A.Faktor pendorong lahirnya nasiomalisme Indonesia  1.

Faktor Intern Faktor faktor intern yg menyebabkan lahir dan berkembangnya nasionalisme adalah sbb: a. kejayaan bangsa indonesia sebelum kedatangan bangsa barat b. penderitaan rakyat akibat politik draniage ( pemgerukan kekayaan ) c. adanya deskriminasi rasial d. munculnya golongan terpelajar  2. Faktor ekstern Lahir dan berkembangnya nasiomalisme indonesia juga didorong oleh faktor faktor ekstern (dari luar ) sbb: a. kemenangan jepang terhadapm rusia (1904-1905) b. kebangkitan nasiomalisme negara negara asia afrika c. masuknya paham paham baru B. Organisasi organisasi pergerakan kebangsaan Indonesia  1. Boedi Oetomo  2. Sarekat Islam
Tujuan Sarekat Islam:

a. Mengembangkan jiwa dagang. b. Memberikan bantuan kepada anggota-anggota yang kesulitan. c. Memajukan pengajaran dan semua yang mempercepat naiknya derajat bumiputra. d. Menentang pendapat-pendapat yang keliru tentang agama Islam  3. Indische Partij berdiri di Bandung tanggal 25 Desember 1912. organisasi ini di maksudkan sebagai pengganti organisasi Indische Bond, sebagai organisasi kaum Indo dan Eropa di indonesia yang didirikan pada tahun 1898.

N. C. Tilaar. Partai Komunis Paham Marxisme ditanamkan di Indonesia sebelum PDI.  6. Gerakan Pemuda Kedaerahan b. Partai Nasional Indonesia Partai Nasional Indonesia (PNI) dibentuk di Bandung pada tanggal 4 Juli 1927 dengan tokoh-tokohnya Ir. Noto Suroto mula2 organisasi itu bernama Indische vereeniging. Soekarno. Pembentukan Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) 2. Ia bekerja sebagai anggota staf redaksi surat khabar Soerabajasch Handelsblad.  5. Kongres Pemuda Indonesia 1) Kongres Pemuda I 2) Kongres Pemuda II .J. Iskaq. Tujuan : memajukan kepentingan2 bersama orang2 pribumi dan non pribumi bukan eropa di negeri Belanda. Gerakan Pemuda a. dan Sunaryo. yaitu saat datang pemimpin buruh Belanda bernama H. M Sneevliet. Soedjadi. Perhimpunan Indonesia Didirikan tahun 1908 oleh orang2 indonesia yg ada di Indonesia antara lain Sultan Khasayangan dan R. Cipto Mangunkusumo.F. 4. Upaya-Upaya Menggalang Persatuan 1. Budiarto.

Partindo (1931) Asas perjuangan Partindo tidak jauh berbeda dengan PNI. 2. Indonesia merdeka melalui perluasan hak-hak politik. Perbaikan perhubungan-perhubungan dalam masyarakat. yaitu : 1. Perjuangan GAPI “ Indonesia Berparlemen “ . Berkembangnya Taktik Moderat dan Kooperatif dalam Pergerakan Kebangsaan 1. 4. dan lain-lain.D. Bersikap nonkooperasi terhadap pemerintah jajahan. 5. Menggalang persatuan tanpa membedakan agama dan golongan. PNI Baru lebih mengutamakan pendidikan politik dan sosial. . Pembentukan pemerintahan rakyat berdasarkan demokrasi. ekonomi rakyat.Dalam upaya mencapai kemerdekaan. Memupuk semangat dan mandiri 6.PPPKI oleh PNI Baru dianggap sebagai “persatean” bukan persatuan karena anggota-angaota nya memiliki ideologi yang berbeda-beda. 2. PNI Baru (1931) Perbedaan antara PNI baru dengan Partindo : . Petisi Soetardjo 6. Gerindo (1937) 5. 3. Parindra (1935) 4. 3.

Sebutkan faktor-faktor ekstern yang mendorong lahirnya pergerakan Nasional di Indonesia? Jawab :Kemenangan Jepang terhadap Rusia(1904-1905) Kebangkitan Nasionalisme Negara-Negara Asia-Afrika Masuknya Paham-Paham Baru 3. Mengapa sifat pergerakan Boedi Oetomo yang awalnya lunak tumbuh menjadi radikal? Jawab : 5. Soekarno yang berpengaruh 7. Jelaskan latar belakang pembentuk PPPKI ! Jawab : Kegagalan membentuk fusi tidak mengendurkan partai-partai politik untuk bersatu 8. Apa yang di maksud dengan politik drainage? Jawab :Mencapai puncaknya ketika diterapkan system tanam paksa (cultuur stelsel) Yang dilanjutkan dengan system ekonomi 4. . Mengapa Indische partij diangap sebagai organisasi politik pertama? Jawab : 6.Soal Esai 1. Jelaskan kiprah PNI dalam pergerakan nasional ! Jawab : mempersatukan masyarakatnya dengan pidato Ir. Sebutkan faktor-faktor intern yang mendorong lahirnya pergerakan Nasional di Indonesia? Jawab :Kejayaan Bangsa Indonesia sebelum Kedatangan Bangsa Barat Penderitaan Rakyat akibat Politik Drainage( Pengerukan Kekayaan) Adanya Diskriminasi Rasial Munculnya Golongan Terpelajar 2. Jelaskan peran Jong Java dalam masa pergerakan nasional ! Jawab : memajukan rasa persatuan para anggota dengan semua golongan bangsa Indonesia dan bekerja sama dengan perkumpulan-perkumpulan pemuda Indonesia lainnya ikut serta dalam menyebarkan dan memperkuat paham Indonesia bersatu.

kaum pergerakan nasional terutama yang berada di Eeropa menyaksikan bahwa perkembangan paham fasisme dan naziisme mengancam kedudukan negara-negara demokrasi.) Krisis ekonomi ( malaise ) yang terjadi sejak tahun 1921 dan berulang pada akhir tahun 1929. 11. b. Jelaskan latar belakang berkembangnya taktik moderat! Jawab : a. . terutama golongan non-kooperatif sangat menderita.) Pada tahun 1930-an. Mengapa pada masa pemerintahan van Limburg Stirum pemerintah colonial berhasil mengambil hati kaum pergerakan ? Jawab : karena Van Limburg Stirum menjanjikan akan mengadakan perubahanperubahan yang luas. Sebutkan isi yang diusulkan dalam Petisi Soetardjo! Jawab : meminta kepada pemerintah colonial agar diselenggarakan musyawarah antara wakil-wakil Indonesia dan Belanda untuk merencanakan suatu perubahan dalam waktu sepuluh tahun mendatang. 10.) Kebijakan keras pemerintah Gubernur Jenderal De Jonge menyebabkan kaum pergerakan. 12.9. Yang melakukan tindakan keras terhadap pelaku-pelaku demonstrasi yang dipelopori oleh ISDV. Deskripsikan peran Sumpah Pemuda bagi kelanjutan bangsa Indonesia ! Jawab : peran Sumpah Pemuda bagi kelanjutan bangsa Indonesia adalah persatuan dan kesatuaan yang utuh dan harus kita lestarikan . c.

Jepang sebagai negara fasis di Asia telah melakukan ekspansinya ke wilayah pasifik sehingga ada yang mendekatkan kaum nasionalis dengan penguasa colonial yaitu mempertahankan demokrasi terhadap bahaya fasisme. dan Partai Komunis di negeri Belanda. . 2.kemudian pada bulan Desember 1920 diubah lagi Menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI). dan jelas ! 1. Konstelasi politik dunia pada akhir tahun 1930-an mempengaruhi corak perjuangan kaum pergerakan nasional sehingga menjadi kooperatif dengan pemerintah kolonial. 4. Bagaimanakah dampak dari penangkapan tokoh-tokoh PNI pada akhir tahun 1929? Jawab : kaum pergerakan nasional melakukan protes. demikian hal nya Perhimpunan Indonesia. Jelaskan pernyataan tersebut! Jawab : pada tahun 1930-an.Jawablah soal-soal berikut dengan singkat. 3. Mengapa SI mudah disusupi oleh tokoh-tokoh komunis ? Jawab : karena Central Serikat Islam (CSI) sebagai badan koordinasi pusat SI masih sangat lemah kekuasaanya sehingga setiap cabang bertindak sendiri-sendiri. pada tanggal 23 Mei 1920 ISDV mengubah namanya menjadi Partai Komunis Hindia. Ceritakan perubahan nama organisasi ISDV menjadi PKI ? Jawab : ketika Sociaal Democratishe Arbeiderspartij (SDAP) di Belanda Pada tahun 1918 mengumumkan dirinya menjadi Partai Komunis Belanda (CPN) Para anggota ISDV dari golongan Eropa mengusulkan untuk mengikuti jejak itu Oleh karena itu.secara bebas. Partai Buruh. padat. Kesadaran itu muncul pertama kali ini di kalangan Perhimpunan Indonesia yang terlebih dahulu telah melakukan taktik kooperatif. kaum pergerakan nasional terutama yang berada di Eropa menyaksikan bahwa perkembangan paham fasisme dan naziisme mengancam kedudukan negara-negara demokrasi.

padahal penduduk pribumi sendiri sedang dijajah Belanda. Apa isi pokok “Petisi Soetarjo”Apa alasannya pemerintah kolonial menolak petisi tersebut? Jawab: isi petisi tersebut adalah meminta kepada pemerintah kolonial agar diselenggarakan musyawarah antara wakil-wakil Indonesia dan Belanda untuk merencanakan suatu perubahan dalam waktu 10 tahun mendatang. Jelaskan pertentangan-pertentangan di dalam tubuh PPPKI? Jawab:adanya perbedaan gaya perjuangan antara organisasi yang tergabung dalam PPPKI sehingga lambat laun menciptakan kesenjangan 8. Alasan menolak petisi ini mereka menganggap bahwa petisi ini terlalu prematur serta secara ekonomi dan social hindia Belanda (Indonesia) belum cukup untuk berdiri sendiri. Mengapa anggota SI berkembang demikian pesat di berbagai daerah? Jawab: karena SI member bantuan kepada anggota yang menderita kesulitan. 7.memajukan pengajaran dan juga menentang pendapat tentang islam. 9. Bagaimana peran Soekarno dalam tubuh PNI? Jawab: Soekarno berperan sebagai ketua PNI . Apa tuntutan dan tujuan perjuangan GAPI? Jawab: Tujuan pembentukan GAPI untuk membentuk seebuah badan persatuan yg akan mempelajari dan memperjuangkan kepentingan rakyat.5. 10.Tuntutan GAPI adalah parlemen yang langsung dipilih rakyat. Apa isi artikel Ki Hajar Dewantara yang berjudul “Als ik eens Nederlandr was”? Jawab: isi pokok dari tulisan itu adalah sindiran terhadap pemerintah colonial belanda yang mengajak penduduk pribumi ikut serta merayaka hari hari kemerdekaan belanda. 6.

Pilihlah jawaban Yang tepat! 1. a.kecuali …. Faktor-faktor dari luar negeri yang melatar belakangi munculnya pergerakan nasional Indonesia sebagai berikut. Masuknya paham-paham baru dari Eropa b. Bangkitnya nasionalisme India e. Bangkitnya gerakan Nasionalisme Mesir dan Turki . Kemenangan jepang atas Rusia pada tahun 1905 c. Perang kemerdekaan Amerika d.

Serikat Islam (SI) dapat berkembang pesat dalam waktu relatif singkat berkembang pesat dan memiliki anggota yang. Mengusulkan dibentuknya Indie Weerbaar b. Sejak tahun 1915 Boedi Oetomo yang sudah memudar pamornya melakukan kegiatan politik . Tujuan mencapai kemerdekaan menjadi lebih tegas b. Sebagai sponsor utama pelaksanaan kongres pemuda II 3. diantara kegiatan-kegiatan politiknya adalah sebagai berikut. Indonesia Menggugat d. Diperkenankan duduk dalam Vloksraad 5. a. a. Oetoesan Hindia e. Mengusulkan dibentuknya Volksraad c. Bergabung dalam wadah PPPKI e. Ki Hajar Dewantara mengkritik tajam pemerintah kolonial Belanda melalui tulisannya dalam harian de Express yang berjudul…. Hal ini disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut. a.2. Als ik en Nederlader was c. a. Pemerintah Belanda memperlunak sikapnya terhadap IP c. Ikut duduk sebagai anggota Volksraad d. Max Havelaar b. Pada tahun 1913 nama indische partaj diubah namanya menjadi Insulinde. Perubahan nama ini dimaksud agar …. Mengubah sikap kooperatif menjadi non kooperatif e. Pemerintah Belanda mendukung perjuangan IP d. Kecuali…. kecuali…. Nolimetangere 4. Mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam .

Keanggotaan SI bersifat terbuka dan merakyat c. Mencapai kesamaan arah aksi kebangsaan dari berbagai perkumpulan b. Memperkokoh dan memperbaiki organisasi 8. Adanya penangkapan terhadap tokoh-tokoh PNI .kecuali…. Kata Indonesia digunakan pertama kali sebagai nama organisasi pergerakan nasional oleh …. Meminta Volksraad dijadikan parlemen yang sesungguhnya 9.tanpa mayoritas suara pada tahun 1931 di latar belakangi oleh…. Melebur organisasi-organisasi yang besar dan kuat e.Sartono dkk. Tidak mengikuti rapat anggota Volksraad e. Partai Nasional Indonesia b. Adanya krisis ekonomi dunia (malaise) sejak tahun1929 b. Menghindarkan perselisihan diantara anggota c. Partai Indonesia Raya d. SI mendapat restu dan perlindungan dari pemerintah Belanda 6. Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia c. a. Ikut hadir mendengarkan usulan anggota Volksraad d. 1927 di Bandung. Taktik kooperatif yang dimaksud dalam Volksraad adalah …. Menolak menjadi anggota Volksraad b. a. SI berpolitik dan membela rakyat kecil e. Perhimpunan Indonesia 7. SI dipimpin oleh tokoh-tokoh kharismatik d. Ikut duduk sebagai anggota Volksraad c. a. Berikut ini berbagai tujuan PPPKI . Pembubaran PNI oleh Mr. Partai Indonesia e. Menggalang persatuan diantara organisasi-organisasi yang ada d.b. a. Adanya pemberontakan di kapal De Zeven Provincien c.

GAPI e. Akibat kegagalan petisi Sutardjo. Budi Utomo 11. Indonesia berparlemen dengan pemerintahan yang bertanggungjawab kepadanya . Paridra memperkarsai berdirinya pembentukan konsentrasi politik baru. Indonesia Merdeka b. PNI Baru e. Fraksi Nasional b. Gerindo c. a. Partindo b.d. yaitu …. Parindra d. Patrindo d. Tuntutan utama GAPI adalah …. Sikap keras Gubenur Jendral de Jonge dengan mengeluarkan Wilden scholen Ordonantie e. Gerindo c. a. PPPKI 12. pembentukanVanderlandse Club yang sangat anti terhadap kaum pergerakan nasional 10. a. Organisasi Pergerakan Nasional yang menganjurkan swadesi dalam bidang ekonomi dan mendirikan Bank Nasional Indonesia untuk pertama kalinya adalah ….

Adanya Uni Indonesia dan Belanda 13. a. Menyelidiki keinginan rakyat Indonesia mengenai perbaikan pemerintahan e. Mempersiapkan diri bersama rakyat Indonesia dalam menghadapi bahaya fasisme Kunci Jawaban 1.c. Mengantisipasi bahaya-bahaya fasisme yang akan muncul d.D 8. Indonesia diberi status commonwealth e.E . C 2. Membentuk dewan rakyat b. Tugas utama Komisi Visman adalah …. Indonesia diberi status dominion d.B 4.E 7.E 6.E 3.D 5. Mempersiapkan Indonesia merdeka c.

D 11.B 12.9.C 10.B 13E .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful