P. 1
DESINFEKSI

DESINFEKSI

|Views: 4,712|Likes:
Published by asagdgsd

More info:

Published by: asagdgsd on Apr 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/19/2013

pdf

text

original

DESINFEKSI,STERILISASI ,ASEPTIK DAN ANTISEPTIK

DESINFEKSI Desinfeksi adalah mengahancurkan atau membunuh kebanyakan organisme patogen pada benda atau istrumen dengan menggunakan campuran zat kimia cair. Hasil proses desinfeksi dipengaruhi oleh beberapa faktor :

Beban organik(beban biologis) yang di jumpai pada benda. Pembersihan /dekontaminasi benda sebelumnya. Konsentrasi desinfektan dan waktu pajanan. Suhu dan PH dari proses desinfeksi.

• • •

DEKONTAMINASI Membuang semua material yang tampak (debu,kotoran) pada benda ,lingkungan,permukaan kulit dengan menggunakan sabun,air dan gesekan. Tujuan prosedur dekontaminasi: 1.untuk mencega penyebaran infeksi melalui peralatan pasien atau permukan lingkungan. 2.untuk membuang kotoran yang .tampak 3.untuk membuang kotoran yang tidak terlihat(Mikroorganisme). 4.untuk menyiapkan semua permukaan untuk kontak langsung dengan alat pensterial atau desinfektan. 5.untuk melindungi personal dan pasien.

Terdapat 3 desinfeksi : 1.Desinfeksi tingkat tinggi. Membunuh semua organisme dengan perkecualian spora bakteri. a.DTT dengan merebus  mulai menghitung waktu saat air mulai mendidih.  Merebus 20 dalam panci tertutup  Seluruh alat harus terendam

Glutaraldehid 2%)  Langkah-langkah DTT kimia: • • • • Dekontaminasi cuci+bilas keringkan Rendam semua alat dalam larutan desinfektan selama 20.formaldehid 8%. b.  Pakai alat sesegera mungkin atau simpan wadah tertutup dan kering yang telah di DTT .DTT dengan mengukus.definisi tingkat sedang Membunuh bakteri kebanyakan jamur kecuali spora bakteri. STERILISASI Desinisi: secara komplit membunuh seluruh organisme termasuk spora bakteri pada benda yang telah didekontaminasi dengan tepat .  Keringkan dalam kontainer DTT. c.Desinfeksi tingkat rendah Membunuh kebanyakan bakteri beberapa virus dan beberapa jamur tetapi tidak dapat membunuh mikrorganisme yang resisten seperti basil tuberkel dan spora bakteri.  Kecilkan api hingga air tetap mendidih. 2. Jangan mennambah alat apapun ke air mendidih.1%. Bilas dengan air yang telah direbus dan di keringkan di udara Segera dipakai atau disimpan dalam kontainer yang kering dantelah di DTT. Tujuan .  Jangan pakei lebih dari3 panci uap.DTT dengan kimia  Desinfektan kimia untuk DTT (klorin 0. 3.maksimal 1 minggu.  Waktu dihitung mulai saat keluarnya uap.  Selalu kukus 20 dalamkukusan.

M emusnakan semua bentuk kehidupan mikroorganisme patogen termasuk spora . Hal-hal yang perlu di pertimbangkan dalam memilih metode sterilisasi .yang mungkin telah ada pada peralatan kedokteran dan perawat yang dipakai.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->