Sejarah Tangkuban Perahu

Beribu-ribu tahun yang lalu, tanah Parahyangan dipimpin oleh seorang raja dan seorang ratu yang hanya mempunyai seorang putri. Putri itu bernama Dayang Sumbi. Dia sangat cantik dan cerdas, sayangnya dia sangat manja. Pada suatu hari saat sedang menenun di beranda istana, Dayang Sumbi merasa lemas dan pusing. Dia menjatuhkan pintalan benangnya ke lantai berkali-kali. Saat pintalannya jatuh untuk kesekian kalinya Dayang Sumbi menjadi marah lalu bersumpah, dia akan menikahi siapapun yang mau mengambilkan pintalannya itu. Tepat setelah kata-kata sumpah itu diucapkan, datang seekor anjing sakti yang bernama Tumang dan menyerahkan pintalan itu ke tangan Dayang Sumbi. Maka mau tak mau, sesuai dengan sumpahnya, Dayang Sumbi harus menikahi Anjing tersebut. Dayang Sumbi dan Tumang hidup berbahagia hingga mereka dikaruniai seorang anak yang berupa anak manusia tapi memiliki kekuatan sakti seperti ayahnya. Anak ini diberi nama Sangkuriang. Dalam masa pertumbuhannya, Sangkuring se lalu ditemani bermain oleh seekor anjing yang bernama Tumang yang dia ketahui hanya sebagai anjing yang setia, bukan sebagai ayahnya. Sangkuriang tumbuh menjadi seorang pemuda yang tampan dan gagah perkasa. Pada suatu hari Dayang Sumbi menyuruh anaknya pergi bersama anjingnya untuk berburu rusa untuk keperluan suatu pesta. Setelah beberapa lama mencari tanpa hasil, Sangkuriang merasa putus asa, tapi dia tidak ingin mengecewakan ibunya. Maka dengan sangat terpaksa dia mengambil sebatang panah dan mengarahkannya pada Tumang. Setibanya di rumah dia menyerahkan daging Tumang pada ibunya. dayanng Sumbi yang mengira daging itu adalah daging rusa, merasa gembira atas keberhasilan anaknya. Segera setelah pesta usai Dayang Sumbi teringat pada Tumang dan bertanya pada pada anaknya dimana Tumang berada. Pada mulanya Sangkuriang merasa takut, tapa akhirnya dia mengatakan apa yang telah terjadi pada ibunya. Dayang Sumbi menjadi sangat murka, dalam kemarahannya dia memukul Sangkuriang hingga pingsan tepat di keningnya. Atas perbuatannya itu Dayang Sumbi diusir keluar dari kerajaan oleh ayahnya. Untungnya Sangkuriang sadar kembali tapi pukulan ibunya meninggalkan bekas luka yang sangat lebar di keningnya.Setelah dewasa, Sangkuriang pun pergi mengembara untuk mengetahui keadaan dunia luar.

Beberapa tahun kemudian, Sangkuriang bertemu dengan seorang wanita yang sangat cantik. Segera saja dia jatuh cinta pada wanita tersebut. Wanita itu adalah ibunya sendiri, tapi mereka tidak saling mengenali satu sama lainnya. Sangkuriang melamarnya, Dayang Sumbi pun menerima dengan senang hati. Sehari sebelum hari pernikahan, saat sedang mengelus rambut tunangannya, Dayang Sumbi melihat bekas luka yang lebar di dahi Sangkuriang, akhirnya dia menyadari bahwa dia hampir menikahi putranya sendiri. Mengetahui hal tersebut Dayang Sumbi berusaha menggagalkan pernikahannya. Setelah berpikir keras dia akhirnya memutuskan untuk mengajukan syarat perkawinan yang tak mungkin dikabulkan oleh Sangkuriang. Syaratnya adalah: Sangkuriang harus membuat sebuah bendungan yang

Kilap : damar Gores : berwarna putih. Selain itu belerang bebas terdapat sebagai deposit belerang di dalam perut bumi. Perahu itu berada disana dalam keadaan terbalik. karena pengaruh unsur pengotornya. Dengan lumpur. Bendungan yang dibuat Sangkuriang menyebabkan seluruh bukit dipenuhi air dan membentuk sebuah danau dimana Sangkuriang dan Dayang Sumbi menenggelamkan diri dan tidak terdengar lagi kabarnya hingga kini. Ayam jantan berkokok. Beberapa saat sebelum fajar.5 (skala Mohs). minyak bumi. dan sebagai sulfat CaSO4. dan membentuk Gunung Tangkuban Perahu(perahu yang menelungkub).Unsur sulfur kita temukan pada gunung berapi misalnya di pegunungan dieng.2. terutama di sepanjang lingkaran api pasifik. Titik lebur 129oC dan titik didihnya 446oC. kekerasan : 1.dan tanah mereka membendung air dari sungai dan mata air. Sangkuriang mulai bekerja. sekarang kita mengenalnya sebagai Bukit Tunggul. dia berdoa pada dewa-dewa untuk merintangi pekerjaan anaknya dan mempercepat datangnya pagi. Belerang terdapat dalam dua bentuk alotrop (polimorf). pecahan :berbentuk konkoidal dan tidak rata. B. Apabila dibakar apinya berwarna biru dan menghasilkan gas-gas SO2 yang berbau busuk.7H2O. Ketika Dayang Sumbi melihat bahwa Sangkuriang hampir menyelesaikan pekerjaannya. ZnS. PbS. Ketahanan : getas/mudah hancur (brittle). Semua itu harus sudah selesai sebelum fajar menyingsing. Berat jenis : 2.8°C).2H2O dan MgSO4. belerang rombik . Dengan sangat marah dia mengutuk Dayang Sumbi dan menendang perahu buatannya yang hampir jadi ke tengah hutan. atau H2SO4. pegunungan tengger dan bromo. Sulfur di alam terdapat dalam keadaan bebas maupun sebagai bijih sulfida. kuning kegelapan. Sifat belerang lainnya adalah : tidak larut dalam air.09. Tak lupa dia juga menggunakan kekuatan yang dia dapat dari ayahnya untuk memanggil jin-jin dan membantunya.2.Kedua alotrof ini adalah belerang rombik.bisa menutupi seluruh bukit lalu membuat sebuah perahu untuk menyusuri bendungan tersebut. minyak tanah. matahari terbit lebih cepat dari biasanya dan Sangkuriang menyadari bahwa dia telah ditipu. Sumber-Sumber di Alam Unsur sulfur dapat di peroleh dari mata air panas dan kawasan gunung berapi di berbagai belahan dunia. Tidak jauh dari tempat itu terdapat tunggul pohon sisa dari tebangan Sangkuriang. Mudah larut dalam CS2. Pengertian belerang Belerang atau sulfur adalah mineral yang dihasilkan oleh proses vulkanisme. FeS2. Sangkuriang menebang sebatang pohon besar untuk membuat sebuah perahu. sifat-sifat fisik belerang adalah : Kristal belerang berwarna kuning. Cintanya yang begitu besar pada Sangkuriang memberinya suatu kekuatan aneh. berwarna kuning yang di sebut belerang – α (tidak leleh 112.6°C.5 . dan anilin. Asal Belerang A. dan kehitam-hitaman. penghantar panas dan listrik yang buruk.05 . CC14. Pada suhu 95.

.viskositasnya berubah karena perubahan struktur dalam molekul belerang. dan logam sulfat seperti gipsum ( kalsium sulfat ) alunit ( kalium aluminium sulfat. Ini dilakukan dengan membentuk senyawa penahan yang berbahan baku belerang.S4 dan S2 komposisinya bergantung pada suhu. galena (plumbum sulfida). karena pasok belerang di laut banyak sekali yang datang dari daratan.6°C. sejumlah besar senyawa ini dilepas ke atmosfir. Proses tersebut bukan saja memungkinkan hidupnya makhluk yang terlibat.Satuan struktur kedua bentuk alotrop dalam keadaan cair mengerut menjadi lingkar S8. Tumbuhan ini berusaha hidup dengan menahan masuknya garam (NaCl) ke dalam selnya. di peroleh belerang plastis. dan barit ( barium sulfat ). Setiap saat. dan stibnit (antimoni sulfida). dan 3. Senyawa belerang termasuk logam sulfida seperti pirit (besi sulfida). viskositas cairan mencapai maksimum dan tidak dapat di tuang. Senyawa-senyawa belerang juga terdapat sebagai pengotor (impuritis) pada gas alam. lama kelamaan berubah menjadi belerang rombik. yang menjadi hujan. Saat hujan jatuh di darat. karena kembali ke darat.Jika di biarkan . bahan organik. Jika belerang cair di panaskan . dan batu bara. terbentuk cairan berwarna kuning muda yang terdiri dari satuan S8.S6. Unsur ini mendidih pada 444. Siklus Belerang Ada tiga sumber alami pokok unsur hara belerang (S) bagi tanah yan menyediakan belerang untuk tanaman.Unsur belerang berupa campuran satuan S8. untuk di manfaatkan kembali oleh tumbuhan laut tadi. Seperti tumbuhan hewan dan manusia. Namun belerang di daratan tak tampak habis setelah jutaan tahun. berupa serat yang terutama berbentuk μ.berubah menjadi belerang monokolin yang di sebut belerang – β (titik leleh 119. 2. Jika cairan belerang ( pada 250°C – 350 °C ) di tuang kedalam air dingin . Pada gilirannya. dan kira-kira pada 160°C.. sinabar (merkuri sulfida). Pada suhu agak di atas titik leleh . senyawa belerang ini dikembalikan ke daratan untuk dimanfaatkan makhluk daratan. senyawa penahan ini pecah dan menghasilkan gas dimetil sulfida (DMS) yang lepas ke atmosfir.Proses tersebut terjadi karena tumbuhan laut. minyak bumi. terbentuk awan. berupa lingkar S8 putus menjadi rantai spiral panjang (belerang – μ) dengan beberapa satuan S6 ( belerang – π ) antara 160°C dan 180°C. gas belerang dalam atmosfir. Disamping itu ada 4 aliran utama belerang ke atmosfir dengan urutan sebagai berikut. C. lepasan/produk bakteri < pembakaran bahan bakar fosil < penghembusan garam-garam laut < pelepasan gas volkan. Waktu sel mereka terurai. Ketiga sumber tersebut ialah: 1. Belerang dari daratan cenderung terbawa air ke laut. mineral tanah.Lalu ampasnya dibuang lagi ke laut. Jika suhu di naikan lagi. sfalerit (zink sulfida). warna cairan menjadi gelap. yang memiliki sel-sel sederhana. dan senyawa ini mampu menjadi inti kondensasi uap air. tetapi juga memungkinkan .25°C).

2SO2(g)+O2(g)↔2SO3(g) ∆H = -90 kJ j. Disini berlangsung proses kontak yaitu kontak antara campuran gas-gas dengan katalis. sehingga debu-debu itu jatuh kelantai ruangan. udara dan air. i. Gas SO3 direaksikan dengan H2SO4 untuk membentuk asam pirosulfat. Cara Pembuatan a. Uap air yang sangat panas dipompa dan dimasukan melalui pipa luar. Proses kontak e. pompa frasch dirancang oleh Herman Frasch dari Amerika Serikat tahun 1904. Pada pembuatan belerang dengan proses kontak bahan baku yang digunakan belerang. sehingga belerang meleleh. Agar reaksi ini bergeser kekanan gas SO3 yang terbentuk segera direaksikan dengan air untuk menghasilkan H2SO4 k. SO3(g)+H2O(l)→H2SO4(aq) Pertama-tama belerang padat dimasukan kedalam drum berputar lalu dibakar dengan oksigen dari udara dan hasilnya gas SO2 dimurnikan dengan pengendap elektrostatika ( kawat-kawat betegangan tinggi ) partikel-partikel debu dan kotoran lain menjadi bermuatan dan tertarik oleh kawat yang muatannya berlawanan. Cara frasch adalah mengambil belerang dari deposit belerang di bawah tanah. Gas SO2 bereaksi dengan oksigen dengan udara untuk membentuk gas SO3. Pada dewasa ini 50% belerang yang digunakan dalam industri diperoleh dengan proses frasch d. Kemudian dimasukan udara bertekanan tinggi melalui pipa terkecil. S(s)+O2(g) SO2(aq) g.bumi memiliki suhu yang mendukung D. 2SO2(g)+O2(g)↔2SO3(g) h. Pada proses ini pipa logam berdiameter 15 cm yang terdapat 2 pipa konsentrik yang lebih kecil ditanam sampai menyentuh lapisan belerang. Proses Frasch b. c. SO3(g)+H2O(l)→ H2SO4(aq) l. Kemurnian belerang yang keluar mencapai 99. Campuran gas SO2 dan udara kemudian dialirkan kedalam ruangan yang dilengkapi katalis serbuk V2O5. f. sehingga terbentuk busa belerang dan terpompa ke atas melalui pipa ketiga. H2S2O7 kemudian barulah asam pirosulfat direaksikan denga air untuk membentuk asam sulfat SO3¬(g)+H2SO4(aq) →H2S2O7(aq) .5%.

dan dianggap bahwa jika SO3 dialirkan kedalam air terbentuk suatu hidrat. Kawah Ratu or Queen of the Craters of Mount Tangkuban Perahu. sebab apabila terisap oleh pernapasan secara berlebihan akan bereaksi dengan air dalam saluran pernapasan dan membentuk asam sulfit yang akan merusak jaringan dan menimbulkan rasa sakit. Polisulfida Logam Belerang tidak hanya terikat bersama dalam belerang unsur. atau dengan hidrolisis tioasetamida : FeS + 2HCl → H2S + FeCl2 CH3CSNH2 + H2O → H2S + CH3CONH2 Hidrogen Sulfida adalah gas yang beracun dan dapat larut dalam air.sampai S63-. Hidrogen Biner Hidrogen Sulfida adalah sebuah bahan kimia laboratorium yang penting. yaitu bijih besi yang umum seperti pirit (FeS2). tetapi dapat bereaksi juga dengan ion sulfida dengan membentuk ion polisulfida. SO2(g) + H2O(l) → H2SO3 (aq). Bandung. Berbau khas memerihkan mata dan dapat merusak saluran pernapasan. Sulfur dioksida dapat terbentuk pada pembakaran batu bara yang mengandung belerang. dan pemanggangan bijih sulfida. Sampai kini belum ditemukan sepesi H2SO3 dalam larutan. Oksida dan Asam okso a. namun telah dikenal garam hidrogen sulfit dan garam sulfit. 3. Senyawa-senyawa sulfur 1.H2S2O7(aq)+H2O→2H2SO4¬(aq) c. Sulfur dioksida dapat melarut dengan baik dalam air. Kristal polisulfida yang paling terkenal. H2S + H2O → H3O+ +HS2. West Java. SO2 dan SO3 Sulfur dioksida (SO2) adalah gas tidak berwarna. BaS + 2S → BaS3 Ion polisulfida ukurannya berkisar dari S22. . karena di pakai secara luas dalam analisis kualitatif. Zat ini dapat dengan mudah di buat dengan aksi asam terhadap sulfida logam. Setengah dari sulfur dioksida berasal dari pembangkit energi dan proses industri yang menggunakan bahan ba The biggest crater.

Polutan seperti oksida sulfur (SO2) dan dioksida nitrogen (NO2) melalui reaksi oksidasi dengan ozon akan berubah menjadi (SO3) dan NO3 selanjutnya berubah menjadi senyawa sulfat dan senyawa nitrat.Terjadinya hujan asam yaitu dari pembakaran bahan bakar posil seperti minyak dan batu bara akan di hasilkan NOx dan SOx juga partikel lain. Proses deposisi basah terjadi dengan pembentukan awan dan akhirnya turun sebagai hujan salju atau kabut yang mengandung asam. Meskipun pada keadan biasa SO3 sukar terbentuk pada keadaan tertentu. Senyawa-senyawa tersebut akan berpindah dari atmosfer kepermukaan bumi melalui hujan dan deposisi langsung sehingga di kenal dengan deposisi basah dan deposisi kering. Gas SO3 bereaksi dengan air membentuk H2SO4 SO3(g) + H2O (l) → H2SO4(l) Pabrik asam sulfat memerlukan belerang dioksida yang dapat diperoleh dari : a. Kategori angka pH mengindikasikan hujan basa atau asam. Asam Sulfat Pada suhu kamar belerang trioksida berupa padatan yang terdiri dari satuan SO3 dengan struktur yang rumit.ku yang mengandung belerang. Deposisi asam yang terkandung dalam hujan dapat menggambarkan kondisi keasaman air hujan dalam angka pH. Sifat SO2 yang mudah larut dan menghasilkan asam seperti dijelaskan di atas mengakibatkan persoalan lingkungan seperti misalnya hujan asam.6 di katakan telah terjadi hujan asam di daerah tersebut. SO2 dapat dioksida menjadi SO3. Pembakaran belerang S + O2 → SO2 b. London smog / smog kelabu terjadi dari campuran SO partikulat dan kabut. Sulfur trioksida dapat dibuat dengan cara oksida belerang dioksida dengan oksigen. kualitas udara menurun yang dapat berakibat langsung pada kesehatan manusia seperti sesak napas / gatal-gatal di kulit. 2SO2(g) + O2(g) → 2SO3 ∆H = -98kJ mol-1 SO2 sangat stabil diudara. selama polutan diudara. zat dalam partikulat dapat mengkatalisa pembentuk SO3 dari SO2 dan dengan udara lembab dapat menghasilkan kabut yang mengandung asam sulfat. b. Bila air hujan mempunyai nilai pH di bawah 5. Dengan adanya katalis. oksida SO2 menjadi SO3 segera berlangsung.Polutan akan tinggal beberapa lama di udara dan kemudian musnah terdeposisi kepermukaan bumi . Padatan ini mudah menguap dan pada pase gas SO3 terdiri dari molekul segitiga planar . Pirit (seng sulfida) .

.Anhidrit. West Java. Bandung. . CS2 (bahan baku serat rayon) serta pada proses vulkanisasi karet (ikatan silang belerang akan memperkuat polimer karet). Kawah Ratu or Queen of the Craters of Mount Tangkuban Perahu.→ S2O32-d. pembuatan karbon di sulfida. Belerang bereaksi dengan ion sulfit membentuk sebuah ion sulfat : S + SO32.CaSO4 CaSO4 + 2C → 2CO2 + CaS CaS + 3CaSO4 → 4CaO + 4SO2 Untuk mempermudah pengenalan asal dari gas oksida belerang dan terjadinya asam sulfat di atmosfer dapat dilihat skema berikut ini : c.Pada pemanggangan bijih-bijih logam ini. Kegunaan sulfur mempunyai banyak kegunaan diantaranya sebagai bahan baku pembuatan asam sulfat.Thiosulfat Dalam sejumlah senyawa sebuah atom belerang dianggap menggantikan sebuah atom oksigen. dihasilkan sulfur dioksida sebagai hasil samping 4FeSO4 + 11O2 → 2Fe2O3 + SO2 2ZnS + 3O2 → 2ZnO + 2SO2 c. The biggest crater.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful