P. 1
Sistem Peraba

Sistem Peraba

|Views: 106|Likes:
Published by edharb

More info:

Published by: edharb on Apr 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/01/2013

pdf

text

original

INDRA PERABA

Ahmadin NIM. 0905015050 Biologi Pagi B

umumnya tersebar pada kulit mamalia dan sedikit sekali pada vertebrata rendah.Indra peraba merupakan indera yang sederhana. Kepekaan peraba pada manusia sangat besar. . terutama di ujung jari dan bibir.

Struktur Kulit Fungsi Kulit Klasifikasi ResepTor Sumber Rangsangan .

Mekanoreseptor (peka terhadap sentuhan dan tekanan). Osmoreseptor (peka terhadap perubahan tekanan osmotik).Klasifikasi Reseptor Berdasarkan tipe energi khusus atau kepekaan terhadap modalitas tertentu 1. Macam-macam Reseptor . Kemoreseptor (peka terhadap perubahan kimiawi). 2. 4. 3. Termoreseptor (peka terhadap perubahan suhu).

Reseptor taktil dan sakit adalah corpuscullus tactus dan meissner. Back . 3. Reseptor panas adalah corpuscullus ruffini (di dekat subcutis dan corium). 4.Macam-Macam Reseptor 1. 2. Reseptor dingin adalah corpuscullus bulbo ideakrauso (di dekat subcutis dan corium). Reseptor tekanan adalah corpuscullus lamellosum paccini yang terletak di subcutis.

Struktur Kulit Kulit terdiri dari lapisan luar yang disebut epidermis dan lapisan dalam atau lapisan dermis. kehitaman. yaitu di sebelah luar lapisan germinativum terdapat stratum granulosum yang berisi sedikit keratin yang menyebabkan kulit menjadi keras dan kering. Selain itu sel-sel dari lapisan granulosum umumnya menghasilkan pigmen hitam (melanin). Gambar Kulit . atau kecoklatan. pertama adalah stratum germinativum berfungsi membentuk lapisan di sebelah atasnya. Lapisan ketiga merupakan lapisan yang transparan disebut stratum lusidum dan lapisan keempat (lapisan terluar) adalah lapisan tanduk disebut stratum korneum. Pada epidermis tidak terdapat pembuluh darah dan sel saraf. Epidermis tersusun atas empat lapis sel. Dari bagian dalam ke bagian luar. Kandungan melanin menentukan derajat warna kulit. Kedua.

misalnya otot dan tulang. serta pengatur suhu tubuh. sebagai alat ekskresi. Reseptor untuk rangsang sentuhan dan panas.Fungsi Kulit 1. Kulit berfungsi sebagai alat pelindung bagian dalam. kulit dilengkapi dengan reseptor reseptor khusus. 2. Reseptor untuk tekanan. sebagai alat peraba dengan dilengkapi bermacam rangsangan. ujung reseptornya terletak di dekat epidermis. reseptor yang peka terhadap berbagai 3. ujungnya berada di dermis yang jauh dari epidermis. Back . Reseptor untuk rasa sakit ujungnya menjorok masuk ke daerah epidermis. Sehubungan dengan fungsinya sebagai alat peraba.

3.Sumber Rangsangan 1. Proprioreseptor. Ekteroreseptor. 2. Interoreseptor. terletak pada visera/ alat dalam dan pembuluh darah. terletak pada permukaan tubuh dan berespons terhadap rangsangan eksterna atau luar. berespons terhadap perubahan posisi dan pergerakan terutama berhubungan dengan sistem muskuloskeletal. Finish .

Gambar Kulit Back .

Thank You .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->