P. 1
Pengenalan Jaringan Komputer

Pengenalan Jaringan Komputer

|Views: 179|Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Hardika Dwi Hermawan STabillo on Apr 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/03/2012

pdf

text

original

PEND.

TEKNIK INFORMATIKA KELAS E1

PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer, 2 atau lebih yang terpisah akan tetapi saling terhubung satu sama lain dalam bertukar informasi

Disusun Oleh : Hardika Dwi Hermawan 11520241004 Timur Rohimiasih 11520241006 Reny Murni Hidayati 11520241009 Ali Hasan Azis 11520241020

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2012

PEND. TEKNIK INFORMATIKA KELAS E1

JARINGAN KOMPUTER

1. Pengertian Jaringan Komputer Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer, 2 atau lebih yang terpisah akan tetapi saling terhubung satu sama lain dalam bertukar informasi. Dengan menggunakan jaringan komputer, kita dapat memperoleh beberapa keuntungan, diantaranya : a. Sharing : program, peralatan dan data b. Menghemat Uang/lebih efisien c. Medium Komunikasi : memungkinkan kerjasama dengan orang-orang yang terhubung dalam jaringan d. Informasi yang diperoleh luas e. Hiburan interaktif dengan media yang terhubung dalam jaringan

2. Jaringan Komputer Bedasarkan Jangkauan Geografis Menurut jangkauan atau jaraknya, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis jaringan komputer menurut jangkauannya, diantaranya : a. Local Area Network (LAN) Local Area Network atau sering kita sebut LAN adalah jaringan komputer yang meimiliki wilayah cakupan yang kecil. LAN biasa digunakan dilingkungan kampus, kantor, sekolah, gedung, ataupun rumah.

b. Metropolitan Area Network (MAN)

2

PEND. TEKNIK INFORMATIKA KELAS E1

Metropolitan Area Network atau MAN adalah suatu jaringan komputer yang wilayah cakupannya lebih luas daripada LAN, yaitu dapat mencakup wilayah kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, gedung pemerintahan, dan sebagainya. Jangkauan untuk MAN antara 10 hingga 50 km.

c. Wide Area Network (WAN) Wide Area Network yang disingkat dengan WAN merupakan suatu jaringan komputer yang memiliki wilayah cakupan yang besar, yang dapat menghubungkan komputer antar wilayah, kota, negara, bahkan benua. WAN membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. d. Intranet Intranet merupakan jaringan komputer yang dihususkan hanya dapat diakses oleh satu pihak. Contohnya : Telkom Semarang dan Telkom Yogyakarta. e. Internet Interconnected-networking atau biasa kita sebut dengan internet adalah jaringan komputer yang memiliki wilayah cakupan area di seluruh dunia (global).

3. Jaringan Komputer Bedasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data a. Jaringan terpusat Jaringan terpusat memanfaatkan satu komputer server sebagai sumber informasi/data dari komputer klient. b. Jaringan terditribusi

3

PEND. TEKNIK INFORMATIKA KELAS E1

Jaringan terdistribusi merupakan gabungan atau kolaborasi dari beberapa jaringan terpusat, dimana memiliki beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk suatu jaringan tertentu.

4. Jaringan Komputer Bedasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data a. Jaringan Client-Server Terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer klient. Komputer yang akan menjadi komputer server atau klient diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer klient sebagai perantara dalam mengakses data, sedangkan komputer server digunakan sebagai penyedia informasi yang diperlukan oleh komputer client. b. Jaringan Peer-to-Peer Tidak ada komputer klient ataupun komputer server karna semua komputer dapat mengirim atau menerima informasi. Komputer dapat berfungsi sebagai komputer klient ataupun komputer server.

5. Jaringan Komputer Bedasarkan Media Transmisi Data a. Jaringan berkabel (Wired Network) Dari namanya kita dapat mengetahui bahwa pada jaringan ini membutuhkan sebuah kabel jaringan dalam menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya. b. Jaringan Nirkabel (Wireless Network) Jaringan Nirkabel tidak memerlukan kabel lagi untuk menghubungkannya. Jaringan ini memanfaatkan media berupa gelombang elektromagnetik.

6. Topologi Jaringan Komputer Adalah cara yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lain sehingga membentuk jaringan.

4

PEND. TEKNIK INFORMATIKA KELAS E1

1. Topologi bus Pada topologi bus sebuah kabel pusat atau tunggal dimana seluruh server dan client dihubungkan. Keuntungan    Hemat kabel Layout kabel sederhana Pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain Kerugian     Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil Kepadatan lalu lintas pada jalur utama Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan Diperlukan repeater untuk jarak jauh
5

PEND. TEKNIK INFORMATIKA KELAS E1

2. Topologi Ring Semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk pola melingkar seperti cincin. Setiap workstation dan server akan menerima dan melewatkan informasi.apabila informasi sesuai akan digunakan dan apabila tidak akan dilewati. Keunggulan: Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data karena hanya ada satu node dapat mengirimkan data pada suatu waktu. Kelemahan: Satu node akan ikut mengelola informasi yang dilewatkan. Apabila ada satu node terganggu maka seluruh jaringan akan terganggu. 3. Topologi Star atau Topologi Bintang. Pada topologi ini workstation secara langsung dihubungkan secara langsung ke server atau hub. Keunggulan: dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server, maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan kinerja jaringan secara keseluruhan. Dan juga bila terdapat gangguan di suatu jalur kabel maka gangguan hanya akan terjadi dalam komunikasi antara workstation yang bersangkutan dengan server, jaringan secara keseluruhan tidak mengalami gangguan. Keuntungan   Paling fleksibel Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain   Kontrol terpusat sehingga memudahkan dalam pengelolaan jaringan. Mudah mendeteksi dan isolasi kesalahan atau kerusakan, jika terdapat salah satu kabel yang menuju node terputus maka tidak akan mempengaruhi jaringan secara keseluruhan. Hanya kabel yang putus yang tidak dapat digunakan.  Jumlah pengguna komputer lebih banyak daripada topologi Bus
6

PEND. TEKNIK INFORMATIKA KELAS E1

Kerugian    Boros kabel Perlu penanganan khusus Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis. Jika hub rusak maka jaringan yang berada dalam satu hub akan rusak. 4. Topologi tree Adalah topologi jaringan komputer yang merupakan kombinasi antara topologi star dan bus. Biasanya topologi ini berupa topologi jaringan bertingkat.

Keuntungan:  Merupakan topologi terbaik untuk seluruh jaringan dibandingkan topologi komputer yang lain seperti ring dan star.  Terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan setiap saat.contohnya di perusahaan. Kelemahan:  Apabila node yang lebih tinggi mengalami gangguan maka yang berada di bawahnya tidak efisien. 5. Topologi mesh Topologi jaringan dimana masing-masing komputer dan perangkat yang lain saling berhubungan satu sama lain secara langsung. Keuntungan :   
7

Apabila ada satu link dalam sistem yang tidak stabil maka yang lain tidak akan berhenti(tidak berpengaruh) Pengiriman data, dari satu node ke sejumlah simpul yang lain dapat dilakukan secara bersamaan.

PEND. TEKNIK INFORMATIKA KELAS E1

Pemecahan masalah lebih mudah.

Kelemahan:    Membutuhkan lebih banyak perangkat keras. Pelaksanaan instalasi dan konfigurasi sangat rumit. Biaya instalasi dan pemeliharaan jaringan cukup tinggi.

7. Perangkat Jaringan Komputer 1. MODEM Modem biasanya digunakan sebagai penerima data dari luar jaringan, cara kerja modem (Modulation demodulation) adalah mengubah sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya. Sebagai contoh penggunaan modem adalah modem ADSL pada telkom speedy yang digunakan untuk terhubung ke HUB internasional melalui perantara jaringan telkom.

2. SWITCH

Switch adalah HUB pintar yang mempunyai kemampuan untuk menentukan tujuan MAC address dari packet. Daripada melewatkan packet ke semua port, switch meneruskannya ke port dimana ia dialamatkan atau dengan kata lain switch dapat langsung berhubungan dengan PC yang di tuju sehingga switch dapat secara drastis mengurangi traffic network. Karena switch beroperasi pada MAC address bukan pada IP address. Switch digunakan sebagai repeater/penguat yang berfungsi untuk menghubungkan kabelkabel UTP ( Kategori 5/5e ) komputer yang satu dengan komputer yang lain.

8

PEND. TEKNIK INFORMATIKA KELAS E1

3. ROUTER

Router berfungsi sebagai batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam LAN atau sebagai penghubung antar dua jaringan/network dan bisa juga menyaring atau memfilter lalu lintas data serta menentukan dan memilih jalur alternatif yang akan dilalui oleh data. Router terdapat di dalam switch.

4. HUB

Cara kerja HUB adalah sama seperti switch tetapi bedanya sebelum hub berhubungan dengan PC yang dituju, maka hub harus menanyai NIC tiap-tipa computer yang masuk dalam jaringan tersebut. Setelah itu PC yang dituju akan menjawab balasan dari hub. Hub juga menyediakan kemampuan berikut: - memfasilitasikan penambahan, penghilangan atau pemindahan - workstation. menambah jarak network (fungsi sebagai repeater) - menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda - (Ethernet, Token Ring, FDDI). menawarkan feature yang fault - tolerance (isolasi kerusakan) memberikan manajemen service yang - tersentralisasi (koleksi informasi, diagnostic) Kekurangannya, hub cukup mahal, membutuhkan kabel tersendiri untuk berjalan, dan akan mematikan seluruh network jika ia tidak berfungsi.

9

PEND. TEKNIK INFORMATIKA KELAS E1

5. BRIDGE

Bridge adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Terdapat tiga jenis bridge jaringan yang umum dijumpai:

Bridge Lokal: sebuah bridge yang dapat menghubungkan segmen-segmen jaringan lokal.

Bridge Remote: dapat digunakan untuk membuat sebuah sambungan (link) antara LAN untuk membuat sebuah Wide Area Network.

Bridge Nirkabel: sebuah bridge yang dapat menggabungkan jaringan LAN berkabel dan jaringan LAN nirkabel.

6. NIC (network interface Card)

Merupakan penghubung PC dengan jaringan, sehingga komputer dapat terhubung/terkoneksi ke sebuah jaringan komputer. Bentuk yang paling umum dari NIC adalah ethernet - metode yang sangat cepat dalam mentransfer data antar komputer.

10

PEND. TEKNIK INFORMATIKA KELAS E1

Fungsi dari NIC adalah mengijinkan komputer untuk berkomunikasi dalam network, dengan cara mengirim/menerima dan mengontrol traffic dengan komputer atau peralatan lain yang ada pada network. 7. KABEL UTP dan RJ45

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah salah satu Perangkat keras jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan perangkat keras lainnya, misalnya menghubungkan modem – NIC atau pun ke server, atau menghubungkan semua perangkat keras jaringan yang ada.

8. PENGENALAN IP ADRESS IP address merupakan sebuah alamat computer dalam suatu jaringan agar sebuah paket dapat mencapai tujuan. IP address disusun dari 32 bit bilangan biner. Ada dua IP Adress., yaitu : a. IP Public IP Publik merupakan IP Adress yang digunakan dalam lingkup internet. IP ini dapat diakses seluruh user yang tergabung dalam internet secara langsung ataupun tidak (melalui proxy/NAT). Contohnya adalah akses speedy modem yang memiliki IP Public 125.126.0.1 . b. IP Private IP Private hanya digunakan dalam lingkup intranet. Contohnya akses di LAN modem menggunakan IP Private 192.168.1.1

11

PEND. TEKNIK INFORMATIKA KELAS E1

9. SUMBER http://lecturer.ukdw.ac.id/othie/Jaringan_Komputer.pdf Umi Proboyekti, S.Kom, MLIS http://www.scribd.com/zulfikri%20kamin/d/3582875-Jaringan-Komputer-dan-Pemanfaatannya http://laksamana-embun.blogspot.com/2010/02/jenis-jenis-jaringan-komputer.html http://alfandra.blogspot.com/2007/09/pengenalan-dasar-tentang-jaringan.html 2007 http://chapila.com/komputer/perangkat-keras-jaringan-komputer.html#ixzz1n1WQsCv5 http://chapila.com/komputer/perangkat-keras-jaringan-komputer.html#ixzz1n1KK2dr7 http://up-lidyati-9c.blogspot.com/2011/02/materi-kelas-9perangkat-jaringan.html http://chapila.com/komputer/perangkat-keras-jaringan-komputer.html http://nurmanto.com/pengertian-ip-address/

12

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->