LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN RPP

TUGAS diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Produksi dan Perancangan semester ganjil tahun ajaran 2011/2012

Oleh: FADLI ILHAM 0800613

JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI dan KEJURUAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BIDANG STUDI KEAHLIAN PROGRAM STUDI KEAHLIAN KOMPETENSI KEAHLIAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR KELAS/SEMESTER PERTEMUAN KEALOKASI WAKTU : TEKNOLOGI DAN REKAYASA : TEKNIK MESIN : TEKNIK PEMESINAN (014) : GAMBAR TEKNIK : MEMBACA GAMBAR TEKNIK : X/ 1 : 3, 4, dan 5 : 6 x 45 MENIT

I.

Indicator Kognitif : 1. siswa dapat menganilisis perspektif aksonometri dengan benar 2. siswa dapat memahami besar sudut pada perspektif aksonometri 3. siswa dapat menjelaskan perspektif isometri dengan benar 4. siswa dapat memahami besar sudut pada perspektif isometri 5. siswa dapat menjelaskan perspektif dimetri dengan benar 6. siswa dapat memahami besar sudut pada perspektif dimetri 7. siswa dapat menganalisis system proyeksi amerika dengan benar 8. siswa dapat menganalisis system proyeksi eropa dengan benar Afektif : a. siswa menaati prosedur umum penggunaan perspektif aksonometri pada gambar dengan benar b. siswa menaati prosedur umum penggunaan perspektif isometri pada gambar dengan benar c. siswa menaati prosedur umum penggunaan perspektif dimetri pada gambar dengan benar d. siswa menaati prosedur umum tentang penggunaan proyeksi amerika pada gambar dengan benar e. siswa menaati prosedur umum tentang penggunaan proyeksi eropa pada gambar dengan benar Psikomotor : a. keselamatan dan kesehatan kerja

penggaris. jangka. persiapan kerja               siswa mempersiapkan semua alat (pensil. dan sebagainya sesuai dengan fungsinya siswa membersihkan meja gambar dan tidak berdebu siswa tidak meletakkan benda-benda selain perlengkapan gambar di atas meja gambar b. waktu . langkah kerja siswa membuat gambar sesuai dengan langkah-langkah kerja yang benar siswa memilih peralatan gambar sesuai dengan fungsinya siswa menggunakan jenis garis sesuai dengan aturan yang baku siswa menggunakan jenis dan ukuran huruf beserta nagka sesuai dengan ketentuan yang benar siswa merapihkan kembali peralatan gambar setelah selesai menggambar siswa membersihkan meja gambar setelah selesai menggambar d. penghapus. jangka dan sebagainya) dan kertas gambar sebelum menggambar siswa membersihkan meja gambar dari debu dan kotoran lainnya siswa membuat etiket gambar sebelum menggambar dengan benar c. hasil kerja siswa membuat gambar benda menggunakan perspektif aksonometri dengan benar siswa membuat gambar benda menggunakan perspektif isometri dengan benar siswa membuat gambar benda menggunakan perspektif dimetri dengan benar siswa membuat gambar benda menggunakan proyeksi amerika dengan benar siswa membuat gambar benda menggunakan proyeksi eropa dengan benar e. penggaris. serutan.   siswa menggunakan peralatan gambar pensil. penghapus.

Dengan memperhatikan gambar perspektif aksonometri pada handout siswa dapat memahami besar sudut pada perspektif aksonometri c. Dengan memperhatikan gambar perspektif isometri pada handout siswa dapat menjelaskan perspektif isometri dengan benar d. Dengan memperhatikan gambar proyeksi eropa pada handout siswa dapat menganalisis system proyeksi eropa dengan benar b. Dengan memperhatikan handout siswa menaati prosedur umum penggunaan perspektif isometri pada gambar dengan benar . Rumusan Pembelajaran Setelah mengikuti proses pembelajaran ini siswa diharapkan kemampuan berfikir level analisis. Dengan memperhatikan gambar perspektif isometri pada handout siswa dapat memahami besar sudut pada perspektif isometri e.waktu yang diberikan untuk membuat satu gambar perspektif dan gambar proyeksi lengkap dengan etiket gambar adalah 30 menit II. Dengan memperhatikan gambar perspektif aksonometri pada handout siswa dapat menganilisis perspektif aksonometri dengan benar b. afektif pada level penilaian (valuing). Dengan memperhatikan gambar perspektif dimetri pada handout siswa dapat memahami besar sudut pada perspektif dimetri g. dan psikomotor pada level Respon Tampak yang Kompleks (Complex Overt Response) III. Dengan memperhatikan gambar proyeksi amerika pada handout siswa dapat menganalisis system proyeksi amerika dengan benar h. Rumusan Tujuan a. Dengan memperhatikan handout siswa menaati prosedur umum penggunaan perspektif aksonometri pada gambar dengan benar b. Dengan memperhatikan gambar perspektif dimetri pada handout siswa dapat menjelaskan perspektif dimetri dengan benar f. Afektif a. Kognitif a.

Dengan memperhatikan pedoman keselamatan kerja siswa harus melaksanakan pedoman Keselamatan dan kesehatan kerja dengan benar. hanya kedudukan dari benda yang akan diproyeksikan berubah. Dengan memperhatikan handout siswa menaati prosedur umum tentang penggunaan proyeksi eropa pada gambar dengan benar c. Dengan melaksanakan keselamatan dan kesehatan kerja beserta persiapan kerja siswa dapat menghasilkan Hasil kerja dengan benar Untuk ranah psikomotor pada level Respon Tampak yang Kompleks (Complex Overt Response) dibutuhkan 3 kali latihan menggambar an hailnya dapat dilihat pada latihan ke-4 IV.bila sebuah benda kita proyeksikan secara orthogonal sperti gambar dibawah ini maka perspektif yang akan tampak pada bidang proyeksi hanya satu permukaan saja . Dengan memperhatikan handout siswa menaati prosedur umum penggunaan perspektif dimetri pada gambar dengan benar d. Dengan memperhatikan gambar kerja siswa melakukan Langkah kerja dengan benar c. Materi Pembelajaran      Perspektif aksonometri Perspektif isometri Perspektif dimetri System proyeksi amerika System proyeksi eropa Handout membaca gambar teknik V. Psikomotor a. b.  perspektif aksonometri keadaaan garis-garis perspektif yang terjadi pada perspektif aksonometri ini tetap sejajar dan tegak lurus terhadap bidang proyeksi.c. Dengan memperhatikan handout siswa menaati prosedur umum tentang penggunaan proyeksi amerika pada gambar dengan benar e.

maka yang akan kelihatan hanyalah dua permukaan bidang saja yaitu bidang A dan B. . sehingga dapat memberikan penjelasan bentuk yang sebenarnya. seperti terlihat pada gambar 4-9. Hal se ma cam ini biasanya disebut proyeksi aksonometri. Apabila sebuah benda atau kubus kita letakkan pada sebuah bidang datar dengan diagonalnya tegak lurus terhadap bidang proyeksi. perspektif isometric.Akan tetapi bila benda tersebut kita miringkan maka proyeksi yang akan tampak pada bidang proyeksi menjadj tiga buah bidang permukaan.

sehingga dengan demikian sudut antara sisi dari kubus tersebut membentuk sudut 120o atau dua buah sisi . Maka proyeksi dari kubus yang berada pada bidang proyeksi akan tampak menjadi tiga buah bidang permukaan yaitu bidang A. sehingga bagian bawah dari bidang kubus tersebut membentuk sudut 35o16’ terhadap bidang datar. B. dan C serta sisi-sisinya menjadi sama panjangmenjadi sama panjang.Dan bila kubus kita miringkan.

Cara penggambaran proyeksi dimetri ini seperti terlihat pada gambar 4-11 di mana pengggambaran ke arah sumbu X dan Y digambarkan pada skala 1 : 1 . di depan bidang D. larena pada gambar proyeksi dimetri kejadian seperti di atas tidak ditemukan. jika benda yang . Maka untuk mengatasi hal tersebut di atas benda tersebut bisa digambarkan ke dalam bentuk proyeksi dimetri. Hal semacam ini disebut perspektif isometric sudut alfa dan beta besarnya 30o  perspektif dimetri Apabila sebuah benda digambarkan ke dalam proyeksi isometri kadang-kadang sering didapatkan beberapa huah garis menjadi berimpit atau beberapa buah bidang sering diproyeksikan sebagai garis lurus. sehingga bentuk keseluruhan dari benda tersebut menjadi tidak jelas. Proyeksi Di Kuadran I (Proyeksi Eropa) Bila suatu benda diletakkan di atas bidang horizontal.lainnya membentuk sudut 30o terhadap bidang datar tadi. (depan) dan di sebelah kanan bidang V (vertikal) maka benda tersebut berada di kuadran I. sedajigkan ke arah sumbu Z digambarkan pada skala 1 : 2 dan sudut alfa =7° sudut beta = 42°.

maka akan didapat gambar/proyeksi pada kuadran I yang dikenal juga dengan nama proyeksi Eropa. A = titik kuadran-I AD = proyeksi titik A di bidang D (depan) Av = proyeksi titik A di bidang V (vertikal) AH = proyeksi titik A di bidang H (horizontal) Bila ketiga bidang saling tegak lurus tersebut dibuka. . Gambar 33 memperlihatkan titik yang terletak di kuadran I (lihat Gambar 33). Gambar Selanjutnya batas-batas bidang dihilangkan maka menjadi bentuk di bawah ini. dan D.terletak di kuadran I kita proyeksikan terhadap bidang-bidang H. maka sumbu x dan y sebagai sumbu putarnya dan sumbu z merupakan sumbu yang dibuka/dipisah. V. seperti gambar berikut.

Garis sumbu berimpit dengan gambar Proyeksi di Kuadran III (Proyeksi Amerika) . Penyederhanaan dapat dilakukan seperti gambar berikut. Garis sumbu terpisah dengan gambar 84 Gambar 38. maka untuk menempatkan sumbu dapat disederhanakan sesuai dengan ruang yang tersedia. Gambar 37.Bila penempatan benda di kuadran I tidak teratur.

Bidang-bidang H. V. • Pada bidang H ditempatkan pandangan atas • Pada bidang D ditempatkan pandangan depan • Pada bidang V ditempatkan pandangan samping kanan Contoh Gambar 41. dan D untuk proyeksi di kuadran III (proyeksi Amerika) yang telah dibuka seperti terlihat di bawah ini. Contoh pandangan proyeksi Amerika .

Dalam standar ISO (ISO/ DIS 128). gambar sebaiknya digambar menurut proyeksi sudut pertama (kuadran I atau kita kenal sebagai proyeksi Eropa). telah ditetapkan bahwa cara kedua proyeksi boleh dipergunakan. Alat evaluasi a. Coba anda anilisis perspektif aksonometri dengan singkat dan benar beserta gambar! 2.1 Simbol Proyeksi Untuk membedakan gambar/proyeksi di kuadran I dan gambar/proyeksi di kuadran III. perlu diberi lambang proyeksi.Simbol Proyeksi dan Anak Panah 3. Proyeksi Eropa VI.8. Dalam satu buah gambar tidak diperkenankan terdapat gambar dengan menggunakan kedua gambar proyeksi secara bersamaan. Terangkan besar sudut pada perspektif isometric! . Gambar 42. Proyeksi Amerika Gambar 43. Sedangkan untuk keseragaman ISO. Simbol/ lambang proyeksi tersebut adalah sebuah kerucut terpancung (lihat gambar). Coba terangkan besar sudut pada perspektif aksonometri! 3. Simbol proyeksi ditempatkan disisi kanan bawah kertas gambar. Coba anda anilisis perspektif isometri dengan singkat dan benar beserta gambar! 4. Kognitif 1.

jelaskanlah system proyeksi eropa dengan benar! b.5. persiapan kerja  siswa mempersiapkan semua alat (pensil. jangka. penggaris. jangka dan sebagainya) dan kertas gambar sebelum menggambar    siswa membersihkan meja gambar dari debu dan kotoran lainnya siswa membuat etiket gambar sebelum menggambar dengan benar 2 . Jelaskanlah system proyeksi amerika dengan benar! 8. dan sebagainya sesuai dengan fungsinya  siswa membersihkan meja gambar dan tidak berdebu  siswa tidak meletakkan benda-benda selain perlengkapan gambar di atas meja gambar a. Afektif no aspek penilaian skor 2 3 4 1 5 1 siswa menaati prosedur umum penggunaan perspektif aksonometri pada gambar dengan benar siswa menaati prosedur umum penggunaan perspektif isometri pada gambar dengan benar siswa menaati prosedur umum penggunaan perspektif dimetri pada gambar dengan benar siswa menaati prosedur umum tentang penggunaan proyeksi amerika pada gambar dengan benar siswa menaati prosedur umum tentang penggunaan proyeksi eropa pada gambar dengan benar c. penghapus. penghapus. Psikomotor 2 3 4 5 no 1 aspek penilaian 1 skor 2 3 4 5 a. Coba anda analisis perspektif dimetri dengan singkat dan benar beserta gambar! 6. keselamatan dan kesehatan kerja  siswa menggunakan peralatan gambar pensil. penggaris. terangkan besar sudut pada perspektif dimetri! 7. serutan.

Coba anda anilisis perspektif aksonometri dengan singkat dan benar beserta gambar! keadaaan garis-garis perspektif yang terjadi pada perspektif aksonometri ini tetap sejajar dan tegak lurus terhadap bidang proyeksi.3 a. Kunci jawaban 1. hasil kerja  siswa membuat gambar benda menggunakan perspektif aksonometri dengan benar  siswa membuat gambar benda menggunakan perspektif isometri dengan benar  siswa membuat gambar benda menggunakan perspektif dimetri dengan benar  siswa membuat gambar benda menggunakan proyeksi amerika dengan benar  siswa membuat gambar benda menggunakan proyeksi eropa dengan benar VII. langkah kerja  siswa membuat gambar sesuai dengan langkah-langkah kerja yang benar  siswa memilih peralatan gambar sesuai dengan fungsinya  siswa menggunakan jenis garis sesuai dengan aturan yang baku  siswa menggunakan jenis dan ukuran huruf beserta nagka sesuai dengan ketentuan yang benar  siswa merapihkan kembali peralatan gambar setelah selesai menggambar siswa membersihkan meja gambar setelah selesai menggambar 4 a.bila sebuah benda kita proyeksikan secara orthogonal sperti gambar dibawah ini maka perspektif yang akan tampak pada bidang proyeksi hanya satu permukaan saja . hanya kedudukan dari benda yang akan diproyeksikan berubah.

seperti terlihat pada gambar 4-9. hanya kedudukan dari benda yang akan diproyeksikan berubah. Coba terangkan besar sudut pada perspektif aksonometri! keadaaan garis-garis perspektif yang terjadi pada perspektif aksonometri ini tetap sejajar dan tegak lurus terhadap bidang proyeksi. maka yang akan kelihatan hanyalah dua permukaan bidang saja yaitu bidang A dan B. sehingga dapat memberikan penjelasan bentuk yang sebenarnya.Akan tetapi bila benda tersebut kita miringkan maka proyeksi yang akan tampak pada bidang proyeksi menjadj tiga buah bidang permukaan. . Hal se ma cam ini biasanya disebut proyeksi aksonometri.bila sebuah benda kita proyeksikan secara orthogonal maka perspektif yang akan tampak pada bidang proyeksi hanya satu permukaan 3. Coba anda anilisis perspektif isometri dengan singkat dan benar beserta gambar! Apabila sebuah benda atau kubus kita letakkan pada sebuah bidang datar dengan diagonalnya tegak lurus terhadap bidang proyeksi. 2.

4. Terangkan besar sudut pada perspektif isometric! sudut antara sisi dari kubus tersebut membentuk sudut 120o atau dua buah sisi lainnya membentuk sudut 30o terhadap bidang datar tadi. Hal semacam ini disebut perspektif isometric sudut alfa dan beta besarnya 30o .

Scenario pembelajaran No. 3. VIII. Maka untuk mengatasi hal tersebut di atas benda tersebut bisa digambarkan ke dalam bentuk proyeksi dimetri. Skenario Pembelajaran Pertemuan 3 ( 2x45 menit ) a. larena pada gambar proyeksi dimetri kejadian seperti di atas tidak ditemukanterangkan besar sudut pada perspektif dimetri! 6. Jelaskanlah system proyeksi amerika dengan benar! Cara penggambaran proyeksi dimetri ini seperti terlihat pada gambar 4-11 di mana pengggambaran ke arah sumbu X dan Y digambarkan pada skala 1 : 1 . Coba anda analisis perspektif dimetri dengan singkat dan benar! Apabila sebuah benda digambarkan ke dalam proyeksi isometri kadangkadang sering didapatkan beberapa buah garis menjadi berimpit atau beberapa buah bidang sering jadi tidak jelas. Guru Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa Guru Mengecek kehadiran Siswa Guru menjelaskan akan pentingnya (manfaat) materi yang akan dibahas Guru Menjelaskan secara garis besar materi yang akan diajarkan 2 mnt 2 Mnt 3 mnt 3 mnt Wkt b. sedajigkan ke arah sumbu Z digambarkan pada skala 1 : 2 dan sudut alfa =7° sudut beta = 42°. Kegiatan Awal 1 2. Kegiatan Inti . 3.5.

kemudia siswa diminta untuk menganilisis perspektif isometri dengan benar 15 Mnt 7 8 Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa Guru menampilkan gambar perspektif dimetri pada handout dan menerangkan pengertian. besar sudut dan cara penggunaannya pada gambar. Skenario Pembelajaran Pertemuan 4 ( 2x45 menit ) Wkt . isometric 15 Mnt dan dimetri untuk dkerjakan disekolah c. Kegiatan Akhir 9 Siswa dan Guru melakukan Refleksi dan Tanya Jawab mengenai materi jika ada yang kurang jelas apa yang telah disampaikan dan meminta beberapa siswa untuk menjelaskan garis besar mengenai materi yang telah disampaikan Guru Memberikan kesempatan bertanya Guru memberikan tugas 2 untuk dikerjakan dirumah Guru menginformasikan materi ajar berikutnya 5 Mnt 10 11 12 2 mnt 5 mnt 2 mnt No. besar sudut dan cara penggunaannya pada gambar. Guru menampilkan gambar perspektif aksonometri pada handout dan menerangkan pengertian. kemudia siswa diminta untuk menganilisis perspektif aksonometri dengan benar 15 mnt 5 Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa 2 mnt 6 Guru menampilkan gambar perspektif isometri pada handout dan menerangkan pengertian. kemudia siswa diminta untuk menganilisis perspektif dimetri dengan benar 2 Mnt 15 Mnt 9 Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa 2 Mnt Guru memberikan tugas 1 membuat gambar perspektif aksonometri. besar sudut dan cara penggunaannya pada gambar.4.

kemudia siswa diminta untuk menganilisis proyeksi eropa dengan benar 15 Mnt 7 8 9 Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa 2 Mnt Guru memberikan tugas 1 membuat gambar proyeksi amerika dan eropa untuk 15 Mnt dkerjakan disekolah Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa 2 Guru memberikan tugas 2 membuat gambar proyeksi amerika dan eropa untuk 15 dkerjakan disekolah c. 3. 3. besar sudut dan cara penggunaannya pada gambar. Guru Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa Guru Mengecek kehadiran Siswa Guru menjelaskan akan pentingnya (manfaat) materi yang akan dibahas Guru Menjelaskan secara garis besar materi yang akan diajarkan 2 mnt 2 Mnt 3 mnt 3 mnt b. Kegiatan Inti 4. kemudia siswa diminta untuk menganilisis proyeksi amerika dengan benar 15 mnt 5 Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa 2 mnt 6 Guru menampilkan gambar proyeksi eropa pada handout dan menerangkan pengertian. besar sudut dan cara penggunaannya pada gambar.a. Kegiatan Akhir 9 Siswa dan Guru melakukan Refleksi dan Tanya Jawab mengenai materi jika ada yang kurang jelas apa yang telah disampaikan dan meminta beberapa siswa untuk menjelaskan garis besar mengenai materi yang telah disampaikan Guru Memberikan kesempatan bertanya Guru memberikan tugas 3 gambarproyeksidangambar perspektif untuk dikerjakan dirumah 5 Mnt 10 11 7 mnt 5 mnt . Guru menampilkan gambar proyeksi amerika pada handout dan menerangkan pengertian. Kegiatan Awal 1 2.

3. kemudia siswa diminta untuk menganilisis proyeksi amerika dengan benar 15 mnt 5 Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa 2 mnt 6 Guru menampilkan gambar proyeksi eropa pada handout dan menerangkan pengertian. besar sudut dan cara penggunaannya pada gambar. Kegiatan Inti 4. 3. Skenario Pembelajaran Pertemuan 4 ( 2x45 menit ) a. Guru menampilkan gambar proyeksi amerika pada handout dan menerangkan pengertian. Guru Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa Guru Mengecek kehadiran Siswa Guru menjelaskan akan pentingnya (manfaat) materi yang akan dibahas Guru Menjelaskan secara garis besar materi yang akan diajarkan 2 mnt 2 Mnt 3 mnt 3 mnt b. Kegiatan Akhir 9 Siswa dan Guru melakukan Refleksi dan Tanya Jawab mengenai materi jika ada yang kurang jelas apa yang telah disampaikan dan meminta beberapa 5 Mnt .12 Guru menginformasikan materi ajar berikutnya 2 mnt Wkt No. kemudia siswa diminta untuk menganilisis proyeksi eropa dengan benar 15 Mnt 7 8 9 Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa 2 Mnt Guru memberikan tugas 1 membuat gambar proyeksi amerika dan eropa untuk 15 Mnt dkerjakan disekolah Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa 2 Guru memberikan tugas 2 membuat gambar proyeksi amerika dan eropa untuk 15 dkerjakan disekolah c. besar sudut dan cara penggunaannya pada gambar. Kegiatan Awal 1 2.

siswa untuk menjelaskan garis besar mengenai materi yang telah disampaikan 10 11 12 Guru Memberikan kesempatan bertanya Guru memberikan tugas 3 gambar proyeksi dan gambar perspektif untuk dikerjakan dirumah Guru menginformasikan materi ajar berikutnya 7 mnt 5 mnt 2 mnt No. 3. Kegiatan Awal 1 2. Kegiatan Akhir 9 Siswa dan Guru melakukan Refleksi dan Tanya Jawab mengenai materi jika ada yang kurang jelas apa yang telah disampaikan dan meminta beberapa siswa untuk menjelaskan garis besar mengenai materi yang telah disampaikan Guru Memberikan kesempatan bertanya Guru menginformasikan materi ajar berikutnya IX. Skenario Pembelajaran Pertemuan 5 ( 2x45 menit ) a. Media pembelajaran Gambar dan handout 10 Mnt 10 12 5 mnt 5 mnt . 55 mnt 5 Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa 5 mnt c. siswa diminta menganalisis gambar dan membuat tugas di kertas gambar lengkap dengan etiket dan dikerjakan disekolah. Guru memberikan tugas ke-4 untuk gambar perspektif. 3. Kegiatan Inti 4. Guru Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa Guru Mengecek kehadiran Siswa Guru menjelaskan akan pentingnya (manfaat) materi yang akan dibahas Guru Menjelaskan secara garis besar materi yang akan diajarkan Wkt 2 mnt 2 Mnt 3 mnt 3 mnt b.

X. Metode Pembelajaran Ceramah bervariasikan tanya jawab dan demonstrasi .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful