irigasi dari gunung-gunung yang jauh dapat menderita jika (kumpulan salju) musim dingin. Spesies-spesies yang bermigrasi ke utara atau selatan yang terhalangi oleh kota-kota atau lahan-lahan pertanian mungkin akan mati. Tanaman pangan dan hutan dapat mengalami serangan serangga dan penyakit yang lebih hebat.Orang mungkin beranggapan bahwa Bumi yang hangat akan menghasilkan lebih banyak makanan dari sebelumnya. mencari daerah baru karena habitat lamanya menjadi terlalu hangat. d. tetapi hal ini sebenarnya tidak sama di beberapa tempat. e. mungkin akan mendapat keuntungan dari lebih tingginya curah hujan dan lebih lamanya masa tanam. para ilmuan memprediksi bahwa lebih banyak orang yang terkena penyakit atau meninggal karena stress panas. Beberapa tipe spesies yang tidak mampu secara cepat berpindah menuju kutub mungkin juga akan musnah. akan semakin meluas karena mereka dapat berpindah ke daerah yang sebelumnya terlalu dingin bagi mereka. seperti penyakit yang diakibatkan nyamuk dan hewan pembawa penyakit lainnya. yang berfungsi sebagai reservoir alami. Bagian Selatan Kanada. pembangunan manusia akan menghalangi perpindahan ini. Akan tetapi. lahan pertanian tropis semi kering di beberapa bagian Afrika mungkin tidak dapat tumbuh.sebagai contoh. hewan cenderung untuk bermigrasi ke arah kutub atau ke atas pegunungan.

Akan banyak wilayah pesisir perkotaan akan terendam dan akan terjadi pergeseran wilayah pantai.nyamuk pembawa parasit malaria persentase itu akan meningkat menjadi 60 persen jika temperature meningkat.akibat seriusnya akan menghambat pertumbuhan dan akhirnya akan mematikan biota dan terumbu karang. Ujung-ujungnya adalah dampak ekonomis dengan terjadinya pola perubahan habitat.8 .480 pulau oleh sebab naiknya air laut dan usaha penambangan. sepertidemam kuning.504 pulau tapi kini tinggal 17. migrasi dan populasi ikan serta hasil laut lainnya. Penyakit-penyakit tropis lainnya juga dapat menyebar seperti malaria. Ketahanan pangan memang menjadi salah satu titik perhatian utama .2 menjadi 7. Kehilangan asset 2. Dampak yang ditimbulkan bagi negara Indonesia jika tanpa ada upaya pencegahan maka Indonesia akan kehilangan 2.000 pulau karena air laut akan naik pada ketinggian 90 cm. Karena setiap kenaikan 10 cm air laut akan menggenangi 10 meter persegi wilayah pesisir. Juga kenaikan air laut akan menurunkan pH air laut . Semarang dan Surabaya misalnya. Dampak pemanasan global bagi Indonesia Pemanasan Global yang bermuara pada perubahan iklim khususnya di negara Indonesia sungguh memiliki dampak yang sangat serius. Tadinya kita memiliki 17. sebab kelangsungan negara ini tentu bertumpu pada ketersediaan padi disamping alternatif bentuk pangan lain seperti umbi-umbian dan bijibijian.Para ilmuan juga memprediksi meningkatnya insiden alergi dan penyakit pernafasan karena udara yang lebih hangat akan memperbanyak polutan.000 pulau akan luar biasa dampaknya yang berujung pada penyempitan wilayah kedaulatan RI. Akan tetapi dengan menurunnya dukungan sungai-sungai sepanjang . Hal ini tentu akan berimplikasi pada akibat sosial ekonomi masyarakat. setiap kenaikan 14 .43 cm maka pH air laut akan turun dari 8. Lebih lanjut lagi ancaman serius bagi kota-kota pesisir seperti Jakarta. 2.

maka dengan sendirinya jentik nyamuk DB (Demam Berdarah) dan Malaria akan memiliki siklus hidup yang lebih pendek dan masa inkubasi penularan yang lebih singkat. air limpasan dan kelembaban tanah Risiko terjadinya ledakan hama dan penyakit tanaman Terancamnya ketahanan pangan . Akibat Pemanasan Global juga akan memicu masalah kesehatan masyarakat. Kanker Kulit dan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (COPD).lumbung padi pulau Jawa ini. Leptospirosis. Karena suhu makin hangat. Maka ledakan populasi nyamuk berbahaya ini akan bersifat lethal bagi masyarakat. hal yang perlu dicermati adalah bagaimana menjaga serta memelihara seluruh DAS yang kita miliki sehingga mampu memberikan kontribusi yang lebih baik pada dekade sebelumnya. penguapan. Dampak Pemanasan Global bagi negara Indonesia meliputi : • • Perubahan Iklim Peningkatan temperatur Bumi Curah hujan yang lebih lebat Pertanian • • • Kelautan • Naiknya produktif) • • Satwa Pemanasan air laut yang mempengaruhi keanekaragaman hayati laut Peningkatan jumlah penyakit yang dibawa melalui air dan vektor permukaan air laut (bisa menenggelamkan daerah pesisir yang Mengubah pola presipitasi. Termasuk juga jenis penyakit lainnya seperti Diare. Asma.

Dimulai dari diri sendiri. memilah dan mengelola sampah rumah tangga.• Perubahan habitat. listrik. misalnya: 1. Daerah yang biasanya panas makin panas dan daerah yang dingin makin dingin. Efek-efek ini dapat diminimalis dengan tindakan nyata merubah pola hidup menjadi lebih peduli dengan lingkungan. membuat sumur resapan. Penanaman sejuta pohon untuk mengurangi naiknya suhu . Tindakan Nyata Untuk Mengatasi Pemanasan Global Dengan cara sederhana seperti mematikan dua titik lampu listrik antara pukul 17. Hilangnya daerah pesisir berakibat pada keanekaragaman hayati serta migrasi penduduk yang hidup di kawasan ini • Penurunan populasi amfibi secara global Jadi masalah Pemanasan Global memiliki dampak sangat serius bagi kelangsungan kehidupan dan penghidupan bangsa Indonesia serta umat manusia umumnya di Bumi ini. dan sebagainya 5. Menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan 2. Mengurangi pembakaran sampah plastik 6. mengurangi pemakaian kemasan plastik. hemat energi dengan cara selektif menggunakan peralatan elektronik. Efek pemanasan global dapat menyebabkan es-es dikutub. dipegunungan mencair. mengurangi pemakaian mobil pribadi. Menghemat penggunaan PAM.00 s/d 22. C.00. 3. es2 ini jika sampai kelaut menyebabkan ketidak seimbangan kandungan mineral laut sehingga pertukaran energi panas dan dingin di bumi terhambat dan hasilnya terjadi perubahan iklim ekstrim. Memakai produk kertas yang mempunyai keterangan bahwa kertas tersebut berasal dari daur ulang. menanam pohon di halaman rumah dan banyak hal lain. Mengurangi penggunaan BBM 4. masyarakat dan bangsa tidak akan berubah dan pada akhirnya semua manusia di Bumi tidak juga akan berubah.

Pengurangan terhadap penggunaan gas emisi 8. Pengurangan terhadap penggunaan bahan-bahan yang mengandung karbondioksida untuk menghindari penguapan lanasung .7. Pengurangan terhadap penggunaan efek rumah kaca 9.

di bidang pertanian terancam ketahanan pangan.pembalakan liar dan masih banyak lagi aktivitas manusia yang meningkatkan suhu global.BAB III PENUTUP A.sering terjadi bencana alam.Keadaan itu semakin diperparah karena aktivitas manusia yang tidak memperhatikan lingkungan seperti industri-industri besar.perubahan habitat.Beberapa negara berusaha untuk menekan naiknya suhu global dengan melakukan beberapa cara diantaranya mengurangi penggunaan gas emisi. Jadi masalah pemanasan global sangat penting untuk diperhatikan untuk kelangsungan hidup manusia di masa yang akan datang karena pemanasan global dapat merusak bumi pada wakatu yang akan datang.penurunan amfibi secara global. Kesimpulan Pemanasan global merupakan peningkatan suhu secara global pada bumi.variasi matahari dan sebagainya. Banyak dampak yang ditimbulkan dari pemanasan global. Tindakan nyata yang dilakukan beberapa negara untuk mengatasi pemanasan global telah dilakukan. .bahkan manusia sendiri telah merasakan dari tindakannya iu.Dampak yang timbul dari pemanasan global diantaranya perubahan iklim yang ekstrim.Selain itu terjadinya pemanasan global dipengaruhi aktivitas diluar bumi secara alamiah misalnya efek umpan balik.Sebab terjadinya pemanasan global yaitu dipengaruhi oleh aktivitas manusia seperti penggunaan gas emisi yang berlebihan.menekan seminimal mungkin untuk mengurangi penggunaan efek rumah kaca.penanaman sejuta pohon.efek rumah kaca.berkurangnya daratan di dunia akibat akibat naiknya permukaan air laut setiap tahun.Selain dampak alam juga menimbulkan dampak lain seperti di bidang kesehatan munculnya bermacam-macam penyakit.

Hendaknya negara-negara didunia harus berusaha bersama-sama dengan berbagai cara untuk menekan seminimal mungkin pemanasan global.B. 3. .masyarakat dan bangsa untuk melakukan kegiatan yang dapat mengatasi pemanasan global. Saran 1. Hendaknya negara-negara maju mulai peduli terhadap pemanasan global dengan mengurangi aktivitas yang dapat menimbulkan pemanasan global. 2. Hendaknya kita mulai dari diri sendiri.

DAFTAR PUSTAKA Oneil.com .global warming.2007.Artikel Pemanasan Global.Dalam “The Report:http//google/ac.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->