P. 1
prak jarkom 2

prak jarkom 2

|Views: 177|Likes:

More info:

Published by: Rengga Okky Haryanto on Apr 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/26/2015

pdf

text

original

LAPORAN PRAKTIKUM

JARINGAN KOMPUTER

Okky Rengga [064.08.035]

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS TRISAKTI JAKARTA 2012

1.crossover Indikator Kerja 1. Kabel dapat di-crimping untuk 2. Kabel coaxial merupakan kabel tembaga yang diselimuti oleh beberapa pelindung dimana pelindung-pelindung tersebut memiliki fungsi sebagai konduktor. Judul 2. Isolator luar.  Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah kabel yang biasa digunakan untuk membuat jaringan computer bberupa kabel yang didalamnya berisi empat pasang kabel yang setiap pasangnya adalah kembar dengan ujung konektor RJ-45. berfungsi sebagai pelindung kabel inti (konduktor). Sebutkan dan jelaskan macam-macam kabel penghubung.  Kabel STP (Shielded Twisted Pair) merupakan salah satu jenis kabel yang digunakan dalam jaringan computer. Elemen Kompetensi Mengetahui teknik cable crimping dengan konektor RJ-45 Mampu meng-crimping kabel dengan dua teknik. Masing-masing kabel berupa kabel dengan inti kawat tembaga tunggal yang berisolator. yaitu straight – crossover 4. berupa kabel tunggal yang merupakan inti dari kabel coaxial yang digunakan untuk transmisi data atau sebagai kabel data. yaitu tipe straight . Kabel fiber optic merupakan salah satu jenis media transfer data dalam jaringan komputer. Tujuan : Cable Crimping : Untuk mengerti cara perakitan atau pemasanagan kabel UTP ke konektornya (RJ-45) atau dikenal dengan istilah crimping. Konduktor. isolator dalam . Kabel ini berisi dua pair kabel (empat kabel) yang masing-masing pair di-twisted. Sekilas bentuknya seperti kabel. 3. Elemen Kompetensi : No 1. Merakit kabel dengan dua tipe. namun berbeda 2   . bagian berupa lapisan isolator yang juga merupakan kulit kabel. Mengetahui fungsi alat-alat digunakan meng-crimping kabel 2. Isolator dalam. dan isolator luar. Keempat kabel dibungkus dengan anyaman kabel serabut yang berfungsi sebagai pelindung dan grounding (Shielded). 1. Daftar Pertanyaan dan Jawaban a.

 Kabel penghubung memiliki dua jenis.dengan kabel lainnya karena media ini mentransfer data dalam bentuk cahaya. o Crossover merupakan kabel yang diperuntukkan untuk koneksi peer to peer antara perangkat yang sejenis. Berikut susunan kabelnya. Contohnya dari computer ke computer. dari computer ke router. router ke switch. A B putih hijau putih orange hijau orange putih orange putih hijau biru biru putih biru putih biru orange hijau putih coklat putih coklat coklat coklat o Straight digunakan untuk koneksi antar perangkat yang berbeda jenis. yaitu crossover dan straight. Untuk menggunakan fiber optic dibutuhkan kartu jaringan yang memiliki konektor tipe ST (ST connector). A-B. 3 . Sebutkan susunan kabel loopback dan jelaskan kegunaannya. router ke bridge dsb. seperti antara computer ke switch. b. computer ke hub/bridge. Kelebihan utama fiber optic dibandingkan dengan media kabel adalah dalam hal kecepatan transfer data yang cukup tinggi. dari switch ke switch dsb. A-A atau B-B. Berikut susunan kabelnya. Sebutkan kegunaan atau fungsi dari kabel jenis crossover dan straight. A B putih hijau putih orange hijau orange putih orange putih hijau biru biru putih biru putih biru orange hijau putih coklat putih coklat coklat coklat c.

serta untuk trial atau simulasi dalam menjalankan aplikasi Webserver Local di Laptop atau PCkita. contoh: Running aplikasi VMWARE atau software Virtualisasi yang lain. Kabel Loopback sering digunakan untuk berbagai keperluan Running aplikasi yang memerlukan koneksi LAN namun kita tidak memungkinkan untuk menyediakan Switch atau Hub untuk mengaktifkan koneksi laptop atau PC kita tersebut. Kabel Loopback adalah sebuah konektor RJ-45 dengan dua buah kabel pendek (sekitar 5-10 cm) yang digunakan untuk simulasi koneksi LAN Card kita pada sebuah jaringan LAN. 4 . maka skema dasarnya menjadi seperti ini: (Konektor A) Pin 1 --> Pin 3 (Konektor A) (Konektor A) Pin 2 --> Pin 6 (Konektor A) (Konektor A) Pin 4 --> Pin 7 (Konektor A) (Konektor A) Pin 5 --> Pin 8 (Konektor A) Artinya. demikian juga dengan pin-pin lainnya. yaitu: (Konektor A) Pin 1 --> Pin 3 (Konektor B) (Konektor A) Pin 2 --> Pin 6 (Konektor B) (Konektor A) Pin 3 --> Pin 1 (Konektor B) (Konektor A) Pin 4 --> Pin 7 (Konektor B) (Konektor A) Pin 5 --> Pin 8 (Konektor B) (Konektor A) Pin 6 --> Pin 2 (Konektor B) (Konektor A) Pin 7 --> Pin 4 (Konektor B) (Konektor A) Pin 8 --> Pin 5 (Konektor B) Namun tentu saja untuk membuat konektor Loopback Adapter ini kita tidak menggunakan 2 konektor tapi cukup 1 konektor saja. Susunan kabelnya  Pada dasarnya loopback adapter menganut pola yang sama dengan aturan pengkabelan ethernet standar. pin 1 akan dihubungkan ke pin 3 pada konektor yang sama.

Panjang kabel sesuai kebutuhan . Susunanya adalah A-A atau B-B. Elemen Kompetensi 8. Kabel UTP B putih orange orange putih hijau biru putih biru hijau putih coklat coklat 7. 2. Kabel Crossover juga bisa digunakan dalam melakukan konfigurasi awal Mikrotik (dari salah satu LAN Card di Mikrotik yang dikoneksikan langsung ke Ethernet Laptop atau PC kita). Tester 3. RJ-45 Bahan : 1. Table Checklist 5 . max : 100 meter (Secara teori 100 meter namun di rekomendasikan untuk tidak melebihi 90 meter). Susunan nya adalah A-B. A putih hijau hijau putih orange biru putih biru orange putih coklat coklat 6. Kabel Straight adalah dua buah konektor RJ-45 dengan sebuah kabel UTP yang digunakan untuk koneksi LAN card sebuah PC atau laptop kita yang disambungkan / dikoneksikan ke Switch atau Hub. Lab Setup Alat : 1. Crimping tool 2.5. Teori Singkat  Kabel UTP. max : 100 meter) yang digunakan untuk koneksi LAN Card sebuah PC atau Laptop kita yang disambungkan / dikoneksikan ke PC atau Laptop lain (Peer to Peer). terdapat 2 macam kabel UTP. yaitu : 1. Kabel Crossover adalah 2 buah konektor RJ-45 dengan sebuah kabel UTP (panjang sesuai kebutuhan.

yaitu Straight-Crossover Memasukan kabel ke RJ-45 Meng-Crimping kabel Test kabel Tingkat Kesulitan 2 3 3 3 3 1 1 Tingkat Tertarik 4 4 4 4 3 4 4 Waktu 5 menit 60 menit 2 menit 5 menit 3 menit 1 menit 1 menit 6 . 1 2 3 4 5 6 7 Kegiatan Mengetahui fungsi alat-alat untuk meng-Crimping kabel Mengerjakan soal-soal Mengupas kabel Menyusun kabel dengan dua tipe. yaitu Straight-Crossover Memasukan kabel ke RJ-45 Meng-Crimping kabel Test kabel Ceklist        9.No 1 2 3 4 5 6 7 Kegiatan Mengetahui fungsi alat-alat untuk meng-Crimping kabel Mengerjakan soal-soal Mengupas kabel Mennyusun kabel dengan dua tipe. Form Feedback No.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->