Kelebihan media gambar seri a.

Sifatnya konkret, gambar lebih realistis menunjukkan pokok masalah dibandingkan dengan media verbal semata. b. Gambarnya dapat membatasi batas ruang waktu. Tidak semua benda, objek atau pariwisata dapat dibawa ke kelas, dan tidak semua anak-anak dibawa ke objek/pariwisata tersebut. c. Media gambar dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita. d. Media gambar dapat memperjelas suatu masalah dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja, sehingga dapat mencegah atau membetulkan kesalahpahaman. e. Harganya murah dan digunakan tanpa memerlukan peralatan khusus.

Kekurangan a. b. c. d. Gambar hanya menekankan persepsi indra mata. Gambar benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran. Ukurannya sangat terbatas untuk kompleks besar. Pada umumnya hanya dua dimensi yang Nampak pada satu gambar, sedang dimensi yang lainnya tidak terlalu jelas. e. Tidak dapat memperlihatkan suatu pola gerakan utuh suatu gambar kecuali jika menampilkan sejumpah gambar dalam suatu urutan peristiwa (Herdiana, 2010:23)

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa menulis karangan melalui media gambar merupakan suatu tehnik pengajaran menulis yang sangat cocdok digunakan, gambar yang kelihatannya diam sebenarnya banyak berkata bagi mereka yang peka dan penuh imajinasi. Oleh karena itu pemilihan gambar harus tepat, menarik dan merangsang siswa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful