P. 1
10 Dampak Negatif Dan Positif Ulah Manusia Terhadap Keanekaragaman Hayati

10 Dampak Negatif Dan Positif Ulah Manusia Terhadap Keanekaragaman Hayati

|Views: 11,091|Likes:
Published by Reds Ryan

More info:

Published by: Reds Ryan on Apr 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/26/2014

pdf

text

original

10 DAMPAK NEGATIF DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

:

POSITIF

ULAH

MANUSIA

TERHADAP

Dampak Negatif :
1. Sering terjadinya kebakaran hutan. Hutan merupakan sumberdaya alam yang tidak ternilai harganya karena didalamnya terkandung keanekaragaman hayati sebagai sumber plasma nutfah, sumber hasil hutan kayu dan non-kayu, pengatur tata air, pencegah banjir dan erosi serta kesuburan tanah, dan sebagainya. Karena itu pemanfaatan dan perlindungannya diatur oleh Undang-undang dan peraturan pemerintah. Kebakaran merupakan salah satu bentuk gangguan terhadap sumberdaya hutan dan akhir-akhir ini makin sering terjadi. Kebakaran hutan menimbulkan kerugian yang sangat besar dan dampaknya sangat luas, bahkan melintasi batas negara. Di sisi lain upaya pencegahan dan pengendalian yang dilakukan selama ini masih belum memberikan hasil yang optimal. Oleh karena itu perlu perbaikan secara menyeluruh, terutama yang terkait dengan kesejahteraan masyarakat pinggiran atau dalam kawasan hutan. 2. Kebakaran hutan membawa dampak yang besar pada keanekaragaman hayati. Hutan yang terbakar berat akan sulit dipulihkan, karena struktur tanahnya mengalami kerusakan. 3. Merusak ketahanan ekologis karena mendorong terciptanya konsentrasi pemilikan sumber daya hayati dengan cara menghilangkan batasan pemilikan terhadap keanekaragaman hayati. 4. Terjadinya penurunan kualitas lingkungan seperti pencemaran dan perusakan ekosistem. 5. Mengalami gabungan gangguan dampak perubahan iklim, kekeringan dan berbagai tantangan lingkungan hidup. 6. Hilangnya tumbuh-tumbuhan menyebabkan lahan terbuka, sehingga mudah tererosi, dan tidak dapat lagi menahan banjir. 7. Terjadi kepunahan dalam jenis tertentu akibat kebakaran ataupun pembakaran hutan. 8. Spesies yang memiliki potensi ekonomi dan sosial mungkin hilang sebelum mereka ditemukan. 9. Sumberdaya obat-obatan dan bahan kimia yang bermanfaat yang dikandung oleh spesies liar mungkin hilang untuk selamanya. 10. Hutan alam mungkin memerlukan ratusan tahun untuk berkembang menjadi sistem yang rumit yang mengandung banyak spesies yang saling tergantung satu sama lain.

telur. kentang. 6. gandum dan kedelai untuk industri makanan. perumahan. yang berarti dapat mengurangi pencemaran udara dan dapat mencegah efek rumah kaca. umbi sebagai bahan makanan makhluk hidup lain. oncom. singkong. 4. Nilai Sosial Budaya Keanekaragaman hayati dapat dikembangkan sebagai tempat rekreasi atau pariwisata. bumbu dapur. Nilai Biologis Keanekaragaman hayati memiliki nilai biologis atau penunjang kehidupan bagi makhluk hidup termasuk manusia. daging. tomat. buah. Sumber protein: kedelai. Sebagai sumber pangan. cabai. Nilai biologis lain yang penting adalah hutan sebagai gudang plasma nutfah (plasma benih). Jasad renik diperlukan untuk mengubah bahan organik menjadi bahan anorganik. daging. di samping untuk mempertahankan tradisi. dan lain-lain. Nilai ekonomi Keanekaragaman hayati dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan (dapat mendatangkan devisa untuk industri). untuk membuat tempe. Bahan-bahan industri misalnya: kayu gaharu dan cendana untuk industri kosmetik. ikan. yaitu mempertahankan suhu dan ke lembaban udara. jeruk.Dampak Positif : 1. Hutan hujan tropis memiliki nilai ekologis atau nilai lingkungan yang penting bagi bumi. antara lain: a. dan kesehatan Pangan: Sumber karbohidrat: padi. dan lain-lain. menghasilkan zat organik misalnya biji. 2. kecipir. kelapa. Misalnya untuk bahan baku industri. durian. Sumber vitamin: jambu biji. alpukat. jagung. Rempah-rempah. Merupakan paru-paru bumi Kegiatan fotosintesis hutan hujan tropis dapat menurunkan kadar karbondioksida (CO2) di atmosfer. teh dan kopi untuk industri minuman. b. kayu jati dan rotan untuk meubel. rempah-rempah. dan lain-lain. Dapat menjaga kestabilan iklim global. Perkebunan misalnya: kelapa sawit dan karet. dan ubi kayu untuk menghasilkan alcohol. Tumbuhan menghasilkan gas oksigen (O2) pada proses fotosintesis yang diperlukan oleh makhluk hidup untuk pernafasan. kecap. dan lain-lain. vanili. Sebagai sumber pendapatan/devisa . 3. 5. Sumber lemak: ikan. apel. Hewan dapat dijadikan makanan dan sandang oleh manusia. dan perkebunan. Sumber mineral: sayur-sayuran. misalnya lada. dan lain-lain. misalnya hutan hujan tropis. Nilai Ekologis Keanekaragaman hayati merupakan komponen ekosistem yang sangat penting.

a. 9. rumput laut 7. 8. Manfaat ekologi Selain berfungsi untuk menunjang kehidupan manusia. Manfaat keindahan Bermacam-macam tumbuhan dan hewan dapat memperindah lingkungan. Bahan baku industri kosmetik: cendana. karena itu hutan dikatakan sebagai sumber plasma nutfah/sumber gen. 10. rotan. Bahan baku industri kerajinan: kayu. . karet b. keanekaragaman hayati memiliki peranan dalam mempertahankan keberlanjutan ekosistem. Sebagai sumber plasma nutfah. Misalnya hutan Di hutan masih terdapat tumbuhan dan hewan yang mempunyai sifat unggul. Manfaat keilmuan Keanekaragaman hayati merupakan lahan penelitian dan pengembangan ilmu yang sangat berguna untuk kehidupan manusia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->