P. 1
Contoh Laporan Kegiatan Pameran Dan Pertunjukan

Contoh Laporan Kegiatan Pameran Dan Pertunjukan

|Views: 20,301|Likes:
Published by Agung jaka nugraha

More info:

Published by: Agung jaka nugraha on Apr 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/04/2015

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Undang – Undang Republik Indonesia (UURI) Nomer 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,Bab II,pasal 2 mengamanatkan bahwa : “ Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa,bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didk agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakal mulia sehat, berilmu, cakap , kreatif, mandiri dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab. Selanjutnya di dalam pasal 5 UURI tersebut diamanatkan juga bahwa “ Setiap warga Negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu “.Sementara itu dalam bab yang sama,bagian keempat,pasal 11 ditegaskan bahwa : “Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga Negara tanpa diskriminasi”. Fungsi, tujuan ,dan kewajiban pemerintah untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu bagi bangsa Indonesia telah dilakukan oleh pemerintah dari waktu ke waktu. Rendahnya mutu pendidikan nasional, telah berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap rendahnya mutu dan daya saing sumber daya manusia (SAM) Indonesia pada bursa tenaga global. Sehubungan dengan itu, Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menatapkan tiga kebijakan pembangunan pendidikan nasional, yaitu: 1) pemeratan dan perluasan akses; 2) peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing; dan 3) penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan pencritaan publik. Pada tataran operasional, peningkatan mutu pendidikan nasional diarahkan untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan kepada masyarakat. Dengan demikian pendidikan pada satuan pendidikan “harus” dilaksanakan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang secara dinamis dengan memberdayakan pendidikan dan tenaga kependidikan yang terwadahi dalam berbagai forum secara optimum.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pedidikan (BPSDM dan PMP) Kemdiknas, melalui PPPPTK SB Sleman Yogyakarta berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional salah satu diantaranya adalah merevitalisasi/memperbaharui Kelompok Kegiatan Guru (KKG),Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP),Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) karena diidentifikasi bahwa intensitas dan kebermaknaan forum-forum dimaksud masih kurang optimal.Pelaksanaan revitalisasi KKG,MGMP,KKKS,MKKS diharapkan dapat mendukung secara optimal peningkatan kemampuan professional guru dalam pembelajaran di sekolah-sekolah terkait. Beberapa masalah utama yang dihadapi KKG,MGMP,KKKS,dan MKKS adalah : 1. Manajemen KKG,MGMP,KKKS, dan MKKS kurang berfungsi secara optimal. 2. Program-program KKG,MGMP,KKKS, dan MKKS kurang signifikan dan kurang sesuai dengan kebutuhan guru 3. Dana pendukung operasional KKG,MGMP, KKKS,dan MKKS kurang proposional. 4. Asosiasi profesi kurang bersinergi dengan kegiatan KKG dan MGMP 5. KKG,MGMP,KKKS, dan MKKS kurang berperan aktif dalam peningkatan mutu pembelajaran. Selanjutnya atas dasar di atas kami forum KKG SBK gugus 14 wilayah kepengawasan VII Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo mengajukan dana block grant lewat PPPPTK SB Sleman Yogyakarta untuk melaksanakan kegiatan “Pameran dan Pertunjukan hasil karya anak Sekolah Dasar se gugus 14 wilayah kepengawasan VII Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo” pada akhir semester ganjil tahun pelajaran 2011- 2012. B. Tujuan Adapun tujuan kami mengadakan kegiatan tersebut adalah : 1. 2. 3. 4. 5. Mengfungsikan secara optimal tentang manajemen KKG SBK. Menyesuaikan program-program KKG SBK dengan kebutuhan guru SBK. Memproposionalkan dana pendukung operasional KKG SBK. Berperan aktif dalam meningkatkan mutu pembelajaran SBK. Mensinergikan asosiasi profesi dengan kegiatan forum KKG SBK.

C. Sasaran Untuk program revitalisasi melalui dana blokc grant sasaran kami adalah : 1. Kepala Sekolah Dasar Negeri dan MI se gugus 14 wilayah kepengawasan VII Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo (KKKS gugus ) 2. Guru-guru kelas 1,2,3,4,5,dan 6 se gugus 14 wilayah kepengawasan VII Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo (KKG gugus ) 3. Siswa kelas 1,2,3,4,5, dan 6 se gugus 14 wilayah kepengawasan VII Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo. D. Hasil Melalui pemberian dana block grant untuk kegiatan ini diharapkan hal-hal sebagai berikut : 1. 2. 3. 4. 5. 6. Forum KKG lebih aktif dan meningkat serta mengimbas digugus lain. Kegiatan ini dapat terselenggara secara berkala dan kesinambungan. Kinerja PTK di Sekolah Dasar lakan lebih meningkat dan teratasi. Kompetensi profesional PTK akan lebih meningkat. Mendidik anak bisa trampil ,kreatif,dan inovatif. Memberi bekal terhadap anak didik untuk bisa hidup mandiri.

E. Dampak Dengan dana block grant kegiatan ini memiliki dampak sebagai berikut : 1. Mutu layanan pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa dalam rangka pencapaian standar nasional pendidikan dan pengembangan potensi diri agar memiliki keunggulan global. Sekolah lebih termotivasi untuk membangun komunitas professional dan mengembangkan budaya belajar yang berkelanjutan. Sekolah mampu membangun system jejaring belajar bagi warga sekolah untuk mengembangkan professional secara mandiri dalm bidang masing-masing. Kerjasama antar sekolah dapat diwujudkan dalam pengembangan kreativitas dan inovsi layanan pendidikan. Kesadaran untuk saling bertukar informasi dalam pengetahuan ,ketrampilan dan budaya kerja yang berkualitas dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan antara guru dan kepala sekolah akan meningkat.

2. 3. 4. 5.

BAB II GAMBARAN UMUM KEGIATAN

A. Kondisi Secara Umum Pameran adalah suatu kegiatan yang menunjukan hasil karya seseorang yang di pajang di suatu tempat dan waktu yang telah ditentukan yang memang disengaja ditpertontonkan kepada masyarakat umum dengan tujuan sebagai bahan apresiasi terhadap mereka yang nonton dan nantinya sebagai modal mereka untuk menimbulkan karya baru lagi yang lebih kreatif dan inovatif. Pertunjukan adalah suatu kegiatan pementasan sebuah karya seseorang yang meliputi seni tari, teater, puisi,seni music,dan seni suara yang disajikan di sebuah pentas di suatu tepat dan waktu yang telah ditentukan yang memang sengaja untuk diperlihatkan kepada masyarakat umum dengan tujuan sebagai bahan apresiasi bagi mereka yang melihat dan nantinya sebagai modal bagi mereka untuk berkreatif menimbulkan karya baru lagi yang lebih kreatif dan inovatif. Adapun kegiatan pameran dan pertunjukan kami di sini adalah mempertunjukan hasil karya anak didik kami seusia SD segugus 14 wilayah kepengawasan VII Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo.Sedangkan hasil karya yang dipamerkan merupakan hasil karya mereka selama 1 tahun .Kegiatan ini merupakan awal kegiatan kami mengadakan pameran dan pertunjukan yang nantinya menjadi kalender tahunan ,setiap akhir tahun.Dengan tujuan supaya mereka lebih aktif dan lebih kreatif untuk meciptakan karya seni yang inovatif. Dengan bantuan dana block grant akan kami manfaatkan sebaik-baiknyan untuk kegiatan tersebut dan pelatihan-pelatihan dalam proses pembelajaran dan pembelian alat – alat yang dibutuhkan pada tahun pelajaran berikutnya. B. Prioritas Kegiatan Di Daerah kami karena terletak di daerah pinggiran atau pelosok,di mana masyarakatnya masih belum maju,kebanyakan orang tua banyak dari kalangan petani miskin dan kaum buruh-buruh,otomatis untuk pendidikan kecerdasan kurang pendukung dari rumah.Mereka orang tua terlalu pasrah terhadap sekolah,padahal di sekolah hanya 5 jam lamanya.Sedangkan di rumah 19 jam lamanya.Tetapi karena orang tua dari masing-masing sibuk untuk mencari nafkah maka pendidikan anak di

rumah kurang perhatian.Sehingga karena mereka hanya menggantungkan dari sekolah maka hasil untuk kecerdasan otak kurang memuaskan atau tidak maksimal. Dengan adanya demikian kami cenderung untuk membekali dia trampil dan mandiri.Kami sebagai pendidik harus pandai memberi motivasi dan dorongan dari dalam untuk berbuat sesuatu.Sehingga mereka mampu berpikir kreatif.Kami membekali mereka memafaatkan lingkungan seperti mengolah barang bekas menjadi benda yang berharga ( daur ulang ),juga memanfaatkan barang alam seperti klobot karena daerah kami makanan pokoknya jagung, mejadi benda hias ,janggel jagung kita buat benda hias,dan bnyak benda alam yang lain ,seperti bambu dibuat perabot rumah tangga.Pelepah pisang juga bisa kita manfaatkan untuk anyaman ,dsb Selain ketrampilan kami juga membekali seni tari teater ( ludruk kesenian khas daerah kami yang hamper punah ) karena kebanyakan dari anak didik ini banyak pengaruh kesenian kebarat-baratan,sehingga kami timbul gagasan untuk mengarahkan pada mereka untuk cinta budaya Indonesia,dan bahwa Negara kita kaya akan budaya.Dan tak lupa juga melukis kami mengundang para pelukis terkenal yang bertempat tinggal di probolinggo untuk membina guru-guru SBK dan siswa se gugus 14. Atas dasar penjelasan di atas maka kegiatan ini kami lebih memprioritaskan untuk mengadakan pameran dan pertunjukan hasil karya siswa di akhir tahun. Karena dengan adanya kegiatan pameran dan pertunjukan anak akan lebih semangat untuk mengerjakan tugas dari guru.Timbul saingan diantara temantamannya yang artinya persaingan positif untuk menghasilkan karya-karya barunya. Karya- karya baru tersebut akan terpilih yang paling bagus untuk dipamerkan,sehingga mereka berlomba untuk menghasilkan karya yang terbagus. C. Dukungan Yang Diharapkan Dengan adanya dukungan dana block grant ini mudah-mudahan akan menambah lebih aktif para pendidik dan anak – anak untuk lebih berkreatif dan juga berani mengeluarkan idenya dengan puas. Dan juga kami berharafkan kegiatan ini mengimbas ke gugus lain karena kami nanti akan menyebarkan selebaran ini ke sekolah-sekolah se Kecamatan Kademangan pada khususnya dan se Kota Probolinggo pada umumnya. Dan juga tak lupa dukungan dari Pejabat Terkait yaitu Kepala UPTD PENDIDIKAN TK/SD Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo, pihak Sekolah Dasar se gugus 14 Wilayah Kepengawasan VII Kecamatan Kademangan Kota Proboliinggo,dan Kepala Sekolah dari SD se Kecamatan Kademangan,dan Guru se

Kecamatan Kademangan sangat kami harapkan untuk ikut serta mengajak para siswa didiknya untuk menghadiri, menikmati,mengapresiasi dan menganalisa hasil karya anak didik SD/MI gugus 14,sebagai bekal bagi mereka untuk berkreasi di SD masing-masing.

BAB III RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN

A. Waktu dan Tempat Waktu Tempat : Tanggal 26,27,28 Desember 2011 : DI SD KADEMANGAN 1 KECAMATAN KADEMANGAN KOTA PROBOLINGGO

B. Cara Pelaksanaan Kegiatan Pameran : Setiap SD mengumpulkan hasil ketrampialn dan seni rupa mulai dari klas 1 sampai klas 6 di gugus.mulai tanggal 20-122011,,kemudian diatur oleh panitia yang sudah dibentuk pada stand-stand Pameran, dan dipamerkan mulai Hari Senin Tanggal 26-12-2011 sampai Rabu Tanggal 28-12-2011, jam 07.00 pagi sampai jam 21.00 selama tiga hari. : Setiap SD menampilkan tiga pertunjukan dari hasil pembelajaran Seni Tari dan Seni Musik.dan ditampilkan pada hari Senin, Selasa, dan Rabu, Tanggal 26,27, dan 28 Desember 2011 dimulai jam 19.00 sampai selesai. (jadwal terlampir)

Pertunjukan

C. Peserta Peserta : Siswa SD /MI se gugus 14 wilayah kepengawasan VII Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo

D. Jadwal Kegiatan Jadwal Kegiatan Pertunjukan NO Hari dan Tanggal 1. Senin,26-12-2011 Jam 19.00-21.00 : Penampilan SDN Kademangan 1 dan SDN Kademangan 3 SDN Kademangan 4 dan SDN Pohs. Kidul 1 SDN Pohs. Kidul 2 dan MI Ihyaul Islam

2

Selasa,27-12-2011

19.00-21.00

3.

Rabu,28-12-2011

19.00-21.00

Jadwal Kegiatan Pameran

:

Pameran dilaksanakan mulai hari Senin Tanggal 26 – 12 – 2011 sampai Tanggal 28 – 12 – 2011. Jadwal Penjaga Stand Pameran NO Hari dan Tanggal : Jam Pamearn 1. Senin,26 /12 /2011 08.00 – 13.00 16.00 – 21.00 2 Selasa,27/12/ 2011 08.00 - 13.00 16.00 - 21.00 3. . Rabu,28/ 12/ 2011 08.00 - 13.00 16.00 - 21.00 3 Guru dan 3 Siswa dari SDN Kademangan 1 3 guru dan 3 siswa dari SDN Kademangan 3 3 guru dan 3 siswa dari SDN Kademangan 4 3 guru dan 3 siswa dari SDN Pohsangit Kidul 1 3 guru dan 3 siswa dari SDN Pohs. Kidul 2 3 guru dan 3 siswa dari MI ihyaul Islam Petugas jaga stand

E. Rincian Anggaran Pameran dan Pertunjukan SOUND SYSTEM , GENSET,dan LAMPU KONSUMSI TRANSPORT PANITIA dan PESERTA SPANDUK ( BANNER) DOKUMENTASI DEKORASI ( pentas dan stand ) RIAS DAN BUSANA 45 anak x Rp.25.000 LAIN-LAIN JUMLAH ANGGARAN : : : : : : : : : Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. 2.500.000,00 2.385.000,00 2.895.000,00 300.000,00 250.000,00 500.000,00 1.125.000,00 145.000,00 10.100.000,00

BAB IV PENUTUP

A. KESIMPULAN Dana block grant yang kita manfaatkan untuk kegiatan pameran ini, merupakan wahana yang tepat bagi anak didik dan guru guna menggali potensi dan kreatifitas dalam menciptakan karya seni yang mulai digalakan di Sekolah Dasar maupun di sekolah tingkat lainnya. Pameran dan Pertunjukan merupakan langkah nyata yang didukung oleh pemerintah daerah beserta para budayawan dan guru-guru agar semua potensi anak didik dapat diapresiasi oleh penikmat seni yang dilestarikan secara format yang lebih sesuai dengan perkembangan jaman. Mengingat melestarikan itu lebih berat dari pada menciptakan,maka dipandang perlu adanya pandangan positif terhadap karya anak didik karena anak didik merupakan unsure yang baku dalm usaha melestarikan budaya bangsa yang luhur.

B. SARAN Beberapa saran yang dapat kami sampaikan adalah : 1. Agar Kegiatan Pameran dan Pertunjukan bisa dilaksanakan secara kontinyu dan berkelanjutan 2. Mengajak anak didik untuk kembali kepada seni budaya bangsa. 3. Mengajak semua pihak untuk menggali potensi yang terpendam pada anak didik kita

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->