EKA FITRIANA EMI YULIANI JULIAWATI MARIANI RANTI SARTIKA

: (220900188) : (220900241) : (220900250) : (220900213) : (220900126)

 Periode Pertama Periode pertama. . menghantarkan yang Andalusia kepada menjadi provinsi belum tunduk pemerintahan pusat di Damaskus. berlangsung sekitar tahun 711 – 755 M. peradaban dan kebudayaan mencapai puncaknya. Periode sebuah Islam ini. kecuali setelah datangnya Abdurrahman Al-Dakhil pada tahun 138 H / 755 M.

sudah mulai semarak berkembang dan menuju kepada kemajuan. Periode Kedua Periode kedua. berlangsung sekitar tahun 755 – 912 M. Ilmu pengetahuan dan seni budaya pada masa ini. Orang pertama yang memimpin Andalusia yang berdaulat dan berdiri sendiri adalah Abdurrahman Al-Dakhil. Abdurrahman Al-Dakhil segera membangun Mesjid Cordova dan sekolah-sekolah di berbagai kota besar di Spanyol. Andalusia (gubernur) pada yang periode ini dipimpin diri oleh seorang wali menyatakan tidak tunduk kepada pemerintahan pusat yang berada di Baghdad. .

. banyak mengandung kemajuan yang cukup berarti. Periode Ketiga Ada periode ini. baik di bidang ilmu pengetahuan maupun sosial budaya. yang diawali dengan kepemimpinan Abdurrahman III dan diakhiri dengan munculnya kerajaan-kerajaan kecil. Peride ini berlangsung sekitar tahun 912 – 1013 M. Dibangunya universitas Cordova dan perpustakaan yang banyak memiliki ribuan buku Ilmu Pengetahuan. Peradaban Islam di Eropa semakin tampak bersinar. umat Islam mengalami kemajuan yang luar biasa. yang disebut Muluku Al-Thawaif. sebab periode ini.

kecuali Granada yang masih dikuasai Bani Ahmar.  Periode Kelima Periode kelima. yang dipimpin oleh dua dinasti yang menonjol ketika itu. Kota Cordova jatuh ke tangan penguasa Katolik pada tahun 1238 M. Kaum Katolik sejak tahun 1212 mengalami kemenangan yang luar biasa. merasa kuat dan mampu mendirikan kerajaan sendiri. Periode ini merupakan awal kehancuran umat Islam di Andalusia. sebab mereka saling bertengkar dan berperang sesama Muslim untuk merebutkan wilayah kekuasaan. berlangsung sekitar tahun 1013 – 1086 M. Kota-kota besar di wilayah Andalusia. sehingga kota-kota besar Islam satu-persatu jatuh ke tangan mereka. sepuluh tahun kemudian menyusul kota Seville jatuh pada tahun 1248 M. Periode Keempat PeriOde keempat. Bahkan seluruh wilayah Andalusia jatuh ke tangan Katolik. . pada tahap ini Andalusia sebagai suatu kerajaan yang berdaulat yang utuh mengalami disintegrasi. yaitu dinasti Murabithun (1086 – 1143 M) dan dinasti Muwahidun (1146 – 1253 M. berlangsung sekitar tahun 1086 – 1248 M.

Namun kejayaan Islam itu tidak bertahan lama akibat konflik intern yang terjadi di kalangan istana. berlangsung sekitar tahun 1248 – 1492 M. akhirnya Abu Abdullah Muhammad digulingkan oleh kedua penguasa Kristen. Periode Keenam Periode keenam. Tak lama menduduki kerajaan. Ferdinand dan Isabella. seakan lenyap dari bumi Andalusia. . Maka sejak itulah. Namun demikian di bawah kekuasaan Bani Ahmar (1252 – 1492 M) peradaban Islam mulai mengalami kemajuan yang cukup berarti.yang sebenarnya merupakan akhir dari kekuasaan Islam di tanah Spanyol. pada tahun 1492 M.

b. Faktor Dari Dalam (Intern) a. Tidak Jelasnya Sistem Peralihan Kekuasaan Tidak Adanya Ideologi Pemersatu Para Penguasa Islam Cukup Puas Dengan Menerima Upeti Dan Tidak Melakukan Islamisasi Secara Sempurna Kesulitan Ekonomi Lemahnya Kekuasaan Bani Umayyah II dan Bangkitnya Kerajaan-Kerajaan Kecil di Andalusia . e. d. c.

 Faktor Dari Luar (Ekstern) a. Timbulnya Semangat Orang-Orang Eropa Untuk Menguasai Kembali Andalusia Konflik Islam Dengan Kristen keterpencilan . b. c.

  Hancurnya Kekuasaan Islam dan Rendahnya Semangat Para Ahli Dalam Menggali Budaya Islam Banyaknya Orang-Orang Eropa Yang Menguasai Ilmu Pengetahuan Dari Islam .

       Bidang Ilmu Pengetahuan dan Filsafat Bidang Geografi dan Sains Bidang Sejarah dan Sosiologi Bidang Agama dan Hukum Islam Bidang Musik dan Kesenian Bidang Bahasa dan Sastra Bidang Pembangunan Fisik .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful