Eksploitasi sumber daya alam

Sumber daya alam merupakan kondisi yang penting dari keberadaan manusia Sepanjang sejarah, manusia telah memanipulasi sumber daya alam untuk menghasilkan bahan yang mereka butuhkan untuk mempertahankan populasi manusia tumbuh.. Hal ini mengacu terutama untuk produksi pangan, tetapi entitas lain dari lingkungan alam telah diekstrak . Seringkali eksploitasi alam telah dilakukan dalam cara yang tidak-berkelanjutan, yang menyebabkan keprihatinan yang meningkat, sebagai eksploitasi tidak berkelanjutan sumber daya alam yang pada akhirnya mengancam eksistensi manusia Sumber daya alam (SDA) merupakan anugerah Tuhan yang harus kita syukuri dengan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya dan kita jaga kelestariannya. Eksploitasi sumber daya alam secara berlebih-lebihan tanpa memperhatikan aspek peran dan fungsi alam ini terhadap lingkungan dapat mendatangkan berbagai macam bencana alam seperti tanah longsor, banjir, kabut asap, pemanasan global hingga bencana lumpur panas Sidoarjo yang sangat merugikan masyarakat.

Bahan mentah sebenarnya terletak di “Lebensraum” kelompok tradisional. Kedua. kayu hutan hujan menjadi bahan baku pada pabrik plywood serta kilang gergaji.CONTOH EKSPLOITASI SUMBER DAYA ALAM : 1. . Itu menunjukkan bahwa kebutuhan masyarakat pasca tradisional lebih diprioritaskan dibandingkan kebutuhan masyarakat pra modern. padahal sumber itu sebenarnya terbatas. kekayaan dari perut bumi. Pertama-tama disebabkan tekanan ekonomis memaksa eksplorasi kekayaan sumber daya alam dengan mengonversi yang tumbuh di atas bumi misalnya.PEMBALAKAN LIAR Tekanan dari luar untuk memenuhi kebutuhan hidup dewasa ini lebih intrusif lagi. Hutan dan tanah dusun juga dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Sejak lama Kalimantan dilihat sebagai sumber alam yang tidak ada habis-habisnya. yakni mineral-mineral digali dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat termasuk permintaan pasar dunia.

banyaknya bangunan di bantaran sungai. TANAH LONGSOR Bencana tanah longsor disebabkan oleh penggundulan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab terhadap kelestarian hutan. Tata guna lahan dan air menyebabkan laju erosi dan frekuensi banjir meningkat. 2. Contoh: Tidak diperhatikannya aspek drainase. BANJIR Bencana banjir yang selalu terjadi setiap tahun hampir di seluruh wilayah Indonesia disebabkan oleh polah tingkah manusia yang suka membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan rusaknya tata guna lahan dan air. Sehingga bencana banjir yang disertai tanah longsor tidak dapat dihindarkan lagi. . Pembangunan dan penataan sarana-sarana fisik yang tidak teratur dan pengguanaan lahan yang tidak seimbang di kota-kota besar seperti Jakarta merupakan salah saru sebab ibu kota negara ini tidak pernah absen dari bencana banjir.DAMPAK EKSPLOITASI SUMBER DAYA ALAM : 1. Ketika hutan dalam keadaan gundul maka formasi tanah akan menjadi larut dan menggelincir diatas bidang licin pada saat terjadi hujan.Eksploitasi hutan di daerah hulu yang dapat menghilangkan fungsi hutan di daerah hulu sebagai penutup lahan terhadap tumpahan air hujan dan penghambat kecepatan aliran permukaan juga dapat menyebabkan banjir. berubahnya fungsi lahan dan lain-lain.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful