ALTIMETER

(Suunto Escape 203)

Oleh

Fathin Irina Diatri

0813022008

Pendidikan Fisika Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung 2010

..................................... ii Pembahasan a............... 8 Daftar Pustaka..................... Altimeter........................................... 1 c........ Altimeter Digital Suunto Escape 203..........................DAFTAR ISI Halaman Daftar Isi........................................................... Cara Penggunaan Altimeter Digital Suunto Escape 203........... Pengukuran dan Alat Ukur................................................................................................................... Rumus Kalibrasi Altimeter.............................................................................. 2 d......... 7 Macam-Macam Altimeter................................. 11 ....................................... 1 b........................................ 3 e............................................................................................

• • • tekanan udara (yang paling umum digunakan) Mangnet bumi (dengan sudut inclinasi) Gelombang (ultra sonic maupun infra merah. Alat pengukur adalah alat yang digunakan untuk mengukur benda atau kejadian tersebut. Altimeter Altimeter adalah alat untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. pendakian. dan lainnya) . dan kegiatan yang berhubungan dengan ketinggian. Bidang ilmu yang mempelajari cara-cara pengukuran dinamakan metrologi. b. Instrumen virtual digunakan luas dalam pengembangan alat pengukur modern. Fisikawan menggunakan banyak alat untuk melakukan pengukuran mereka. Ini dimulai dari alat yang sederhana seperti penggaris dan stopwatch sampai ke mikroskop elektron dan pemercepat partikel. Altimeter bekerja dengan beberapa prinsip.PEMBAHASAN a. Pengukuran dan Alat Ukur Dalam fisika dan teknik. Seluruh alat pengukur terkena error peralatan yang bervariasi. pengukuran merupakan aktivitas yang membandingkan kuantitas fisik dari objek dan kejadian dunia-nyata. Biasanya alat ini digunakan untuk keperluan navigasi dalam penerbangan.

seperti halnya pendaratan dan pendakian nilai vertikal anda dalam ft/h (m/h). Cakupan ketinggian meluas sampai 29.000 m).Hal yang harus diperhatikan dalam pemakaian altimeter : Setiap altimeter yang dipakai harus dikalibrasi. seperti halnya maksimum dan minimum ketinggian yang telah dicapai sepanjang aktivitas. kerugian atau keuntungan vertikal mendaki atau memanjat dari permulaan. Altimeter Digital Suunto Escape 203 Altimeter-Barometer Eletronik Jinjing Escape203 adalah model yang pertama dari kategori elektronik jinjing Suunto. c. Buku pencatat kejadian satu memori menyimpan total kenaikan atau penurunan (ascent atau descent) yang vertikal untuk log. alat ini merupakan sebuah altimeter dan barometer dengan berbagai fungsi memori. Altimeter sangat peka terhadap guncangan. pengguna kapal. dengan massanya hanya kira-kira 55 g. Ketelitian Escape203 dan kegunaan yang baik dalam semua kondisi membuatnya sebuah pasangan ideal untuk pemanjat. dan perubahan temperatur.500 kaki (9. Resolusi dapat disetel oleh pemakai sejauh 3 kaki (1 m) atau 10 kaki (5 m). dan penggemar olah raga alam bebas outdoor seperti halnya untuk para profesional. . Sampai dengan 20 poin ketinggian dapat disimpan ke dalam memori untuk meninjau ulang kemudian. Unit juga menyimpan kenaikan atau penurunan vertikal untuk jangka waktu yang lama. perubahan cuaca. Keunggulannya. Altimeter dari Escape203 menunjukkan ketinggian anda pada saat itu. Periksa ketelitian altimeter di titik-titik ketinggian yang pasti.

Ia beroperasi dengan tiga tombol yang mudah digunakan bahkan pada saat mengenakan sarung tangan.Sebagai tambahan. hari. Cara Penggunaan Altimeter Digital Suunto Escape 203 Hal yang harus diketahui dalam menggunakan altimeter adalah: • • Cara menyeting altimeter Cara mengukur ketinggian Cara menghentikan perekaman Cara membaca memori altimeter Cara menghapus memori altimeter Fungsi stasiun cuaca • • • • Setting altimeter Ada 4 hal yang bisa disetting pada mode altimeter (ALT) • • • • Setting altitude referensi Me-0-kan altitude untuk selisih pengukuran altitude Setting alarm altitude Seting ketelitian pembacaan altitude Setting altitude referensi .Pada mode ALT:  Tekan dan tahan tombol tengah selama 2 detik. d. Escape203 mempunyai sebuah mode waktu dengan fungsi arloji normal seperti waktu pada saat itu dengan format 12/24 jam. Unit ini tahan air dan sekaligus dapat mengukur temperatur. Field 3 akan menampilkan “REF” dan field 2 akan berkedip  Tekan tombol (+) dan (-) untuk menuju altitude yang diinginkan  Tekan tombol tengah untuk menerima setting • . dan tanggal. Kilauan tampilan dan baterai yang dapat pemakai tukar membuat Escape203 bahkan pantas untuk kondisi-kondisi yang kasar.

Pada mode ALT:  Tekan dan tahan tombol tengah selama 2 detik  Tekan tombol tengah (2 kali) hingga tulisan “AL” nampak di field 3 dan pada field 4. Pada nilai yang diinginkan tekan tombol tengah dan kembali pada layar setting ketelitian altitude. “On” atau “Off” berkedip  Tekan tombol (+) atau (-) untuk memilih alarm On atau off  Tekan tombol tengah untuk menerima setting dan menuju pilihan selanjutnya.Pada mode ALT:  Tekan dan tahan tombol tengah selama 2 detik  Tekan tombol tengah (sekali) hingga teks “diff” muncul di field 2 dan “Set” di field 3. . Pada field 2. Pada field 2 resolusi pembacaan altitude akan berkedip c. d. Tekan dan tahan tombol tengah selama 2 detik b.• Me-0-kan selisih altitude . bukan sebagai stasiun cuaca • Setting ketelitian pembacaan altitude . Tekan (+) atau (-) untuk memilih 1 atau 5 meter atau 3 atau 10 kaki.Pada mode ALT: a. Tekan tombol tengah (4 kali) hingga teks “RES” muncul pada field. nilai numeris akan berkedip  Tekan (+) atau (-) hingga menampilkan nilai altitude yang diinginkan auntuk diberi alarm  Tekan tombol tengah untuk menerima setting Catatan: Alarm altitude on dan symbol alarm akan tampak hanya jika Escape 203 dipakai sebagai altimeter. Pada field 4 perbedaan altitude menjadi berkedip  Tekan tombol tengah untuk menerima setting • Setting alarm altitude 0 akan .

Gunakan tombol (+) atau (-) untuk melihat data yang lain.Pada mode LOG: a. Tekan dan tahan tombol tengah selama 2 detik untuk menerima “LOG Start” atau “LOG Stop” dan keluar • Tampilan 2. Muncul teks “Start” pada field 4 b.Tekan tombol tengah dan tahan selama 2 detik untuk menghentikan perekaman.Tekan tombol tengah satu kali. menunjukkan altitude maksimum yang direkam selama pengukuran disertai waktunya • Tampilan 4. menunjukkan waktu mulai perekaman. teks “STOP” akan muncul c. tampilan akan berupa “LOG stop”. menampilkan mode logbook untuk “start” atau “stop” Jika logbook sedang tidak merekam.Tekan tombol tengah sekali . Penggunaan (+) akan menampilkan informasi dalam urutan sebagai berikut: • • Tampilan 1.Cara mengukur ketinggian (LOG) .Tekan tombol tengah sekali untuk menampilkan memori altimeter b.Tekan tombol tengah dan tahan selama 2 detik. jika logbook sedang merekam. anda dapat melihatnya dengan menggerakkannya dalam 2 arah a. tampilan akan berupa “LOG Start”. tekan tombol (+) atau (-) hingga menuju ke teks LOG b.Jika mode panah tidak berada pada teks LOG . mode panah akan berkedip di atas teks LOG menandakan mulai perekaman Untuk menghentikan perekaman a. Tampilan akan berupa “LOG Beg” • Tampilan 3. menampilkan altitude minimum yang direkam selama pengukuran disertai waktunya . Membaca memori altimeter Informasi yang disimpan pada memori bisa mencapi 20 data.

disertai waktunya • Tampilan 7 menunjukkan total vertical asenden (ke atas) dan total vertical desenden (ke bawah) yang diakumulasikan sejak sejarah yang terakhir dihapus • Tampilan 8 hingga tampilan 28 (tergantung banyaknya jumlah titik altitude yang direkam) menampilkan secara kronologis nilai altitude yang direkam dan waktu perekaman • Tekan tombol tengah sekali untuk menghentikan menampilkan memori altimeter.Pada mode LOG: • Tekan dan tahan tombol tengah selama 2 detik. Menghapus memori altimeter Ada 2 tampilan dalam mode ini. waktu awal dimulainya proses pengukuran. pertama untuk menghapus memori altitude dan untuk menghapus sejarah (history) altimeter l. menampilkan informasi. pada field 3. Teks “Clr” muncul di field 1 dan “Pts” di field 2. sejak dimulainya pengukuran. Informasi ini berisi akumulasi vertical. Pada field 3 teks “no” akan berkedip . sejarah. 1 dan “HIS” pada field 2.• Tampilan 5.Pada mode LOG: • • Tekan dan tahan tombol tengah selama 2 detik Tekan tombol tengah sekali hingga teks “clr” muncul di field 2. Menghapus sejarah (history) altimeter . • Tampilan 6 menunjukkan altitude tertinggi yang dicapai selama pengukuran. teks “no” akan berkedip • • Tekan tombol (+) atau (-) untuk merubah “yes” atau “no” Tekan tombol tengah untuk menerima pilihan dan menuju ke menu selanjutnya. Waktu awal sejarah yang dipakai adalah ketika sejarah sebelumnya dihapus. Menghapus titik altitude .

P adalah desakan statis dan P ref adalah desakan referensi (gunakan satuan yang sama untuk keduanya). Ini diperoleh dari rumus barometric menggunakan ketinggian skala dari permukaan laut (troposfer). tekan dan tahan tombol tengah selama 2 detik untuk kembali ke mode LOG Fungsi Stasiun Cuaca a. . Gambar 2 gunung di antara ALTI dan LOG mengindikasikan alat digunakan sebagai fungsi altimeter e.090 kaki (11. sampai 36. Gambar matahari dan awan yang tampak diantara BARO dan MEM menunjukkan alat digunakan sebagai stasiun cuaca b. Rumus Kalibrasi Altimeter Rumus kalibrasi untuk satu altimeter.000 m). dapat ditulis seperti: dimana h adalah menandai ketinggian dalam kaki.• • Tekan tombol (+) atau (-) untuk memilih “yes” atau “no” Pada pilihan yang diinginkan.

MACAM-MACAM ALTIMETER menayangkan suatu ketinggian 80 kaki. Dashboard Navigator Altimeter Analog Analog Genggam Mannix ABAR381 Altimeter & Analog Altimeter THOMMEN TXBarometer Swift 478 Car Altimeter Kollsman. jenis altimeter barometrik pesawat terbang seperti yang digunakan di Amerika Utara Sun 205 Altilinq® Car Altimeter .

K&R Altimeter Sun 202 Altimeter with window case American Paulin Survey Altimeter Brunton ADC Ridge Altimeter Altimeter + Field Compass Gift Pack . Sun 203 Sport Altimeter Sun 204 Alti Altimeter with carabiner clip Brunton ADC Ridge Altimeter Barometer Sun Hand Held Altimeter Dashboard Navigator Altimaster III Galaxy .A quality Sun 203 Altimeter attractively packaged with Field Compass .

Altimeter Digital High Gear Altitech 2 High Gear ATF8 Altimeter Brunton ADC Pro Silva Digital Altimeter Compass Digital Skydiving Altimeter Brunton Summit Altimeter Altimeter Suunto Escape E203 Altitech 2 Midnight Negative .

co.id/ http://id.co.wikipedia.indonetwork.org/wiki/Alat_pengukur http://id.id/kpm_marine/karya-perdana-mandiri. wikipedia.com/ http://iklanterpopuler.html http://indonetwork.wikipedia.com/ http://www.co.com/index.htm http://jakartacity.olx.id/cv_survindo/prod http://indonetwork. jaring / http://www. gemilangcomm.org/wiki/Altimeter http://iklangratisonline.id/elektronika-cat-366 http://korpcitaka.net/ http://www.wordpress.co.iklandb.com/ http://iklansukses. Altimeter org / wiki / http://globalkomunikasi.com/ .iklanmax.mediateknologi.com/cvmedia-teknologi-dijual-suunto-altimeter-e-203.productsdb.iklanoke.com/ http://www.com/2008/04/24/cara-mengetahui-ketinggian-suatutempat/ http://www.DAFTAR PUSTAKA http://elektronik.britannica.html http://iklanhouse.com/ http://indogeotech.com/ http://en.com http://www.