Contoh Teks Pidato Kebersihan Lingkungan

Salam sejahtera Yth. Suster, Bapak dan Ibu guru, serta teman-teman yang terkasihSelamat Pagi, Marilah kita bersama-sama memanjatkan syukur kepada Tuhan, karena pada pagi hari yang cerah ini kita bisa berkumpul bersama di tempat ini. Teman-teman yang saya kasihi, kita ketahui bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup. Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit dilakukan oleh kita. Contohnya adalah membuang sampah pada tempatnya. Agar kita bisa menjaga kebersihan lingkungan kita, terlebih dahulu kita harus mengetahui definisi dari kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut layak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga. Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan kita sebagai seorang murid sangatlah kurang. Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah yang berserakan, entah sampah plastik makanan-minuman, atau kertas. Padahal tempat sampah yang disediakan sekolah sudah memadai. Di setiap sudut sekolah terdapat tempat sampah, di dalam kelas pun terdapat tempat sampah. Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersiahan lingkungan sekolah kita. Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat menjalankan piket kelas sebagai aksi menjaga kebersihan lingkungan di lingkup sekolahan. Dan biasakan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukkan ke tempat sampah. Jenis sampah dibedakan menjadi 3, yaitu: 1. Sampah Basah yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk, contoh; sisa makanan, sayur dan buah2an, sampah kebuh dan sampah dapur. 2. Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah, contoh: kertas, kardus, plastik, tekstil, karet, kaca, kaleng, dll 3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme antara lain, baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dll. Tetapi tempat sampah yang biasa disediakan hanya 2 jenis, yaitu sampah basah dan sampah kering. Saat ini kita harus disadarkan untuk menjaga kebersihan lingkungan kita, karena akibat dari kurangnya menjaga kebersihan lingkungan dapat membuat bencana bagi kita, seperti banjir dan wabah penyakit. Dan masalah utama kita saat ini adalah Global Warming atau pemanasan global. Oleh karena itu harus timbul kesadaran dari setiap pribadi kita untuk menjaga kebersihan

sunguh Allah telah menyebutkan hal ini sebagai nikmat yang besar yang Allah ingatkan kepada NabiNya bahwa itu adalah anugrah dan nikmat yang diberikan kepadanya. terus bercahaya dan bersinar penuh dengan ketenangan dan kesejukan dan ini adalah nikmat yang sangat agung dan luar biasa karena pentingnya nikmat ini dalam kehidupan. Hiruk pikuk kehidupan manusia dengan segala aktifitas yang terus bergulir tanpa henti adalah yang sering menimbulkan hambatan yang melahirkan berbagai macam problema dan permasalahan bagi manusia di muka bumi ini.lingkungan kita. Karena itulah kelapangan dada dan ketenangan hati merupakan salah satu nikmat dan merupakan dambaan setiap insan yang ingin hidup di dunia dalam keadaaan baik dan penuh anugrah serta kebarokahan dari Allah. Agar kelak. bahkan ini adalah permohonan Nabi Musa kepada Allah setelah beliau diangkat menjadi rosul yang diutus menuju Fir‟aun. Sebagai penutup. Al insyiroh:1) Yaitu bukankah Kami telah membuat di dalamnya lapang. beliau berdoa yang diterangkan dalam surat Thaha: . mohon maaf jika ada salah kata. Kebersihan adalah sebagian dari iman.Allah berfirman: “Bukankah aku telah melapangkan dadamu(wahai rosul/muhamad)” (QS. Dengan ini saya berharap teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersiahan Sekian pidato dari saya. Khutbah Pertama Hadirin sholat jum’at yang kami hormati. saya hanya ingin menyampaikan pesan dari pidato saya dengan menyampaikan sebuah pepatah. dan kadang pada akhirnya menimbulkan perasaan yang tidak tenang. tidak ada bencana yang menimpa kehidupan kita akibat dari kurangnya kesadaran menjaga kebersihan lingkungan. Terimakasih dan selamat pagi. Sungguh di dalam syriat islam telah diterangkan oleh Allah sebab-sebab yang menyebabkan seorang hamba memiliki hati yang lapang dan bersinar dan akhirnya dada seorang hamba menjadi lapang. ada yang terasa sempit dan menyebabkan seseorang hilang rasa tenang dan bahagia di dalam kehidupannya.

RububiyahNya. Al-An’am: 125) Maka keimanan adalah sebab yang dengannya hati seseorang hamba menjadi lapang dan bersinar. nama-nama dan sifat-sifatNya dan beriman pula kepada para rasulNya. UluhiyahNya.s: Al an’am 162) Menunjukan bahwasanya kebahagiaan ialah ketika hati hanya terfokus kepada Yang Maha satu Dialah Allah pencipta langit dan bumi. lapangkanlah dadaku dan jadikanlah perkaraku menjadi mudah” Maka kita bisa memahami besarnya nikmat ini.para nabiNya dan hari akhir dan juga pada takdir berupa takdir buruk atau jelek dan dia menjaga keimanannya di atas tauhid. Zumar: 22) Juga firmanNya: “Barang siapa yang dikehendaki Allah mendapat petunjuk maka Allah melapangkan dadanya menerima islam. dan barang siapa yang Allah kehendaki kesesatan maka Allah akan menjadilkan hatinya berat dan sempit seakan-akan seolah dia mendaki langit.” (QS. diantaranya Allah berfirman: “Bukankah seseorang yang yang hatinya lapang di dalam menerima islam maka hati itu terus menerus berada dalam cahaya dari robbnya. dan demikianlah Allah menjadikan kehinaan kepada orang-orang yang tidak beriman. maka dengan keimanan padanya akan tercipta ketengan dan ketentraman dan kesejukan. Allah berfirman: . dan Alqur‟an serta Sunah menjelaskan sejumlah sebab yang mengantarkan hamba kedalam ketenangan hati kelapangannya dan bersinarnya hati tersebut. beriman akan adanya Allah. kalau Ia beriman dengan keimanan yang yang benar kepada Allah. cahaya sekaligus petunjuk yang senantiasa menerangi kehidupannya.(25) (26 “Wahai tuhanku. kitab-kitabNya. Allah berfirman: “katakan.” (QS.hidupku dan matiku semuanya milik Allah penguasa alam semesta” (Q. sesungguhnya sholatku ibadahku.

serta akan menghancurkan. Namun sebaliknya siapa yang menodai kehidupannya dengan kesyirikan. di liput dengan duka. Allah berfirman: “Barang siapa yang berbuat kesyirikan maka seolah dia jatuh dari langit. bernadzar kepada selain Allah dan bentuk kesyirikan yang lain. maka dengan kesyirikan hamba akan sempit hatinya. datang ke kuburan meminta hajat. Negara. keamanan di dalam tubuh. Keamanan di sini yaitu mereka mendapatkan di dunia dan di akhirat.“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampur keimanannya dengan kedholiman maka mereka akan mendapat ketenangan dan dia termasuk orang-orang yang mendapatkan petunjuk.dia bisa menetapi jalan yang benar dan di akhirat dia ditunjukan jalan yang menuju kebahagian abadi yaitu Al-Jannah. Allah mengingatkan dalam firmanNya: . maka burung menyambarnya atau tertiup angin. bahkan seluruh manusia. keamanan di dalam keluarga dan segala sesuatu yang ia ingin mendapatkan keamanannya di dalamnya.s Al-An’am: 82) Kedholiman di sini berarti kesyirikan dan telah sah keterangan dari rosulullah tentangnya. Dia mendapat pentunjuk di dunia dan di akhirat. menyembelih untuk selain Allah.” (Q. dengan kesyirikan kehidupan hamba akan tidak terarah. bernadzar untuk selain Allah.di dunia Allah menunjukan kepada kebahagian.sekaligus menodai sehingga menyebabkan hati menjadi sempit walaupun mungkin berenang dalam lautan kemewahan dunia. Sedang bahaya syirik di akhirat menyebabkan pelakunya kekal di neraka. menyembah selain Allah.s AlHajj 31) Bahkan dengan kesyirikan dia akan mendapatkan kehancuran. maka dia terhempas ke tempat yang sangat jauh. dengan adanya syirik akan tersebar bahaya yang senantiasa mengintai kepada dirinya bahkan masyarakat. keamanan yang menyebabkan dia akan selamat dari berbagai gangguan dan bahaya yang datang dari manusia atau selainnya.” (Q. Dari sini kita memahami bahwasanya kesyirikan menyebabkan ketidak amanan dalam kehidupan dunia. ia memohon kepada selain Allah. dan malapetaka. datang ke tempat yang keramat atau melempar sesajian ke lautan atau melakukan bentuk kesyirikan dengan berdoa selain Allah.

maka tidak rugi orang yang mentauhidkan Allah. Tirmidzi. dan ini akan di berikan kepada mereka yang bertawakal kepaNya dengan sebenar-benarnya.R Ahmad.sehingga kehidupannya menjadi indah dan ini bisa terwaujud jika dia benar-benar bertawakal dengan sebenar-benarnya tawakal. Ibnu Majah.” [H.“Mereka mengatkan bahwa Allah yang maha penyayang memiliki anak.ini semua karena bimbingan Allah dan rizkinya. berbakti padaNya dan tidak durhaka kepada Allah dengan melakukan kesyirikan. Allah telah mempertegas dalam firmanNya: . An-Nasa’i. keluasan hati. dan barokah dalam kehidupannya. hasilnya rizkinya akan di tanggung oleh Allah seperti dalam sabda Rosulullah: “Jika sekirannya kalian tawakal dengan sebenar-benarnya tawakal sungguhAllah akan memberi rizki kepada kalian seperti Allah memberi rizki kepada burung yang dalam keadaan lapar di waktu pagi tapi ketika dia pulang ke sarang waktu sore dia sudah dalam keadaan kenyang. dan semuanya datang kepadaNya dalam keadaan sendiri-sendiri. penuh cahaya. yaitu dengan komitmen menjalani kehidupan dengan berdasarkan bimbingan Allah yang Dia turunkan berupa Alqur‟an dan wahyu yang di berikan kepada Rosulnya berupa Alhadits. hasilnya dia mendapat ketenangan jiwa. Maryam: 93-94) Maka bagi siapa yang ingin dilapangkan hatinya maka supaya memurnikan ibadah hanya kepada Allah semata. maka hampir saja langit pecah. (QS. sungguh kalian telah melakukan sesuatu yang sangat mungkar. bumi terbelah dan gunung hampir runtuh ketika mereka mengatkan Allah punya anak. dll ] Perhatikanlah burung dia tidak memiliki simpanan makanan tidak punya gudang makanan juga tidak ada uang yang di Bank namun ketika dia berangkat dalam keadaan perut kosong di pagi hari saat menjelang sore dia telah memenuhi perutnya dengan makanan. dan tidaklah Allah yang penyayang memiliki anak.” (Q.s: Maryam: 88-92) Kemudian Allah mensucikan diriNya: “Tidak ada yang ada di langit dan bumi kecuali datang kepada Allah dengan sebagai hamba sungguh Allah menghitung mereka dengan hitungan yang teliti.

jika Aku sudah mencintainya maka Aku menjadi penengarannya yang dia mendenger dengannya dan Aku menjadlimata yang dia gunakan untuk melihat dan aku menjadi tangannya yang dia mengunakannya. Sebab yang lain yang menyebabkan hatinya menjadi lapang adalah dia mencintai Allah dengan cinta yang paling besar di banding dengan yang lain siapapun dia. Allah dan rosulNya paling didengar dan ditaati. kepentingan apapun jika bertentangan dengan kepentingan Allah Rosul maka dia mendahulukan Allah dan ROsul sebagai bukti cinta kepadanya. maka jik ia mencintaiNya dengan menempuh sebab kecintaan maka dia akan dicintai Allah. ia mencintai seseorang karena Allah. yaitu: 1. sebaliknya yang berpaling dan Alquar‟an dan sunah maka Allah menjadikan kehidupan yang penuh kesempitan. disebutkan dalam hadits dalam bukhori muslim yaitu menjelaskan tiga perkara yang siapa mendapatkan 3 perkara ini maka dia akan merasakan manisnya keimanan di dalam hatinya. ia benci di kembalikan ke dalam kekafiran seperti bencinya jika dia dilempar ke dalam neraka. 3.s: Thaha: 124-126) Ini adalah jaminan dari Allah yaitu barang siapa yang mengikuti alqur’an dan Assunnahdalam seluruh sisi kehidupannya maka Allah menjamin ketenangan dan kebahagian. Dia mencintai Allah dan rosulNya dengan kcintaan yang paling tinggi. maka Allah menjawab. dan Aku menjadi kakinya yang dia berjalan dengannya” Maksudnya Allah bersamanya dalam setiap keaadaanya. dia bertanya: wahai robku. Diantara sebab yang menjadikan hati hamba menjadi lapang yaitu hendaklah seseorangmemperbanyak dzikir kepada Allah.“Barang siapa yang berpaling dari peringatanku(Alqur’an)maka baginya kehidupan yang sempit dan Kami akan membangkitkannya di hari kiamat dalam keadaan buta. yaitu dengan menolong dan mengawasinya. hasilnya. kenapa Engkau bangkitkan saya dalam keadaan buta. padahal kami dulu bisa melihat. (bukan berarti Allah bersama menyatu dengan hamba dan ini adalah salah) Khutbah kedua Hadirin sholat jum‟at yang yang saya hormati dan saya mulyakan. demikianlah hari ini engkau dilupakan. bersabda Rosulullah: “Barang siapa yang menyakiti waliku maka sungguh dia telah membuka peperangan denganKu. sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah: . dan sesuatu yang paling Aku cintai yang dengannya hamba mendekat kepadaku adalah hamba melaksanakan yang Aku wajibkan kepadanya.” (Q. dengan kecintaan seperti ini akan menciptakan kesejukan di dalam hatinya. Maka seseorang hendaknya menjaga dirinya dalam jalur Alqur‟an dan assunnah. betapa nikmat jika ia mendahulukan Allah dan rosulnya. 2. demikianlah kami datankan kepada kalian ayat-ayat kami namun engkau melalaikannya. dan jika hamba selalu melakukan amalan yang sunah untuk mendekatkan kepadaKu sampai Aku mencintai hamba tersebut.

maka dia akan selalu mengingatnya sehingga jika dia mengalami masalah. Allah menerangkan dalam firmannya: . maka adakah orang yang mau berdzikir. dzikir adalah kalimat yang sangat ringan diucapkan dalam lisan dan sangat berat di timbangan amal.s: al ahzab:41) Dan firmanNya: “Ingatlah dengan dzikir hati akan menjadi tenang” (QS. Dia akan membantunya menyelesaikannya dan membuang dan Allah mengganti yang lebih baik dengan yang lebih baik sehingga hatinya menjadi lapang. Mengangungkan membesarkan dan memuji Allah adalah kehidupan seorang muslim yang hendaknya dipahami. kelalaian. tidak diragukan manusia dalam kehidupannya pasti terjatuh dalam kesalahan. kelupaan. maka seluruh hidupnya bisa dimanfaatkan dengan berdzikir kepada Allah. dan sucikan dia di setiap pagi dan siang” (Q. Ar-Ra’ad: 28 ) Juga firmanNya: “Ingatlah. Al Qomar: 17) Diantara sebab yang menjadikan hati menjadi lapang adalah ia banyak bertaubat dan mensucikan diri. rosulullah yang telah diampuni dosa yang telah dilakukan dan belum dilakukan sewaktu hidupnya. bahkan alqur‟an dimudahkan untuk berdzikir: “Dan sungguh alqur’an kami mudahkan untuk berdzikir. Jangankan kita.s Al-Baqarah: 152) Perhatikanlah kalau seseoran senantiasa mengingat Allah. berdzikirlah kepadaku maka aku akan mengingatmu. bahkan dosa. dan bersyukurlah kepadaku dan jangan ingkar kepadaKu” (Q. Dengan istigfar Allah menjanjikan kelapangan hati bahkan dibukakan menfaat dan keutamaan yang lain.”(QS.“Wahai orang-orang yang beriman berdzikirlah kepada Allah dengan dzikir yang banyak. beliau memperbanyak bertaubat dan beristiqfar dalam sehari sebanyak 100x maka kita hendaknya lebih butuh lagi untuk meminta ampun mengingat banyaknya dosa yang kita lakukan.

” (Q. dan Allah menjanjikan keberuntungan: “Sungguh beruntung orang-orang yang mensucikan diri. Mudahmudahan kita dijadikan orang yang selalu bertaubat sehingga termasuk hamba yang mensucikan diri. dan janganlah mengasihi(menjadikan wali) orang-orang kafir.asan bagi orang yang mensucikan diri. dan pentingnya introspeksi diri lalu memperbaiki diri dan senantiasa bertaubat kepada Allah. sedang para Nabi mengajak dan mengabarkan: “Wahai kaumku mintalah ampun kalian kepada robb kalian dan bertaubatlah padaNya. khususnya di hari ini di mana banyak musibah yang menjadi peringatan bagi kita semua. dan membersihkan diri dari dari kemaksiatan dan dosa yang di lakukan. dia akan menurunkan dari langit untuk kalian hujan yang lebat. Mensucikan diri adalah dengan melakukan amalan-amalan yang dulunya ditinggalkan dari kebaikan.s Nuh: 10-12 ) Ayat di atas merupakan janji dari Allah. mereka kekal di dalamnya dan itu ba. dan sungguh celaka orang yang terus mengotori dirinya.s Taha 75-76 ) Karena itu mensucikan diri dan bertaubat kepada Allah adalah hal yang sangat penting. sehingga kita semua selamat dari musibah di dunia dan lebih-lebih di akhirat: .“Minta ampunlah kepada robb kalian sesungguhnya dia maha pengampun.” (Q.” Ini di abadikan oleh Allah dalam surat Hud ayat: 52. Maka dari sini kita fahami pentingnnya beristigfar dan bertaubat kepada Allah dalam kehidupan ini. dan Dia akan menjadikan kebun dan sungai-sungai yang deras mengalir.” Dan Allah menyebutkan keutamaan orang-orang yang mendapatkan surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai: “Barang siapa yang menghadap Allah dengan keadaan beriman dan berbuat kebaikan maka mereka mendapatkan derajat yang tinggi berupa surga yang mengalir di bawahnya sungaisungai dari bawahnya. dia akan mencurahkan hujan dari langit dan dia akan menambah kekuatan kalian berlipat-lipat.

Sumber : http://ashthy. dan Allah masih merahmati kita dengan menjalani hari. dan Allah tidaklah menyiksa mereka dalam keadaan mereka beristiqfar. dan mudah-mudahan Dia tidak menjadikan malapetaka bagi kita semua.Wallahuta’ala a’lam bishowab.s Al-Anfal 33) Juga dengan istigfar akan menyebabkan datangnya rahmat dari Allah: “Andaikata kalian beristiqfar kepada Allah niscaya kalian akan dirahmatiNya.com/2010/03/14/khutbah-jumat-sebab-sebab-lapangnyahati/#more-1109 . sungguh dosa kita.” Semoga kita diampuni oleh Allah dan diberi manfaat dari segala kemanfaatan baik yang kita ketahui atau tidak . mudah-mudah hari yang tersisa yang akan kita lewati kita bisa menggunakan untuk selalu bertaubat dan beristilqfar kepadaNya.” Mudah-mudahah kita dijadikan orang yang selalu beriman kepada Allah bertakwa kepadaNya bertauhid. dan kita tahu kapan tapi kita yakin akan datangnya: “Dimanapun kalian berada sungguh kematian akan menemuai kalian walaupun engkau bersembunyi di balik dinding yang sangat tinggih lagi kokoh. karena dekatnya kematian yang akan kita temui.wordpress.” (Q.“Tidaklah Allah menyilksa kaumNya sedang engkau wahai Muhamad berada di sisi mereka. dan menjadi hamba yang banyak beristiqfar dan bertaubat. dan kesalahan kita sangatlah banyak.hari sebagai bukti rahmatNya.

sungguh tepat bila kita merenungkan sejenak perjalanan reformasi yang mengamanatkan demokratisasi . perbaikan ekonomi dan jaminan keamanan. Dalam kesempatan yang terhormat dan penuh kebahagian ini. suatu tradisi berdemokrasi yang begitu penting dan akan menentukan nasib bangsa dan negara kita. . sekaligus memberi kesempatan para pemimpin untuk belajar langsung dari kebersahajaan rakyatnya. karena rakyat telah berhasil melaksanakan pemilu legislatif. Tradisi tatap muka ini. Para hadirin dan hadirat yang terhormat. yang telah memelihara suatu tradisi positif untuk menciptakan kedekatan hubungan rakyat dengan rakyat dan rakyat dengan pemimpin. para aktivis. Perihal proses demokratisi. para cendekiawan. Terlebih lagi. Usaha ini perlu dipelihara dan didorong terus. sangat mungkin menghadirkan kehangatan bersosialisasi. karena berjaraknya hubungan ini. isu-isu dan agenda bangsa menjadi elitis kian menjauh dari kepentingan kalangan akar rumput.Negara Versus Korupsi: Mencari Indonesia Dalam Agama dan Kebudayaan Assalaamu‟alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. Dus. para budayawan. mengingat makin berjaraknya hubungan keduanya. kesempatan ini diberikan di dalam sepertiga akhir bulan mulia Ramadhan 1425 H. pemberantasan korupsi. Saat dimana kita kian mendekatkan diri kepada-Nya sembari berkaca diri terhadap pencapaian moral spiritual individual dan kesalehan sosial kita. para mahasiswa dan kawan-kawan tercinta. kita bersyukur kepada Allah SWT. DPD dan pemilihan presiden langsung . Untuk kehormatan yang membahagiakan ini kami sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggitingginya kepada Dewan Kesenian Jakarta. Suatu kehormatan yang besar bagi kami memperoleh kesempatan menyampaikan Pidato Kebudayaan “Negara Versus Korupsi: Mencari Indonesia dalam Agama dan Kebudayaan” di Taman Ismail Marzuki. para seniman.

terbungkuk dibebani hutang dan merayap melata sengsara didunia Untuk bisa bertahan berakal waras saja di Indonesia kini. Sungguh ironis. Secara bijak. sudah untung Pergelanggan tangan dan kaki Indonesia diborgol di ruang tamu Kantor Pegadaian Jagat Raya. Kita sudah jadi bangsa kuli dan babu di dunia. Taufiq Ismail (2003) secara sinis memotret kondisi ini dalam. pujangga ini menasihati kita agar tetap “eling” dan “waspada”. Kecemasan yang mendalam selama sewindu krisis multidimensi ini bahkan berimbas pada krisis identitas bangsa. Ia bukan lagi bisul yang bisa ditutup-tutupi. Ia telah menjalar sebagai budaya sekaligus penyakit akut bagai virus ganas yang aktif menggerogoti ke sekujur tubuh negara. Masalah korupsi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari tubuh bangsa ini. terapung-apung di lautan. dalam bahasa lain yang futuristik. Indonesia sudah masuk ke dalam masa kolonialisme baru. Para hadirin dan hadirat yang berbahagia. perjalanan nasib bangsa dan negara kita telah mengalami berbagai musim pancaroba dan gelombang pasang surut yang melahirkan harapan sekaligus kecemasan. Kita sudah tidak merdeka lagi. pujangga Ronggowarsito (1802-1873) menulis “Serat Kalatidha” memprediksi munculnya “jaman edan”. diusir pula di tangga pelabuhan. berkeping-keping dan hancur. sebagai bangsa yang . Nilai-nilai luhur telah luluh lantak. berserakan di kubangan Lumpur.ewuh aya ing pambudi melu edan ora tahan yen tan melu anglakoni.boya kaduman melik kaliren wekasanipun Ndilallah karsa Allah Sakbeja-bejane kang lali luwih beja kang eling lawan waspada.…” Senada dengan gambaran di atas. Amenangi jaman edan .Harus diakui secara jujur. dengan penjajah yang banyak negara sekaligus. dan dipunggung kita kaos oblong dicap sablon besar-besar : Tahanan IMF dan Bank Dunia.. “Tak Tahu Aku Apa Jati Diriku Kini”: Kita hampir paripurna jadi bangsa porak poranda. suatu masa krisis sebuah bangsa.

kita tidak serta merta menunjuk kesalahan terletak pada an sich agama. “Korupsi membawa buruk kinerja pemerintahan. dan kehilangan elan kesalehan sosial. Para hadirin dan hadirat yang berbahagia. Disinilah dibutuhkan peran keteladanan para pemimpin nasional untuk menegakkan kualitas spiritual bangsa. korupsi sangat erat dengan delegitimasi politik. memacu tingkat kriminalitas dan disorganisasi sosial. Apabila yang terjadi sebaliknya. Della Porta (2000) menengarai bahwa korupsi merupakan sebab dari buruknya kinerja pemerintahan. menempatkan RI sebagai „pemenang‟. Tetapi.” Dengan kata lain. menjadi krusial. Berbagai indikator “olimpiade korupsi” diselenggarakan oleh lembaga asing semacam Transparancy International (TI) dan Political Economic Risk Consultancy (PERC). Walhasil. “prestasi negara yang bangsanya religius akan lebih baik dalam pemberantasan korupsi”. Sebagian kita masih lebih mementingkan kesalehan individual. Studi Rose Ackerman (1999) menunjukkan bahwa negara-negara dengan tingkat korupsi yang tinggi memiliki tingkat kepercayaan yang rendah terhadap institusi-institusi publik.berbudaya luhur dan beragama –bahkan menempatkan Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai pilar pertama dasar negara. laporan UNSFIR (United Nations Support for Indonesia Recovery. Sangat gamblang. memupuk kualitas moral dan meningkatkan harkat martabat bagsa . Secara lebih khusus. namun pada penghayatan keberagamaan masyarakat. dan buruknya kinerja pemerintahan merangsang warga negara untuk mengembangkan praktik-praktik penyuapan untuk mempermudah urusan atau mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Dampak praktik korupsi begitu jelas telah memporak-porandakan bangsa kita. Larangan yang diserukan Komite Pemberantasan Korupsi supaya pejabat tidak menerima parsel juga merupakan angin segar pertanda mulai muncul gerakan mengurangi masuknya pintu-pintu budaya KKN.juara pertama korupsi justru kita sandang. 2000) menyatakan bahwa keterlambatan Indonesia untuk melakukan pemulihan (recovery) pasca krisis yang menimpa Asia sejak 1997 juga akibat meluasnya korupsi di sektor publik Sedangkan. Selain keberadaan berbagai perundangan untuk penyelenggaraan tata pemerintahan yang bebas KKN. Kita menaruh harapan besar pada upaya pemberantasan korupsi sebagaimana telah dijanjikan oleh presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono yang kini bekerja keras dengan kabinet Indonesia Bersatu. pemerintahan yang koruptif akan menuai delegitimasi politik yang tidak menguntungkan sama sekali dengan demokrasi. Ini berakibat lanjut pada pudarnya komitmen warga pada proyek kolektif dan perilaku warga. mengapa orang beragama masih terjerumus pada tindakan yang dimusuhi agama? Salah satu jawabannya adalah tercerabutnya penghayatan terhadap visi agama yang luhur dalam praksis sosial sehari-hari. yang pada gilirannya kian menyuburkan praktik korupsi. tingginya tingkat korupsi menimbulkan rendahnya tingkat kepercayaaan terhadap demokrasi. . semua agama melarang perbuatan korupsi. Pada akhirnya. meminjam istilah Yudi Latif (2002). rencana program 100 hari dengan terapi kejut seperti me”Nusakambang”kan para koruptor patut kita apresiasi dan tunggu pengejawantahannya. Relasi agama dan pemberantasan korupsi dapat disederhanakan sebagai.

Terdapat ungkapan „the fish rots from the head‟. apabila elit pemimpin justru merasa nyaman dengan praktik tersebut. kebersihan dan kepedulian merupakan contoh-contoh ajaran mulia setiap agama untuk diperbincangkan sekedar sebuah idiologi. dan alangkah indahnya jika dimulai dari para pemimpin kita yang memiliki kedudukan sangat penting di dalam masyarakat. Ini sekaligus menepis anggapan negatif bahwa agama menjadi sumber konflik dan teror. Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah bersama-sama telah mengikat janji untuk bahu membahu memerangi budaya korupsi. Mustahil mengharapkan muncul perubahan budaya melawan korupsi. mengimbangi kampanye konsumtivisme. „Bayangan selalu mengikuti sang badan‟.Jauh sebelum hingar bingar Pemilu. Secara moral. dan karenanya mempunyai pengaruh yang luas dalam masyarakat. sementara penghayatan keberagamaan melalui keteladanan para pemimpin dijalankan secara nyata. Karenanya. ormas tertua di Indonesia. Dengan begitu agama benar-benar mampu menjadi kekuatan solutif bagi problema bangsa dan selalu mengedepankan azas manfaat (utility). budaya paternalistik ini seyogianya mampu kita kelola untuk merekonstruksi perubahan mental pada elitnya. lembaga dan ormas keagamaan memiliki otoritas menyerukan kepada institusi maupun individu anggotanya untuk menolak keras setiap sumbangan haram yang terindikasikan korupsi. Dalam kalimat lain dinyatakan. Jika para elit pimpinan bangsa menghendaki perubahan. perubahan itu pun harus dimulai dari pucuk pimpinan. hedonisme dan materialisme yang setiap hari gencar mengepung pemirsa lewat berbagai media massa. Kebersahajaan. Agama seyogianya menjadi ujung tombak yang merekatkan seluruh umat untuk saling mengokohkan eksistensi bangsa dalam memberantas korupsi. tidak dibenarkan oleh agama atau hukum positif manapun. Intinya adalah budaya paternalistik kita masih kuat. Mustahil mengharap negara berani membersihkan koruptor jika pemimpin kita membiarkan inefisiensi birokrasi tetap terjadi. penegakkan hukum yang adil tanpa pandang bulu dilakukan pemerintah . kita berharap ormas-ormas lain untuk terlibat aktif dan kreatif menyambut semangat perang memberantas korupsi. Jadi. Rakyat cenderung melihat contoh dari apa yang dilakukan pemimpinnya. ikan membusuk dari kepala. . Kita patut mendorong fungsi profetik agama yang mengedepankan supremasi hukum. Kita juga bersyukur dengan maraknya jaringan lembaga-lembaga swadaya masyarakat atau organisasi non pemerintah sejak beberapa tahun silam membentuk koalisi anti korupsi di setiap kabupaten dan provinsi melalui Gerakan Rakyat Anti Korupsi (GeRAK). Alangkah indahnya membayangkan sinergi agama dan negara dalam pemberantasan korupsi. Semua ini bisa dipraktikkan sehari-hari. Meskipun perlu terus mengkritisi efektivitas gerakan populis tersebut. proses demokratiasai dan memerangi korupsi. bukan sekedar wacana belaka. Seruan atau slogan-slogan pemberantasan budaya korupsi seyogianya selalu dikelola secara cerdas dan berkesinambungan. Fungsi ini hendaknya ditumbuh kembangkan secara partisipatoris dan dialogis mengingat pluralisme dalam kebangsaan kita. upaya pengurasakan secara sepihak terhadap tempattempat atau simbol kemaksiatan tanpa mengindahkan dampak yang muncul sebagai akibatnya.

Idealisme seperti bersahaja. mentransformasi segala hal apakah itu wisdom. kebersihan dan kepedulian tidak akan terwujud hanya karena dikatakan dan dibicarakan setiap hari –betapapun kita sering dan rajinnya melakukan –melainkan harus dengan tindakan keteladanan yang berani. bersih dan perduli. Secara singkat dapat disimpulkan. teguh dan istiqamah. “Mengapa kamu semua mengatakan sesuatu yang kamu sendiri tidak mengerjakannya?! Sungguh besar dosanya di sisi Allah bahwa kamu mengatakan sesuatu yang kamu sendiri tidak mengerjakannya” Kalau kita tengok sejarah. membuat orang-orang jujur itu jujur menyejarah. Namun karena bersahaja yang betul. bersih dan peduli jika dikerjakan dari yang kecil-kecil oleh pemimpinpemimpin besar kita. Sobary. Menurut Moh. Ia terlahir dari proses transformasi nilai yang lama ditempa sejak dini dalam lingkungan keluarga. -sumber godaan melakukan korupsi-. 2004) . Mereka yang bersahaja akan jauh dari sikap tamak yang selalu menginginkan kelebihan materialisme dan hedonisme. para nabi. maka merupakan bagian dari pengobatan penyakit sosial seperti korupsi. bersih dan peduli tidak datang secara sekejap dan tiba-tiba. tidak karena kebetulan. Iqbal: . sabda Allah. Diperlukan pendekatan secara dialektis dalam keluarga sehingga terlatih jika ada bandingan-bandingan. “Tugas kebudayaan bangsa kita mengubah. tidak melulu diajarkan secara normatif. Bersih dan perduli pun yang betul. Transformasi nilai tidak datang mendadak dalam kuliah-kuliah di perguruan tinggi atau lembaga-lembaga pendidikan formal. Mereka merasa kepemimpinan adalah amanah yang harus dijunjung tinggi. Seolah-olah kalau kita bicara kitab suci. semua agama mengajarkan idealisme yang baik bagi penganutnya. kebersihan dan kepedulian dari rakyatnya. Ketika masih kanak-kanak kita tentu hapal bahwa kebersihan sebagian dari iman. Di rumah tangga. dan suri tauldan para Rasul. Pemimpin yang peduli tidak akan membiarkan kemungkaran terjadi di depan mata mereka. namun tetap dengan sikap bersahaja terhadap rakyat yang dipimpinnya. Kebesaran seorang tokoh pemimpin yang bersahaja. kita menginginkan pemimpin bersahaja. patut diadakan dialog-dialog tata nilai atau ajaran yang meskipun normatif. bersih dan perduli bukan karena kebetulan bersahaja. namun lebih dari itu kebersihan moral dan nurani akan selalu dipelihara. sabda Tuhan.Barangkali inilah saatnya tatkala elit pemimpin kita justru perlu belajar dari kebersahajaan. Keteladan yang berani dapat muncul oleh karena kesadaran ketuhanan yang merata.” (M. namun bagaimana kebersihan sebagian dari iman itu supaya tidak tinggal kata-kata. 2004) Yaitu perasaan telah berbuat sesuatu karena karena telah mengucapkannya sehari-hari.Pada dasarnya. Keteladanan yang berani. Kebersahajaan. maka bersih dan bersahaja tidak bisa dijejalkan kepada anak sebagai sesuatu yang jadi. teguh dan istiqamah termasuk nilai budaya yang kita ingin transformasikan sehingga menjadi gerakan nyata baik di tingkat elit pemimpin atau rakyat. apakah itu nilai-nilai dan semua perangkat ajaran dari tataran normatif menjadi tataran yang menyejarah. bukan karena kebetulan. Ketika orang bicara bersih dan bersahaja. transformasi nilai yang dialami tokoh-tokoh pemimpin berawal dari didikan sejak kecil pada keluarga mereka. para aulia itu semuanya sudah selesai (Mohamad Sobary. 2004). Mereka tidak saja menjaga fisik dan lingkungan sosial yang bersih. Kepuasan kita selama ini hanya pada verbalisme (Nurcholish Madjid.

Selanjutnya. Sesuai dengan pasal 32 UUD 1945 yang telah diamendemen. Budaya „money politics‟ sudah berkurang tidak seperti dikhawatirkan banyak pihak. Negara memajukan kebudayaan nasional dengan tetap menjamin kemerdekaan masyarakat dalam melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai kebudayaanya. Kita diharapkan „eling‟ bahwa bangsa ini memiliki potensi untuk bangkit dan bersaing dengan budaya bangsa lain (global). nasihat untuk“eling” dan “waspodo” dapat dikontekstualisasi dengan apa yang menjadi nilai-nilai kebangsaan di dalam UUD 1945. while the sign of a mukmin is that the horizon lost in him” Para hadirin dan hadirat yang berbahagia. Wallahua‟lam bishowaab. Wabillahitaufik wal hidaayah. Wassalaamu‟alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh . ketika budaya korupsi sudah mewabah demikian dahsyat. Kemajemukan budaya ini harus kita terus dorong tanpa perlu terjebak pada etnosentrime sempit sehingga warisan adi luhung nenek moyang kita tetap eksis di tengahtengah pertempuran global elemen budaya asing. Secara sederhana. Kita menyadari . Salah satu warisan adi luhung yang cukup relevan kita pelihara adalah wasiat Ronggowarsito. Di tengah zaman “edan”. budaya „waspodo‟ telah ditunjukkan oleh rakyat kita dalam Pemilu 2004 silam. salah satu tugas kebudayaan kita juga adalah mendorong pluralisme budaya. negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional.“The sign of a kafir is that he is lost in horizon. „eling‟ sepenuhnya bahwa dengan kesederhanaan ketika masa perjuangan mampu menghantarkan bangsa ini merdeka dari penjajah. “Waspodo” dapat dimaknai agar kita menghadirkan kesadaran penuh tentang jati diri bangsa yang tidak ingin tereduksi justru karena budaya korupsi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful