P. 1
KTI

KTI

|Views: 195|Likes:
Published by Venorita

More info:

Published by: Venorita on Apr 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/29/2015

pdf

text

original

KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdullillah kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidahyahnya sehingga kita dapat menyelesaikan tugas Bahasa Insonesia dengan judul “ Tingkat Penggunaan Kacamata bagi siswa – siswi kelas XI IPA di SMAN 2 Lumajang Tahun Ajaran 2009 – 2010. Terselesaikannya tugas ini, tidak lepas dari berbagai pihak yang banyak membantu, oleh karena itu kami menyampaikan terimakasih sebesar – besarnya kepada : 1. Bapak Drs. Suroso, selaku kepala SMAN 2 Lumajang. 2. Bapak Zainal, selaku Guru Bahasa Indonesia yang membimbing dengan penuh kesabaran sehingga tugas ini dapat diselesaikan. 3. Semua guru yang telah member bantuan informasi dan saran para petugas perpustakaan yang telah memberikan kemudahan dalam mencari literature dan sumber pustaka. 4. Orang tua tercinta, yang telah member bantuan moril maupun materil selama kami menyelesaikan tugas ini. 5. Serta teman – teman SMAN 2 Lumajang. Semoga amal kebaikan yang telah diberikan kepada kami mendapatkan pahala di sisi Allah SWT.

Lumajang, 6 April 2010

Penulis

KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT PENGGUNAAN KACAMATA BAGI SISWA-SISWI KELAS XI IPA SMAN 2 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2009-2010

Oleh

:

1. Eka madesa 2. Ira Umarawati 3. Nur Khasanah 4. Venorita Permanasari

XI IPA-5 / 10 XI IPA-5 / 13 XI IPA-5 / 19 XI IPA-5 / 30

DINAS KABUPATEN LUMAJANG SMAN 2 LUMAJANG JL. HOS COKROAMINOTO NO.159 LUMAJANG 2009/2010

MOTTO Kita diberi kesempatan yang leluasa oleh Tuhan untuk menggunakan Kuasa-Nya dengan sebaikbaiknya. .

PERSEMBAHAN Kami persembahkan karya ilmiah remaja ini untuk kedua orangtua kami tercinta dan teman-teman XI IPA-5 SMAN 2 Lumajang tahun ajaran 2009-2010. .

Nur Khasanah. Telah disahkan pada : Hari Tanggal Tempat : : : Oleh : Guru Bidang Studi Bahasa Indonesia Zainal Arifin.PENGESAHAN Karya tulis ilmiah. 3. Judul : Tingkat Penggunaan Kacamata bagi Siswa-Siswi Kelas XI IPA SMAN 2 lumajang. 2. Penulis: 1. Spd. . 4. Venorita Permanasari. Eka Madesa. Ira Umarawati.

3 Kelainan Mata 2. 3.1 Pengertian Kacamata 2.2 Hasil Penelitian 3.DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL HALAMAN PENGESAHAN HALAMAN PERSEMBAHAN HALAMAN MOTTO KATA PENGANTAR DAFTAR ISI DAFTAR TABEL DAFTAR LAMPIRAN BAB I 1.4 Faktor – faktor penggunaan kacamata 2.4 Pembahasan BAB IV PENUTUP 4.3 Analisis Data 3.1 Kesimpulan .2 Jenis Kacamata 2.6 Tips mencegah kelainan mata BAB III PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN 3.5 Kelebihan dan Kekurangan Kacamata 2. 5. 4.1 Prosedur 3. PENDAHULUAN Latar Belakang Tujuan Rumusan Masalah Metode Penelitian Sistematika Pembahasan BAB II LANDASAN TEORI 2. 2.

4.2 Saran DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN BAB I PENDAHULUAN .

semakin berkembang termasuk dalam menggunakan kacamata. Semakin lama. TUJUAN PENELITIAN . Penggunaan kacamata tidak lagi diidentikkan dengan seseorang yang disebut jenius. karena salah dalam menggunakannya atau karena faktor bawaan dapat membuat mata tidak dapat berfungsi secara maksimal. konsep memanfaatkan hambatan menjadi peluang. Orang sudah mulai memikirkan. serius. dst. Tetapi kebutuhan dan gaya hidup sehari-hai membuat kebutuhsn kacamata semakin meningkat. LATAR BELAKANG Mata sebagai salah satu panca indra yang sangat penting bagi tubuh. Tetapi kebutuhan dan gaya hidup sehari-harimembuat kebutuhan penggunaan kacamata terus meningkat. Pada mulanya orang menggunakan kacamata adalah karena adanya hambatan pada dirinya yaitu karena kesulitan atau sakit mata dan sebagainya. 2. Untuk mengatasi hambatan itu pada awalnya orang hanya memikirkan bagaimana bisa mengatasi hambatan yang ada. banyak rangkaian warna yang ditawarkan kacamata. tanpa memikirkan peluang di dalam hambatan. Cara yang paling umum digunakan untuk mengatasi hal ini adalah menggunakan kacamata. Dengan mata kita bisa menikmati pemandangan yang indah dan bebagai hal.1. kutu buku. Tidak dapat dipungkiri jika kacamata saat-saat ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. kacamata sudah menjadi kebutuhan sebagian kalangan luas dalam beraktivitas. Dulu kacamata identik dengan warna hitam / coklat tua. Tetapi. selain perkembangan gaya hidup / trend fashion yang beubah-ubah. selaim masalah mata teratasi dimanfaaatkan suatu peluang modis dengan memilih frame yang gaya. Kini seiring dengan perkembangan mode.

2. 4. 1993 : 135 ). • • RUMUSAN MASALAH Faktor apa saja yang mempengaruhi siswa-siswi SMAN 2 Lumajang memakai kacamata ? Berapa persen siswa-siswi SMAN 2 lumajang yang memakai kacamata ? 4. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik accidental sampling berjumlah sepuluh yaitu terdiri dari beberapa siswa-siswi kelas XI IPA-4 dan XI IPA-5. 4. 4..Desain Penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif.Populasi dan Sampel.karena keterbatasan waktu. METODE PENELITIAN. Metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk membuat gambaran atau diskripsi tentang sesuatu keadaan secara obyektif ( Notoadmodjo.1. SISTEMATIKA PEMBAHASAN. 1993 : 108 ). 5. .3. Dalam penelitian ini menggunakan teknik………. Populasi penelitian ini adalah semua siswa-siawi SMAN 2 Lumajang tahun ajaran 2009-2010. 3.Metode Pengumpulan Data menggunakan angket yaitu : Suatu cara pengumpulan data atau suatu penelitian mengenai suatu masalah yang umum banyak menyangkut kepentingan umum ( orang banyak ) ( Notoadmodjo.Untuk mengetahui penyebab penggunaan kacamata siswa-siswi SMAN 2 Lumajang tahun ajaran 2009-2010.

sistematika yang membahas keseluruhan dari karya ilmiah ini. Dalam bab II. jenis kacamata. rumusan masalah yang menjadi acuan penelitian ini dilakukan. disajikan landasan teori yang meliputi pengertian kacamata. faktor-faktor penggunaan kacamata.Karya ilmiah ini terdiri dari IV bab. Dalam bab terakhir yaitu bab IV diungkapkan penutup yang meliputi simpulan dari hasil penelitian dan saran agar penyusunan karya ilmiah selanjutnya lebih baik. BAB II . Dalam bab III dijelaskan pembahasan hasil penelitian yang meliputi prosedur bagaimana penelitian tersebut dilakukan. metode penelitian hingga mendapatkan hasil penelitian. Bab I merupakan bab pendahuluan yang meliputi latar belakanag penyusunan karya ilmiah ini. kelebihan dan kekurangan kacamata serta dampak penggunaan kacamata tersebut. hasil penelitian serta pembahasan.

d. Selain itu kacamata merupakan sepasang kaca yang berangka. 2. Kacamata minus adalah kacamata dengan lensa cekung yang khusus untuk membantu penglihatan jarak jauh. Rabun Jauh ( miopi ) adalah kelainan/ penyakit disebabkan mata hanya memiliki daya penglihatan jarak pendek.2. 2. sedangkan obyek pada jarak jauh tidak bisa dilihat. b. a. Rabun Senja ( xeropthalmia ) adalah penyakit mata disebkan kesuliatan untuk melihat lingkungan di sekelilingnya. c. Kacamata surya adalah kacamata gelap ( hitam. Bisa diatasi dengan lensa cekung. Kacamata baca adalah kacamata plus dengan lensa rangkap. berfungsi sebagai pelindung lensa mata ( Alwi. Kacamata riben adalah kacamata yang berwarna untuk melindungi mata dari sinar matahari atau debu. dsb ) untuk melindungi mata khusus dari sinar matahari.1. Diatasi dengan lensa cembung. tetapi tidak mampu melihat obyek pada jarak dekat. . 2002 ). b. PENGERTIAN KACAMATA Kacamata adalah lensa tipis untuk mata guna menormalkan dan mempertajam penglihatan. terutama di tempat yang gelap ( melam hari ).LANDASAN TEORI 2.PENYAKIT MATA. coklat. c. JENIS KACAMATA Kacamata terdiri dari 4 jenis : a.3. Rabun Dekat ( hipermetropi ) adalah kelainan/ penyakit disebabkan mata memiliki daya penglihatan jauh.

Mata Tua ( presbiopi ) adalah kelainan/ penyakit disebkan karena kemunduran daya penglihatan karena faktor usia. lampu neon. Diatasi dengan lensa silindris. Silinder ( astigmatisme )adalah kelainan yang menyebabkan bayangan benda yang terbentuk berbeda dan pandangan kabur pada obyek jarak dekat maupun jauh. dampak sinar biru dapat mengganggu kerja retina sehingga menghambat proses pembelajaran melalui mata. antara lain : 1.4. Penggunaan kacamata dipengaruhi oleh beberapa faktor. tipikal organ mata orangtua akan menurun pada anak. Diatasi dengan lensa rangkap/ bifokus. selain pancaran sinar matahari. 3. e. Risiko terbesar kerusakan akibat sinar biru yaitu sekitar 70%– 80% sinar biru dapat mencapai retina. Kemungkinan anak memang memiliki kelainan organ bola mata yaitu rabun jauh sehingga tidak bisa melihat secara jelas. PENGARUH SINAR BIRU Pancaran sinar dari layar televisi merupakan salah satu sumber sinar biru. 2. FAKTOR KETURUNAN Maksudnya.FAKTOR – FAKTOR PENGGUNAAN KACAMATA. d.Diatasi dengan banyak mengkonsumsi lemak yang dapat melarutkan vitamin A dan makan / minum makanan dan minuman yang mengandung vitamin A.Sinar yang memiliki panjang gelombang cahaya 400–500 nm pada spektrum sinar yang masih dapat diterima mata bisa menyebabkan kerusakan dan menimbulkan luka fotokimia pada retina mata anak.dan komputer. FAKTOR LINGKUNGAN . Dalam jangka waktu pendek. 2.

sehingga membuat terbiasa untuk membaca dalam jarak yang dekat dan itu dapat menyebabakan mata kita menjadi rabun. sehingga tidak nyaman . menonton televisi.Sedangkan kekurangan memakai kacamata antara lain terasa ada yang mengganjal di dekat hidung dan telinga. Hindari terlalu lama beraktivitas pada jarak pandang yang sama. Kegiatan ini bisa menggangu fokus mata. Posisi terbaik untuk membaca adalah duduk dengan posisi buku disandarkan di depan mata-bukan di atas mejadengan jarak pandang 33 cm dari mata. Sebab. maka ada kecenderungan mata yang berfungsi hanya sebelah sehingga merangsang kerusakan mata satunya. 2. bermain video games. Hindari tinggal di tempat yang sempit penuh sesak karena mata kurang berkontraksi melihat yang jauh-jauh sehingga otot mata jadi tidak normal. Memejamkan mata sesaat atau melihat pemandangan alam bisa dijadikan cara untuk mengalihkan pandangan. bekerja di depan komputer. di depan layar monitor.6. Pelajari jarak aman aktivitas mata kita agar selalu terjaga kenormalannya.Kelebihan memakai kacamata antara lain dapat membuat wajah lebih berkarakter. 2. Ajarkan anak-anak untuk menjaga jarak pandangnya. sebagai gaya dan menambah penampilan.5. TIPS MENCEGAH KELAINAN MATA 1. kita terbiasa membaca di tempat yang sesak (banyak orang) membuat kita untuk membaca dalam jarak yang cukup dekat. atau komputer. Atur sedemikian rupa ruang . 3. FAKTOR KEBIASAAN Kebiasaan membaca sambil tidur. bila berada dalam lingkungan yang panas. Mata butuh istirahat yang teratur dan sering agar tidak terus berkontraksi yang monoton. mengganggu aktivitas. Istirahatkan mata minimal 12 jam sekali saat beraktivitas. 2. Seperti.Bila.KELEBIHAN DAN KEKURANGAN Memakai kacamata memiliki kelebihan dan kekurangan. mata minus bisa terjadi karena jarak terlalu dekat saat membaca buku. dan di depan berkas. 4. kaca sering berembun atau terkena keringat.

membaca di tempat gelap. Di antaranya. Dan alangkah baiknya perbanyak konsumsi sayur dan buah sangat baik untuk kesehatan mata. Kelebihan protein ternyata bisa juga mempercepat terjadinya mata minus.Hindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan mata.rumah kita agar kita selalu bisa melihat jarak pandang yang jauh. atau memakai kacamata hitam. Misalnya. 5. membaca sambil berbaring. Usahakan mata tidak terlalu lama berada di balik media transparan. membaca di bawah sinar matahari langsung yang silau. 4. BAB III PEMBAHASAN DAN HASIL PENELITIAN . Untuk mencegahnya. 6. dan menatap sumber cahaya terang langsung. terlalu lama memakai helm. lebih baik mengkonsumsi makanan bergizi dengan kandungan yang cukup akan lebih baik.

Hari I -Menentukan sampel dan membagikan angket -Mengumpulkan angket b. 3.1 PROSEDUR PENELITIAN Penelitian ini dilaksanakan di gedung SMAN 02 Lumajang pada hari Jumat dan Sabtu.3. dengan tahapan sebagai berikut: a. pada tanggal 09-10 April 2010. Jawaban seluruh responden dari masing-masing pertanyaan dijumlahkan dan dibandingkan dengan jumlah jawaban yang diharapkan kemudian dikalikan 100% dan hasilnya berupa prosentase.1994:241) Krteria scoring: -Tidak Baik -Kurang Baik -Cukup -Baik 76%-100% 56%-75% 40%-55% <40% Bila jawaban responden sesuai dengan jawaban yang kita harapkan maka nilainya 2. Bila jawaban responden tidak sesuai dengan jawaban yang kita harapkan maka nilainya 1. P P ∑f n = x 100% =Prosentase =Frekuensi Jawaban =Jawaban Responden (Arikunto.Hari II -Menganalisa data yang sudah terkumpul Setelah data terkumpul melalui angket kemudian dikelompokkan sesuai dengan yang diteliti.2 HASIL PENELITIAN .

6 % .Jumlah pemakaian kacamata di SMA N 2 Lumajang kelas XI IPA tahun ajaran 20092010 adalah • • Jumlah anak yang memakai kacamata = 39 siswa = 210 siswa Jumlah siswa kelas XI IPA SMA N 2 Lumajang dengan penjelasan sebagai berikut: XI IPA 1 :5siswa XI IPA 2 :6 siswa XI IPA 3: 3 siswa XI IPA 4: 8 siswa XI IPA 5 :14 siswa XI IPA 6 :3 siswa Prosentase = x 100% = 18.

3.3 ANALISIS DATA Tabel 3.1 Komponen Tabulasi Responde n/3komp onen 1 6 7 8 9 10 11 12 13 Jumla h score 2 2 1 2 1 2 2 1 13 2 1 1 2 1 2 2 1 2 12 3 1 1 2 2 2 2 2 2 14 14/1 6*1 00% =88 1 2 1 2 1 7 7/10 * 100 % =70 1 2 1 2 1 7 7/10 * 100 % =70 4 1 2 2 1 2 1 2 2 13 13/1 6*10 0% =81 1 2 2 2 2 9 9/10 * 100 % =90 2 1 2 2 2 9 9/10 * 100 % =90 Score Responden 5 2 2 1 1 2 2 1 1 12 12/1 6*10 0% =75 2 1 2 1 1 7 7/10 * 100 % =70 1 2 1 1 1 6 6/10 * 100 % =60 6 2 2 2 1 1 2 2 1 13 13/1 6*10 0% =81 2 2 2 2 1 9 9/10 * 100 % =90 1 1 2 1 2 7 7 2 2 2 1 1 2 1 2 13 13/1 6*10 0% =81 2 2 1 2 1 8 8/10 * 100 % =80 2 2 2 1 1 8 8 1 1 1 1 2 1 2 1 10 10/1 6*1 00% =63 1 2 1 1 1 6 6/10 * 100 % =60 1 2 1 1 1 6 6/10 * 100 % =60 9 2 1 1 2 1 1 1 2 11 11/1 6*10 0% =69 2 1 1 1 1 6 6/10 * 100 % =60 2 2 1 1 1 7 7/10 * 100 =70 10 2 1 1 2 1 2 2 1 12 12/1 6*1 00% =75 1 2 1 1 1 6 6/10 * 100 % =60 2 1 2 1 1 7 7/10 * 100 =70 1 13/1 12/1 Jumla 6*10 6*10 h % 0% 0% =81 =75 3 4 5 19 20 Jumla h score 2 2 1 1 2 8 2 2 1 2 2 9 9/10 * 100 % =90 2 2 1 1 2 8 8/10 * 100 % =80 2 8/10 * Jumla 100 h% % =80 14 15 16 17 18 Jumla h score 2 1 2 1 1 7 3 7/10 * Jumla 100 h% % =70 8/10 7/10 * * 100 100 % =70 =80 KETERANGAN .

18 Menurut tabel 3. sedangkan 7 orang responden mempunyai persepsi yang kurang baik. Frekuensi responden berdasarkan komponen nomor 2 (kebiasaan). Berdasarkan hasil penelitian. karena dalam kriteria 56%-75%. 3 orang responden mempunyai persepsi yang tidak baik. 1998) dijelaskan bahwa sinar biru dapat mempengaruhi kesehatan mata karena spektrum sinar yang masih dapat diterima mata. karena berada dalam kriteria 76%-100%. 1996) dijelaskan bahwa kebiasaan seseorang dapat mempengaruhi baik buruknya kesehatan organ tubuh orang itu sendiri.20 3.1. 5 orang responden mempunyai persepsi yang tidak baik karena berada dalam kriteria 76%-100%. sedangkan 5 orang responden mempunyai persepsi yang kurang baik karena berada dalam kriteria 56%-75%. sedangkan 2 orang responden mempunyai persepsi kurang baik. bisa menyebabkan kerusakan dan menimbulkan luka fotokimia pada retina mata.15.1 frekuensi responden berdasarkan komponen 1 (sinar biru).5. 3 orang responden mempunyai persepsi . Frekuensi responden berdasarkan komponen nomor 3 (asupan vitamin A). sedangkan 2 orang responden mempunyai persepsi kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian. Menurut teori (Anwar.12.13 : 3.4 PEMBAHASAN Di dalam teori (Arikunto.10. 8 orang mempunyai persepsi yang tidak baik karena berada dalam kriteria 76%-100%. karena dalam kriteria 56%75%. 5 orang responden mempunyai persepsi yang tidak baik karena berada dalam kriteria 76%-100%. misalnya makanan yang banyak mengandung vitamin A sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. 8 orang mempunyai persepsi yang tidak baik terhadap sinar biru karena berada dalam kriteria 76%-100%. Asupan vitamin A : 14. terutama organ mata.11. Menurut teori (Sudjatmiko. 2000) asupan gizi sangat berpengaruh terhadap kesehatan.17.4. karena berada dalam kriteria 55%-75%. Berasarkan hasil penelitian.9. 3. Sinar biru 2. Kebiasaan : 6.16.7. sedangkan 5 orang responden mempunyai persepsi yang kurang baik karena berada dalam kriteria 56%75%.8.19.

karena berada dalam kriteria 55%-75%.yang tidak baik. BAB VI . karena berada dalam kriteria 76%-100%. sedangkan 7 orang responden mempunyai persepsi yang kurang baik.

Oleh karena itu.BPK Gunung Mulia Anwar. DAFTAR PUSTAKA Alwi. 2002. dari hasil penelitian ternyata 4. kedisiplinan dan pengetahuan harus ditingkatkan untuk meminimalisir kelainan mata pada remaja. Jakarta : PT. Bandung : Gramedia Pustaka . Kebiasaan sehari-hari yang dianggap benar dapat mempengaruhi hal ini. Pentingnya Kesehatan Mata Anda. Misalnya dalam komponen factor sinar biru .PENUTUP 4.1 Kesimpulan Dari hasil analisis data dan pembahasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan sebagaimana tingkat penggunaan kacamata di SMA N 2 Lumajang kelas XI IPA tahun ajaran 2009-2010. Orang tua dan guru berkewajiban memberi nasihat atau peringatan-peringatan lain untuk mencegah agar tidak mengalami kelainan pada mata.Memeuhi Vitamin dalam Menu Harian. Taufiq.2 Saran Dari kesimpulan yang ada. 2000. maka peneliti mempunyai saran perlu adanya penyuluhan tentang tata cara menghindari penyakit mata pada kalangan remaja. Nasir.

S. W.Tabel 3. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Penebar Swadaya. 1976.Ariunto. Solo : Intan Pariwara DAFTAR TABEL 1. 1996. 1996. Psikologi dan Kesehatan. 2008. Terapi Mata. Notoadmojo.J.Rineka Cipta Chulsun. Jakarta : Penerbit Kanisius Poerwadarminta. Mengumpulkan Fakta dari Data. Umi . Heri.1. Surabaya : Koshiko Surabaya Djing. Jakarta : Balai Pustaka Sudjatmiko.S. Oei Gin . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Komponen Tabulasi . 1976. 1993. Amran.Jakarta : PT.

DAFTAR LAMPIRAN 1.Lampiran 1: Lembar angket .

LAMPIRAN 1. Apakah anda sakit mata dikarenakan membaca dalam jarak yang tidak normal? a) Ya b) Tidak . Apakah anda menggunakan kacamata setiap saat? a) Ya b) Tidak 3. Apakah anda menggunakan kacamata? a) Ya b) Tidak 2.

jika anda tidak menyukai sayur.Apakah menu harian anda selalu mengandung sayur? a) Ya b) Tidak 16.Apakah anda menyukai sayur? a) Ya b) Tidak 15.Apakah anda menggunakan computer lebih dari 1 jam? a) Ya b) Tidak 14. apakah anda menggunakan suplemen vitamin A untuk mendapatkan vitamin A? a) Ya b) Tidak 19.Apakah anda melakukan pemeriksaan mata anda dalam jangka waktu dekat? a) Ya b) Tidak . Apakah pada TV anda menggunakan layar filter? a) Ya b) Tidak 9.Apakah anda memeperhatikan kesehatan mata anda? a) Ya b) Tidak 20.4.Apakah anda suka mengkonsumsi buah yang mengandung sumber vitamin A? a) Ya b) Tidak 18.Apakah anda menggunakan kacamata di depan computer? a) Ya b) Tidak 11. Apakah anda membaca dalam penerangan yang cukup? a) Ya b) Tidak 6.5 meter? a) Ya b) Tidak 8.Apakah layar computer anda tidak menggunakan layer filter? a) Ya b) Tidak 13. Apakah anda melihat TV dalam jarak lebih dari 1. Apakah anda melihat TV lebih dari 2 jam? a) Ya b) Tidak 10. Apakah anda sakit mata dikarenakan membaca sambil tidur? a) Ya b) Tidak 5. Apakah anda menggunakan kacamata saat menonton TV? a) Ya b)Tidak 7.Apakah sayur yang anda konsumsi cukup mengandung vitamin A? a) Ya b) Tidak 17.Apaka anda ketika menggunakan computer pada jarak lebih dari ½ meter? a) Ya b) Tidak 12.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->