Kebersihan tangan (cuci tangan

)

Dunia rawan dengan mikro-organisme (kuman). Beberapa bakteri ditemukan dalam tubuh. Di berbagai negara, makanan yang dimakan dan dipersiapkan dengan tangan kosong perlu mendapat perhatian lebih untuk terjaga kebersihannya, terutama pada tangan. Di samping itu, debu dan kotoran yang menempel di tangan dapat mengurangi kepekaan tangan. Mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan sesudah makan dan setelah dari toilet. Menyabuni dan membilas tangan harus mencakup area jari, kuku, dan punggung tangan. Kemudian tangan dikeringkan dengan handuk bersih hingga kering. Ingat, bahwa handuk sebaiknya diganti setiap hari dan dicuci, terutama apabila handuk telah basah. Saat memasak, terutama saat menyiapkan makanan bekal, tangan bersih dapat meninimalkan makanan terkontaminasi kuman dan mencegah pembusukan. Saat menyiapkan makanan, cegah menyentuh makanan, menyentuh hidung, telinga, mulut atau tubuh lain untuk mencegah terkontaminasi makanan. Jika perlu dapat menggunakan sapu tangan atau tisu setelah mencuci tangan. Jagalah kuku tetap pendek. Dengan membiasakan cuci tangan, maka dapat mencegah berbagai penyakit, terutama pada penyakit menular, missal diare, infeksi kulit, pneumonia, flu burung, dan tifus. Cuci tangan merupakan kebiasaan baik dan memiliki berbagai arti dan manfaat penting di dalamnya, yaitu: 1. Tangan merupakan salah satu pintu masuknya kuman penyakit ke tubuh. Melalui kegiatan mencuci tangan dengan air dan sabun dapat menghambat penularan penyakit melalui mediasi tangan. 2. Tangan yang kotor dapat mengandung lebih dari 10 juta virus dan 1 juta bakteri. 3. Kuman-kuman seperti virus dan bakteri tidak tampak oleh mata sehingga keberadaannya sering diabaikan dan mudah masuk ke dalam tubuh. 4. Hamper semua orang tahu dan paham arti penting cuci tangan dengan air dan sabun, tetapi untuk membiasakan diri mencuci tangan dengan benar sangat jarang dilakukan. Prinsip cuci tangan dengan air dan sabun adalah sebagai berikut. 1. Membasuh kedua tangan dengan air mengalir, cuci dengan sabun dan gosok perlahan pada sela-sela jari, bawah kuku dan punggung tangan hingga berbusa selama 20 detik.

sebaiknya kuku direndam dalam air hangat selama 10 menit agar kuku mudah dipotong. atau dapat menggunakan tisu. Kapan sebaiknya cuci tangan? Tentunya cuci tangan memiliki waktu penting tersendiri. Sesudah buang air besar 3. Untuk memudahkan memotong kuku. Setelah kuku direndam. Pergantian kuku membutuhkan waktu sekitar 5 bulan. memotong kuku tidak perlu terlalu dalam dan diusahakan memotong kuku dalam keadaan kuku terpotong lurus (tidak melengkung). Kemudian potong kuku secara lurus memanjang dengan bentuk rata. perlu dijaga kebersihannya.untuk itu. Sebelum dan sesudah makan 2. mengeringkan tanga dengan handuk/kain lap bersih dan kering. Kesehatan kuku Pertumbuhan sisa kuku sebagian besar berada di ujung jari. membilas tangan dengan air mengalir selama 10 detik 3. Sebelum menyiapkan makanan 4. dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan dapat meningkatkan status kesehatan dan terhindar dari penyakit menular. 1. Kuku pendek akan mengurangi masalah yang diakibatkan oleh kuku yang kurang terawatt. Selain itu. seperti masalah kesehatan. .2. Kuku selalu tumbuh dan oleh karena itu. Sebelum memegang bayi Tujuan dari cuci tangan dengan air dan sabun adalah untuk membiasakan diri hidup bersih dan sehat. Waktu penting untuk cuci tangan adalah sebagai berikut. Kemudian kikir kuku yang telah terpotong agar tidak terasa tajam. keringkan jarijari tangan dan kaki.

Selain itu.Berpakaian rapi Menjaga tubuh tetap ersih adalah penting untuk menjaga tetap sehat dan diri terasa lebih baik. Untuk itu. c. Banyak cara agar terlihat lebih baik. terutama pada anak-anak. Pakaian yang menempel langsung pada kulit terdapat kumpulan selsel kulit mati. Bakteri yang berkumpul pada noda-noda di pakaian tersebut mulai bekerja semalam dan masih belum menimbulkan bau sehingga masih bisa digunakan di hari kedua. Selain itu. dan lusuh sehingga perlu ganti pakaian yang bersih. Tamun untuk menjaga harga diri tidak perlu memakai pakaian terbaru dan dari desainer terkenal agar terlihat lebih baik. Cukup dengan menjaga kebersihan kulit maka akan terhindar dari bau. anak-anak tidak perlu menggunakan deodorant dan parfum untuk mengatasi bau badan. Badan wangi Semua orang pasti berkeringat. Bakteri menyukai kulit dan kain lembab sehingga memicu banyaknya bakteri untuk berkumpul. Keringat masuk ke sepatu dan menimbulkan bakteri. Hal ini dikarenakan pertumbuhan kelenjar keringat khusus saat puber masih belum terbentuk pada masa anakanak. sebaiknya segera dilepaskan atau diganti ketika sudah tiba di rumah dan menggantungnya jika seragam masih bisa dipakai agar pakaian tidak lembab sehingga bakteri penyebab bau tidak bekerja berat untuk menimbulkan bau. kotor. Sepatu Sepatu merupakan tempat stategis untuk pertumbuhan kuman penyebab bau. pakaian bisa menjadi bernoda. Hal ini terkait dengan menjaga harga diri. Hal ini dikarenakan aktiviats sehari-hari banyak menghabiskan waktu di kaki dan sepatu. keringat. dan noda sehingga dapat mengundang kuman dan bakteri. Namun lebih baik apabila memiliki lebih dari sepasang sepatu agar sepatu dapat dipakai secara bergantian dan memberikan kesempatan bagi sepatu untuk kering . b. Tetapi keringat anak muda tidak akan menimbulkan bau badan sebelum mencapai masa pubertas. Pakaian Saat berkeringat. yaitu: a. Sepatu sekolah sebaiknya dilepas setelah tiba di rumah dan dibiarkan terbuka dan kering dalam semalam. Jika mengenakan seragam sekolah. asap rokok dapat lengfket pada pakaian dan rambut sehingga dapat menimbulkan bau. kelenjar keringat paling banyak terdapat pada kaki.

d. . yang dinamakan kelenjar folikel. Kelenjar minyak ini yang berfungsi sebagai penjaga agar rambut tetap halus. Setelah itu. Untuk menjaga rambut tetap bersih. gunakan sisir bergigi lebar agar rambut lebih mudah di sisir. bisa menggunakan minyak rambut agar rambut terlihat segar dan rapi. Bila perlu. Selain itu. Tetapi penggunaan condisioner tidak diperlukan selama rambut masih tumbuh subur dan sehat. Rambut Kepala memiliki kelenjar keringat di kulit kepala. adanya kelenjar keringat dan minyak dapat mengumpukkan sel kulit mati dan debu sehingga membuat rambut berminyak dan terlihat kotor. Hindari menggunakan pengering rambut (hair drier) karena dapat merusak rambut. kelenjar di kulit kepala juga menghasilkan minyak. ada baiknya menggunakan conditioner untuk menjaga rambut tetap halus dan mudah disisir. dan kotoran terangkat. kemudian dipijat-pijat agar sel kulit mati. cuci rambut dengan sampo secara teratur. Namun. Bagi yang berambut panjang. minyak. Untuk merapikan rambut. Jagalah sepatu tetap bersih dengan rajin menyemir sepatu maupun mencucinya sehingga sepatu akan tampak lebih baik dan lebih kecil kemungkinan untuk bau. rambut dibilas hingga bersih.sehingga terjaga dariu pertumbuhan kuman penyebab bau.

cyh. Women’s And Children’s Health Network: Kids’ Health. Pekalongan: FKM Universitas Pekalongan. http://www. Adelaide: SA Health.aspx?p=335&np=289&id =2146#2 [30 maret 2012].scribd.Taking Care of Your Body. 2011. Septiana. Semarang: PSIK FK UNDIP. Dyah Tri. Personal Hygiene . 2011. Satuan Acara Penyuluhan Tentang Kebersihan Tangan Dengan Program Cuci Tangan Pakai Sabun Di Wilayah RT 03 RW 04 Desa Watesalit Kelurahan Watesalit Kecamatan Batang.com/HealthTopics/HealthTopicDetailsKids. .Ayu. Child And Youth Health. Kristinato Dwi.com/dwie_adjah/d/58942747-penyuluhan [30 Maret 2012]. http://www. & Yeni Kiki. Personal Hygiene. Galuh. 2009.