BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Budi pekerti merupakan perpaduan dari hasil rasio dan rasa yang bermanifestasi pada karsa dan tingkah laku manusia. Penerapan budi pekerti tergantung kepada pelaksanaanya. Budi pekerti dapat bersifat positif maupun negatif. Budi pekerti itu sendiri selalu dikaitkan dengan tingkah laku manusia. Budi pekerti didorong oleh kekuatan yang terdapat di dalam hati yaitu rasio. Rasio mempunyai tabiat kecenderungan kepada ingin tahu dan mau menerima yang logis, yang masuk akal dan sebaliknya tidak mau menerima yang analogis, yang tidak masuk akal. Budi pekerti dalam kaitanya dengan Agama disama artikan dengan akhlak, kata akhlak diartikan sebagai suatu tingkah laku, tetapi tingkah laku tersebut harus dilakukan secara berulang-ulang tidak cukup hanya sekali melakukan perbuatan baik, atau hanya sewaktu-waktu saja. Seseorang dapat dikatakan berakhlak jika timbul dengan sendirinya didorong oleh motivasi dari dalam diri dan dilakukan tanpa banyak pertimbangan pemikiran apalagi pertimbangan yang sering diulang-ulang, sehingga terkesan sebagai keterpaksaan untuk berbuat. Apabila perbuatan tersebut dilakukan dengan terpaksa bukanlah pencerminan dari akhlak.1 Akhlak bersumber pada agama. Perangai sendiri mengandung pengertian sebagai suatu sifat dan watak yang merupakan bawaan seseorang. Pembentukan
1

http://id.wikipedia.org/wiki/Akhlak akses 12 Desember 2011 11:30

1

perangai ke arah baik atau buruk. melalui keluargalah kepribadian seseorang dapat terbentuk. Dengan berkembangnya teknologi informasi seperti penggunaan Handphone ataupun dengan teknologi internet sedikit banyak tentu dapat 2 . karena dengan alasa kebutuhan dan gaya hidup atau lifestyle yang dulunya dianggap sebagai suatu barang mewah sekarang sudah bergeser peranannya tidak sebagi barang mewah lagi namun cenderung merupakan suatu kebutuhan primer yang setiap individu sangat tergantung akan benda tersebut. Para ahli seperti Al Ghazali menyatakan bahwa akhlak adalah perangai yang melekat pada diri seseorang yang dapat memunculkan perbuatan baik tanpa mempertimbangkan pikiran terlebih dahulu. ditentukan oleh faktor dari dalam diri sendiri maupun dari luar. Secara terminologi akhlak berarti tingkah laku seseorang yang didorong oleh suatu keinginan secara sadar untuk melakukan suatu perbuatan yang baik. Lingkungan yang paling kecil adalah keluarga. yaitu kondisi lingkungannya. sejak usia dini sudah tidak merasa asing akan adanya benda tersebut dan bahkan sudah merupakan keharusan untuk memilikinya. Belum lagi dengan adanya teknologi tercanggih saat ini yang semakin universal yaitu tersambungnya computer-komputer seluruh dunia yang dengan mudah dapat diakses dari computer pribadi atau yang deisebut dengan Interconected Networking (Internet). Pada zaman sekarang peranan teknologi informasi dalam kehidupan seseorang seakan tidak dapat dihindarkan. Perangai sendiri mengandung pengertian sebagai suatu sifat dan watak yang merupakan bawaan seseorang. Misalkan saja penggunaan Telefon Selular atau yang disebut dengan istilah HP.

menerima dan mencerna seluruh isi media tersebut tanpa ada control dari orang tua. Atau dengan alasan lifestyle seseorang cenderung buta dalam memiliki ataupun menggunakan media atau sarana yang dimilikinya lebih kepada pemuasan emosi semata dibandingkan dari segi manfaat baginya. sehingga seseorang tidak mampu mengendalikan emosinya untuk mencurahkan seluruh keinginanya agar dapat segera terpuaskan. Dengan memperhatikan siswa-siswi di suatu madrasah swasta yang pernah penulis kunjungi sebagian besar sudah tidak asing lagi dengan perkembangan teknologi informasi lebih khususnya adalah penggunaan handphone. sesekali ada yang terjaring razia oleh Bapak / Ibu gurunya dan juga tidak jarang didalamnya terdapat suatu file yang bersifat pornografi yang sebenarnya sungguh tidak relevan untuk dimiliki dan dilihat oleh siswa-siswi. Dengan perubahan gaya hidup yang secara tiba-tiba seringkali menimbulkan cultural sock atau goncangan terhadap suatu budaya.mempengaruhi perkembangan perangai atau akhlak seseorang. yang semula tidak memiliki apa-apa dan secara langsung dapat menikmati budaya-budaya lain tanpa diimbangi dengan pendidikan serta keteguhan iman yang kuat. Berbekal dari problematika tersebut penulis tertarik untuk melakukan sebuah penelitian yang terkait dengan dampak perkembangan teknologi informasi terhadap perkembangan akhlak siswa dengan harapan mampu memberikan gambaran tentang pengaruh dari perkembangan teknologi 3 . karena dengan berbagai kemudahan akses tanpa batas benda-benda tersebut dengan berbagai macam konten atau isi dari masing-masing media tersebut seseorang mampu dengan leluasa melihat.

informasi terhadap perkembangan akhlak siswa serta mampu memberikan inisiatif penanggulangan dari problematika tersebut. BAB II LANDASAN TEORI A. Pengertian Akhlak 4 .

Cetakan ke Sepuluh Halaman 102 3 http://alfutuchat. Dari dua istilah tersebut dapat kita pahami. maka artinya adalah bagus dari bentuk lahiriah dan rohaniyah.Ensiklopedi Islam Jilid 2.html tanggal 23/11/2011 12:45 5 .. Jika keadaan tersebut melahirkan perbuatan yang baik dan terpuji menurut pandangan akal dan syarak (hukum Islam). Jika perbuatan-perbuatan yang timbul itu tidak baik maka dinamakan akhlak yang buruk. disebut akhlak yang baik. yaitu tata cara sopan santun dalam masyarakat guna memelihara hubungan baik antar mereka.com/2010/06/24/2-pengertian-akhlakmenurut-istilah/ 4 http://sobatbaru.wordpress.احلق‬jamak dari ‫ حلق‬yang artinya kebiasaan.blogspot. Untuk jasmaniyah manusia sering menggunakan istilah kholqun. ada kalanya bentuk jelek (Qobi’ah) dan adakalanya bentuk baik (jamilah). bahwa manusia terdiri dari dua susunan jasmaniyah dan batiniyah. Kedua komponen ini memilih gerakan dan bentuk sendiri-sendiri. Akhlak merupakan suatu keadaan yang melekat pada jiwa manusia.4 B. jika dikaitkan dengan seseorang yang bagus berupa kholqun dan khulqunnya. PT Ichtiar Baru van Houve.2 Abu Ali Ibnu Muhammad Ibnu Ya’qub Miskawaih : ٍ َ ِ ُ َ َ ٍ ِ ِ ْ َ ْ ِ َ ِ َ ْ َ َِ َ َ ٌ َ ِ َ ِ ْ ّ ِ ُ َ ‫حال للنفس داعية لها الى افعالها من غير فكْر ولروية‬ Artinya : “ Akhlak ialah keadaan gerak jiwa yang mendorong untuk melakukan perbuatan-perbuatan tanpa melalui pertimbangan pemikiran terlebih dahulu “3 Menurut Al Gazali. Jakarta. kata akhlak sering diidentikkan dengan kata kholqun (bentuk lahiriyah) dan Khuluqun (bentuk batiniyah). Ruang Lingkup Akhlak 2 …………………. sedangkan untuk rohaniyah manusia menggunakan istilah khuluqun. yang daripadanya lahir perbuatan-perbuatan dengan mudah tanpa melalui proses pemikiran. Kata adab juga digunakan dalam arti etiket. ‫ . Akhlak yang baik disebut adab. pertimbangan atau penelitian. tabiat dan agama.com/2010/03/pengertian-akhlak.Akhlak berasal dari kata perangai.

mereka gembira bilamana engkau gembira dan membelamu bilamana perlu.mengasuh. berguna dalam masyarakat. karena hanya dengan insyaf dan sadar kepada diri sendirilah. dengan ajaran –ajaran yang bijak.menyekolahkan engkau. sikap lemah lembut dan perlakuan kasih sayang. dengan semuanya itu manusia mempunyai kelebihan dan dimanapun saja manusia mempunyai perbuatan. anak. disamping itu manusia telah mempunyai fitrah sendiri. dan karib kerabat. kemudian merasa bahwa mereka mempunyai harga diri. berbahagia dunia dan akhirat. Sehingga anak akan tumbuh secara istiqomah. Dan coba ketahuilah bahwa saudaramu laki-laki dan permpuan adalah putera ayah dan ibumu yang juga cinta kepada engkau. dalam islam mengarahkan para orang tua dan pendidik untuk memperhatikan anak-anak secara sempurna. terutama bapak-bapak dan ibu-ibu untuk memiliki akhlak yang luhur. karena mereka mencintai ayah dan ibumu dan menolong keduanya disetiap keperluan. pangkal kesempurnaan akhlak yang utama. islam telah memerintahkan kepada setiap oarang yang mempunyai tanggung jawab untuk mengarahkan dan mendidik. Karena keduanya memelihara. maka hendaknya seseorang itu menginsyafi dan menyadari dirinya sendiri. Kewjiban orang tua terhadap anak. Seorang anak haruslah mencintai kedua orang tuanya karena mereka lebih berhak dari segala manusia lainya untuk engkau cintai. Manusia terdiri dari jasmani dan rohani. kehormatan dan kemuliaan. Akhlak Bermasyarakat 6 . terdidik untuk berani berdiri sendiri.1. mencintai dengan ikhlas agar engkau menjadi seseorang yang baik. budi yang tinggi. Akhlak pribadi Yang paling dekat dengan seseorang itu adalah dirinya sendiri. 3. dan mendidik. bibimu dan anak-anaknya mereka sayang kepadamu dan ingin agar engkau selamat dan berbahagia. 2. taati dan hormati. Pamanmu. Akhlak Berkeluarga Akhlak ini meliputi kewajiban orang tua. menolong ayah dan ibumu dalam mendidikmu.

tetapi berkelompok-kelompok. 4. orang tuamu cinta dan hormat pada mereka maka wajib atasmu mengikuti ayah dan ibumu. Pengertian Perkembangan IT Perkembangan peradaban manusia berjalan seiring dengan perkembangan manusia dalam berkomunikasi atau memberikan informasi. bantu-membantu. dan bersam-sama mencari kemanfaatan dan menolak kemudhorotan. Akhlak Beragama Akhlak ini merupakan akhlak atau kewajiban manusia terhadap tuhannya. engkau hidup bersama mereka dengan nasib dab penanggungan yang sama. baik secara vertikal dengan Tuhan. 7 . Kesusilaan/moral selalu tumbuh dan berkembang sesuai dengan kemajuan dan perkembangan masyarakat. Kehidupan dan perkembangan masyarakat dapat lancar dan tertib jika tiap-tiap individu sebagai anggota masyarakat bertindak menuruti aturan-aturan yang sesuai dengan normanorma kesusilaan yang berlaku. maupun secara horizontal dengan sesama makhluk Tuhan. saling membutuhkan dan saling mepengaruhi.Tetanggamu ikut bersyukur jika orang tuamu bergembira dan ikut susah jika orang tuamu susah. yaitu cinta dan hormat pada tetangga. ini merupakan apa yang disebut masyarakat. C. Dan ketahuilah bahwa engkau adalah salah seorang dari mereka dan engkau timbul tenggelam bersama mereka. tidak segan berkorban untuk kemuliaan tanah airmu. Sejak dahulu manusia tidak dapat hidup sendiri–sendiri dan terpisah satu sama lain. mereka menolong. Akhlak Bernegara Mereka yang sebangsa denganmu adalah warga masyarakat yang berbahasa yang sama denganmu. Pendidikan kesusilaan/akhlak tidak dapat terlepas dari pendidikan sosial kemasyarakatan. karena itulah ruang lingkup akhlak sangat luas mencakup seluruh aspek kehidupan. kesusilaan/moral timbul didalam masyarakat. 5.

Penemuan selanjutnya adalah mesin analityc atau sering diistilahkan sebagai cikal bakal dari computer. dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). suara. informasi bergambar. di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain. mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.org/wiki/Teknologi_informasi tanggal 15/11/2011 8 . teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. dan video. bioinformatika. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). berawal dari penemuan diatas mampu mengantarkan atau menyebarluaskan informasi tentang sesuatu keseluruh manusia yang membutuhkan informasi.5 1. Pengolahan. atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat. tetapi juga telepon. Teknologi Informasi (TI). Sejarah Singkat Perkembangan Teknologi Informasi Dalam perkembanganya teknologi informasi diawali dengan penemua mesin cetak yang terbuat dari plat-plat besi yang tertempel pada kayu dan dapat diganti. TV. mengubah. ''Could Computing''. ". sampai hingga ditemukan mesin telegraf oleh Samuel FB Morse pada tahun 1873 yang memungkinkan komunikasi jarak jauh dengan memanfaatkan denyut-denyut 5 10:30 http://id. penyimpanan dan penyebaran vokal. Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web. sistem informasi global. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi. Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review. menyimpan.Sebaliknya informasi-informasi yang diperoleh manusia juga berpengaruh perkembangan peradaban manusia itu sendiri.wikipedia. peralatan rumah tangga elektronik.

video ataupun gambar) dengan istilah multimedia. Hingga sampai abad ini teknologi informasi yang popular dalam kalangan masyarakat yaitu Telefon Selular atau serign disebut dengan HP yang hampir semua fasilitas telah ditawarkan secara terintegrasi dalam sebuah piranti kecil handphon (HP) mulai dari keperluan komunikasi sampai dengan hiburan (music. 9 .listrik yang menghantarkan kode-kode yang dapat diterjemahkan kedalam bahasa manusia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful