Menjaga Lisan (Hifzhul Lisan

)
Lisan atau lidah adalah satu bagian dari tubuh manusia yang

tidak bertulang. Lisan inilah sumber dari hikmah dan
kemuliaan seseorang begitupun sebaliknya jika ia pandai untuk menjaganya, akan menjadi sumber petaka dan

kehinaan bagi manusia jika lisan ini tidak dipelihara. Seperti : banyak orang yang berubah menjadi lebih baik

dikarenakan tutur kata seseorang yang mengandung hikmah
dan tausiah. Akan tetapi tidak jarang pula terjadinya

perselisihan dan pertengkaran gara-gara perkataan lisan.

1. Bahaya Lidah Dan Keutamaan Diam 2. penyakit-penyakit lisan

Bahaya Lidah Dan Keutamaan Diam Rasulullah saw ditanya tentang sesuatu yang paling banyak memasukkan orang kedalam surga.1.” . lalu beliau bersabda: “takwa kepada allah dan akhlaq yang baik” dan beliau ditanya tentang sesuatu yang paling banyak memasukkan orang kedalam neraka. kemudian beliau bersabda: “dua hal yang kosong: mulut dan kemaluan.

Ucapan Beberapa Ulama Tentang Bahaya Lisan Al.” . kemudian mengamalkan. kemudian menghafal serta menyebarkannya.” Abu ad-darda’: “tidak ada kebaikan dalam hidup ini kecuali salah satu dari dua orang yaitu orang yang diam namun berfikir atau orang yang berbicara dengan ilmu.fudhail : “dua perkara yang akan bisa mengeraskan hati seseorang adalah banyak berbicara dan banyak makan.” Sufyan ats-tsauri : “awal ibadah adalah diam kemudian menuntut ilmu.

Perkataan yang tidak bermanfaat dan tidak berbahaya.Hal Lain Yang Menunjukkan Keutamaan Diam Adalah Bahwa Perkataan Terbagi Atas Empat Bagian : 1. menyibukkan diri dengan berarti menyia-nyiakan waktu dan merupakan kerugian. Perkataan yang mengandung manfaat dan bahaya 4. 2. Perkataan yang bermanfaat sepenuhnya 3. maka ia adalah fudhul. Perkataan yang berbahaya sepenuhnya. maka kita harus diam tidak mengucapkannya. .

Berdusta dalam perkataan dan sumpah 7. Berlebihan dalam berbicara 3. Ejekan dan cemoohan 5. Pembicaraan yang tidak berguna 2.2. Senda gurau 4. Menyebarkan rahasia 6. Menggunjing (ghibah) . Penyakit-penyakit Lisan 1.

Pembicaraan Yang Tidak Berguna Rasulullah saw bersabda : “sebaik-baiknya islam seseorang adalah meninggalkan sesuatu yang tidak berguna. pertanyaan tersebut mengakibatkan orang itu melakukan perbuatan berdusta . tanpa disadari kita menyeret teman untuk memamerkan ibadahnya. misalnya : •menanyakan teman yang sedang berpuasa. •Menanyakan keberadaan dan dari manakah dia. seperti menanyakan sesuatu walaupun tidak mendatangkan bahaya namun tanpa disadari dibalik pertanyaan tersebut mengandung dan mengundang bahaya.” Perkataan basa-basi. mungkin merasa risih. malu untuk memberitahukan hal yang sebenarnya tentang apa yang dipetranyakan oleh kita .

Penyebab ? •Rasa ingin tahu apa yang tidak bermanfaat baginya •Bermanis kata sebagai ungkapan kasih sayang •Mengisi waktu dengan berbagai cerita berbagai hal yang tidak bermanfaat Obat dari semua ini adalah mengetahui atau menyadari bahwa kem dihadapannya. dan bahwa lidah ada yang bisa dipakai Untuk Mendapatkan bidadari surga. .Bahwa nafas adalah modalnya.

Berlebihan Dalam Berbicara mencakup sesuatu yang tidak berguna dan menyampaikan sesuatu yang berguna melebihi dari kadar kebutuhan. meskipun ucapan seseorang untuk mendiamkan anaknya. „aku akan membelikanmu ini dan itu‟. memuji yang berlebihan sehingga sampai pada batas dusta Mujahid berkata : “semua ucapan itu dicatat. Jika sudah ada orang yang berbicara cukup maka mendengarkan adalah keselamatan . Memuji. namun tidak dengan niat membelikannya. Maka ia dicatat sebagai pembohong!” Yazid bin abu mubaib berkata : “termasuk fitnah seorang alim ialah jika dia lebih suka berbicara ketimbang mendengarkan.

Umar ra berkata : “siapa yang banyak tertawa maka sedikit kewibawaannya. siapa yang bersenda gurau maka akan dianggap enteng. gurauan itu akan menimbulkan banyak tawa dan banyak tertawa bisa mematikan hati.” .” Senda gurau yang tebebas dari hal-hal yang tidak tercela sebagaimana diriwayatkan dari nabi saw bahwa beliau bersabda :”sesungguhnya aku bersenda gurau tetapi aku tidak mengatakan kecuali yang benar.Senda Gurau Gurauan yang dilarang adalah gurauan yang keterlaluan dan dilakukan dengan terus menerus. dan siapa yang sedikit wara‟nya maka telah mati hatinya. menimbulkan kedengkian dan menjatuhkan wibawa.

Begitupuin dengan tertawa yang tercela adalah tertawa yang terbahak-bahak sedangkan tertawa yang terpuji adalah tersenyum hingga terlihat giginya tetapi tanpa terdengar suara yang keras .

seperti mentertawakan tulisan. dengan panggilan . dan postur tubuhnya. seperti panggilan kepada orang yang sudah beriman. gambar.Ejekan Dan Cemoohan Mengejek atau mencemooh adalah menghina orang lain dengan menyebut-nyebut atau mengisyaratkan kekurangan sehingga yang mendengar dan melihatnya mentertawakan orang yang disebut. hal ini dengan mentertawakan ucapannya yang keliru atau perbuatannya. Peremehan yang mengandung pelecehan dan penghinaan. Akibat : Orang yang diperolok-olok menjadi sakit hati. Fakta : belum tentu otang yang memperolok-olok itu lebih baik keadaannya daripada orang yang diolok-olok Panggilan yang buruk ialah gelar yang tidak disukai oleh orang yang digelari.

Rasulullah saw bersabda : “sesungguhnya orang yang paling buruk tempatnya dihari kiamat adalah orang laki-laki yang telah menggauli istrinya. HR. Al-hasan berkata : “sesungguhnya yang termasuk kedalam kategori khianat adalah membeberkan rahasia sesama.Menyebarkan Rahasia Membeberkan sesuatu yang menjadi rahasia orang lain termasuk tindakan yang dilarang oleh agama. muslim . karena didalamnya mengandung makna menyakiti terhadap sesama. kemudian ia ceriotakan rahasianya”.

melainkan akan mendapatkan adzab yang pedih. dan orang miskin yang sombong”. penguasa yang dusta. Contoh : “demi allah sungguh aku akan lakukan ini”. mereka itulah orang yang tua yang berzinah. Definisi sumpah menurut fikih .Berdusta Dalam Perkataan Dan Sumpah Rasulullah saw bersabda : “ada tiga golongan yang tidak akan diajak bicara dan tidak akan diperhatikan allah swt serta tidak akan disucikan. . yaitu menggunakan namanama allah swt atau sifat-sifatnya untuk bersumpah.

ter masuk sumpah laghwu adalah seseorang bersumpah terhadap sesuatu dia mengira sesuatu itu seperti ini kemudian tiba-tiba perkiraannya meleset. Akan tetapi pelakunya wajib bertaubat dan memohon ampun kepada Sumpah tanpa sengaja (laghwu) → sumpah yang biasa allah swt diucapkan oleh seseorang muslim tanpa unsur kesengajaan. . Sumpah yang sah → sumpah yang niat awalnya dimaksudkan untu Sesuatu yang akan datang . sumpah ini cukup dibayar dengan kaffarah.Macam-macam Sumpah : Sumpah palsu → seseorang yang bersumpah dengan sengaja untuk Berbohong . hukum sumpah ini adalah jika pelakun Melanggar sumpahnya dia berdosa dan wajib membatar kaffarah.

Memberikan kepada masing-masing dari mereka pakaian yang cukup untuk melakukan shalat.Sumpah Kaffarah Ada Empat Macam. Atau mengumpulkan mereka semua diajak makan siang/makan malam sampai mereka kenyang. Memberikan makan kepada sepuluh orang miskin tiap orangnya 1 mud makanan pokok/beras. Memerdekakan seorang budak mukmin 4. 2. 3. Yaitu : 1. Berpuasa tiga hari berturut-turut jika mampu jika tidak berpuasa tiga hari secara terpisah .

atau pakaian . akhlak. nasab.Ghibah (menggunjing) Alquran telah menyebutkan larangan ghibah ini dan menyerupakan pelakunya dengan pemakan bangkai. harta dan kehormatan kalian adalah haram atas diri kalian”. Makna ghibah : engkau menyebut-nyebut orang lain yang tidak ada disisimu dengan suatu perkataan yang membuatnya tidak suka jika mendengarnya baik menyangkut kekurangan pada tubuhnya. Dalam hadist disebutkan : “sesungguhnya darah.

tidak menghargai hak orang lain. panjang ekornya atau kotor . sombong. dan semua hal yang menggambarkan sifat badannya. tidak hati-hati terhadap najis. peminum khamar. misalnya mengatakan kurang beradab. yang tidak disukainya. pesek. banyak tidur. pengkhianat. banyak bicara. dan lain sebagainya. misalnya mengatakan pencuri. tinggi.Misalnya tubuh menyebutkan pendek. zalim. ngawur. misalnya fasiq atau hina Sebutan tentang akhlak. bakhil. Sebutan tentang perbuatannya yang berkaitan dengan dunia. Sebutan tentang pakaiannya. tidak bisa ruku’ atau sujud dengan baik. menyepelekan shalat atau zakat. mengatakan bajunya longgar. lekas marah. banyak makan. Sebutan tentang nasab. tidak menjaga puasanya dari berkata jorok. pengecut. menyepelekan orang. pendusta. Sebutan tentang perbuatannya yang berkaitan dengan agama. suka debat. putih. lemah hati. kuning. mengatakan akhlak yang buruk. hitam. ghibah atau menodai kehormatan orang.

Ini adalah ghibah bahkan lebih erat dengan lidah . dan semua hal yang memberi pemahaman tentang apa yang dimaksud. tulisan. Isyarat. .Ghibah tidak hanya terbatas pada lidah. anggukan. bahasa kiasan dalam hal ini sama dengan terus terang. dan perbuatan sama dengan perkataan. karena dengan memperlihatkan kekagumannya sesungguhnya dia telah mendorong semangat orang yang melakukan ghibah. Bentuk ghibah lainnya adalah mendengarkan ghibah dengan mengaguminya. picingan. Termasuk diantaranya adalah menirunya dengan berjalan pincang atau berjalan menirukan cara jalannya. gerakan. bisikan.

. Ingin membanggakan diri Kedengkian Bermain-main. dan mendukung pembicaraan mereka Ingin mendahului menjelek-jelekkan keadaan orang yang dikhawatirkan memandang jelek ihwalnya disisi orang yang disegani. berbasa-basi dengan teman.Hal-hal Yang Mendorong Ghibah : Melampiaskan kemarahan Menyesuaikan diri dengan kawan-kawan. Melecehkan dan merendahkan orang lain demi untuk menghinakannya. senda gurau dan mengisi waktu kosong dengan lelucon.

Mengetahui bahwa ghibah dapat mendatangkan kemurkaan allah Mengetahui bahwa ghibah dapat membatalkan kebaikankebaikannya dihari kiamat. Mengetahui bahwa ghibah dapat memindahkan kebaikankebaikannya kepada orang yang digunjingnya Jika hamba mengetahui berbagai nash tentang ghibah niscaya lidahnya tidak akan melakukan ghibah karena takut kepada hal tersebut Akan vermanfaat juga jika ia merenungkan tentang dirinya. Obat Yang Dapat Mencegah Lidah Dari Ghibah : .

devi Elvin mamangung pretty Yayang septiyan indra .