P. 1
PEMBUATAN PERMEN SUSU

PEMBUATAN PERMEN SUSU

|Views: 2,605|Likes:
Published by Hasbullah Dahlan
Cara sederhana membuat permen susu
Cara sederhana membuat permen susu

More info:

Published by: Hasbullah Dahlan on Apr 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/17/2013

pdf

text

original

PERMEN SUSU

Permen susu dibuat dari susu yang dicampur gula dan bahan lain yang selanjutnya dimasak sampai mengeras dan menjadi permen. Proses pengolahannya cukup sederhana sehingga dapat dilakukan oleh industri rumah tangga. Alat : Wajan, pengaduk, loyang dan pisau Bahan : Susu 4 L, Gula 1 kg, Margarin 3 sdm Cara pembuatan: 1) Susu (4 lt) dimasak dan diaduk Setelah mendidih, tambahkan margarin Sudah agak kental (volume tinggal 1/2nya), tambahkan 1 kg gula pasir Terus diaduk. Jangan sampai gosong Bila adonan sudah seperti terlepas dari dinding penggorengan (akibat lemak susu), Uji kematangan dengan cara teteskan sedikit adonan ke dalam air dingin, jika terbentuk padatan yang tetap utuh saat dikeluarkan dari air, saat ini berarti pemasakan sudah selesai. Cetak pada loyang yang telah diolesi dengan margarin Biarkan dingin, potong seperti bentuk permen Kemas dengan kertas minyak/kertas roti.

2) 3) 4) 5)

6) 7)

8)

PERMEN SUSU

KARAMEL SUSU
Karamel susu.... ??? Banyak diantara teman-teman yang lebih mengenalnya dengan sebutan hoppies atau permen susu. Umumnya susu yang digunakan untuk pembuatan hoppies tidak memerlukan standar mutu yang tinggi. Oleh karena itu pembuatan hoppies/karamel, dimaksudkan untuk alternatif pemanfaatan susu dengan standar rendah yang tidak dapat dibuat untuk olahan susu lainnya.

Karamel susu/hoppies banyak disukai anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun. Bahkan mempunyai nilai jual yang cukup baik di pasaran. Kenapa kita tidak coba buat sendiri ??? Bahan Yang dibutuhkan : 1. 5L Susu sapi segar 2. 1kg Gula pasir 3. Mentega / Margarin 4. Cuka makan Cara Pembuatan : 1. Panaskan 5L susu sapi segar di dalam panci, diatas kompor secara perlahan-lahan. Sampai volumenya tinggal setengah dari volume awal. 2. Dinginkan susu tersebut sampai mencapai suhu kamar, lalu tambahkan ke dalamnya 1kg gula pasir, 10gr mentega/margarin, dan 1 sendok teh cuka makan. Aduk sampai homogen. 3. Tuangkan adonan tersebut kedalam wajan, dan panaskan kembali keatas kompor sampai matang. 4. Lakukan pengujian kematangan sebagai berikut : (a) Ambil sedikit adonan yang sedang dimasak dengan sendok makan, lalu tuangkan kedalam gelas yang berisi air dingin. (b) Apabila adonan membentuk bulatan atau gumpalan utuh dalam air dingin dan tetap utuh setelah dikeluarkan dari air dingin, maka adonan tersebut dianggap sudah matang. 5. Setelah adonan dianggap matang, tambahkan setengah sendok teh vanila atau esen lainnya dan diaduk sampai homogen. 6. Tuangkan adonan ke dalam cetakan, tunggu sampai dingin dan mengeras. 7. Setelah mengeras, potong dengan pisau sesuai bentuk dan ukuran yang diinginkan, lalu kemas dengan kertas minyak.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->