Patung keramik itu memang lucu, postur tubuh bulat pendek ditambah perut buncit, sangatlah pantas jika

dijadikan pajangan rumah untuk menambah kesan santai. Dan masih banyak lagi berderet patung-patung keramik lain yang pantas dibawa pulang dari tempat ini, Kasongan Yogyakarta. Desa Kasongan memang identik dengan keramik dan gerabah, dan merupakan sentra industri kerajinan keramik/gerabah paling besar di Yogyakarta. Sebagian besar penduduknya memang bermata pencaharian sebagai pengrajin keramik dan telah menghasilkan berbagai macam produk mulai dari dari guci, jambangan, vas bunga, patung hewan, tempat lilin, dll. Pangsa pasar produk keramik Kasongan hampir delapanpuluh persen luar negeri, antara lain ke Malaysia, Singapura, Korea, Jepang, Amerika Serikat, Belanda, dll. Dalam perkembangannya Desa Kasongan, yang dulu menjadi tempat produksi, kini berkembang menjadi tempat pemasaran setelah berdiri kioskios show-room. Jika bertandang ke yogyakarta, sempatkanlah diri untuk datang ke wilayah ini karena letaknya tidak jauh dari pusat kota yakni sekitar 8 km ke arah barat daya. Dan untuk mengenal lebih dekat dengan sentra industri ini, berjalan kaki adalah pilihan terbaik, karena kita bisa keluar masuk ke bagian-bagian proses pembuatan keramik, mulai dari pengolahan tanah, pembentukan hingga proses pembakaran dan pewarnaan. Di sini kita akan melihat puluhan bahkan ratusan keramik yang siap dipasarkan. [navigasi.net] Kerajinan - Keramik, Pada dasarnya proses pembuatan Kasongan keramik/gerabah ini bisa dibagi dalam dua bagian besar, yakni dengan cara cetak untuk pembuatan dalam jumlah banyak (masal) atau langsung dengan tangan. Untuk proses pembuatan dengan menggunakan tangan pada keramik yang berbentuk silinder (jambangan, pot, guci), dilakukan dengan menambahkan sedikit demi sedikit tanah liat diatas tempat yang bisa diputar. Salah satu tangan pengrajin akan berada disisi dalam sementara yang lainnya berada diluar. Dengan memutar alas tersebut, otomatis tanah yang ada diatas akan membentuk silinder dengan besaran diameter dan ketebalan yang diatur melalui proses penekanan dan penarikan tanah yang ada pada kedua telapak tangan pengrajin.

Jadi kalau anda berkesempatan bertandang ke yogyakarta. Kasongan Konon pada masa krisis moneter beberapa waktu yang lalu.Keramik. Hal ini tentu saja memberikan keuntungan yang signifikan bagi pengusaha maupun pemasar industri keramik/gerabah ini. tak ada salahnya anda mampir sebentar ke Kasongan untuk melihat-lihat dan membawa pulang berbagi aksesories guna mempercantik interier/eksterior rumah/kantor anda .[navigasi. Harga keramik/gerabah menjadi murah dimata pembeli luar negeri dan mampu menaikkan ekspor hingga 50-100%. seperti meja dan kursi. Permintaan pun juga semakin bervariasi dari semula yang hanya berupa souvenir dan aksesori rumah tangga meningkat pada permintaan untuk jenis mebel.net] Kerajinan . pengrajin didaerah ini meraup untung yang besar dari lonjakan mata uang dollar AS.

hingga penjemuran produk yang biasanya memakan waktu 2 – 4 hari. Eropa. Produk yang telah dijemur lantas dibakar. produk gerabah buatan mereka masih menjadi andalan potensi pariwisata daerah Bantul. Jl. Para wisatawan yang berkunjung ke sana bisa memesan jenis motif gerabah atau keramik sesuai keinginannya. yakni perkakas yang terbuat dari tanah liat atau lempung. 180. Produk khas Kasongan seperti guci. Jam operasional : setiap hari.- .. pembentukan bahan.000.Pusat Kerajinan Keramik dan Gerabah Kasongan Bisa dibilang desa wisata Gerabah Kasongan sudah terkenal sejak lama karena kerajinan gerabahnya yang terkenal. DATA Lokasi : Desa Kasongan. Satu set meja kursi harganya Rp. Kecamatan Kasihan. seperti burung merak. dan akhirnya di-finishing menggunakan cat tembok atau cat genteng. hiasan dinding. Fasilitas : puluhan gerai atau toko yang menjual hasil kerajinan gerabah. Bantul km 6. 3. Hingga kini. gendi.00 – 17. naga. yang berarti buyung atau gundi (orang yang membuat sejenis buyung. tempat bunga.5. Australia. di galeri yang memproduksi langsung di tempat. Kabupaten Bantul . di desa Kasongan ini kamu bisa menjumpai puluhan galeri gerabah yang tersebar di sepanjang kiri dan kanan jalan. Kini. Disini bisa disaksikan para penduduk setempat yang berprofesi sebagai pengrajin mengerjakan kerajinan gerabah. Harga : sebagai contoh.yang kecil Rp. vas bunga ukuran besar harganya Rp. bunga mawar dan banyak lainnya. Di sana kamu juga bisa nonton langsung proses pembuatan keramik. tetapi dengan dukungan dari pemerintah tempat ini dengan cepat memulihkan keadaannya. 17. Mulai dari penggilingan.00. Kasongan Sebagai Desa Wisata Dulunya kawasan desa wisata Kasongan ini merupakan wilayah pemukiman para kundi. kini mulai banyak diminati pembeli luar negeri seperti Amerika Serikat. mulai pukul 08.000. kuali dan lainnya yang tergolong barang dapur dan juga barang hias). 20. Dan akhirnya kebiasaan itu terus diturunkan hingga generasi sekarang.-.000. dan Spanyol. Gerabah dari tempat ini sempat porak-poranda oleh gempa bumi besar yang mengguncang Yogyakarta. Pot bunga harganya Rp.-. Itulah desa wisata Kasongan dengan produk kerajinan gerabah / keramik andalannya.500.

TIPS : Kalo berniat beli gerabah kasongan. Sayang kan. Soalnya barang gerabah itu mudah pecah atau retak. belum sampe rumah sudah pada retak-retak lantaran jatuh di jalan. kalo vas bunga cantik yang kamu beli. . sebaiknya hati-hati bawanya.

Para pengrajin keramik di Desa Malahayu. tetapi juga mampu mengerjakan kerajikan keramik seperti guci dan piring keramik hias. Sebuah asbak keramik kecil harganya 5 ribu rupiah. sedangkan sebuah guci keramik hias ukuran besar harganya bisa mencapai 500 ribu rupiah. Kabupaten Brebes. Kerajinan keramik Desa Malahayu selain dipasarkan di kota-kota besar di Jawa. Kerajinan keramik hias Desa Malahayu memiliki bentuk yang artistik sehingga tidak kalah dibandingkan dengan kerajinan keramik Cina.esa Malahayu. para pengrajin tidak hanya terampil membuat kerajinan gerabah. Produk kerajinan desa Malahayu dijual dengan harga bervareasi tergantung bentuk dan ukurannya. Namun sejak 10 tahun terakhir. Di desa Malahayu saat ini terdapat 3 unit usaha pembuatan kerajinan keramik. Namun para pengrajin ini belum mampu menembus pasaran luar negeri karena tidak memiliki modal yang cukup. Dengan jumlah produksi per tahun mencapai 42 ribu 400 buah. kuali dan kendi. Karya warga desa tersebut banyak diminati karena punya nilai artistik cukup tinggi. . Jawa Tengah dikenal sebagai sentra keramik hias. awalnya hanya pengrajin grabah atau produk rumah tangga dari tanah liat seperti tempayan. Kecamatan Banjraharjo. juga dipasarkan ke Sumatera. Kalimantan dan Sulawesi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful