KETIDAKNYAMANAN SELAMA KEHAMILAN DAN CARA MENGATASINYA 1.

Keputihan Selama kehamilan keputihan akan bertambah dan tidak berwarna. Jika tidak ada rasa gatal dan tidak tercium bau yang kurang sedap maka ibu tidak perlu cemas. Jagalah kebersihan alat kelamin dan gunakan selalu celana dalam yang bersih dan kering. Jika keputihan berbau dan terasa gatal segera meminta pertolongan kepada petugas kesehatan. 2.Nyeri Pinggang Kehamilan juga mempengaruhi keseimbangan tubuh karena cenderung untuk berat di bagian depan. Untuk menyeimbangkan berat tubuh maka ibu akan berusaha untuk berdiri dengan tubuh condong ke belakang. Oleh karena itulah ibu akan merasakan nyeri di bagian pinggang. Beberapa cara mengatasinya yaitu : 1)Berolahraga Olahraga yang dapat dilakukan diantaranya senam hamil atau pun menyempatkan berjalan kaki sekitar 1 jam sehari. 2)Saat berdiri, usahakan tubuh berada dalam posisi normal, yaitu tegak lurus dengan bahu ditarik ke belakang. 3)Kalaupun ingin tidur, sebaiknya berbaring miring ke kiri. Posisi seperti ini memungkinkan aliran darah dan makanan kea rah plasenta berjalan normal. Akan lebih baik lagi bila ibu meletakkan bantal diantara kedua lutut. 4)Jagalah sikap tubuh saat duduk dengan punggung selalu lurus dan tidak dibungkukkan. 5)Hindari duduk terlalu lama, karena punggung akan merasa lelah. Atasi dengan cara meletakkan kepala di atas meja selama beberapa waktu. Lalu cobalah untuk meregangkan bagian belakang leher. 6)Ganjal belakang punggung dengan bantal yang empuk. Dengan begitu, tulang belakang selalu tersangga dengan baik. 7)Jangan berdiri terus-menerus untuk waktu yang lama. 8)Pada saat mengambil sesuatu di lantai usahakan untuk berjongkok secara perlahan dengan punggung dalam keadaan lurus kemudian baru mengambil barang tersebut dan setelah itu berdiri perlahan-lahan. 3.Sering buang air kecil Begitu haid terlambat 1-2 minggu, biasanya ada dorongan untuk buang air kecil yang sering. Hal ini terjadi karena meningkatnya peredaran darah ketika hamil dan tekanan pada kandung kemih akibat membesarnya rahim. Biar pun sering buang air kecil, ibu harus tetap banyak minum agar tidak mengalami kekurangan cairan tubuh. Sering buang air kecil juga dirasakan saat kehamilan sudah mencapai umur 9 bulan, saat kepala bayi sudah masuk ke rongga panggul dan menekan kandung kemih. Supaya tidak mengganggu waktu tidur sebaiknya ibu menghindari waktu minum pada malam hari dan diperbanyak pada siang hari. Hal ini dimaksudkan agar ibu tidak sering kencing pada malam hari oleh karena itu ibu dapat tidur dengan nyenyak. 4.Sembelit (Susah buang air besar) Selama kehamilan usu lebih relaks bekerja, sehingga dorongan untuk mengeluarkan sisa kotoran pun

Mual dan muntah Keadaan ini lebih sering terjadi di pagi hari walaupun keadaan yang dirasakan oleh sekitar 50% ibu hamil ini dapat muncul kapan saja. Biasanya. Walau singkat. dorongan untuk ngemil atau makan-makanan tertentu (ngidam) sering muncul pada ibu hamil.Ngidam Sejak awal kehamilan. c. tapi dapat mengganggu tidur. karena rasa sakit yang menekan betis atau telapak kaki. bangkitlah dari tempat tidur. Jika timbul gejala-gejala tersebut anjurkan ibu untuk segera memeriksakan pada tenaga kesehatan berwenang seperti bidan atau dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.akan terhambat. Biasanya. Tetap lakukan meski kaki terasa sakit. penyebab kram belum diketahui pasti. hanya berlangsung selama 3 bulan pertama kehamilan. Pembengkakan dapat merupakan gejala keracunan kehamilan (preeclampsia) dengan timbulnya tekanan darah tinggi. ibu dapat berkonsultasi kepada bidan/dokter mengenai makanan tinggi kalsium yang mudah diperoleh di daerahnya. Garam memang bersifat menahan air. Luruskan kaki.Kram Kaki Kram kaki banyak dikeluhkan ibu hamil. serta tekanan rahim pada beberapa titik persarafan yang berhubungan dengan saraf-saraf kaki. Kalau ini sulit dipenuhi. dan berhenti begitu masuk bulan ke-4. pembengkakan muncul di triwulan ketiga kehamilan. d. Itu semua karena air yang selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah. 5. Hingga kini. Hal ini terjadi karena perubahan hormone dalam tubuh. 7. Bentuk gangguan berupa kejang pada otot betis atau otot telapak kaki. Tahan selama beberapa detik sampai kramnya hilang. Sebenarnya. Lalu berdiri selama beberapa saat.Jika kram menyerang pada malam hari. Preeklampsi ayang tidak segera . Cara mengatasi kram kaki diantaranya : a.Meningkatkan konsumsi makanan yang tinggi kandungan kalsium dan magnesium seperti aneka sayuran berdaun serta susu dan produk olahannya. terutama pada triwulan kedua. Minta bantuan suami untuk menarik telapak kaki kea rah tubuh dengan sebelah tangan. pembengkakan dapat terjadi di seluruh tubuh. air kemih mengandung protein dan nyeri kepala yang hebat.Dapat juga dilakukan pijatan. sementara tangan satunya menekan lutut ke bawah. Keinginan untuk ngemil mungkin saja muncul karena kebutuhan tubuh untuk makan sedikit demi sedikit namun sering. 6. b. Diduga adanya ketidakseimbangan mineral di dalam tubuh ibu yang memicu gangguan pada system persarafan otot-otot tubuh. Tapi bagian tubuh yang sering jadi sasaran berkumpulnya cairan adalah tangan dan kaki. Kram kaki cenderung menyerang pada malam hari selama 1-2 menit. Dapat terpicu hanya karena mencium bau makanan atau parfum tertentu (yang pada kondisi normal tidak membuat mual).Senam hamil secara teratur. Penyebab lainnya adalah kelelahan yang berkepanjangan.Bengkak pada kaki Pembengkakan yakni penimbunan cairan akibat kadar garam yang terlalu tinggi dalam tubuh. 8. Senam hamil dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Sebelum buang air besar. . Wasir dapat disebabkan oleh berbagai hal. seperti buah-buahan dan sayuran. jaga agar posisi kaki lebih tinggi. c. baik volume maupun alirannya. c. g. d. e.Jangan menyilangkan kaki ketika duduk tegak. gerak usus diperlukan agar perjalanan makanan dari saluran pencernaan hingga saluran pembuangan berjalan lancar. seperti di pagi hari. b.Wasir atau ambeien Wasir atau ambeien adalah pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada pembuluh darah balik (vena) di daerah sakit dubur.Perubahan hormon dalam tubuh.Bagi ibu yang bekerja di kantor dan banyak duduk. b.Setelah bangun pagi. d. c.ditangani dapat berkembang menjadi eklampsia. lalu terjadi perdarahan. hormon tersebut juga menghambat gerak otot pencernaan. Pembengkakan pada kaki dapat diatasi diantaranya dengan : a. antara lain : a. berbagai keluhan akan langsung hilang.Naikkan kaki di atas bangku kecil atau sofa selama dudu. 9. Paling tidak 2 liter dalam sehari. b. upayakan untuk minum air hangat.Hindari mengejan ketika buang air besar saat tidak ada dorongan ingin mengejan. Darah yang meningkat. Gunakan bangku kecil atau tumpukan buku sebagai penopang kaki.Ukuran janin yang kian besar. angkat kaki selama beberapa saat. Pada saat yang bersamaan. seperti jalan kaki. misalnya telur asin. Hal ini terjadi karena adanya sembelit sehingga terpaksa mengejan setiap kali buang air besar.Minumlah cairan yang cukup banyak. sering kali janin mendesak sejumlah pembuluh darah di sekitar perut dan panggul. Kalau aliran darah pada kedua kaki lancar-lancar saja.Gerakan fisik yang terbatas selama hamil. Cara mengatasi wasir diantaranya : a.Mengurangi makanan yang banyak mengandung garam. e. Padahal. Akibatny. ikan asin dan lain-lain.Biasakan buang air besar secara rutin pada waktu-waktu tertentu.Lakukan olahraga ringan. peregangan ketika mengejan inilah yang kadang-kadang menyebabkan pecahnya pembuluh-pembuluh darah di sekitar dubur. Padahal. Ibu juga dapat mengganjal kaki dengan bantal agar aliran darah tidak sempat berkumpul di pergelangan dan telapak kaki.Jika upaya-upaya yang dilakukan diatas tidak berhasil maka segera periksakan diri ibu ke tenaga kesehatan berwenang seperti bidan atau dokter untuk mendapat pemeriksaan dan pengobatan. Ini juga salah satu penyebab kerja usus jadi malas. Hormon progesteron yang meningkat selama kehamilan antara lain bertugas memperkuat janin di dalam rahim.Perbanyak konsumsi makanan berserat.Anjurkan ibu untuk sering mengangkat kaki. f.Sembelit d. jadi terhambat. yang sangat fatal bagi ibu dan janin. agar cairan di kaki mengalir ke bagian atas tubuh. Gerakan ini diharapkan dapat membantu otot-otot di saluran pencernaan untuk bergerak mendorong sisa makanan ke saluran pembuangan. Lakukan sesering mungkin untuk memperkecil kemungkinan terjadinya sumbatan pada aliran darah di kaki. sebab akan menghambat aliran darah di kaki.