4. KEADAAN UMUM LOKASI PRAKTEK 4.

1 Lokasi Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam menpunyai banyak Pulau – pulau kecil, sebagai tempat lokasi budidaya ikan Kerapu Macan. Di Prov NAD adalah banyaknya dijumpai Pulau – pulau Kecil, Selat, Teluk dan Perairan berkarang yang jauh dari hantaman gelombang pada saat – saat musim tertentu. Lokasi Praktek bertempat di PT Caritas, di Pulau Panthon, Desa Rigah Kec. Setia Bakti Kab. Calang Aceh Jaya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Selama kegiatan praktek berlangsung dapat diketahui keadaan perairan dilokasi tersebut berkisar antara: 1. Perairan disekitar Karamba Jaring Apung memiliki kedalaman 10 -15 meter, dengan dasar perairan karang bercampur dengan pasir. 2. Letak Karamba Jaring Apung sangat bagus atau strategis, karena terletak dibelakang Pulau sehingga terhindar dari hantaman gelombang dan angin 3. Pulau Panthon menpunyai kisaran parameter kualitas air yang baik, dan Daerah tempat dilakukannya budidaya ikan Kerapu Macan bebas dari sumber polutan atau bebas dari pencemaran limbah – limbah industri. 4. Bebas dari alur Pelayaran dan Pencemaran Musim penghujan ditempat praktek terjadi pada bulan Oktober sampai pada Desember, angin Barat dan angin Selatan sangat berpengaruh pada kegiatan budidaya di Karamba Jaring Apung. Musim Barat dan musim Selatan terjadi pada bulan Maret sampai dengan April. Pulau Panthon merupakan bahagian dari Desa Rigah Kec. Setia

Adapaun batasan Wilayah tersebut adalah sebagai berikut 1. sehingga sangat baik karena angin dan gelombang yang menghantam KJA pada saat musin tertentu dapat ditapis atau dihalangi oleh Pulau ditempat KJA tersebut diletakan. Aceh Jaya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Budidaya Karamba Jaring Apung yang terletak di sebelah Utara Pulau Panthon merupakan Teluk. Pulau Panthon merupakan lokasi Karamba Jaring Apung diantara Pulau – pulau yang lain yang berada pada Desa Rigah. Pimpinan perusahaan yang menjadi menejer langsung dalam hal pengelolaan KJA dipegang langsung oleh Bapak Edison. Adapun usaha budidaya ikan laut yang dilakukan di Pulau – pulau dekat Kab.92” LU dan 95033’41. Calang tersebut dirintis sejak tahun 2004. Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Rigaih 2. Pelatihan yang diberikan kepada masyarakat memperlihatkan hasil yang baik. Pada awalnya perusahaan tersebut hanya sebagai Pilot Projet bagi masyarkat Aceh Jaya.36 bakti Kab. Sebelah utara bebatasan dengan desa Sayeung 4. Keadaan geografis dari Pulau Panthon terletak pada posisi 4040’3.22” BT.2 Sejarah Berdirinya PT Caritas PT Caritas adalah suatu lembaga asing milik pemerintah Checo. Sebelah Selatan berbatasa dengan Selat Calang 4. Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Calang 3. sehingga terpikirlah . Pulau Panthon berjarak sekitar 30 mil dari kota Aceh Barat Meulaboh dan 3 mil dari kota Calang Aceh Jaya. Diharapkan masyarakat yang berada di Aceh Jaya tersebut mampu melakukan budidaya ikan laut tersebut sehingga tingkat perekonomian masyarakat bisa terangkat.

Struktur Organisasi PT. maka diadakan suatu usaha budidaya ikan laut yang dalam hal ini membudidayakan ikan Kerapu Macan. Bertugas untuk melaporkan keuangan perusahaan pada pimpinanan perusahaan . Pimpinan Perusahaan.37 bahwa dengan kondisi yang baik dan daya dukung lahan yang memadai. Selain itu cara perolehan benih ikan Kerapu Macan tersebut sedikit lebih mudah dibandingkan ikan Kerapu Bebek. Selain mudah. 2. tingkat toleransi ikan Kerapu Macan terhadap perubahan suatu lingkungan sangat tinggi. Di bawah ini Pimpinan Perusahaan Bendahara Budidaya Pemasaran Peneneran dan pengelondongan Pembesaran KJA Karyawan Bagian Pemasaran Jual Lokal KJA KJA Karyawan KJA Karyawan KJA Karyawan KJA Gambar 2.3 Struktur Organisasi dan Tata Kerja Struktur Organisasi PT Caritas ditampilkan dalam Gambar 2. Caritas 1. 4. Bendahara.

Bagian Budidaya. Bagian ini dilengkapi satu teknisi yang berfungsi untuk menggerakan karyawan.38 3. 4. Bagian Pemasaran. Mengatur segala jenis yang berbentuk dengan penjualan dan pemasaran .