P. 1
Coba Anda Jelaskan Termasuk Besaran Apakah

Coba Anda Jelaskan Termasuk Besaran Apakah

|Views: 290|Likes:
Published by Luchay Henncl'alu

More info:

Published by: Luchay Henncl'alu on Apr 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/22/2014

pdf

text

original

1. Coba anda jelaskan termasuk besaran apakah : panjang, massa, massa jenis dan volume ?

Tuliskan simbol, satuan dan dimensinya masing-masing?

Jawab :- Panjang termasuk Besaran pokok simbol "L" , satuan "m" , dimensi ( L ) - Massa termasuk Besaran pokok simbol "m" , satuan "Kg" , dimensi ( M ) - Massa Jenis termasuk Besaran turunan simbol "Rho" , dimensi ( M L^ -3 ) - Volume termasuk Besaran Turunan simbol "V" , dimensi ( L^3 2. Kenapa alat ukur yang kita pakai harus sesuai dengan standar alat ukur yang di pergunakan secara internasional, apa syarat-syarat yang harus dipenuhi agar sebuah alat ukur dapat di pergunakan sebagai alat ukur standart internasional? Jawab : karena alat ukur yang di pergunakan secara internasional yaitu : a. Ukurannya Selalu tetap,tidak mengalami perubahan oleh pengarug apapun b. Mudah ditiru oleh setiap orang yang akan menggunakannya c. dapat dipakai dimana-mana 3. Apa bedanya besaran pokok dan besaran turunan ? Tuliskan contoh-contoh besaran tersebut beserta satuan dan dimensinya ?
Jawab : - besaran pokok Besaran pokok adalah besaran yang satuannya ditetapkan atau besaran yang satuannya didefinisikan sendiri berdasarkan hasil konferensi internasional mengenai berat dan ukuran.

-

Besaran turunan Besaran turunan adalah besaran yang dapat diturunkan atau diperoleh dari besaran-besaran pokok. satuan besaran turunan diperoleh dari besaran besaran pokok yang menurunkannya.

Jadi perbedaan besaran pokok dan besaran turunan adalah : jika besaran pokok yaiu besaran satuannya di definisikan sendiri atau di tentukan sendiri dan jika besaran turunan adalah besaran yg di dapatkan sesuai yang dapat di turunkan oleh besaran pokok.
4. Bagaimana cara menentukan massa jenis sebuah benda yang mempunyai bentuk tidak beraturan ?

Jawab :

Untuk benda tidak beraturan pengukuran volume dilakukan dengan cara memasukkan benda tersebut kedalam gelas ukur yang isi dengan air, dengan volume tertentu,kemudian diamati selisih volumenya. selisih volume tersebut adalah volume benda yang dimasukkan ke dalam gelas ukur. setelah itu dapat dihitung berapa massa jenis benda dengan rumusan massa benda dibagi volume benda

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->