P. 1
Peta, Atlas, Dan Globe

Peta, Atlas, Dan Globe

|Views: 56|Likes:
Published by Mahadewa Lintang

More info:

Published by: Mahadewa Lintang on Apr 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/06/2012

pdf

text

original

“Peta, Atlas, dan Globe”

Moh Dewa Lintang Umbaran (17)

Disusun oleh :
Raihan Noor Fawwaz (23) Naufaldi Rafii Arifuddin (20)

Peta
Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi.  Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer.  Istilah peta berasal dari bahasa Yunani mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja.

 Namun secara umum pengertian peta adalah lembaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu.Sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. yang menentukan seberapa besar objek pada peta dalam keadaan yang sebenarnya. .. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta disebut kartografi. Banyak peta mempunyai skala. Kumpulan dari beberapa peta disebutatlas.

 Peta harus rapi dan bersih  Peta tidak boleh membingungkan  Peta harus mudah dipahami  Peta harus ada indeks.Syarat – Syarat Peta Peta harus conform. artinya bentuk daerah.  Peta ekuidistan. artinya jarak-jarak yang digambar di peta harus tepat perbandingannya dengan jarak sesungguhnya di lapangan. pulau.daftar isi.  Peta harus ekuivalen. artinya daerah yang digambar sama luasnya jika dilakukan dengan skala peta.keterangan . benua yang digambar pada peta harus sama bentuknya dengan kenyataan di lapangan.

Fungsi Peta Menyeleksi data Memperlihatkan ukuran Menunjukkan lokasi relatif Memperlihatkan bentuk .

Unsur – Unsur Peta       Judul  Legenda  Orientasi/tanda arah Skala Simbol Peta  Warna Peta Tipe Huruf (Lettering)  Garis Astronomis  Inset Garis Tepi Peta Sumber dan Tahun Pembuatan .

sedapat mungkin di letakkan di kanan atas. Walaupun demikian. atas kanan. atau bawah.  Legenda Legenda adalah keterangan dari simbolsimbol yang merupakan kunci untuk memahami peta.  .Judul Mencerminkan isi sekaligus tipe peta. Penulisan judul biasanya di bagian atas tengah.

 Skala Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya di lapangan. atau di bawah legenda. Skala ditulis di bawah judul peta. di luar garis tepi. arah utara ditunjukkan oleh tanda panah ke arah atas peta.Orientasi/tanda arah Pada umumnya.  . Letaknya di tempat yang sesuai jika ada garis lintang dan bujur. koordinat dapat sebagai petunjuk arah.

Skala ini dibuat dalam bentuk garis horizontal yang memiliki panjang tertentu dan tiap ruas berukuran 1 cm atau lebih untuk mewakili jarak tertentu yang diinginkan oleh pembuat peta.000 satuan jarak dalam di lapangan.  Skala verbal.Contoh-contoh skala:  Skala angka.  Skala garis.500.500. yakni skala yang ditulis dengan kata-kata. Misalnya 1:2.000.  . artinya setiap 1 satuan jarak dalam peta sama dengan 2.

digunakan untuk menyajikan data yang berhubungan dengan jarak  Simbol area. jenisjenis simbol peta antara lain:  Simbol titik. digunakan untuk mewakili suatu area tertentu dengan simbol yang mencakup area tertentu  . digunakan untuk menyajikan tempat atau data posisional  Simbol garis.Simbol Peta Simbol peta adalah tanda atau gambar yang mewakili kenampakan yang ada permukaan bumi yang terdapat pada peta kenampakannya.

  Kalau Anda perhatikan. pada sebuah peta banyak terdapat simbol-simbol. Contoh: simbol titik. titik trianggulasi (titik ketinggian) tempat dari permukaan laut. a) Simbol titik. digunakan untuk menyajikan data geografis seperti simbol sungai. . digunakan untuk menyajikan tempat atau data posisional. Contoh: simbol garis. dsb. Berikut ini kita akan pelajari mengenai simbol-simbol berdasarkan bentuknya. batas wilayah. b) Simbol garis. seperti simbol kota. jalan.

hutan. digunakan untuk menyatakan alur atau gerak.  d) Simbol aliran. digunakan untuk menunjukkan kenampakan area seperti: padang pasir. digunakan untuk menyatakan suatu harga/dibandingkan dengan harga/nilai lainnya.c) Simbol luasan (area). Contoh: simbol luasan (area).  e) Simbol batang.  . Contoh: simbol batang. rawa. Contoh: simbol aliran.

f) Simbol lingkaran. digunakan untuk menyatakan kuantitas (jumlah) dalam bentuk prosentase. digunakan untuk menyatakan isi (volume). makin besar simbol bola menunjukkan isi (volume) makin besar dan sebaliknya makin kecil simbol bola berarti isi (volume) makin kecil. Contoh: simbol lingkaran  g) Simbol bola. Contoh: simbol bola  .

an untuk keperluan estetika peta.  warna simbol ada 5 :  -hijau -kuning -coklat -biru muda -biru tua  . memberi kualitas atau kuantitas simbol di peta.Warna Peta  Warna peta digunakan untuk membedakan kenampakan atau objek di permukaan bumi.

contoh: Laut Jawa  . contoh: Surakarta  Obyek Hidrografi ditulis dengan huruf miring. Macam penggunaan letering:  Obyek Hipsografi ditulis dengan huruf tegak.Tipe Huruf (Lettering) Lettering berfungsi untuk mempertebal arti dari simbol-simbol yang ada.

Garis Astronomis  Garis astronomis terdiri atas garis lintang dan garis bujur yang digunakan untuk menunjukkan letak suatu tempat atau wilayah yang dibentuk secara berlawanan arah satu sama lain sehingga membentuk vektor yang menunjukan letak astronomis.  .

Macam-macam inset antara lain: Inset penunjuk lokasi. berfungsi untuk memperbesar daerah yang dianggap penting Inset penyambung. berfungsi menunjukkan letak daerah yang belum dikenali Inset penjelas. berfungsi untuk menyambung daerah yang terpotong di peta utama  .   Inset Inset adalah peta kecil yang disisipkan di peta utama.

 .Garis Tepi Peta  Garis tepi peta merupakan garis untuk membatasi ruang peta dan untuk meletakkan garis astronomis.  Sumber dan Tahun Pembuatan  Sumber peta adalah referensi dari mana data peta diperoleh. secara beraturan dan benar pada peta.

Buku pertama yang dapat disebut atlas dibuat berdasarkan hasil perhitungan dari Claudius Ptolemaeus. statisik geopolitik.Atlas   Atlas adalah kumpulan peta yang disatukan dalam bentuk buku. seorang ilmuwan yang mempelajari geografi yang bekerja di Aleksandria pada 150 SM. Atlas dapat memuat informasi geografi.sosial. agama. Edisi pertama dipublikasikan di Bologna pada 1477 dan memiliki 27 buah peta. dan ekonomi. tetapi juga ditemukan dalam bentuk multimedia. . batas negara. Atlas yang pertama kali tidak diberi nama demikian pada saat pertama kali dipublikasikan.

. Ilmuwan tidak dapat memastikan apakah gambar peta-peta tersebut berasal dari peta asli yang dibuat Ptolomaeus atau dibuat oleh ilmuwan abad pertengahan berdasarkan tulisan Ptolomaues. banyak peta yang dibuat. Setiap pembuat peta bekerja terpisah. menghasilkan peta berdasarkan kebutuhannya masing-masing. Sejak 1544. khususnya sehubungan dengan hubungan dagang antara Roma dan Venesia.

Pada saat itu. Karyanya yang berjudul Theatrum Orbis Terrarum. karya tersebut terbilang sukses. Karyanya tersebut merupakan buku pertama dari jenisnya yang memuat dalam ukuran yang seragam. memuat 53 peta yang mencakup negara-negara di dunia pada saat itu. . Abraham Ortelius dikenal karena membuat atlas modern pertama pada 20 Mei 1570.

atau Deskripsi dari Dunia) (Duisburg.. . 1585-1595).. Tetapi." (Atlas. penggunaan istilah "atlas" untuk koleksi peta belum digunakan sampai 1595 dimana Gerardus Mercator menerbitkan karyanya yang berjudul "Atlas. Sive Cosmographicae Meditationes De Fabrica Mundi .

5° dari bidang edarnya yang disebut dengan ekliptika.benar disesuaikan dengan kondisi bumi sebenarnya seperti kimiringan yang sesuai tingkat kemiringan bumi 66.Globe  Globe merupakan perwujudan tiruan gambaran bentuk bumi yang diperkecil dan diskalakan sesuai dengan kondisi pada bumi. Globe pertama kali diciptakan oleh Anaximander. . Pada globe benar .

Garis Lintang dan Garis Bujur Globe Dari garis lintang dan garis bujur dapat kamu tentukan letak suatu daerah berdasarkan koordinat garis lintang dan garis bujur.Kegunaan Globe  Dari bentuk globe dan apa yang ada di dalam globe. Contoh: Indonesia berada pada 6° LU–11° LS dan 95° BT–141° BT. berikut kegunaan globe.  .

. 2. #: Untuk menentukan waktu berpedoman pada waktu Greenwich. Garis bujur membantu membandingkan perbedaan daerah waktu di Bumi. Setiap 15° garis bujur mempunyai selisih waktu 1 jam atau 60 menit. Garis bujur berguna untuk menentukan waktu di permukaan Bumi. Globe sebagai Miniatur Bumi Globe merupakan miniatur Bumi sehingga dengan globe dapat ditunjukkan bentuk Bumi yang sebenarnya. GMT atau Greenwich Mean Time.

Gerhana Matahari . 1. Revolusi Bumi 3. Rotasi Bumi 2. Gerhana bulan 4. Globe memiliki banyak manfaat dan dapat digunakan sebagai alat untuk memperagakan kejadian-kejadian di Bumi seperti.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->