Kikir

1. Pengertian kikir Kikir terbuat dari baja karbon tinggi dengan berbagai bentuk dan ukuran dan dipergunakan untuk menatal logam. Kikir terdiri atas bagian-bagian :   

Badan Tangkai Gagang

2. Cara penggunaan kikir adalah sebagai berikut,
 Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menggunakan kikir untuk pembentukan bahan adalah pilih ragum penjepit bahan yang sesuai dengan tinggi badan agar posisi pengikiran sesuai.  Atur posisi badan pada saat menggunakan kikir.

 Jepit benda kerja yang akan dikikir pada mulut ragum dengan kuat dan tidak terlalu tinggi keluar mulut ragum agar bahan tidak bergetar pada saat dikikir yang akan mengakibatkan bunyi berdesing dan kerusakan pada gigi kikir dan hasil kikiran bergerigi.

angkat kikir pada waktu menarik kembali. d) Ketika mengikir berikan tekanan kerja yang cukup saja. Hendaknya dibersihkan dulu dengan menggunakan sikat kawat khusus. c) Jika diperlukan mengikir pada waktu menarik. pasang pegangan terlebih dahulu b) mengikir dengan cara mendorong ke depan dan untuk mencegah kerusakan gigi-giginya.Cara memegang kikir yang benar. kikir jangan dilemparkan ke meja atau kedalam laci. g) Untuk menjaga agar kikir tetap tajam. misalnya untuk menyelesaikan suatu permukaan datar. Beberapa hal penting dalam menggunakan dan merawat kikir adalah a) Sebelum memulai. . dapat menggunakan kikir mesin dengan suatu tekanan kerja yang cukup ringan. e) Kikir jangan digunakan sebagai palu atau batang pengumpil f) Kikir jangan digunakan bila pada permukaan atau gigi-gigi nya tertutup oleh serbuk-serbuk. hindarkan dari air untuk mencegah karat dan lumasi selalu dengan oli.

Kikir flat Kikir setengah bulat Kikir segi empat Kikir bulat Kikir segitiga Kikir pisau II.3. Macam – macam / Jenis Kikir Jenis – jenis kikir . Jenis Kikir yang sering digunakan. digunakan untuk memotong kayu dan logam yang sangat lunak. d) Kikir bergerigi melengkung digunakan pada aluminium dan lempenganlempengan baja. sesuai dengan namanya kikir ini digunakan untuk mengasah gigi-gigi gergaji. yaitu :       I. b) Kikir mesin. yaitu : a) Kikir gergaji. . c) Kikir pemarut. mempunyai barisan gigi yang saling berpotongan yang digunakan untuk menghaluskan bagian-bagian mesin.

• Gagang kikir yang retak segera diganti untuk menghindari resiko pecah pada saat dipakai dan tangkai kikir melukai tangan pemakai.Keselamatan kerja pada penggunaan kikir Keselamatan kerja pada penggunaan kikir • Gunakan kikir yang tangkainya menggunakan gagang kayu atau plastic supaya tangkainya yang runcing tersebut tidak melukai tangan. Bahayanya pemakain gagang kikir yang retak .