Latar Belakang

Listrik merupakan salah satu kebutuhan yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. Berkat listrik kita dapat menikmati kemudahan-kemudahan dengan teknologi yang ada. Seiring dengan berjalannya waktu dan majunya teknologi penggunaan listrik mengalami peningkatan dikarenakan kebanyakan teknologi yang ada menggunakan energi listrik dalam pengoperasiannya. Dengan adanya peningkatan konsumsi listrik seharusnya pasokan listrik juga mengalami peningkatan namun pembangkit listrik yang ada di Indonesia belum dapat memenuhi kebutuhan di seluruh Indonesia sehingga tiap tahunnya pemerintah perlu mengadakan program pengadaan pembangkit listrik setiap tahun. Bahan bakar pembangkit listrik antara lain batubara, nuklir, gas bumi, panas bumi, biogas, matahari, dan lain sebagainya. Pada umumnya bahan bakar yang digunakan adalah batu bara sedangkan bahan bakar lainnya membutuhkan biaya operasional yang cukup besar. Banyaknya pembangkit listrik yang rusak mengakibatkan pemadaman secara bergilir yang merugikan konsumen. Beberapa industri kecil yang tidak memiliki generator mengalami kerugian akibat pemadaman listrik sehingga tidak dapat memproduksi barang. Bakar bahan batu bara akan habis pada suatu waktu tertentu paka penggunaan pembangkit listrik dengan bahan bakar batu bara dapat berhenti sewaktu-waktu. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki daerah perairan yang luas dengan panjang pantai lebih dari 81.000 km. Daerah perairan yang dimiliki Indonesia berpotensial menjadi alternative energi listrik yang tak terbatas. Banyak selat sempit yang membatasi pulau dan teluk yang terdapat pada masing-masing pulau berpotensial untuk memanfaatkan energi pasang surut. Saat laut pasang dan saat laut surut aliran airnya dapat menggerakkan turbin untuk membangkitkan listrik. Daerah yang berpotensial untuk pemanfaatan energy pasut ini antara lain: sebagian Pulau Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Papua, dan pantai selatan Pulau Jawa, karena pasang surutnya bisa lebih dari lima meter.

Tujuan 1. 2. 3. 4. 5. Mengoptimalkan potensi sumber daya laut di Indonesia. Memanfaatkan energy pasut yang konsisten. Membuat alternatif energi listrik. Menambah pasokan daya listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik nasional. Memperluas dan mempermudah akses listrik untuk masyarakat.

Warga Negara dapat melakukan aktivitasnya secara maksimal. 3. 3. 2. Dapat menghasilkan produk dengan baik. Pemerintah tidak perlu menjalankan program pengadaan pembangkit listrik setiap tahunnya. 2. Tidak repot meski tidak ada sumber bahan bakar batu bara di sekitar daerah pembangkit listrik karena menggunakan energi pasut yang konsisten. Bagi Warga Negara 1. Bagi Pelaku Industri 1. Biaya perawatan lebih murah. . 2. Ekonomi menjadi lancar dan maksimal. 4.Manfaat Bagi Pemerintah 1. Tingkat kepercayaan warga Negara kepada pemerintah naik. Warga Negara merasa nyaman tanpa pemadaman bergilir. 3. Warga Negara tidak dirugikan. Dapat beroperasional secara penuh. 4. Pemerintah tidak perlu mengadakan program pemadaman bergilir.

Daftar Pustaka hiCow. Panas dan Energi Air Laut Betapa luas laut Indonesia « RichOcean INDONESIA Blog LAUT SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF Muis' Life Notes Pembangkit Listrik 101 blog .com-Alternatif Energi: Listrik Pasang Surut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful